Sabtu, 21 Oktober 2017

Tipe-tipe pengguna BBM jaman dulu

Kayaknya di postingan kali ini gue bakal sedikit nostalgia sama salah satu media sosial yang paling terkenal di jaman nya. Media sosial yang gue maksud yaitu BBM. Gue bukan mau ngomongin bahan bakar minyak, tapi yang mau gue omongin yakni blackberry messenger. Di era kejayaan nya, BBM banyak banget dipake sama orang2 dari golongan tua, muda, termasuk gue juga. Dulu sih kebanyakan anak muda yang pake bbm, soalnya waktu itu hape Blackberry lagi trending banget, apalagi BBM cuma eklusif ato hanya bisa digunain di hape blackberry di jaman itu. Beda banget sama jaman sekarang, kalo masih pake bbm pasti bakalan disangka om2 ato tante2 kesepian yang lagi nyari jodoh.

Gue ngerasa beruntung sempet hidup di era emas BBM, bahkan gue punya banyak kenangan manis dan pait. Manis nya mungkin waktu itu BBM adalah aplikasi andalan gue buat komunikasi semasa SMP, pait nya sih gue sering nemuin pengguna BBM kelainan, pengguna disfungsional. Hal pait lainnya mungkin BBM juga saksi bisu ditolak nya cinta gue sama para gebetan gue dulu. Dan, kali ini gue gak bakal membahas tentang manis nya BBM, tapi gue akan membahas pait nya aja.

Oke, hal pait yang gue maksud yaitu gue sering menjadi korban para pengguna bbm yang menyalahgunakan BBM untuk kepentingan lain yang menganggu orang lain. Berdasarkan ingatan, penelitian, dan observasi, gue mau membahas tentang tipe2 pengguna BBM jaman dulu yang emang bisa dibilang, kampret, pantas dibakar idup2.

Langsung aja deh ~

1. Pengguna yang hobi nya promote pin
>Yak, gue masih inget banget soal penyalahgunaan broadcast di BBM buat promote pin. Broadcast promote pin itu lumayan ngeganggu. Apalagi kalo sampai ada susulan misalnya karena, salah ketik, pin nya kurang ato salah. Itu ganggu banget, mau marah gak enak, apalagi kalo temen yang jadi pelaku nya. Menurut gue biasanya orang yang hobi promote pin nya itu orang yang kesepian, gak laku, dan kebanyakan isi promote tidak sesuai dengan kenyataan nya.

Contohnya, invite temen gue orang nya cakep, tajir, tinggi, hobi memasak, suka menabung, jago main musik,  hobi nyiletin tangan, hobi manjat tower Nih pin nya> 6666666

Padahal asli nya beda banget. Gak kayak apa yang dibilang. Yak, fitur broadcast di bbm memang bisa menjadi penyelamat para jomblo agar mudah mendapat pasangan. Sayang nya, gue gak pernah manfaatin fitur ini ~

Hal paling nyebelin menurut gue, kalo ada temen yang minta pin nya di promote. Entah kenapa gue selalu mencoba menolak keras. Gue paling gak bisa bohongin orang, karena gue apa ada nya aja. Masalah nya, temen gue nyuruh pake cara persuasif yang lebih ke arah 'jijik' dengan cara bohongin orang lain biar tertarik ngeinvite pin dia. Misalnya, bilang temen gue ini ganteng, baik hati dan tentu nya single!. Iya, single, dia gak ngijinin gue pake kata 'jomblo' karena lebih hina. Padahal sih, sama aja, inti nya lu kesepian~

Tapi gue juga pernah ngepromote pin temen gue karena ngerasa kasian. Sebagai teman yang baik, tanpa basa-basi gue langsung promote pin punya dia. Sebagai bukti udah promote, gue juga kirim broadcast ke dia biar percaya. Padahal sih sebenarnya, gue broadcast cuma ke dia aja. Baik kan??

Pernah sekali gue broadcast lalu ngirim ke seluruh contact gue. Dia emang bego, minta tolong ke gue. Padahal contact gue isi nya cuman keluarga gue sama temen2 sekelas. Kadang sehabis ngirim broadcast, malah temen2 gue yang lain minta di promote pin. Kalo udah kayak gini, satu2 cara menyelamatkan diri adalah pake cara yang tadi, kirim broadcast ke dia aja!

2. Suka kemakan hoax
Bbm seringkali dipake orang2 gak bertanggungjawab buat nyebarin hoax. Seperti biasa, fitur broadcast pun lagi2 disalahgunakan. Berita hoax nya pun beragam, tapi kebanyakan sih sama.

Salah satu hoax bodoh yang pernah gue liat

Dan herannya, banyak yang percaya. Bagi gue orang yang percaya kayak gituan kelewat bodoh. Gue dulu pernah nyoba sekali ngirim broadcast kayak di atas. Hasilnya? Gak ada, dan gue malah keliatan bodoh. Dan, setelah gue ngirim broadcast tersebut, yang lain pun jadi ikut-ikutan. Tapi setidaknya gue gak keliatan bodoh sendiri. Gue sukses ngajak orang lain untuk ikutan bodoh, hehehe.

Ini juga serem
Ngeliat broadcast diatas, gue yakin pasti pada takut. Awalnya gue juga agak takut bbm gue bakal terhapus, walaupun isi nya gak penting sih. Yang ngerasa punya banyak kepentingan pasti panik, dan ikut nyebarin pesan hoax berantai. Bodoh? Iya

Paling serem menurut gue

Dari yang gue amati, broadcast diatas gak ada habis nya. Paling sering bikin orang ketipu. Bahkan gue sempet khilaf sekali, kayaknya sekali sih. Pernah gue coba ngirim ke seluruh contact gue. Mendadak gue jadi bodoh karena bbm gue terus-terusan jam pasir alias gak terkirim. Karena pasrah gue ikutan aja ngirim broadcast ginian dengan harapan setelah ngirim bbm gue bakal lancar jaya lagi. Tapi, habis gue ngirim gak terjadi apa2, sama aja. Dan gue baru inget, ternyata data cellular lupa gue idupin ~ .

3. Suka ngancem orang lain

>Yang pernah pake bbm pasti gak asing sama yang nama nya broadcast yang diakhir kalimatnya bilang kalo broadcast tersebut harus dikirim biar gak terjadi bencana ato pun mengancam keselamatan. Dan broadcast tersebut gak boleh dikirim balik ke orangnya. Entah kenapa gak boleh, gue sih cuek aja, gue kirim balik ke dia. Malah gue broadcast ke dia aja, biar tau rasa gue kirim balik. Mampus.

Berikut ini salah satu broadcast absurd yang pernah gue inget

Hantu jaman dulu nampakin diri langsung, jaman now lewat BBM

Daftar korban teror hantu


Waktu itu dapet broadcast kayak gitu serem juga sih. Apalagi di bagian korban nya itu dicantumin sumber kebenarannya yang sebenernya cuman rekayasa. Beruntung waktu itu gue gak bego2 amat. Gue gak nyebarin tuh broadcast, malah langsung gue end chat yang ngirim. Sebenernya sehabis end chat gue malah takut, langsung tidur berharap besok pagi masih bisa bangun dari tidur. Banyak korban nya dibunuh dengan berbagai macam cara, dan waktu itu gue takut bakal mati karena diperkosa hantu.

Emansipasi wanita, nenek pun ikutan neror

Nah, gue ngerasa kasian sama korban yang bernama Jason. Gara2 katro, jadi mati deh. Kasian. Waktu itu gue sempet dapet broadcast ginian dari temen. Gue ngerasa kagum sama nenek Ani. Pengguna bbm tuh kan banyak, nah, kalo ada misalnya ribuan orang gak ngirim tuh broadcast. Apa semua nya bakal mati?, Apa bisa nenek Ani bunuh ribuan orang dalem waktu semalem? Emang kuat tuh nenek? Pake cara apa dia bisa teleport ke ribuan tempat? Kayaknya broadcast nenek ani ini bisa dijadiin senjata pemusnah massal deh. Cukup kirim broadcast ke target, biarkan nenek yang bunuh. Absurd? Emang.

Sekarang bawa-bawa orang tua

Dapet broadcast begituan dari temen, gue cuman bisa mengelus dada. Sambil berkata, " Teman ku, aku malu punya teman seperti mu." *Delcont*


4 Pengguna yang hobi test contact

> Kadang gue risih ngeliat orang yang suka test contact lewat broadcast. Rasa nya gimana gitu. Gue ragu apa mereka emang pengen ngecheck contact nya atau karena nyari perhatian? Kesepian? Pengen nyari temen ngobrol? Emang beda tipis.

5.  Nyampah di Recent Update

> Pengguna bbm kayak gini juga nyebelin. Gonta-ganti status ato dp tiap menit, kesannya kayak nyari perhatian. Berharap ada yang peduli, padahal sih, orang malah jadi ilfeel. Orang pasti akan ngerasa bosen kalo ngeliat orang yang sama terus-terusan muncul di recent update bbm nya. Ada dua anggapan orang kalo udah ngeliat pemakai bbm tipe ini, lo baru pake bbm, atau lo kelainan (alay, caper, broken home, broken heart, ngenes)

6. Hobi pamer

> Yang ini jelas ngeselinnya. Kadang ada aja pengguna bbm yang nyari muka dengan cara pamer. Kebanyakan sih pamer makanan, foto makanan gitu yang mahal2, yang entah apa dia bayar pake uang milik dia ato buat gaya-gayaan dipajang di bbm tapi habis itu mesti nyuci piring karena gak mampu bayar. Ato malah nunggak 10 kali cicilan. Gue belum pernah ngeliat orang yang pamerin foto makanan nasi kecap. Kenapa ya?? Bukannya sederhana itu membanggakan?.

7. Spammer

> Kalo yang ini sih jarang. Biasanya dilakuin sama temen terdekat. Ngespam bbm pake cara ngeping sampai hape geter tanpa ampun. Kalo ada orang asing yang suka ngespam, itu patut dipertanyakan....

8. Pamer Kemesraan

> Pengguna kayak gini tuh juga........ Langsung bakar aja! Ngeselin banget pamer foto mesra, nyampah di recent update, saut sautan dan.... Ah gak kuat gue lanjutin.... Bawaan nya pengen nangis....


Oke, kayaknya itu aja deh yang gue inget tentang tipe pengguna bbm. Kayaknya sih belum semua, masih banyak lagi yang nyebelin. Karena keterbatasan mental ehm maksudnya keterbatasan memori, jadi gue tulis segitu aja. Semoga setelah membaca ini kalian jadi terbuka pintu hatinya, jadi keinget sama kenangan make bbm, jadi sadar, bisa lebih was-was lagi. Sekian dulu dari gue.


2 komentar:

  1. Oh aku sering dapet kaya gitu yang nenek Ani bener gak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt yg katanya mata bakal hilang kwkwkw.

      Hapus