Senin, 28 Mei 2018

Kehidupan Setelah Main Game Online

Gue pernah menjadi binatang liar. Semua terjadi ketika gue mengenal dunia game online. Waktu itu game online yang gue mainkan adalah salah satu game online tembak-tembakan yang sebenarnya namanya udah populer dari jaman dulu, tapi dikembangkan menjadi game berbasis online yang baru aja membuka cabang di Indonesia.
Dan, gue gak tau soal game tersebut. Awalnya gue lagi nyari game tembak-tembakan offline yang dari SD udah gue mainin. Gue nyari versi game yang lebih fresh atau baru, semua gara-gara video youtube yang gue tonton. Gue emang gampang terpengaruh dari apa yang gue tonton. Nonton video pembunuhan? Gue jadi ikutan membunuh. Bukan, bukan bunuh manusia, tapi bunuh semut. Karena mengenosida banyak semut gak akan membuat gue masuk penjara.

Gue mencari game tersebut di toko kaset, namun setelah banyak pencarian, gak ketemu juga. Akhirnya Bokap mengajak gue pergi ke warnet milik temannya, siapa tau ada. Sesampai di sana, banyak anak-anak seumuran gue pada main game online. Gue menonton mereka, ternyata lagi main bareng. Seru juga kelihatannya. Mereka juga berkomunikasi dengan menyebutkan banyak nama binatang. Warnet penuh nama binatang. Ini warnet atau sebenarnya gue berada di warnet yang dalemnya ada kebun binatang? Hapal banget mereka.

 Ternyata game yang gue cari gak ada, malah temen Bokap menyarankan gue untuk main salah satu game yang gue cari itu tapi versi online. Jadi, gue gak main sendirian, melainkan bersama dengan banyak orang di seluruh Indonesia. File game itu gue copy lalu gue mainkan di rumah. Temen komplek yang tiap hari biasanya ngajak gue main bola, pada menyempatkan untuk melihat game baru gue. Gue mencoba, ini pertama kalinya gue main secara online. Selama ini gue cuma main lawan sistem, dan gue ngerasa jago banget. Mungkin inilah tantangan gue sesungguhnya, harapan gue: semoga musuhnya cupu.

Ditemani teman, gue bakal menunjukkan seberapa hebat gue. Nanda, si Pemain game paling jago di komplek. Pas gue main, bener aja musuhnya cupu banget (Sekarang gue baru sadar itu ternyata lawan sistem)  Karena keasikan main game baru, kegiatan main bola sore itu gue gak ikutan. Salah satu temen gue juga gak ikut, dia setia menemani gue bermain. Walaupun gak dapet giliran buat main. Emang, gue kelewat pelit pada masa itu.

Setiap hari gue habiskan waktu untuk majn game online. Gue pun mulai males untuk sekolah, biar waktu main gue gak kepotong. Gue juga mulai mengenal beli voucher game online menggunakan uang asli untuk dibelanjakan item di dalam game. Satu senjata seharga 90 ribuan, paling mahal 125 ribu. Sedangkan item lain harganya kisaran 20 ribu ke atas. Yang paling parah dari semua: pertemanan gue mulai retak. Semenjak gue keasikan main game online, gue jadi jarang ikutan main bola bareng temen. Biasanya tiap sore gue main bola, tapi sekarang jadi jarang, kalo ikut pun itu karena gamenya lagi maintenance.



Memasuki masa SMP, kehidupan gue makin kacau. Bolos beberapa kali tiap minggu. Tiap masuk, dicariin guru BK. Sehabis pulang sekolah gue langsung main sampai jam 1 malem. Gue jadi jarang mandi, jarang keramas, bahkan cuci muka aja gak sempet. Karena debu, kotoran, dan jorok, maka gak heran perlahan muka gue makin berubah. Gue juga jadi cuek sama sekitar. Misalnya, pas atap gue ambruk, debunya banyak, gue cuek aja tetep main. Gak takut kalo gue bakal ketiban atau menghirup debu kotor.

Saking parahnya gue bolos karena main game online, temen gue sampai protes di Facebook, "Loo tuh yaaa gak pernah sekolah, online fb terus lagi!" Belum lagi sempet gue kena demam berdarah karena badan gue ngedrop sehabis begadang sampai pagi demi naikin level game online ke level paling tinggi. Gue seneng level gue tinggi, 4 hari kemudian gue terbaring di rumah sakit. Di Rumah Sakit gue berpikir keras, gimana caranya gue cepet sembuh. Cepet sembuh bukan karena gue mau sekolah, melainkan gue mau cepet main game online lagi.

Setelah sakit selama 2 minggu, dan gak sekolah selama itu juga, sampai dikira berhenti sekolah, akhirnya gue sembuh. Sampai di rumah dari rumah sakit, gue langsung duduk depan komputer buat main lagi. Menjalani hari seperti biasa, hidup untuk bermain.

Satu hal yang dulu bikin gue bangga adalah saat temen menyembah gue karena level gue tinggi, misalnya mereka bilang, "Keren, jago banget dah bintang 5." Ya, dulu game gue bisa naik pangkat, persis seperti pangkat di tentara. Dulu gue bangga banget, kalo sekarang ngerasa kok goblok banget ya. Gue gak bisa ngebayangin kalo sampai sekarang gue masih bangga dengan pangkat bintang 5. Pas mau masuk kampus ditanya prestasi apa, gue dengan muka polos dan bego bilang, "Saya pernah berpangkat bintang 5! Di game online!"

Selama main game online gue jadi banyak punya temen dunia maya, semakin dikit temen dunia nyata. Gue berasa lebih seneng hidup di dunia maya, lebih asik, dan lebih dihargai. Temen gue jugs bervariasi, dari mulai SD, seumuran, lebih tua, bahkan om-om. Waktu itu gue memalsukan umur gue, menjadi kelas 3 SMA, padahal kenyataan masih kelas 1 SMP. Waktu itu temen game online gue banyak banget. Bahkan gue ngerasa kehidupan gue sebenarnya ada di dunia maya.

Selain itu berkat game online, pernah gue deket dengan seorang cewek (untungnya) Itu pun awalnya gue sempet curiga, gue mesra sama cewek atau sama cowok nih? Gue percaya ketika dia nunjukkin fotonya, cantik banget.  Usianya dua tahun jauh lebih tua dari gue. Waktu itu dia kelas 2 SMP, sedangkan gue kelas 6 SD. Biar gak dijauhi karena deket sama bocah sd, gue berbohong soal usia. Gue bilang aja kalo gue kelas 3 SMP. Aneh emang, mana ada anak kelas 3 SMP yang tititnya seukuran jarum.

Selazimnya orang pdkt: gue minta foto dia. Karena sering main bareng, akrab, dan ngerasa cocok, ini waktu yang tepat untuk meminta foto. Gue berharap dia bukan om-om, atau lelaki kelainan. Pas dia kirim, emang cewek beneran, cantik juga. Ketika giliran gue tiba, mampus gue. Foto apa yang bakal gue kirim? Sempat terlintas ide di kepala untuk memakai foto cowok korea. Tapi gue baru inget, dia kan freak sama korea.

Karena pasrah, akhirnya gue kirim foto gue, tapi cuma keliatan bagian kepala belakang doang. Kalo dari depan, gue takut ketauan kalo gue ini bocah. Gobloknya, gue lupa, dari belakang tetep aja keliatan bocah. Foto yang gue upload di FB itu sukses mengundang ejekan dari temen dunia maya.  Ada yang bilang gue bocah, ada yang bilang muka gue kalo dari depan penuh bulu, ada juga yang bilang ketombe gue ganteng. Cewek yang gue suka cuma ketawa aja. Gak curiga sedikit pun.

Semakin lama hubungan kami yang bermula dari temen game online makin erat. Gue masih inget jaman itu, minjem hape Bokap buat sms dia. Pulsa hape pun sering habis, giliran ditanya kenapa bisa cepet habis, gue bilang aja kalo pulsa gue kesedot. Karena masih belum punya hape, hanya hape Bokap lah yang menjadi harapan gue. Kejadian buruk pun terjadi, ketika gue lagi di sekolah, mendadak dia menelepon ke hape tersebut yang kebetulan lagi dipegang Bokap. Mampus. Gue langsung ditanya, siapa itu? Kok suaranya kayak cewek. Biar gak ketahuan, gue bilang kalo itu mungkin orang yang sering sms mama minta pulsa modus terbaru yang nekat lewat telepon.

Hubungan gue dan dia makin erat. Sayangnya, gue sadar, gak mungkin bisa kayak gini terus. Jarak gue sama dia sangat jauh. Gue di Bali, dia di Medan. Dia SMP, gue masih SD. Menjalin hubungan sejak SD menurut gue bukanlah hal yang normal. Gue masih muda, gue gak mau beranak muda. Akhirnya, dengan berat gue menjauh. Semenjak itu dia enggak pernah lagi main game online. Gue masih merasa bersalah, bahkan sampai sekarang.

Gue bermain game online dari tahun 2011 sampai mulai merasa waktunya untuk berhenti di tahun 2014. Selama itu banyak uang yang udah gue buang dengan percuma. Kebahagiaan yang semu. Gak bisa gue nikmati di dunia nyata. Entah berapa juta gue habiskan untuk main game, mulai dari kuota internet, sampai beli voucher.  Pergaulan gue di dunia nyata juga menjadi terganggu, karena gue lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, dibandingkan ngumpul sama temen. Nilai di sekolah gue juga makin kacau, eh, kayaknya udah dari dulu.

Belum lagi gue juga sangat jorok. Hidup yang gak teratur. Begadang mulu, sampai badan gue makin kurus. Gue menjelma menjadi manusia setengah daki. Gara-gara jarang mandi, jarang cuci muka, jarang gosok gigi juga.

Gue sadar, bukan game yang salah. Melainkan pemain game itu sendiri. Salah pemain game itu sendiri yang gak bisa mengatur waktu, menahan keinginan untuk enggak tergoda apa yang ditawarkan oleh game itu. Gue termasuk orang yang beruntung, karena selama main gue udah punya komputer sendiri. Andai aja gue gak punya, pasti tiap hari gue diem di warnet. Dari  pagi ke pagi, bahkan mungkin gue sampai ngekost di warnet.

Selama ini gue cuma mendapat kebahagiaan sesaat yang sebenarnya gak ada manfaatnya buat hidup. Kalo gue dulu ikut tournament, mungkin ada lah manfaatnya sedikit, dapet uang. Sayangnya, gue cuma pemain cupu yang rajin beli voucher pake duit orang tua.  Dan gobloknya, akun yang gue pake selama ini harusnya gue jual aja. Biar dapet uang gitu, walau gak ngembaliin semua jumlah uang yang gue habiskan buat beli voucher.

Bermain game online sebenarnya bagus buat hiburan. Tapi, gue salah kaprah. Gue menganggap lebih dari hiburan, malah menjadi hidup gue. Semoga kalian semua enggak kayak gue, main selalu ada batasan. Jangan menjadikan game online sebagai tujuan utama hidup. Segalanya dicurahkan buat game. Itu salah besar. Kehidupan sesungguhnya ada di dunia nyata, game online hanyalah penghibur dari segala kepenatan di dunia nyata.

Itu aja deh yang mau gue tulis, semoga ada pelajarannya. Maaf kalo kepanjangan. Oke deh, sampai jumpa lagi!

2 komentar:

  1. kalo gue bedanya main di warnet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik. Main di warnet sebenernya jauh lebih dapet feel nya sih gan hahahaha.

      Hapus