Kamis, 31 Mei 2018

Alasan Memilih Jomblo

Menjadi seorang jomblo di Indonesia sangatlah berat. Seringkali seorang jomblo menghadapi yang namanya penghinaan, asumsi aneh-aneh, dan dorongan-dorongan orang sekitar untuk segera mengakhiri kejombloan. Banyak orang bilang menjadi jomblo itu gak enak. Gak ada yang merhatiin, gak ada yang ngucapin met bobok, gak bisa ngejek jomblo lain, gak ada yang ngepelin rumah (Ini pacar atau pembantu?) Mengetahui fakta seperti itu, tetap ada aja yang lebih memilih menjadi Jomblo. Mereka punya alasan tersendiri, kenapa mereka memilih jomblo. Nah, berikut adalah alasan-alasan kenapa orang lebih nyaman menjadi jomblo.

1. Jomblo itu bebas

Menjadi jomblo itu bebas dari gangguan pacar. Bebas mau ngapain aja. Gak terikat oleh aturan-aturan yang kalo dilanggar bisa membahayakan nyawa. Bebas mau deketin siapa aja, tanpa perlu takut digebuk pacar sendiri. Bebas temenan sama siapa aja. Dan, bebas diledekin siapa aja.
Sebagai seorang jomblo, gue pernah melihat gimana perbedaan orang pacaran dengan orang yang masih jomblo. Misalnya, sewaktu mau pergi. Kalo jomblo, siap-siap>ngambil kunci kendaraan> berangkat. Yang pacaran, siap-siap>ngambil kunci kendaraan>megang hape buat bikin laporan dulu>nunggu keputusan.  Kalo dikasi, yaudah pergi. Kalo enggak, yaudah pasrah, nurut aja.



Yang paling mengerikan dari pacaran: punya pacar posesif. Misalnya, kalo mau ngumpul sama temen, enggak dikasih. Gue pernah nemu contoh nyata manusia kampret macem gini. Contohnya itu temen gue yang jarang bisa ngumpul karena dilarang sama pacarnya. Sekalinya bisa, otak gue pun memikirkan kemungkinan-kemungkinan kenapa dia bisa ngumpul sama temen. Pertama, mungkin pacarnya lagi tidur. Kedua, mungkin pacarnya lagi lengah. Ketiga, pacarnya mungkin ikut ngumpul, tapi ngumpet ngawasin temen gue. Gue heran, kenapa sih gak ngasih buat ngumpul sama temen? Emangnya kita ini cowok apaan? Emangnya kita ada niat buat ngerebut cowok lo? Emangnya pas kita lagi ngumpul, di sela-sela obrolan, kami tiba-tiba ngegrepe dia?  YA ENGGAK LAH!

Pacaran tapi penuh aturan ini itu yang sebenarnya gak masuk akal itu sih bukan pacaran. Melainkan penjajahan dengan cara halus. Makanya, gak heran ada orang yang lebih memilih menjadi jomblo karena mereka bisa bebas. Yakin gak mau jomblo? #Promosi #BiarAdaTemen

2. Jomblo itu banyak waktu

Waktu itu sangat berharga. Waktu itu harus digunakan untuk hal yang positif, yang berguna bagi kehidupan.  Ketika seseorang berpacaran, maka waktunya akan terbagi. Satu untuk kehidupan dia sendiri, yang satu lagi untuk pacarnya. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang gak bisa membagi waktu tersebut. Antara dia gak bisa bagi waktunya, atau emang salah punya pasangan. Yang menuntut untuk menjadi prioritas nomer satu.

Gue pernah nemu orang yang pacarnya pengen jadi prioritas. Baru ditinggal sekitar lima menit, mungkin buat urusan lain, kayak mandi, makan, boker, ngeronda, eh udah dicariin. Padahal, hidup itu gak selalu harus menomersatukan pacar.  Di suatu grup yang kebetulan gue ada di sana, seorang cewek bilang, “Ada yang ngelihat cowok ku?” Seolah-olah sedang mengumumkan binatang peliharaannya hilang. Tinggal nunggu aja nih dia ngasi tau ciri-cirinya. “Dia ngilang,” kata dia melanjutkan, lalu mengirim stiker sedih. Anggota lain di grup itu pun menanggapi, “Duhh, yang sabar ya.” atau, “Sabar yaa.” ada satu yang waras, “Mungkin dia off.” Kasian banget nih cewek, udah cowoknya ngilang, nanya di grup yang salah lagi. Bukannya mendapat informasi keberadaan sang cowok, eh malah dapet kata ‘sabar aja’ Si cewek bukannya mengerti, malah makin jadi-jadian. Ngirim stiker sedih banyak-banyak. Gue yang cuma jadi silent reader, jadi kepengen ngegebuk hape gue sendiri.

Gue gak tau sih kenapa si cowok kayak gitu. Mungkin aja dia ada urusan yang gak bisa dinomerduakan. Dia juga punya kehidupan. Dia butuh ngurusin hidupnya, bukan hanya ngurusin pacarnya doang. Emang sih ngilang gitu aja gak bagus, tapi, positif thinking aja dia ada urusan yang tidak memungkinkan dirinya untuk ngabarin. Kenyataannya, banyak pasangan yang gak mau mengerti, mereka selalu pengen pacar mereka ada untuk mereka. Di setiap detik, menit, jam, bahkan sampai jadi almarhum pun juga harus ada buat mereka. Walaupun gak semua, kebanyakan kayak gitu.

Makanya, banyak orang gak mau pacaran karena ngerasa cuma ngebuang waktu. Suatu hari emang sih butuh pasangan, tapi, ya enggak harus dari SD juga kali. Menjadi jomblo berarti bisa menggunakan waktu dengan efektif. Gak terbagi dua. Kecuali, lo cengeng. Jomblo yang menghabiskan waktu untuk nangis karena gak punya pacar.

3. Jomblo itu gak buang duit

Ketika seseorang memutuskan untuk berpacaran, maka dia harus siap mengeluarkan duit. Pacaran itu butuh duit, gak hanya bermodalkan cinta aja.  Cuma orang goblok aja yang bilang kalo cinta itu gak perlu uang. Kalo pacar ultah, gak mungkin kan cuma bilang, ‘Selamat ultah ya’ Pasti mau gak mau mesti ngasih kado. Karena budaya pacaran memaksa seseorang untuk ngasih sesuatu ke pacar pas lagi ultah. Kalo enggak, orang lain akan berasumsi yang buruk.  Pertama, pelit. Kedua, pacaran kok gratisan. Ketiga, dasar miskin.

Belum lagi kalo ngerayain tanggal hari jadian. Bisa seminggu, sebulan, setahun, bahkan sejam. Gue pernah ngeliat orang yang ngerayain anniversary yang baru beberapa jam aja, udah gila kali ya. Kalo udah anniversary, biasanya pasti beli sesuatu untuk bisa dirayakan. Misalnya ngasih bunga, kue tart, bangkai mantan pacar. Menjelang tanggal-tanggal special dalam hubungan mereka, yang harus nyiapin perayaan (biasanya cowok) pasti bakal mikir, “Mau ngasih apa nih gue.” Atau, “Mau mulung di mana lagi nih gue.”

Yang gak kalah mengerikan itu ketika ngajak pacar jalan. Mau gak mau harus nyiapin uang untuk jalan, Buat bensin, beli sesuatu di sana, dan makan tentunya. Itu semua ngabisin banyak uang. Apalagi kalo makannya di tempat yang mahal. Lo mesti ngebayar semuanya jadi double. Berasa makan nambah dua kali, padahal lo gak kenyang. Yang ada ketika lo selesai bayar, lalu lo bakal mikir, “Aduh uang habis. Besok mulung di mana lagi nih.”

Makanya, hal yang bikin gue mikir kalo pacaran itu, apa gue punya uang? Faktanya, banyak orang menghamburkan banyak uang mereka untuk pacaran. Beli ini itu, ngasih ini itu, kelihatannya romantis abis. Keren gitu, padahal, pake duit orang tua. Kalo udah bisa nyari uang sendiri, ya keren sih. Tapi sayang aja kalo uang hasil kerja dipake semua buat pacaran. Mending ditabung. Nabungnya buat beli pacar. Itu yang bagus.

Hemat atau borosnya dalam berpacaran itu tergantung individu itu sendiri sih. Sama juga tergantung seperti apa pasangan dia. Kalo lo memilih jomblo, lo gak perlu mikirin duit abis. Makan bayar double, tapi lo sendiri yang makan. Gak perlu mikirin ngasih ini itu. Intinya, jauh lebih hemat. Yakin gak mau jomblo aja? #Promosi #NyariTemen #GakMauNyerah

4. Gak ada yang mau

Orang yang memilih jomblo karena dia merasa pasrah gak pernah bisa punya pacar itu menurut gue kasian banget. Pasrah akan keadaan, menyerah  karena selalu kena tolak. Tiap mau deketin seseorang, cuma ditanggapi sebentar, abis itu enggak lagi. Malah, kadang enggak sama sekali. Malang sekali nasib mu, wahai jomblo. Pas lagi ngetik ini, gue sadar, yang ini gue banget.

Banyak orang yang memilih untuk terus jomblo karena ngerasa gak bisa dapet pasangan. Seolah mereka udah nyerah. Daripada sakit hati ditolak mulu, mending jomblo aja. Fokus untuk membangun masa depan yang jauh lebih baik.

5. Masih sakit hati

Orang yang biasanya abis mengalami patah hati seperti diputusin, ditinggalin, diselingkuhin pacar ke 9 nya, ditolak, akan merasakan yang namanya patah hati. Karena masih sakit, maka dia gak mau dulu untuk berpacaran dalam jangka waktu yang gak menentu. Sama seperti orang sakit panas, ketika sembuh, gak bakalan mau bikin dirinya sakit panas lagi. Kecuali, lo emang niat buat bolos sekolah atau kerjaan.



Gue pernah menemukan seorang cewek random yang sakit hati karena abis putus. Dia bikin status galau-galau, kalimat-kalimatnya bijak banget. Pas gue iseng buka kolom komentar dia yang bejibun itu, dia curhat sama temennya yang kebetulan comment. Gue baca comment-comment di status itu. Temennya berkomentar seolah-olah dia udah berpengalaman diputusin, “Bener, yang baik selalu disia-siakan.” Lalu, yang bikin gue syok, ketika baca balasan si cewek pada temannya ini, “Iya. Semua cowok tuh sama aja! Gak ada yang bener.” Seketika gue tersindir. Berarti dia menyamakan cowok brings*k dengan gue yang polos kayak gini. Gue pengen comment, “Aku gak brengs*k kok. Aku kan homo.” Tapi, niat itu gue urungkan.

Orang yang mengalami sakit hati, akan susah untuk percaya sama orang lain. Mereka akan menganggap orang lain itu sama seperti orang yang bikin dia sakit hati. Curiga sebelum tau orang tersebut. Wajar aja sih. Gak heran, ada orang yang sakit hati, gak mau pacaran dulu. Memilih untuk memulihkan luka, menikmati hidup.

Menjadi jomblo itu gak buruk kok. Siapa pun yang bilang menjadi jomblo itu gak bahagia, itu bego banget. Gue yang udah menjomblo dua windu lebih, tetep bahagia. Banyak cara untuk mendapat kebahagiaan di dunia ini tanpa harus punya pacar. Oke deh, itu aja yang mau gue tulis. Makasih udah baca, sampai jumpa lagi!

0 komentar:

Posting Komentar