Rabu, 16 Mei 2018

Kehidupan Setelah Lulus SMA

Banyak anak jaman sekarang bilang mereka ingin cepet-cepet lulus sekolah. Kata mereka lulus itu enak, terbebas dari PR, libur panjang, bisa bebas begadang dan bangun siang. Sungguh, itu harapan yang goblok. Lulus SMA gak seindah itu. Gue yang baru aja lulus, ngerasa terjadi banyak perubahan pada hidup gue. Banyak pikiran dan pandangan gue yang berubah, lalu banyak juga terjadi perubahan pada siklus hidup. Apa aja itu..



1. Gak dapet uang jajan

Waktu gue jaman sekolah, setiap harinya gue dapat uang jajan. Walau jumlahnya gak banyak, setidaknya tiap hari dapet jatah. Mau belanja apapun gak perlu mikir, toh besok pagi dapet uang lagi. Bisa jajan tiap hari, jajanin pacar orang juga. Berbeda dengan sekarang, pas gue lulus semua berubah gitu aja. Gak ada lagi uang jajan yang gue dapat tiap harinya. Kondisi gue sekarang mungkin lebih parah dari gembel. Dulu ketika gue bangun tidur, "Hore dapat uang jajan banyak." Pas udah lulus, "Hore dapet recehan."



Karena gak ada uang sama sekali, mau pergi aja susah, mau ke warung deket rumah aja susah, takut bensin habis. Kalo diajak jalan sama temen, gue harus menyiapkan seribu alasan yang sebenarnya karena gak ada duit. Lulus sekolah, mengubah pandangan gue tentang uang. Dulu kalo gue belanja di supermarket, dikasih kembalian permen, gue biasa aja. Sekarang, dikasih kembalian permen, mungkin gue bakal ngejerit sambil menahan pintu masuk supermarket, lalu gue mengancam, "Kembalian uang dulu! Kalo permen, pintu ini gak akan bisa dibuka!" Lalu, dulu kalo gue ngeliat uang recehan, biarin aja, ngapain juga diambil. Sekarang, semua recehan sangat berharga. Menemukan uang recehan berasa menemukan harta karun yang diincar seluruh penjuru dunia.

Gue juga jadi lebih hemat. Gak jajan sembarangan lagi. Harus menghargai uang yang ada. Kadang kalo gak punya uang sama sekali, rasa frustasi pun timbul. Gue mencari cara untuk menyelesaikan masalah keuangan ini. Gue guling-guling di kasur beberapa jam sampai akhirnya gue dapat solusi. Kalo mau punya uang, ya kerja. Tapi gue bingung mau kerja apa, berbeda dengan temen gue yang punya kerjaan, walaupun kurang elegan sih. Tapi tetep aja dapet uang tambahan itu enak banget.

Kalo dulu dikasih uang sama orang tua, sekarang malah banyak disantunin sama orang.

Di sini gue mau ngasih tau aja buat kalian yang suka bilang lulus SMA itu enak. Apa enaknya gak dapet uang jajan? Apa enaknya bangga dapet recehan? Apa enaknya mengancam sebuah supermarket demi sebuah kembalian uang? Pikirkan itu kawan, sekarang mungkin kalian bisa bilang gitu, nanti pas waktunya tiba, kalian bakal ngerasain gak dapet uang tiap harinya.

2. Jarang ketemu temen

Jaman sekolah itu lo tiap hari bisa ketemu temen, kecuali temen lo gak pernah masuk selama 5 semester. Ketemu nya juga di tempat yang pasti, di sekolahan. Pas udah lulus, siap-siap deh bakal jarang ketemu. Bisa juga siap-siap deh kehilangan temen yang mungkin mau melupakan masa sekolahnya, atau emang mau pindah ke luar kota. Gue merasakan hal ini, tiap harinya gue kangen sama temen-temen sekolah gue. Pengen ketemu, tapi rumah gue jauh. Setelah tamat mungkin ada waktu beberapa bulan untuk ketemu, setelah mendekati kuliah, temen bakal hilang gitu aja deh. Ada yang merantau lah, ada yang punya temen baru lah, atau ada yang gak mau punya temen lah.

Emang sih lulus itu banyak libur, jadi bisa ketemu temen tiap hari, tiap saat. Yang gue alami saat ini, banyak temen gue yang sibuk dengan kerjaan sampingan nya. Jadi, jarang ada waktu buat ngumpul-ngumpul kayak dulu sebelum lulus. Apalagi kalo temen lo kerjanya jadi TKI, dijamin deh gak bakal ketemu lagi.

Buat kalian yang sekarang masih sekolah, mending jangan berharap cepet lulus deh. Temen yang tiap hari bareng lo, bakal pisah jauh. Intensitas bertemu akan berkurang. Mending bersyukur aja kalo lo masih sekolah, masih bisa ketemu temen tiap hari.

3. Gak ada kerjaan

Ketika masih sekolah, banyak kerjaan yang bisa dilakukan. Seperti membuat PR, tugas, atau mengikuti ekstrakurikuler. Saat lulus, semua itu hilang begitu aja. Bagus? Iya kelihatannya. Yang ada malah tanpa semua itu jadinya bener-bener gak ada kerjaan sama sekali, dan itu membosankan. Sebelum gue lulus, setidaknya gue ada kerjaan, pergi ke sekolah. Kerjaan gue sekolah! Bukan kayak sekarang, nganggur berat. Guling-guling sepanjang hari, ngangkat jemuran tengah malam, main sama galon aqua.

Jika kalian menganggap PR itu berat, lebih berat lagi gak ada kerjaan. Gak tau harus ngapain, saking lama nya libur. Enak sih libur, tapi kalo gak ada kegiatan itu membosankan. Mau pergi, gak punya duit. Mau menikmati libur bersama teman, eh temannya sibuk, hilang ditelan kerjaan. Mau kerja, eh kangen nganggur.

Kalo lo saat ini masih sekolah, bagus deh. Jangan berhenti sekolah! Lanjut aja terus! Kalo bisa, bikin lama sekolah lo jadi lebih lama dari seharusnya. Misalnya SMA 3 tahun, lo buat jadi 12 tahun. Dengan begitu, lo bakal punya kerjaan terus seperti membuat tugas, belajar, pergi sama temen yang jauh lebih muda, pedofil, dan tentunya bikin malu keluarga.

Intinya, nikmati aja dulu masa sekolah.

4. Banyak pikiran

Semasa sekolah pikiran orang hanya terfokus pada belajar, main sama temen, ngutang di Kantin, dan godain lawan ataupun sesama jenis. Semua itu indah, gak bikin sengsara. Saat masa sekolah selesai, pikiran pun akan bercabang. Mulai dari mau kerja apa nantinya, mau kuliah di mana, apa rencana hidup selanjutnya. Semua itu harus dipikirkan dengan serius, jika main-main, masa depan jadi taruhan.

Saat ini gue juga lagi banyak pikiran yang susah untuk dihentikan. Seakan segalanya berputar di otak gue. Mikir bakal kuliah di mana, eh malah gue mikirin gimana caranya balik ke masa SD.  Mikir masa depan, malah keinget masa lalu. Pokoknya, sehabis tamat sekolah, setiap orang akan mengalami dilema besar dalam hidupnya. Banyak masalah yang harus dihadapi. Waktu sekolah, punya banyak masalah bisa diselesaikan oleh BP atau BK. Kalo udah lulus, gak mungkin nyuruh BK buat menyelesaikan masalah hidup. Misalnya, ngebayarin dulu utang Rental Playstation.

5. Kebiasaan berubah

Pas masih sekolah, setiap orang terbiasa untuk bangun pagi agar tidak telat. Seakan aturan itu membuat orang untuk hidup secara teratur. Giliran lulus, membuat hidup seseorang menjadi seperti hewan liar. Kebiasaan bangun pagi itu bakal hilang, karena gak ada kewajiban yang mereka harus laksanakan. Yang dulu biasa belajar, mungkin jadi jarang belajar. Yang dulu gak pernah belajar, mungkin sekarang juga sama aja.

Sehabis lulus, banyak kebiasaan gue yang berganti. Dari yang dulu manusia normal, kini menjadi lebih parah dari manusia primitif. Semenjak lulus, gue jadi selalu bangun siang banget. Sehari cuma mandi sekali (Kadang ada keinginan untuk sebulan gak mandi) Penampilan gak karuan, siklus hidup menjadi kacau. Bangun, duduk, makan, duduk, tidur, bangun, duduk, tidur. Hidup tanpa aturan itu emang gak enak.

Banyak perubahan yang gue rasakan secara langsung, semua itu gak menyenangkan. Bener, coba deh nanti kalian rasaiin sendiri gimana rasanya berganti dari manusia teratur menjadi manusia asal hidup. Yang gak enak itu kebiasaan lingkungan yang berubah. Yang dulu biasa di lingkungan sekolah, sekarang harus terbiasa di lingkungan yang baru. Lingkungan kerja pasti berbeda dengan lingkungan sekolah. Karena di lingkungan kerja, gak ada bianglala nya (Apa hubungannya?)


6. Memasuki Dunia yang Sesungguhnya

Sewaktu gue melihat foto pelajar yang coret-coret baju, gue banyak melihat komentar dari orang-orang, "Ih! Selamat datang pengangguran tahun 2018." Lalu, "Goblok banget coret-coret. Selamat datang di kehidupan nyata!" Lagi, "Selamat memasuki kehidupan yang sesungguhnya." Gue sendiri juga berkomentar, "Buat apa coret-coret, mending bajunya disumbangin atau disimpen aja." Kata gue saat itu, besoknya gue langsung coret-coret baju.

Memasuki dunia yang sesungguhnya, hmm, serem abis. Gue ngerti, berarti selama ini orang yang bersekolah masih dalam dunia permanjaan. Karena segalanya ditanggung oleh orang tua. Pas lulus, baru deh, orang tua mulai menghentikan permanjaan itu. Membiarkan anak agar hidup mandiri. Melepas anak di dalam hutan rimba.

Orang yang udah selesai bersekolah, dituntut untuk bisa hidup mandiri, menyelesaikan segala hal sendiri. Mandiri bukan berarti meninggalkan keluarga, tetapi untuk bertanggung jawab pada hidup. Mereka juga harus tahan menghadapi berbagai masalah kehidupan yang berat. Masalah keuangan, masalah kesehatan, masalah sama pacar orang, dan masih banyak lagi. Bekerja keras, demi kehidupan yang lebih baik, emang bukan perkara mudah.

Semua demi kesuksesan semata. Gue sendiri mulai menyicipi dunia yang sesungguhnya. Gimana rasanya gak punya duit, gak ada kerjaan, jauh dari temen, kesepian, dan segala macam hal yang bikin gue agak stres dikit. Padahal, itu belum seberapa dibanding kedepannya.

Jadi, buat kalian yang bilang lulus SMA itu enak, semoga tersadar gara-gara baca post ini. Kalo lulus sekolah enak karena libur panjang, kenapa gak sekalian berhenti aja sekolah? Atau bolos 6 semester. Enak karena terbebas dari PR dan Tugas? Nanti juga bakal dapat tugas kehidupan yang jauh lebih berat. Yang gak bisa dikerjakan secara berkelompok dan bergilir, saling oper satu sama lain.
Enak karena terbebas dari aturan? Ini enak sih. Enak karena gak ketemu guru yang nyebelin? Nanti juga bakal ada orang yang jauh lebih nyebelin, misalnya, tukang parkir yang dibayar, tapi cuma diem aja.

Lulus sekolah itu gak seindah itu, gak sesuai seperti apa yang diharapkan. Banyak juga pasti mengalami hal yang sama. Maksud gue menulis ini agar yang masih sekolah bisa dapat bayangan gimana nantinya setelah tamat. Semoga yang masih sekolah ngebaca post ini, jadi pengen sekolah puluhan tahun. Sengaja goblok biar gak dinaikkan kelas.

Itu aja deh yang mau gue tulis, berharap tulisan ini seperti biasa, gak ada manfaatnya. Terima kasih udah ngebaca yaa, see u !













11 komentar:

  1. Bener banget kak:(sedih kalo diinget-inget kenapa dulu pengen cepet-cepet lulus gara-gara muak sama pelajaran sekolah. Eh pas lulus taunya ada yang bikin lebih muak wkwk tulisannya keren kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ahhaha. Itu hal yang wajar kok bro bagi banyak anak sekolah wkwk. Giliran udah pada lulus, eh mau sekolah lagi.

      Btw, makasih bro udah mampir dan ngasih komentat heheh.

      Hapus
  2. BENER BANGET. pas udah lulus terus dalam masa penantian kuliah gitu suka bingung mau ngapain sehari-harinya. apalagi buat orang yang ngga terlalu suka main kaya saya, udah bengong aja mulu di rumah ehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bosen banget pasti seharian di rumah. Apalagi kalo kuliahnya tertunda setahun kayak saya, bingung mbak hehehe.

      Hapus
    2. ohh ngga coba kampus swasta? biasanya masih pada buka pendaftaran. kalo nunda bisa digunakan kesempatan buat produktif juga sih, atau kerja part time. tapi menurut cerita teman, kalo udah nyoba kerja nanti ngumpulin niat buat belajar/kuliah nya agak susah

      Hapus
    3. terkendala di biayanya mbak. Iya bener, banyak yang bilang kerja aja. Tapi kebanyakan kalo udah kerja, mau kuliah jadi males karena ngerasa udah bisa nyari uang sendiri

      Hapus
    4. yahhh kalo gitu manfaatkan waktu buat menyalurkan hobi dan pengembangan diri aja kak :) semangat

      Hapus
    5. Iyaa siappp mbak. Semangat juga buat kedepannya.

      Hapus
  3. Gue suka tulisan ini sangat bagus mumpung gue masih sekolah maka gue harus berubah menjadi yang lebih baik lagi selamat kakak tulisanmu bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat sekolahnya. Jangan lupa bikin kenangan sebanyak mungkin. Jadi yang terbaik.

      Thanks udah ngasih komentar :)

      Hapus
  4. Kk izin sher di blog saya...di suruh sama dosen cari blog yang menarik biar nilai nya bagus ...hahaha
    Semoga sukses

    BalasHapus