Jumat, 29 September 2017

KECANDUAN MASSAL GAME HAPE

Beberapa waktu yang lalu gue terkejut karena ngelihat temen2 gue pada mendadak mainan game moba di hape. Satu kelas tuh pada ngomongin game, pada mainan bareng.
Gue jadi keinget dulu pas gue lagi mainan game moba yang sekarang temen gue mainin. Mainan sendiri di kelas, temen gue pada keheranan. 'Game macam apa itu?, 'game bocah'. Dan pada akhirnya mereka main juga

Dulunya gue juga sama kayak temen gue. Sebelum mencoba udah bilang gak enak, gak tertarik. Semua berawal dari ajakan temen bokap yang kebetulan memang hobi main game. Pas itu dia ngajakin gue buat nyoba game Moba di hape yang bernama 'mobile legends'. Dengan tegas gue langsung menolak, bilang gak suka dan gak tertarik. Alasan sebenarnya  bukan karena gak tertarik. Tapi gue trauma sama yang namanya game tipe kayak gitu.

Gambar dari game yang gue maenin. Gak gue sensor yang kanan. Bagi bocah yang ngeliat harap hubungi orang tua dulu sebelum melanjutkan......


Dulu gue pernah nyoba sekali game yang namanya dota 2. Dan gue sukses keras
memalukan bangsa dan negara gue. Btw gamenya itu online, seluruh dunia gitu, alias seluruh negara. Gue gak ngerti apa2, gak ngerti gimana caranya main. Gue gak tau apa di dalem game yang gue maenin ada tutorial nya apa gak. Waktu itu gue ngerasa kalo gue udah mahir. Karena sebelumnya gue udah sering main game begini ngelawan bot. Dan gue sempet ngerasa kalo musuhnya bakal gak jauh lebih hebat dari bot(komputer). Pas gue nyoba bener aja, gue yang malah lebih cupu dari bot.
Semenjak saat itu gue gak mau nyoba game tipe begini lagi. Di game lain yang tipenya sama pun, lagi2 gue sukses membawa nama jelek negara gue. Akibatnya gue jadi males main game tipe begituan, lebih enak main sama komputer.

Game yang sukses membuat gue mempermalukan negara sendiri

Gue pun menolak keras ajakan temen bokap gue. Tapi anehnya gue masih kepikiran aja, penasaran gitu. Makin lama hasrat gue makin tak tertahankan. Di kegelapan kamar, suasana kesunyian. Gue menutup jendela, mengunci kamar, maksudnya biar gak ada yang tau dan ngeliat seberapa cupu nya gue. Diem2 gue mulai mendonloat game yang bernama 'mobile Legends'. Setelah selesai mendonloat, gue malah berubah pikiran. Niat main ilang.

Hari demi hari munculah niat gue buat ngerasain main. Pengalaman pertama kali nyoba main, musuhnya cupu abis. Game nya gampang banget, padahal game nya online. Lawan nya pun orang beneran. Kok bisa cupu banget?. Kok bisa game nya gampang banget? Gue bertanya-tanya dalam pikiran. Setelah sekian lama, ini pertama kalinya gue merasa enggak lagi jadi pecundang. Gue berasa jago banget, ngerasa makin pede.

Beberapa bulan kemudian, gue mengetahui fakta menyakitkan yang harus gue terima. Bahwa selama gue main dari awal dimana gue berhasil membantai banyak orang. Yang gue bantai itu bukan orang beneran, malahan komputer.

Iya, gue jago karena lawannya masih komputer yang memang khusus diprogramkan untuk melawan para pemain baru. Cupu abis. 

Berbulan-bulan setelah mencoba game yang disaranin temen bokap gue. Semakin hari gue makin ketagihan buat main. Pagi main, tapi mesti ngumpet, naroh hape dikolong meja sambil sesekali noleh ke depan. Kalo guru nya emang tipe guru yang hobi keliling, gak bisa diem gitu, gue makin desperate. Satu satu nya cara biar gue bisa main dengan tenang adalah ijin ke kamar mandi. Tapi sejujurnya, gue gak pernah pake cara kayak gitu. Karena gue adalah murid rajin dan teladan yang selalu menghayati penjelasan guru yang mengajarkan materi pembelajaran dengan tatapan mata kosong. Intinya, sepanjang hari gue main mobile legends tanpa kenal waktu, tanpa peduli tugas maupun hal yang berhubungan dengan sekolah.

Semakin lama main, makin tinggi jam terbang gue. Makin terampil dan professional kemampuan gue dalam bermain. Sempet gue iseng bikin ID ato akun baru. You know for what?, Yah, menyiksa player baru gitu. Anggap aja mos ato ospek tapi di dalam game. Dan sekaligus cara gue membalas dendam. Kenapa? Dulu pas gue masih baru2 main, nemu lawan jago banget, gue puji2 gitu deh. Ternyata dia udah lama main dan sengaja bikin ID baru demi keliatan jago. Padahal sih cupu abis. Gak kuat main sama yang selevel sama dirinya, malah ngelawan pemain yang baru main. Cupu kan???, Eh bentar, gue juga sama, berarti gue gak ada beda nya sama dia ~

Satu hal paling mengejutkan pas masuk sekolah setelah sekian lama libur adalah gue melihat dengan jelas temen gue pada mainan game yang juga gue mainin. Gak hanya itu aja, bahkan seisi sekolah sampai pada Customer service juga keracunan game moba di hape yang bernama 'Mobile Legends'. Selain itu, karena emansipasi wanita terjadi, para cewek di sekolah gue ikutan juga main. Dimana pun gue jalan pasti ngeliat aja ada yang main. 

Di kamar mandi misalnya, pas lagi kebelet, kamar mandi pada penuh. Dan orang yang berada di dalam lama banget keluar dari kamar mandi. Awalnya gue pikir pup nya terlalu panjang ato nyangkut, eh pas gue lagi fokus, gue ngedenger suara, "Push tower nya cuk", "Gue dapet MVP nih", Oh ternyata pada main bareng, beda kamar mandi. Demi dapet main disaat pelajaran, dan demi tidak disangka sesama pecinta batang, yaudah main di kamar mandi yang berbeda. Dan selamat, ini cerita bohongan kok, sengaja aja gue buat. Bukan pengalaman gue kok, yah siapa tau aja di luar sana ada yang kayak gini, atau buat yang belum tau, monggo ditiru trik nya. Kalo perlu sih satu kamar mandi aja. Jadi ntar komunikasi nya kayak gini, "Tahan, tahannn,", "Gak sakittt", "Maju, maju", "Mundur, mundur" ini mau main moba atau.... asudahlah..

Seisi sekolah gue udah keracunan game beginian. Gak usah jauh2 deh, di kelas gue aja yang main udah banyak banget. Apalagi pas lagi gak ada guru, temen2 gue bakalan ngumpul gitu terus main bareng. Teriak2, heboh, ketawa2. Menyenangkan memang, bermain bareng temen. Lebih heboh lagi kalo udah ngumpul kayak gitu, tiba2 bencana datang, yaitu masuknya guru ke kelas. Maka, ada dua pilihan. Pertama, serempak AFK (Ah fu*k, eh maksudnya, Away from keyboard. bahasa katro nya, berhenti main ato diem aja) Kedua, nekat main. Hal yang gak habis gue pikir itu, banyak temen gue yang main gak ngeliat waktu. Banyak yang main setelah bel masuk berdering. Jadi, kalo guru nya udah dateng yaudah deh, afk. Orang2 yang biasanya sering afk di game begini udah seharusnya dibasmi dan disiram rame2 pake bensin. Kenapa gitu? Soalnya game tipe begini bener2 butuh kerjasama yang baik di antara 5 pemain. Kalo salah satunya afk atau meninggalkan game, maka komputerlah yang akan menggantikan. You know lah, komputer kek gimana mainnya, ya mirip2 gue gitu.

Biasanya kalo gue main, pas lagi apes nemu orang yang afk. Maka gue akan kesel, ngamuk2 gak jelas tanpa tujuan. Orang2 begini selalu ngerugiin banyak orang. Dan, dengan jelas nya gue ngeliat secara langsung dan nemu orang afk massal di depan gue yang adalah temen gue sendiri. Sebagai temen yang baik, gue diem aja, geleng2 kepala.

Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang AFK adalah pelajar. Terutama sewaktu pagi hari. Gue selalu menghindari main pagi, karena bakalan nemu anak2 tukang afk karena guru nya udah dateng. Btw, masalah mengerikan gak hanya di pagi hari aja. Kalo udah siang, ada masalah lebih gawat lagi selain orang afk, yaitu bocah. Di jaman perkembangan teknologi ini, para bocah2 udah jauh berkembang. Yang dulu nya maenan kelereng, sekarang mainnya iPad. Disini, bukan umur yang gue permasalahkan. Tapi, cara mereka bermainlah yang mengerikan. Bahasa nya kebun binatang, ditambah lagi banyak omong, suka ngata-ngatain orang. Gak semua bocah sih kayak gitu, masih ada kok yang sopan. Contohnya, kalo mau afk bilang, "Aku berhenti dulu main, mama aku minta hanpone nya dikembaliin" Atau, "Aku berhenti dulu main ya temen2, soalnya aku udah dicariin temen aku buat main sepak bola, di rental." atau lebih parah lagi, " Temen2 maaf ya, aku selesai main dulu , soalnya hape yang aku pake main mau dipake sama yang nyulik aku, bye" 

Setelah seisi sekolah kena racun, sekeliling gue juga pada ikutan kena. Misalnya, warung deket rumah gue. Tiap malam udah wajib banget ditongkrongin sama anak2 komplek yang bawa charger sama kabel roll buat main. Gue punya saran bagus untuk pemerintah. Sebaiknya, setiap daerah gitu, poskamling ato pos satpam nya diisi wifi atau kabel roll aja. Otomatis pasti banyak yang nongkrong. Semakin rame, maka semakin kecil resiko kemalingan. Sambil main, sambil jaga komplek, keren kan?. 

Selain itu, gue ngerasa kasian sebenernya sama pemilik warung nya, karena banyak yang dateng, tapi gak belanja apa2. Gimana cara dia bayar listriknya???, kasian dong. Saran gue kepada kalian yang hobi nongkrong di warung buat main begituan tapi gak pernah belanja sebaiknya kalian belanja apa aja gitu, misalnya kerupuk lah, kecap lah, baygon lah, urusan bayar, belakangan aja. #ANAKSESAT

Dimana pun gue berada pasti dikelilingi sama orang2 yang udah kecanduan main game hape. Balik lagi ke sekolah, tepatnya di kantin sekolah gue. Banyak anak2 yang saling ngumpul dan diem lama2 di kantin. Tujuannya, ya cuma buat main. Kadang gue sama temen iseng ngajakin sparing lawan kelas lain, ya, hasilnya......... asudahlah.....gak kuat gue lanjutin....

Semakin berjalannya waktu, tren main game begini sedikit agak turun. Terutama pemain game mobile legends di sekolah gue. Sekarang banyak yang pindah ke game yang katanya bisa dapet 7M. Game yang promosi nya dimana mana, misalnya di internet, MAIN GAME AOV DAPET 7 M!, terus dijadiin baliho di jalan, dan dimana pun ada tulisan begituan. 

Thanks to google, itu yang kiri mungkin foto dari mas2 yang masang baliho tersebut. Habis masang, narsis dulu, btw,  fokus ke baliho di jalan aja oke?, Game MOBA kok ngiklan?, Game MOBA kok ada Batmannya? h

Dan gue juga udah pindah ke game 7M... bahkan gue bentar lagi bakal ikut tournament, berharap sambil ngiler dapetin 7M. Tapi gue mesti menang yang di bali, baru ke jakarta, nasional. Habis itu berangkat ke korea selatan ngelawan seluruh negara demi pulang dapetin 7M, demi dapet jalan2, demi refreshing, demi ngegebet cewek korea, demi bawa pulang cewek korea. ehmm all in one, mantap abis.

oke, kayak sekian aja post dari gue yang sama sekali gak ada faedahnya. Setelah sekian lama gak post gara2 sibuk latian buat tournament, sibuk berdoa, sibuk nyiapin segala jenis baygon dan autan, untuk jaga2 kalo gue dan tim kalah. Doain gue ya, biar bisa menang 7M. "Tidak ada yang mustahil, jika kita berusaha sekeras mungkin"




0 komentar:

Posting Komentar