Jumat, 06 Oktober 2017

Gue dan Masa depan tak terarah

Gak kerasa masa SMA gue hampir berakhir, tinggal menyisakan beberapa bulan lagi. Dan, seperti sewajarnya, kalo sebelum lulus udah harus mikirin mau kemana nanti nya. Apakah akan menganggur sementara, lalu lanjut kuliah di usia 30?. Apakah akan lanjut ke universitas tertentu untuk menjadi seorang mahasiswa?. Apakah akan langsung bekerja menjadi general manager warnet? Ato menjadi security kamar mandi umum? Apakah akan berhenti kuliah, demi cepat2 melanjutkan keturunan, yaitu dengan menikah? Oh ini enggak banget. Apakah gue akan menjadi seorang siswa sma puluhan tahun?, Setiap tahun tinggal kelas, oh ini juga enggak banget.

Gue gak mau nikah muda! Masa depan masih panjang, dan gue kan membelah diri ~


Gue masih gak tau gimana gue kedepannya. Masih belum tau mau kuliah dimana, masuk jurusan mana, mau kerja dimana nanti nya, mau nganggur berapa lama (lho?). Banyak orang berkata sebaiknya selagi waktu masih jauh harus dipikirin mau kemana sehabis tamat SMA.
Tapi mau gimana pun, tetep aja gue bakalan mikirnya kalo waktu udah mepet, bisa malem sebelum hari h.

Yang pasti gue bakal ngelanjutin study buat kuliah. Dan masalah utama nya sekarang, gue bingung mau milih universitas apa, jurusan apa, dan biaya nya berapa.




Kebingungan gue makin menjadi-jadi setelah kehadiran para marketing yang mempromosikan kampus nya ke sekolah gue. Belakangan ini, setiap hari ada aja yang dateng. Misalnya, dari Jakarta, bandung, surabaya, malang, jogja, afghanistan, suriah. Gue baru tau kalo di indonesia ini terlalu banyak kampus. Masalah utama nya itu kebanyakan yang promosi kampus di sekolah gue rata2 cara ngomong buat membuat orang tertarik nya itu sama, ya gue maklumin sih, namanya aja marketing, dosa nya paling berat di akhirat.

Ketika bingung kuliah dimana dibuat lebih bingung lagi. Btw, kerjaan sampingan gue sekarang ngumpulin brosur terus didaur ulang lho ~




Contohnya tuh kayak gini:

1. kampus kami termasuk top five blabla
Entah kenapa setiap orang yang mewakili universitas berbeda selalu ngomong kayak gitu. Gue heran, dan gue gak percaya sama sekali. Mereka selalu bilang universitas nya masuk dalam topfive blabla, tujuan nya mungkin biar orang2 jadi mikir kalo masuk topfive berarti kampus tersebut memang bagus banget. Padahal, kalo kita jeli dan teliti, selalu memastikan kebenaran, bisa aja tuh universitas gak masuk 5 besar, ato pun 100 besar, bahkan bisa aja peringkat paling bawah alias kampus jongkok.

2. Kampus kami tidak akan mempersulit skripsi

>  Kata orang2, hal terberat dalam dunia perkuliahan adalah menyelesaikan skripsi. Karena gak ada orang yang bisa nyelesein sebuah skripsi tanpa ada nya revisi. Pasti sempet gagal karena dosen nya emang rese ato ada yang kurang. Dan, disini banyak orang yang mempromosikan kampus, bilang kalo di universitas mereka tidak ada nama nya mempersulit skripsi. Benar kah???. Gue juga gak tau kebenaran nya. Tapi, aneh aja sih kalo sampai skripsi gak dipersulit, soalnya dunia perkuliahan itu identik sama sulitnya skripsi. Kalo sampe gak dipersulit, tanda nya kuliah nya gak asik dong??

Bagi gue, gak bagus kalo sampai skripsi gak dipersulit, bisa dibilang gak ada tantangannya gitu. Akan lebih bagus lagi kalo ditiadakan, gak repot, gak bingung. #MentalPemalas #CalonPengangguranHebat

3. Kampus kami fasilitas nya lengkap, parkir luas, wi-fi dimana-mana

>Gue sangat yakin, salah satu hal terpenting dan paling disenengin sama anak jaman sekarang itu free wi-fi. Ngedenger wi-fi dimana-mana pasti remaja jaman sekarang bakalan tertarik. Tapi apa bener? Satu2 nya cara buat ngebuktiin adalah datang ke tempat nya langsung. Jangan2 sampai disana cuman ada 1 wi-fi paketan paling murah yang dipakai secara massal dan brutal sama orang sekampus.
Jangan2 wi-fi nya emang banyak, ada bukti nya langsung. Tapi, udah bertahun2 gak pernah dibayar.

Ngomongin soal fasilitas lengkap, kayaknya semua selalu bilang kayak gitu. Gue harus cermat aja dalam milih universitas, takutnya fasilitas kampus yang gue pilih ternyata gak lengkap. Misalnya kamar mandi, cuman ada satu  ato kalo mau boker ato pipis mesti ke depan kampus nyari selokan.

Ada salah satu fasilitas dari universitas yang gak bisa gue sebutkan nama nya. Gue takjub, soalnya, di kampus itu ruang komputer nya banyak banget. Kalo kepenuhan bisa ke lab b, c, d, e, f, g dan seterusnya. Entah bener atau kagak gue gak tau. Gue masih ragu, komputer nya mungkin banyak, tapi kalo misalnya semua pake Os  windows 98 gimana??. Segede apa sih kampus nya??

Ada lagi fasilitas yang disediakan salah satu universitas yaitu parkiran luas. Menurut gue parkiran luas penting banget, soalnya, gue males mesti nunggu lama nungguin biar motor gue bisa keluar jikalau terjebak. Tapi, apa bener parkiran nya luas??? Satu2 nya cara yaitu ngecheck langsung. Bisa aja ternyata bohong, tau2 parkiran nya sempit banget, sampai2 lapangan basket ato lapangan lainnya dijadiin tempat buat markir. #OhIniKanSekolahGue #BukanMaksudNyindirSekolahGue

Satu lagi yang bikin gue gak habis pikir. Ada universitas yang menyediakan kost elit bagi mahasiswa nya. Katanya tuh, kost nya disediaiin lift gitu, kamar nya mewah kayak apartement. Entah bener apa kagak gue gak bisa meriksa langsung soalnya tuh kampus ada di luar kota. Dan, gue gak cocok tinggal di kost elit karena kebiasaan kotor gue yang idup asal-asalan. Misalnya, naruh buku pelajaran di kasur, ngupil suka asal lempar di kamar, kalo gede keliatan jelas di lantai. Dan masih banyak lagi. Karena gue cowok misterius, gue gak mau nyeritaiin lebih banyak, cari tau aja sendiri ~

4. Kampus kami tidak ada yang namanya ospek ato ospek nya seperti menyambut keluarga

Ngedenger kalimat2 yang diucapin sama tukang promosi kampus bikin gue kesel. Menurut gue semua itu hanya bualan alias bullshit. Kalo gak ada ospek, gimana nasib para senior yang pingin balas dendam???. Kasian mereka, hina sekali ~.

Terus ospek yang kekeluargaan. Nah, ini dia yang bikin gue bertanya-tanya. Gimana maksudnya ospek kekeluargaan??. Apa pas masuk, para calon mahasiswa akan dijamu dengan banyak makanan lalu sehabis itu dipeluk satu2?. Gue gak yakin ada senior yang akan menyambut adik baru nya dengan ramah. Pasti kebanyakan mereka mikirin gimana cara nya ngerjain abis-abisan.

Ato jangan2 semua hanya jebakan??. Pas masuk tuh universitas, tau nya ospek nya tidak manusiawi. Rambut dibotakin cowok cewek, bawa ini itu gak jelas, kekerasan fisik dan nonfisik, hingga berujung meninggal ~

5. Para Mahasiswa akan bisa langsung bekerja di perusahaan yang bekerja sama dengan kampus kami.

> Oke, kayak nya ini yang paling bikin banyak orang tertarik. Siapa sih yang gak mau nanti nya kerja nya terjamin? Siapa sih yang gak mau kalo nyari kerja tinggal milih tanpa repot2 ngelamar sana sini? Sekacau-kacau nya gue, ngedenger ucapan kayak gini bikin gue tertarik.

Entah apa bener, gue masih bingung. Soalnya, rata2 selalu bilang kayak gini. Takut aja, tau2 bukan kerja di perusahaan gede. Malahan ditempatin di warnet2 terdekat. Terus ada yang nama nya kerja di kapal pesiar. Bisa aja pas kesana tau nya cuman dijadiin tukang ngepel lantai kapal, nyuci kapal, ato paling parah jadi tumbal pas ada badai ~ .

Sebenernya masih banyak lagi, tapi gue males nulisnya. Oh iya, setelah dipikir2, ada beberapa pilihan gue dalam memilih kampus.

1. Deket sama rumah, satu provinsi.
>Ini faktor utama gue dalam memilih kampus. Gue gak bisa jauh2 dari keluarga, bukan karena gak mandiri, tapi karena gue gak siap ninggalin kenangan gue di tempat sekarang. Dan gak mungkin gue merantau jauh disana, misalnya, ngampus di pedalaman, ato pun ngampus di timur tengah. Gue sangat yakin, bakal banyak peristiwa2 naas karena ulah gue. Misalnya, ledakan tabung gas, karena masang nya gak bener. Kebakaran massal, karena gue gak bisa matiin kompor ~ .

2. Tersedia Wi-fi
Ini juga faktor terbesar gue dalam memilih kampus. Semakin banyak wi-fi nya, semakin sejahtera mahasiswa nya. Semakin semangat pula mahasiswa nya. Soalnya nanti gue bakalan jadi mahasiswa paling super duper sibuk. Dari pagi dateng paling pertama sampai malam pulang paling terakhir, gue  bakalan  tetep stay di kampus. Buat apa?, tentu nya sibuk wi-fi an sampai diusir.

3. Banyak cewek cantik nya
Sebenernya, faktor ini juga jadi pertimbangan gue dalam memilih kampus. Gak seneng aja kalo kampus isinya cowok semua, saking keseringan ngeliat cowok di kampus, bisa2 banting setir jadi homo beneran ~. Karena selama 17 tahun gue gak pernah pacaran sama sekali. Gue berharap jodoh gue ada di kampus yang gue pilih ~ Dan, sebetulnya nasib gue pasti apes, bakal ditolakin lagi..

4.  Biaya nya gak mahal
> kayak nya ini gak perlu ditulis deh, semua orang juga berpikiran yang sama.

5. Gedung nya luas, fasilitas lengkap, perpustakaan lengkap
>Gue juga mempertimbangkan hal begini dalam memilih kampus. Kenapa? Kalo gedung nya luas rasa nya enak aja. Gue paling gak seneng sama gedung yang sempit, apalagi sampai lapangan buat olahraga dijadiin parkiran #BukanNyindir #BukanBermaksudNyindirSekolahGue

Fasilitas lengkap semua pasti juga kepingin. Kalo perpustakaan lengkap? Nah ini dia favorit gue. Walaupun gue jarang banget ke perpustakaan di masa smp dan sma, tapi dulu pas SD gue hobi banget ke perpustakaan. Kesana buat baca buku, main catur, bahkan tidur pake papan catur ~ .

Jelas, gue kepingin perpustakaan nya luas , dan yang paling penting gak boleh ribut. Soalnya, perpustakaan bisa jadi kamar kedua gue. Soal buku berhubungan sama materi kuliah, gue gak mengharapkan lengkap. Tapi, kalo buku nya novel ato dongeng, harus lengkap!!!!

Soal kedepannya gue masih bingung. Apa gue akan kerja sambil kuliah? Kayaknya berat, dan melelahkan. Tapi, gue gak mau membebani orang tua terus. Dan, gue pingin meningkatkan jumlah uang jajan gue yang saat ini dibawah standar rata2. Tapi gue bersyukur sih, daripada gak dikasi sama sekali ~. Dan semoga aja nanti pas kuliah, gue bisa menjalin banyak relasi sama punya banyak temen. Dan harapan terakhir gue, moga pas kuliah gue udah terkenal sebagai penulis...

Oke kayaknya itu aja yang mau gue bahas tentang masa depan gue yang gak terarah ini. Maafkan jikalau gak penting.

0 komentar:

Posting Komentar