Rabu, 04 Oktober 2017

Melayang nya 7M


Beberapa hari yang lalu gue bersama temen2 mengikuti tournament game. Yak, ini pertama kali nya gue ikutan tournament secara langsung di suatu kafe . Tournament yang gue ikutin adalah tournament game yang kata nya bisa menang 7 M. Ngedenger 7 M gue ngiler banget. Gue udah berandai-andai jikalau gue dan temen2 berhasil juara terus dapet uang 7 M. Bahkan gue udah mikirin uang nya bakal buat apa nanti nya.

Tournament yang gue ikuti ini hanya sedaerah di Bali aja. Tapi, walaupun masih di area Bali, hadiah nya aja 10 juta!!!. Gila 10 juta!!!. Terus kalo berhasil menang maka pemenang nya akan dibawa terbang ke jakarta buat berlomba lagi ngelawan tim2 daerah lain. Dengan kata lain lomba tingkat nasional. Hadiah nya juga gak tanggung2, jumlahnya sebesar 300 juta!. Anjrit, kalo menang bisa mendadak jadi jutawan tuh. Dan, yang paling membahagiakan kalo juara tingkat nasional maka para pemenang bakalan dibawa terbang lagi ke negara...... Korea!!!!. Korea yang gue maksud itu korea Selatan bukan utara.

Dari gambarnya aja udah ngeri, keren abis

Enak banget kalo bisa menang semua nya, dapet uang, dapet popularitas, dapet jalan2 gratis, dapet cewek korea juga.... (Lho??)

Tapi, gue menyadari semua itu sulit. Lawannya pasti bakal berat2, hebat2. Di bali aja belom tentu bisa masuk final, buru2 masuk final, palingan sekali main udah tersingkir. Waktu itu gue dan temen2 gak mau pesimis, selalu yakin, 7M ada di depan mata.

Demi dapet 7 M, demi dapet cewek korea, maksudnya jalan2 ke luar negeri gratis. Gue bersama temen2 mulai latihan main. Nyoba2 formasi, susunan komposisi tim gitu. Dimulai dari main bareng secara terus menerus. Gue dan temen2 makin pede dapet 7 M, kenapa gitu?.

Soalnya dulu temen2 gue yang jarang main tuh game bahkan gak pernah mereka sentuh pun tiba2 aja ikut tournament online, dimana tournament nya gak langsung bertatap muka, bisa dari kejauhan ataupun dari rumah. Dan kampretnya, tiba2 aja gue didaftarin buat ikutan. Mau nolak gak enak,  mau ikut juga gue udah berbulan2 gak main game ini. Tanpa latihan, tanpa koordinasi, tanpa ngumpul bareng, tournament begitu pun kami ikuti. Hasilnya? Gak mengecewakan lah, setidaknya bisa menang sekali aja udah bangga banget.

Belajar dari pengalaman kegagalan tournament kemarin, gue dan temen2 menyiapkan diri sebaik2 nya. Latihan sekeras mungkin. Semua demi 7 M, demi bisa jalan2. Hari H semakin dekat, dan kami masih gonta-ganti formasi, belum nemu komposisi yang pas.

Mendekati hari Tournament, ada banyak masalah yang menimpa. Seperti, jadwal tournament yang diubah-ubah. Awalnya hari sabtu jadi hari minggu, jelas jadinya gue sama temen2 mesti menyesuaikan hari. Soalnya, hari minggu banyak temen gue yang pada gereja, ato kegiatan lainnya. Kalo gue? Jangan tanya, setiap hari selalu kosong tanpa kegiatan apa2.

Tournament diundur jadi hari minggu. Memang, menurut gue official sama Panitia nya labil banget. Gara2 perubahan jadwal tersebut, ada salah satu temen gue yang emosi, tapi tidak pada tempat nya.

Ngamuk itu wajar.... Tapi tempat nya???


Terkadang kalo kita merasa terusik atau ngerasa gak enak, marah adalah solusi tepat. Tapi, kita harus tau tempat dimana kita meluapkannya. Contohnya temen gue ini, marah di tempat yang tepat. Tempatnya itu di grup chat Line yang berisi panitia dan official dari game tersebut. Reaksi mereka? Gue cuman geleng2 kepala.

Ada tante yang terusik

Yak, sengaja nama temen gue sensor, demi kemanusiaan dan melindungi diri nya dari amukan tante2. Dan juga gue gak mau jadi korban tante2. Kebanyakan para panitia biasa aja nanggapin nya, kecuali si tante yang nama nya...... gak berani gue sebut. Dari balasannya aja mungkin keliatan sopan, bijaksana, gak langsung menanggapi omongan temen gue dengan kasar. Tapi, gue curiga, takutnya temen gue pas
dateng kesana langsung dihajar oleh tante2 yang belum keliatan wujud aslinya. Apakah tante2 dengan badan yang seluruhnya ditutupi bulu?, tante2 bersuara cowok?, tante2 berbadan kotak2??.


Cie ditungguin tante tuh
Kebetulan nanti ada Technical meeting gitu. Jadi perwakilan ato mungkin satu tim bisa ngikut buat ikutan Technical meeting di suatu tempat kafe. Nah, si tante ini udah gak sabaran menanti kehadiran temen gue. Entah sesampai disana mau diapain, gue sih positif aja mungkin si tante jatuh cinta.


Nah si tante mau ngajakin ngomong. Entah mau ngomong apaan, kayaknya ngeri sih.

Oke skip2. Pas hari technical meeting di hari jumat. Gue bersama temen2 lain pada dateng buat menghadiri technical meeting yang diadakan oleh panitia. Disana panitia mungkin akan menjelaskan aturan permainan, hadiah, ataupun hal2 lain berhubungan dengan lomba


Technichal meeting dimulai jam 7 malam. Sebagai seorang pelajar sekaligus anak muda teladan, gue sama temen2 dateng jam setengah 8. Oh iya, temen gue yang dicari tante2 tuh enggak ikutan technical meeting. Gue maklumi kok, mungkin dia lagi menyelamatkan diri nya dari keroyokan tante2. Sesampai disana, gila, rame banget. Sampai2 kami gak dapet tempat buat duduk soalnya didalem udah penuh. Karena gak dapet tempat, jadi nya kami duduk di parkiran motor tepat di depan kafe tersebut. Peserta lomba nya terdiri dari banyak golongan, tua, muda, tua wajah sangar, tua bertato, anak muda mirip anak broken home, anak muda gak terurus, tante2 bedak tebel plus pensil alis berambut pirang, dan masih banyak lagi.

Technical meeting berlangsung singkat. Panitia menjelaskan aturan lomba, dan gue gak ngerti sama sekali. Dari semua omongan yang disampaikan cuma satu yang gue inget, D3KILL (nama tim gue dan temen2) ngelawan Nofsky. Entah Nofsky itu tim apaan, gak jelas banget, paling cupu dan goblok. Mungkin mereka juga berpikiran sama D3KILL itu tim apaan ya, gak jelas banget, palingan cupu dan goblok.

Dan dipenghujung acara disampaikan kapan dapet jatah main nya. Dan, ternyata, tim gue dan temen2 mainnya jadi hari sabtu!!!!. Diubah lagi, kampret you know!. Udah rela-relain ngosongin jadwal kegiatan atau aktifitas di hari minggu demi biar semua bisa main eh tau nya hari sabtu tanggal mainnya. Buat temen2 gue, jelas ini merupakan hal buruk, karena mereka mesti ngatur jadwal lagi, sedangkan bagi gue? Santai aja, setiap hari juga kegiatan gue kosong. Yak nama nya aja pengangguran berwujud anak SMA. Kabar apes lainnya yakni temen gue yang diincar tante2 gak bisa ikut karena hari sabtu dia ada semacam acara keluarga gitu. Jelas, ini pukulan telak bagi tim gue, karena besok udah tanding.

Gue agak sedih, kecewa dikit, tuh tante2 pasti juga kecewa gak pernah bisa ketemu sama temen gue itu. Sepulang dari sana, gue dan temen2 mulai kalap, panik, gak tau harus ngapain. Secara mendadak kehilangan satu personil, dan keren nya gak ada cadangan.

Malam itu juga gue sama temen2 mikir keras, nyari orang yang cocok dan pas. Sampai pukul 9 malem masih belum nemu orang yang pas. Ada yang sibuk, ada yang diraguin takut jadi beban, ada yang gak meyakinkan. Setelah mikir sekian lama, dapatlah orang yang pas. Mungkin agak beresiko, soalnya orang nya itu punya pacar. Ya tau sendiri lah kalo orang punya pacar, pasti terkekang, gak akan serius karena mesti ngurusin ini itu sama pacar.

Sampai2 tengah malam kami mesti nyari rumahnya dan pada akhirnya gagal dengan sukses.

Oke skip ke hari H. Orang yang gue dan temen2 ajakin itu setuju, dia bilang siap untuk main. Yak, hari itu tournament tanpa latihan sama orang baru, gak tau kayak gimana mainnya. Tim gue juga gak tau komposisi tim kayak gimana, strategi nya berubah ubah lagi. Pas tournament, gue cuman bisa bilang, apa yang terjadi, terjadilah.

Tim gue bakalan main jam setengah 4 sore. Ketakutan terbesar gue adalah kalo sampai ada yang telat. Tau2 dateng jam 5. Eh, itu kan gue. Pukul jam 3 gue dan tim udah bersiap berangkat ke tempat dimana tournament diadakan. Sesampai disana, rame banget, suasana gak kondusif. Ada yang gak kebagian tenpat duduk, ada yang berdiri bahkan ada yang main di emperan toko deket tempat parkir.

Tibalah masa dimana tim gue D3KILL akan berhadapan dengan tim Nofsky. Tempat mainnya ternyata di dalam kafe tersebut. Gue melihat sekeliling, penasaran sama yang manakah yang akan tim gue lawan. Seperti apa wujud lawannya, semoga aja bocah2 SD. Gue sama temen2 pun duduk di tengah2, di meja yang disediakan colokan. Temen gue bawa kabel roll, jadi gampang kalo kehabisan baterai. Panitia pun menghampiri kami lalu memberitahukan bahwa lawannya tepat ada di belakang tempat gue duduk.

Pas gue noleh ke belakang, yak, lawannya orang udah pada gede semua. Om2 dengan tampang tua banget, rambut berantakan, badan gede2, bertato pula. Mungkin mereka itu memang bekerja sebagai preman terminal yang mencoba peruntungan di dunia game. Dengan wujud yang mengerikan seperti itu, mereka berharap lawannya bakalan down, takut, iya, takut kalo kalah bakal ngamuk.

Pertandingan pun dimulai D3KILL melawan Nofsky. Baru mulai main aja keapesan udah menimpa lagi, sinyal jelek. Yak, gue dan temen2 awalnya mikir kalo wifi di kafe ini bakalan bagus, tau nya ancur abis. Gue baru inget, di luar sana banyak manusia jahanam yang make wi fi dengan biadab buat donloat ato pun ngakses situs terlarang.

Alhasil, ngelag parah, sinyal kartu operator pun malah lebih parah. Hasil nya???, Udah ketebak banget. Tim gue sukses gugur diawal hanya dalam waktu 10 menit. Gue nyesek parah, begitu juga sama temen2 gue. Andai aja gak lag, mungkin hasilnya bakal beda. Bisa lah nahan ampe 20 menit, terus akhirnya kalah. Harus gue akui, lawannya kalem banget tanpa perlu koordinasi udah tau mereka harus kayak gimana. Sedangkan tim gue?, teriak2, ngomong strategi keras2, padahal belakang nya lawan. Jenius kan??.

Setelah menderita kekalahan mengenaskan, dan harus merelakan melayang nya kesempatan buat dapet 7M, kami pun langsung ngibrit keluar dari ruangan, lalu pulang dan pergi jauh2 dari kafe. Demi melindungi diri kami dari lemparan batu dan rasa malu. Gue sedih, gak jadi ke korea, gak jadi ngeliat cewek disana, gak jadi jalan2 ke luar kota bahkan ke luar negeri.

Kekalahan memang menyakitkan, tapi setidaknya sehabis kekalahan itu gue sama temen2 makin giat buat main bareng dan latihan terus. Apalagi sekarang personil kami sudah lengkap dengan orang baru. Setidaknya juga dari kekalahan tersebut, ada pengalaman yang bisa dipetik. Dan setidaknya ngerasain gimana rasanya main di tempat keramaian, saling bertatap muka dengan lawan. Kalah bukan berarti gak ada kesempatan lagi, tapi, dari kekalahan kami belajar banyak. Masih ada kesempatan buat mengembangkan tim, di lain waktu masih ada tournament yang akan menyambut kami, akan ada tournament yang akan datang.

Oke, kayaknya itu aja yang mau gue share tentang pengalaman kekalahan memalukan karena minimnya persiapan dan hal apes yang menimpa kami.








0 komentar:

Posting Komentar