Kamis, 07 September 2017

Maafkan aku, Binatang ku.

Dulu gue sempet pernah memelihara beberapa binatang yang pernah datang dan pergi dalam hidup gue. Oh iya, binatang yang gue maksud bukan cewek ataupun temen biadab. Yang gue maksud disini itu binatang peliharaan. Binatang yang gue pelihara cukup beragam, dari berbagai jenis.

Berikut ini daftar binatang yang salah dalam memilih majikan. Maksudnya, yang pernah gue pelihara dari awal sampai berakhir sad ending dengan berbagai cara perpisahan yang menyakitkan.

1. Ikan >>> Hewan kecil mungil yang cuman bisa pasrah hidup dalam air ini pernah menjadi korban ketidakhewanan gue. Semua bermula ketika gue dipaksa ikut les sama Nenek dan Kakek gue. Pas gue berangkat setengah hati, di pinggir jalan gue ngeliat ada temen gue yang lagi duduk sambil membawa beberapa plastik yang isi nya ikan.

Gue penasaran sama apa yang temen gue lakukan di pinggir jalan. Gue berpikir mungkin di rumah nya kagak muat buat melihara ikan, gak ada kolam, dan bisa juga gak ada bak mandi yang bisa dipakai buat menampung Ikan.

Waktu itu les udah mau mulai, tapi gue bingung mau les apa enggak. Ngeliat temen gue lagi duduk santai, hasrat malas gue jadi timbul. Akhirnya gue memutuskan untuk enggak les, nyamperin temen gue.

Setelah ngobrol sekian lama gue baru tau kalo dia gak melihara ikan, malahan dia sedang menjual ikan. Banyak jenis ikan yang dia jual. Gue jadi kepincut, jadi kepingin melihara ikan. Gila, ikan nya imut-imut banget.

Karena gue waktu itu hanyalah seorang pelajar yang mempunyai bekal lima ribu, dimana gue hanya bisa membeli teh botol sepulang sekolah. Gue pun memilih ikan yang harga nya sesuai dengan isi kantong gue. Gak mungkin banget gue balik ke rumah minta uang sama Nenek dan Kakek gue buat beli ikan. Yang ada gue bakal ketauan bolos Les.

Sebetulnya sih, pas gue lagi duduk ngobrol sama temen gue, di jalan deket tempat gue duduk. Gue ngeliat Nenek dan Kakek gue lagi naik motor vespa dengan tergesa-gesa. Gue berpikir sejenak, kok tumben banget pergi bareng naik motor gak pakai helm lagi. Oh iya, ternyata sebelum gue pergi les, gue sempet ngasi tau kalo les hari itu mesti bayar uang 5 ribu dan gue bilang enggak punya uang.
Sebagai Kakek dan Nenek yang amat sangat menyayangi cucu nya, mereka pun menyusuli gue ke sekolahan. Mereka khawatir karena gue gak bawa uang buat bayar les, takut gue disandera.
Mereka menyusuli gue menaiki Vespa hijau yang bunyi nya kresek-kresek, sungguh pengorbanan luar biasa. Sedangkan cucu mu yang bajingan ini sedang duduk bersantai di pinggir jalan. Maaf kek, nek.

Setelah sekian lama gue berbincang sama temen gue yang bernama Gungde ini. Gue memutuskan untuk membeli ikan dari dia. Salah satu dari ikan tersebut menarik minat gue. Sejak pertama kali ngeliat ikan tersebut, gue langsung jatuh hati. Sayang, gue kere. Gue cuma punya uang seribu, sedangkan ikan nya berharga 6 ribu. Yak, Cinta ku terhalang uang goceng.

Akhirnya uang seribu ini cukup buat membeli satu ikan berwarna hitam. Walau harga nya murah, tapi ikannya lumayan bagus. Sepulang dari tempat temen gue berjualan. Ada hal yang bikin gue bingung. Dimana gue harus menaruh ikan yang habis gue beli ini??.

Di rumah nenek gue gak ada kolam ikan, aquarium, kardus (ini pikiran bodoh, emang nya ikan itu anak anjing?). Satu-satu nya tempat yang memungkinkan ikan ini untuk hidup adalah Bak mandi. Yak, ide ini gue dapatkan berkat pengalaman keji gue dulu.

Dulu gue sama temen mau mandi tapi bingung dimana. Mandi di rumah kamar mandi nya lagi dipake, dan masalahnya itu dipake buat bab, oke kami berkorban. Daripada enggak mandi, kami pun mencoba meminjam kamar mandi tetangga. Usaha meminjam sukses, lalu kami berdua masuk ke dalam kamar mandi. Belum sempet mau lepas pakaian, gue ngerasa ada yang janggal. Bau kamar mandi nya gak enak gitu. Dihantui rasa penasaran, gue mencoba memeriksa seisi kamar mandi. Bener aja, ternyata tetangga gue yang somplak ini memelihara ikan koi di bak kamar mandi nya.

Anjrit. Ikan nya satu tapi gede banget. Gila, bak kamar mandi beralih fungsi jadi tempat tinggal ikan. Dan untung nya gue gak terpengaruh oleh pemikiran sesat akibat tayangan televisi. Gue pernah melihat tayangan di televisi, tepatnya di Indosiar kalo seekor Ikan Koi bisa berubah jadi cewek cantik. Dan juga gue waktu itu masih SD, gak ada pemikiran negatif sama sekali. Pipis aja masih zigzag. Akhirnya, kami memilih untuk enggak mandi disana, lebih baik enggak mandi sekalian.

Oh iya, gue dulu polos banget. Masih SD udah sering banget mandi bareng sama temen gue yang cowok. Biasanya main siram-siraman air atau saling menyemprot gitu. Kalo mandi bareng sama temen cowok itu gue lakuin pas gue udah SMA gini, pasti disangka disorientasi seksual (homo). Beruntung juga gue waktu kecil masih termasuk generasi sehat, enggak kayak sekarang, anak kecil udah pada aneh-aneh. Mungkin kalo anak kecil jaman sekarang mandi bareng, pasti udah pada adu pedang.

Back to topic, oh iya gue masih bingung dimana tempat buat gue melihara ikan biar tetep hidup. Gak mungkin ikan ini dibiarin terus idup dalem plastik. Pasti akan mati pada waktu nya. Karena udah terlanjur khawatir, bukan karena seneng sama ikan nya, tapi gak mau kehilangan seribu dengan percuma. Gue menaruh ikan seribuan ini di Ember hijau yang biasa gue pake buat kerja bakti di sekolahan. Untuk air nya, biar ikan gue terlihat lebih elegan, mempunyai kasta yang tinggi, atau biar dikira Ikan Bangsawan, gue mengisi ember gue dengan air Aqua.

Ember nya gue taruh di atas meja di teras rumah nenek gue. Dalam hati gue berdoa, ikan ku, kuatkanlah dan tabahkanlah diri mu, kelak kau akan dapat tempat yang terbaik. Bener aja, 2 hari kemudian doa dalam hati gue terkabul. Ikan yang gue pelihara sudah mendapat tempat yang terbaik. Bukan dipindahin ke aquarium, tapi menghilang tanpa sebab. Gue kebingungan setengah mampus. Gue panik nyariin ikan gue kesana-kemari tapi gak ketemu juga. 

Waktu itu gue beramsumsi, mungkinkah seekor ikan bisa depresi lalu minggat dari rumah?, tapi gimana cara minggat nya?, ngesot?, kan gak mungkin. Ikan gue kabur naik naga indosiar?, oke ini pemikiran yang udah kelewatan kacau. Ngilang tanpa meninggalkan jejak sedikitpun. Apa Ikan gue gak sengaja loncat terlalu jauh dan gak bisa balik lagi?. Dugaan paling masuk akal yaitu Ikan gue diajak kawin lari sama ikan lain (eh bukan), maksud gue digondol sama kucing, jadi santapan kucing. Hmm dimana pun kamu berada, semoga kamu mendapat tempat yang terbaik, ikan ku. Kalo kamu berada di perut kucing, oke selamat berubah jadi t*i basah. 

Semenjak itu gue masih gak kapok buat melihara ikan. Waktu SMP di rumah gue ada kolam ikan, Ortu gue pun membelikan banyak ikan beserta makanannya. Gue disuruh untuk tiap hari ngasih makanan sama menjaga mereka (cielah). Seiring berjalannya waktu, kejadian mengerikan pun terjadi. Setiap hari nya pas gue ke belakang rumah gue (tempat kolam ikan) jumlah ikan gue berkurang. Tiap hari nya berkurang satu persatu. Ada yang gue temukan berada di pinggir kolam, menandakan kalo ikan ini depresi lalu bunuh diri. Abis itu ada yang ngilang tanpa jejak, mungkin dimakan sama kucing garong yang sering bikin keributan di atap rumah gue.

2. Kucing >>>> Berikutnya kucing, hewan tidak berdosa yang pernah salah dalam memilih majikan. Gue pernah memelihara kucing, jenis nya kucing Persia. Pilihan gue jatuh ke kucing persia karena kucing yang biasa gue liat di jalanan itu galak-galak, hobi nyakar. Pertama kali gue melihara kucing pas kelas SD. Bokap gue jatuh cinta berat sama kucing persia. Katanya, lucu dan bisa diajak bercanda, yang terpenting kalem. 

Kucing pertama yang gue pelihara berjenis Kucing Persia berbulu warna putih, dengan bola mata warna kuning. 
Ini dia gambar kucing nya. Lebih cakep kucing nya daripada majikannya.

Mungkin kalo gue sampai sekarang masih melihara kucing. Temen gue yang main ke rumah gue pasti bakal bilang, "Anjrit, kucing lu cakep amat, beda jauh ama lu, kek eek nya yang baru keluar.

Oke, back to topic. Kucing persia gue bernama Dastan. Oke, keren kan?. Sebenernya bukan gue yang memberi nama Dastan, tapi bokap gue lah pelakunya. Semua akibat dari nonton film Prince Of Persia dimana tokoh utama nya bernama Dastan. Di filem tertsebut Dastan memang tokoh yang pemberani, lincah, hobi loncat tembok rumah orang, jago senam skj (lho?), tampan pula. Cocok banget sama kucing gue yang ras nya persia, dan kucing gue juga cakep.

Nama tersebut memang cocok untuk menggambarkan fisik dari kucing gue yang bernama Dastan ini. Sekian lama gue mulai kecewa. Ternyata, Kucing gue tidak jago loncat tembok. Pola hidupnya gitu-gitu aja, makan, tidur, eek, pipis, melek bentar, tidur lagi. Nama nya aja kucing, pola hidup nya ya gitu aja. Gue yang dulu memang bego, saudara, tapi kini lebih. 

Oke back to topic lagi. Lama-kelamaan gue makin sayang aja sama nih kucing. Setiap hari nya gue selalu ngajak dia main, bercanda. Ngelus bulu nya, menggendong layaknya anak sendiri, tapi soal urusan pup, maafkan diri ku ini, aku tak mampu. Kucing persia memang beda dari kucing lainnya. Kebanyakan kucing itu eek nya sembarangan, kalo kucing gue pup nya selalu di pasir. Beda sama majikannya (gue) yang hobi pup sembarangan. Ngeliat kucing gue pup di pasir, gue jadi penasaran. Gimana sih rasanya pup di pasir?. 

Setiap kebahagiaan selalu ada kesedihan. Begitulah yang gue alami. Gue merasa bersalah sama kucing gue yang bernama Dastan ini. Kadang gue gak bisa ngasih makan tepat waktu, kadang makanannya habis, atau pun gue menempatkan dia di belakang rumah gue pas malem yang gelap gulita.

Setidaknya, gue berhasil memelihara sekaligus menyayangi Dastan tanpa membuat dia menderita lalu koid, tapi kisah gue dan Dastan berakhir pilu. Dastan harus merelakan diri nya dijual ke majikan lain. Semua karena faktor BU (butuh uang) bokap gue. Thanks Dastan, u always in my heart. 

Kucing kedua yang gue pelihara jenis nya juga kucing persia. Sebenernya kucing ini dibeli pas masih ada Dastan. Tapi beda nya, kucing yang gue beli ini lebih muda dan jenis kelamin nya perempuan.



Hmm, itu foto nya pas udah tuir. Kalo muda nya mah jangan diragukan lagi. Cantik abisss. Awalnya gue membeli kucing ini di pasar burung bersama Bokap gue. Pas pertama kali gue lihat, gue udah kepincut, tertarik banget. Sayangnya, kucing seindah ini diberi nama yang mengerikan oleh penjual nya, Khokom. Sehabis membeli kucing ini dari pasar burung, dengan secepat mungkin gue dan bokap mengganti nama nya. Setelah dipikir pikir (sama bokap, gue tidur) nama nya dari kokom diganti jadi Muffin.

Keren abis. Sama seperti Dastan, Muffin juga pendiam, kerja nya makan-tidur-eek-pipis-melek-tidur. Gue juga sering ngajak dia main lari-larian, ngelus, gendong dia. Walau pun enggak semesra sama Dastan. Soalnya, gue tau kalo dia kucing cewek kasta tinggi yang pastinya bakal jual mahal. Bertahun-tahun kemudian ketika datang masa nya Muffin untuk kawin. Gue mulai was-was dan curigaan. Soalnya Muffin hobi banget kelayapan. Takut aja kalo dia dijahatin sama kucing liar di luar sana, dihamili kucing tidak bertanggung jawab. Gue gak mau aja entar Muffin ngelahirin anak-anak yang bibit nya dari kucing liar, entar anaknya jadi, hmm maaf, jelek.

Akhirnya Muffin pun dikawinkan kucing milik temen Bokap gue. Dan sukses hamil lalu melahirkan anak kucing lebih dari 4. Semenjak itu Muffin jadi beda, sering sakit-sakitan. Usia nya udah tergolong tua. Bokap gue berpikiran, daripada meninggal ngabisin duit buat berobat, mending Muffin dijual. Yah, bener aja. Muffin ada yang mau beli dan pada akhirnya dia dijual. Sehabis Muffin dijual, diikuti juga sama semua anaknya hingga tak tersisa satupun. 

Setelah itu gue lupa melihara kucing apa lagi. Gue udah sering banget gonta-ganti kucing. Habis beli, jual lagi. Kalo Bokap udah BU, gue udah bersiap untuk nyamperin kucing gue, lalu mengucapkan perpisahan sambil berpelukan. 


3. Omang-Omang .>>> Entah kenapa gue bisa jatuh cinta sama hewan kecil kayak gini. Sewaktu SD dulu di depan sekolah gue ada Mas-mas jualan omang-omang. Gue penasaran lalu nyamperin mas-mas tersebut. Tanpa alasan, gue langsung jatuh hati, lalu membeli omang-omang kecil. Omang-omang itu hewan yang hobi nya ngumpet di dalam cangkang. Menurut gue, hewan yang paling tidak gentle adalah omang-omang. Kenapa begitu?, cowoknya aja kayak gitu, disentuh dikit ngumpet di cangkang.

Contoh penampakan hewan nya, Thanks to gugel dan web yang udah nyediaiin gambar!.


Gue suka ngeliatin Omang-omang berjalan, imut keliatannya. Sepanjang hari itu gue habiskan bersama omang-omang. Tibalah malam hari, dimana gue kebingungan mau ditaruh dimana si omang-omang kecil ini. Gue taruh di gelas, kasian, dia gak bisa leluasa bergerak. Di lantai?, masa gue harus merantai binatang kecil gini kayak anjing biar gak kabur?. Mau di umpetin dalam celana gue, takut tewas keracunan. Di saku celana?, takut dia gepeng pas gue tidur guling-guling brutal. 

Tempat teraman mungkin di Ember lagi. Besok nya pas gue mau berangkat sekolah, di dalem ember tersebut ternyata kosong!!!. Gila, bisa manjat nih binatang?. Apa yang gue beli ini memang Omang-Omang abnormal?, bisa memanjat kayak spiderman. Gue gelagapan panik nyari omang-omang pagi hari itu. Belum ada sehari udah hilang, dan tidak berhasil ditemukan. Mungkin omang-omang memang hewan yang pintar. Dia mungkin bisa memprediksi masa depan. Dia mungkin tau kalo dia terus tinggal bersama gue, kemungkinan dia bakal mati tragis. Demi masa depan, demi bisa sempat merasakan pacaran, berkeluarga, mempunyai anak, dia memutuskan meninggalkan gue.


4. Anjing >>>>> Hewan yang menurut gue selalu ada buat gue. Dulu gue mempunyai anjing jenis Golden (gambar?, cari sendiri, lo gak tau golden?, jangan idup di kamar mandi terus!, keluarlah! lihatlah dunia luar!, kawan!). Selama memelihara binatang ini, pertama kali nya gue melihat kalo nyokap gue kepengen banget melihara anjing. Bersama bokap dan Nyokap, gue diajak pergi membeli sekaligus menjemput anjing golden ini di Jembrana (kalo gak salah). Perjalanan cukup jauh, beberapa jam.

Sampai lah gue di tempat. Hmm, anjing nya lucu banget. Pas gue mau bawa anjing golden ini pulang, Induk nya kayak keliatan sedih.(Jelas aja bego, nama nya aja ibu sayang anak) Oke maafkan kebodohan ku ini. Sekian banyak perjuangan, tibalah anjing golden ini di rumah gue. Masalah nama cukup membingungkan. Anjing golden yang gue beli seharga 1 juta ini berjenis kelamin perempuan. Kali ini lagi-lagi gue, nyokap, bokap berdiskusi, saling memberi usulan nama yang pas. Nyokap sih milih nama Bella, kalo Bokap gue lupa, kayaknya sih nama cewek artis idola nya, kalo gue?, tidur.

Sekian lama memilih nama, akhirnya gue, bokap, nyokap sepakat untuk ngasih nama anjing golden cantik ini Bella. Diawal gue seneng banget punya anjing kayak Bella, lincah, gesit, kalo di dunia manusia mungkin Bella ini terbilang anjing tomboy. Hari pertama aja dia udah lari kesana-kemari. Yah, tapi, gue ngerasa Bella tidak sepintar kucing yang gue pernah pelihara dulu. Eek nya bisa dimana-mana tergantung mood dan sesuka nya. Bahkan seisi rumah pun pernah kecium bau eek Bella yang gak jelas dimana keberadaan eek nya. 

Seiring berjalannya waktu, Bella menjelma menjadi bad girl. Bukan karena dia cabe-cabean, atau sering pulang malem. Tapi, Bella hobi banget bikin masalah di rumah gue. Masalah pertama, dia ngancurin pot di rumah gue. Kedua, sendal di rumah pada ancur digigitin dia. 

Belum setahun (gue lupa) Bella pun dibeli sama Om gue yang memang kaya raya. Dia suka banget sama Bella. Karena Bella mirip kayak anjing golden yang pernah nyelametin dia dari kejatuhan lampu. Bersyukurlah dia belum tau, gimana tingkah laku asli Bella ini. Keliatannya kalem, pendiam, tapi aslinya mah beringas, tomboi, makan ini-itu. Diiringi tangis, gue harus merelakan Bella ke tangan orang lain, walau pun dia Om gue yang tiap minggu nya gue selalu kesana. Tetap aja gue sedih kehilangan Bella.

Ternyata, kepindahan Bella kesana tetap membawa bencana bagi gue. Sewaktu gue nginep di rumah sodara gue yang bapak nya itu Om gue. Pas gue mau pulang, eh sendal gue udah ancur lebur dimakan Bella. 

Sehabis itu, tingkah asli Bella mulai ia keluarkan. Gue mendengar laporan bahwa Bella telah memakan beberapa sandal, menghancurkan pot tanaman hingga berkeping-keping. Akhirnya, sama kayak gue. Om gue melakukan hal yang sama, merelakan Bella ke tangan orang lain. Beda nya, om gue enggak BU (Butuh Uang), jadi dia ngasih Bella secara cuma-cuma ke orang lain.

Dan setelah itu, gue gak pernah melihara binatang lagi. Gue ngerasa gak cocok aja. Seneng nya di awal tapi lama-lama jadi bosen. Semakin bertambah nya umur, gue mulai belajar banyak. Jangan pernah bosenan. Gue gak mau jadi orang bosenan lagi, apalagi kalo gue misalnya pacaran sama seseorang gitu (dan ini gak pernah terjadi) gue gak boleh bosan sedikit pun. Karena banyak orang jaman sekarang yang cepet bosen, cari lagi yang lain. Tapi, bagi gue, dapet satu aja udah mustahil, gak mungkin banget gue bakal bosen lalu cari yang lain.

Hmm, I Learn a lot. Dan maafkan aku binatang yang pernah datang dan pergi dalam hidup gue. Semoga kalian selalu bahagia dimana pun kalian berada saat ini.

Salam Hangat, dari gue, adik nya Afgan.

0 komentar:

Posting Komentar