Rabu, 06 September 2017

Teman yang jumlahnya tak lebih banyak dari Upil

Penyesalan memang selalu datang di akhir. Begitu lah yang gue rasain sekarang. Bukan menyesal karena terlahir terlalu ganteng, ataupun karena terlalu jelek. Yang paling gue sesali selama ini bahwa gue terlalu malas.

Gue tidak menyesal soal nilai gue yang terlalu rendahan, tapi yang bikin gue nyesel itu karena gue tidak populer di sekolah.

Sekarang di sekolah gue bisa terbilang sebagai senior tua, kelas 3 SMA yang bakalan banyak dapet cobaan berat seperti ujian dengan berbagai jenis singkatan, try out, didatengin SPG yang promosi kampus tertentu, dan berakhir dengan lulus.

Selama bersekolah, hal yang paling gue sesalkan saat ini itu karena gue gak pernah ikut ekstakurikuler di sekolah. Sewaktu SD gue mengikuti ekstra menggambar dan catur. Itu pun karena memang udah wajib tiap hari sabtu. Soalnya, di sekolah gue waktu SD dulu tiap hari sabtu gak pernah ada pelajaran. Pelajaran diganti dengan pengembangan diri atau ekstrakurikuler.

Sekian lama ngikut ekstra gambar dan catur pun gak bikin gue dapet banyak teman. Belakangan ini gue baru inget kalo semua yang ngikut ekstra ini temen sekelas gue pas SD. Yak, semuanya, gak ada orang lain. Belum lagi gue salah milih ekstra yang gak bisa gue kuasain. Contohnya adalah menggambar. Menjelang  pertemuan eksta gambar pun gue selalu dihadapkan dengan dua pilihan, enggak dateng (Naruh tas, orang nya ngilang kabur entah kemana) atau pasrah ikut lalu menggambar pegunungan secara terus-menerus non-stop.

Begitu juga sama ekstra Catur. Semua yang ngikut temen kelas gue. Anggota nya pun cuman 5 orang ditambah lagi guru hadir cuman sesekali doang. Kegiatannya pun cuman diem, bengong, main sama orang yang itu-itu aja. Kalo gak ada lawan, yaudah bengong sampai pulang sekolah. Jelas ini gak akan menambah teman sama sekali.

Pas SMP, agak nyesel gue enggak ikutan ekstrakurikuler. Padahal, lumayan banyak sih ekstra di sekolah gue dulu. Faktor penghalang nya itu simple, gue males. Dan gue gak tau gue bisa apa.

Yang cukup menarik minat gue itu menjadi OSIS. Tapi dilihat-lihat, jadi OSIS itu gak enak, sibuk mulu. Udah sibuk gak dibayar lagi.

Mendekati tahun-tahun terakhir di SMP, temen gue mengajak untuk ikut gabung ke ekstra yang dia ikutin. Ekstra Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Kedengerannya ekstra bahasa itu keren. Tapi anggapan itu ternyata keliru. Kata kebanyakan orang, ekstra bahasa itu tergolong cupu. Rata-rata yang ngikut pada pakai kacamata, anak rajin, ke mana-mana bawa buku, pintar dan terbuang. Kegiatan Ekstra nya juga cuman duduk, enggak gerak. Kalo olimpiade pun paling cuman debat yang modal utama untuk menang nya yaitu jago bacot.

Untuk ekstra Bahasa Jepang, biasanya identik diikuti oleh anak-anak yang lebih cinta dan tau budaya jepang dibandingkan budaya nya tersendiri (fakta kan?, No Offense).

Karena takut enggak naik kelas akibat gak ngikut satupun ekstra di sekolah, akhirnya hati gue luluh dan menerima pinangan temen gue (bukan nikah, tapi digauli, lho?). Pertemuan kedua ekstra pertama kali ini bisa dibilang cukup mengenaskan.

Untuk pertemuan pertama ekstra Bahasa Inggris ternyata anggota ekstra nya temen sekelas gue lagi, hanya ada dua orang asing yang seperti orang dikucilkan. Sampai sekarang pun gue gak tau nama dari dua orang asing tersebut, gak kenal siapa mereka. Anggota nya pun dikit banget, ruang ekstra nya pun tersembunyi, gila cemen abis. Walau pun begitu gue berhasil bertahan dengan sukses mengikuti ekstra ini selama 3 kali.

Perbedaan ekstra Bahasa Jepang sama Bahasa Inggris cukup mencolok. Ekstra bahasa jepang yang ngikut banyak banget, orang nya bukan temen sekelas gue. Ada sih beberapa temen gue  ngikut yang memang mempunyai slogan "tanpa jepang, aku mati". Ekstra Jepang ini kebanyakan cewek yang ngikut. Cowok nya keliatan pada kuper, terasingkan di masyarakat. Sayang banget ekstra Jepang ceweknya pada gaada yang cantik atau menarik. Gue sempet berharap ada cewek calon model di masa depan yang ngikut ekstra ini. Tau nya, cewek yang ngikut semua nya calon model pemeran obat sakit mules dan diare di masa depan.

Kali ini cukup mantab, tetep gue gak kenal satupun dari mereka. Dan gue juga sukses berhenti dari Ekstra Jepang dalam waktu 1 kali hadir.

Dan di SMP pun jumlah temen gue sangat memprihatinkan. Mungkin lebih banyak upil yang hidung gue produksi tiap hari nya dibandingkan jumlah temen SMP gue. Kalo temen yang gue kenal palingan temen sekelas, temen yang gue anggap kenal padahal temen yang gue anggap kenal ini gak ngenalin gue.

Memasuki jenjang SMA, gue pun masih menjadi pribadi yang sama, pemalas. Di SMA ini ada aturan wajib bagi setiap siswa untuk mengikuti Ekstra. Gue masih bingung, sebenernya gue bisa apa sih?. Masih gak nemu jawabannya, gue pun cuman ikutan ekstra Pramuka (Ekstra ini wajib, itu pun gue masih jarang hadir)

Sejauh ini soal jumlah temen yang gue kenal udah lumayan banyak dan meningkat drastis lah dibandingkan jaman SD dan SMP. Kebanyakan pada kenal gue gara-gara ngedengar aib gue yang tersebar kemana-mana.

Belakangan ini gue mulai merasa iri sama temen-temen gue. Terutama sama temen deket gue. Sewaktu misalnya ke kantin ato kemana gitu, pasti ada aja yang mereka kenal. Berbeda dengan gue, temen yang gue kenal aja enggak ngenalin gue.

Gak hanya itu, besar iri gue makin bertambah setelah gue tau kalo beberapa temen gue udah pada jadi ketua ekstrakurikuler yang mereka ikutin. Jelas hebat banget, bakal dikenal kalangan luas di sekolahan. Apalagi sekarang ada adik kelas 10 yang baru memasuki masa SMA. Pasti mereka akan memilih ekstra yang mereka inginkan. Temen gue yang jadi ketua ekstra pastinya bakal dikenal banyak adik kelas. Keren banget.

Semua itu bikin gue menjadi sangat iri. Semua bertambah parah ketika sekarang gue lagi getol-getol nya nyari cewek. Lagi keras-keras nya usaha demi mendapat first love dalam hidup gue. Biasa nya orang yang punya banyak temen maka akan gampang mendapat gebetan yang kemudian bisa berakhir jadian.

Kenapa??

Contoh nya sederhana, kalo jadi ketua ekstra, terus ada anggota baru. Anggota baru nya itu adik kelas cantik banget. Maka, gak perlu ribet nyari cara buat kenalan. Cepat atau lambat akan kenal dengan sendiri nya karena ketemu terus tiap ekstra. Kalo udah kayak gini, sering bareng gitu, kemungkinan besar cewek tersebut udah kenal kita kayak gimana. Yaudah, bisa aja kita perlahan deketin, dan jadian deh. (Walau pun jadi ketua, dikenal banyak orang, tapi muka bernanah, yaudah kemungkinan gagal besar).

Untuk saat ini gue makin menyesal jadi orang malas. Penyesalan terbesar dalam hidup gue yang gak bisa dikompromi. Disaat lagi cinta berat sama adik kelas yang kebetulan menjadi OSIS di sekolah gue. Ada rasa ketidakpedean gue buat deketin dia. Gue gak pede karena tiap harinya dia selalu jalan bareng sama temen-temen nya. Dan satupun dari temennya gak ada yang gue kenal. Makin menambah susah nya buat deket sama dia. Gue memang tipe cowok yang gak pedean sama orang yang belum gue kenal. Aneh banget kalo gue menghampiri cewek yang gue suka di depan temen-temen nya.

Emang sih, cinta butuh perjuangan dan pengorbanan. Kadang demi mendapat cinta kita harus menjadi orang yang mendadak tidak waras. Contohnya itu, dengan bongol nyamperin cewek yang disuka di depan temen-temennya. Kalo cowok lain mungkin bakal cuek aja, nyamperin gebetannya dengan pede di depan temen-temennya. Sedangkan gue?, cemen, cupu abis.

Gue jadi berandai-andai. Andai aja gue dulu gak males lalu ngikut banyak ekstra, mungkin sekarang gue kenal akrab salah satu temennya. Dan dari temennya itu, gue bisa jadi deket sama cewek yang gue suka. Hmm andai aja gue bisa mengulang waktu.

Selain itu, ada penyesalan juga yang selalu terngiang di kepala gue. Kenapa sih pas kelas 1 SMA dulu gue hobi bolos?. Waktu awal tahun 2016, di sekolah gue ada penerimaan calon OSIS baru. Gue sempet berpikiran buat ikutan sama temen gue yang bernama Yogi. Tapi, karena udah bermasalah sama guru olahraga gue, jadi gue mengurungkan niat gue ini. Gue berpikiran kalo waktu itu gue pasti udah kena blacklist.

Setelah selama ini, gue baru menyesal sekarang. Cewek yang gue suka ini sekarang jadi anak OSIS. Coba aja dulu gue gak males kayak gitu, pasti sekarang gue udah bisa bareng terus sama dia. Dengan catatan, pas jadi OSIS gue lolos seleksi. Lalu sehabis itu kuat bertahan jadi OSIS sampai sekarang.

Gue juga sempet berpikir secara gak logis. Kalo dulu gue jadi OSIS, kemungkinan besar sekarang gue udah jadi Ketua UMUM. Dipilih jadi Ketua Umum tanpa punya saingan yang setara. Gimana ya kalo gue sekarang jadi Ketua UMUM OSIS di sekolah gue?, pasti banyak yang kenal sama gue, ngomongin gue, pas deketin cewek yang gue suka pun pasti bakalan enggak perlu malu sama temen nya lagi.

Waktu sudah berlalu, dan gue sadar kalo manusia memang tidak bisa mengulang waktu lagi. Waktu gak bakal bisa diulang sesuka gue. Kalo waktu bisa diulang, maka manusia gak bakal pernah belajar dari kesalahannya. Karena tiap salah, mereka ngulang menjadi sedia dulu kala tanpa kesalahan. Maka manusia akan terus melakukan kesalahan yang sama, habis itu diulang lagi dan lagi. Jika waktu bisa diulang, maka manusia gak bisa merasakan yang nama nya penyesalan.

Dari penyesalan gue belajar untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama, agar tidak terjadi lagi penyesalan di masa mendatang.

Untuk sekarang ini, mungkin gue gak bisa menjadi seperti apa yang ada di khayalan gue. Tapi gue sedang berusaha dengan cara gue sendiri untuk dikenal kalangan luas, tiap orang punya cara nya tersendiri.

Apa yang terjadi, terjadilah.

0 komentar:

Posting Komentar