Senin, 04 September 2017

Impian yang absurd

Setiap manusia pasti punya mimpi. Begitu pula dengan gue, yang mirip manusia. Eh, gak semua sih punya mimpi. Menurut gue sebagai seorang remaja labil, kebanyakan remaja sekarang gak tau sama mimpi nya atau apa yang mereka cita-citakan di masa depan.

Contoh terdekat bagi gue, temen-temen gue sendiri. Keliatan menikmati masa muda tanpa beban, santai gitu. Banyak remaja sekarang kalo ditanya cita-cita apa, pasti dijawab "gak tau" atau pake kalimat pembelaan, "nikmati dulu masa muda bro, nakal dulu baru sukses." Oke, entah kenapa di seluruh penjuru para remaja kayaknya udah kompak menempelkan perkataan ini di kepala mereka.

Gue sendiri, masih bingung tentang perkataan 'Nakal dulu, baru sukses'. Apa maksudnya, ngehamiliin anak orang terus sukses dinikahkan secara paksa?. Hmm entahlah.

Beitewei kok gue malah jadi kayak psikolog ngawur gini ya?.

Untuk gue sendiri, soal mimpi dan cita-cita, terlalu telat bagi gue menetapkan apa yang harus difokuskan. Dihitung-hitung gue udah berkali-kali ganti cita-cita atau mimpi gue.

Impian pertama gue, sewaktu SD, menjadi seorang tukang gambar. Entah arsitek atau pelukis gue gak tau. Lebih tepatnya, tukang gambar pake contoh dari internet. Dulu gue hobi banget menggambar, bahkan gue berpikiran kalo gue bakalan jadi tukang gambar hebat di masa depan. Kepercayaan diri gue meningkat pesat berkat pujian orang tua soal gambar yang gue buat. Entah, apa karena gambar nya bagus atau karena kasian ngeliat gue yang terlalu cemen, gak tega bilang jelek, takut semangat gue jadi buyar, bahkan bisa nangis jerit-jerit.

Semakin waktu berlalu, secara cepat gue bertumbuh. Pikiran gue mulai terbuka, mulai berpikir soal gambar yang gue buat bagus atau enggak.

Pas SD, dengan pede gue mengikuti ekskul menggambar. Hasilnya?, dengan sukses tiap pertemuan selalu menggambar tema yang sama. Dua Gunung. Semenjak itu, gue sadar, sebaiknya impian soal jadi tukang gambar hebat itu harus gue kubur dalam-dalam.


Gambar diatas merupakan hasil karya gambaran yang susah payah gue buat, anggep aja gambaran terbaik gue. Dalam hati gue berkata Terima Kasih Tuhan telah menyadarkan hamba mu yang hampir tersesat menuju jalan yang salah. Tak lupa, Terima Kasih kepada temen gue yang udah membantu memimprovisasi gambaran gue menjadi lebih tak berbentuk.

Selain menjadi tukang gambar, mimpi gue lainnya adalah menjadi seorang Astronot. Yak, mimpi bodoh selanjutnya. Alasan gue bermimpi jadi Astronot karena gue kepengen jalan-jalan keluar bumi, temenan sama mahkluk luar bumi, tinggal disana sekalian, kalo bisa sih kawin juga. yak, absurd banget kan?, bodoh?, iya.

Selain itu, gue melihat Astronot itu pekerjaan yang mudah. Cukup bisa mandiri, masak mie sendiri, nyuci baju sendiri atau yang terpenting bisa ngurus diri sendiri. Tapi, seiring berjalannya waktu, pemikiran gue makin luas, dan gue menyadari bahwa menjadi seorang Astronot harus pinter, terutama matematika, kimia, fisika. Melihat hal tersebut, gue langsung tidur, mengubur mimpi jadi Astronot sedalam dalam nya.

Kalo pun gue nekat menjadi Astronot, bukannya jadi Astronot beneran. Malah, gue bakal dengan bangga kerja di BMKG, jadi Officeboy. Lebih parah lagi, bisa-bisa jadi juru kunci gunung berapi.

Impian gue selanjutnya menjadi seorang Hacker. Lebih jelasnya lagi bisa dibaca di post gue yang ini>>>> Cerita hacker yang teraniaya <<<<<<


Sehabis jadi hacker gue sempet bermimpi jadi seorang pembuat media sosial seperti Mark Zuckerberg dengan Facebooknya. Mimpi ini makin menjadi-jadi setelah gue nonton filem Social Network yang mengisahkan perjuangan Mark Zuckerberg dalam membuat Facebook. Bahkan, gue sempet ingin mengambil langkah yang sama dengan Mark, Drop Out. Beda nya mungkin kalo Mark DropOut bakal sukses, sedangkan gue juga sukses, sukses jadi penjual koran.

Gue makin berniat mengejar mimpi jadi pembuat media sosial setelah gue tau kalo belum ada media sosial dari Indonesia yang dipakai di seluruh dunia. Belum lagi kebanyakan dari daftar orang terkaya di dunia kebanyakan pemilik media sosial ternama di dunia.

Mark Zuckerberg menjadi billionaire di usia nya yang masih tergolong muda, dia membuat facebook saat kuliah. Hmm, diliat-liat gue masih SMA, berarti masih ada harapan buat gue untuk jadi billionaire di usia lebih muda dari Mark.

Soal media sosial apa yang bakal gue buat, udah gue rencanakan sebelumnya. Jadi gabungan antara Forum dengan media sosial, bisa dibilang agak aneh. Untuk membuat sosial media, gue harus banyak belajar. Gue mulai belajar secara otodidak mengandalkan Internet. Hmm setelah belajar beberapa minggu gampang banget, itu tuh yang namanya HTML gila gampang banget. Gue makin jadi semakin pede dan ngerasa kesuksesan gue semakin dekat. Selagi belajar gue menyetel lagu Billionaire milik Bruno Mars, makin berasa jadi Billionaire.

Gara-gara tau kalo gue lagi buat sosial media. Temen-temen gue bahkan pada sering nyebut gue Next atau calon BillGates, Next MarkZuckerberg, bahkan Next AndikaKangenBand (lho?)

Hari terus berlalu, anggapan gue makin salah. Awalnya gue menganggap bikin sosial media gak susah amat, bahasa program nya paling gitu-gitu aja, gak panjang dan gak rumit. Ternyata...

Gambarnya gue ambil dari gugel, ini contoh bahasa program PHP


Yak, liat aja sendiri gambar di atas. Nama bahasa program nya sendiri PHP, kenapa sih mesti PHP?, kenapa sih PHP identik dengan hal yang kejam?, identik dengan hal bikin nangis??, gue hampir menangis melihat kebiadaban bahasa program yang tak bisa dimengerti ini.

Selain PHP, masih banyak bahasa program lain yang mesti gue pelajarin, misalnya, Pearl, pyhton dan lain-lain. Bahasa yang lain jelas akan jauh lebih kejam dan mampu membunuh gue secara halus, perlahan tapi pasti. Ngitung luas keliling bangun segitiga aja gue gak bisa, apalagi yang kayak gini???
Sangat absurd jika gue membuat sosial media dengan menulis puluhan ribu kode yang menggunakan logika keras tapi nilai matematika di sekolah gue selalu jelek, selalu remedial.

Impian ini terlalu berat bagi gue, lebih baik gue tenggelamkan di lautan terdalam

Lalu mimpi absurd lainnya, yaitu menjadi seorang Desainer. Mendengar kata desainer memang keliatannya keren. Desainer yang gue maksud bukanlah desainer pakaian, karena desainer pakaian identik dengan manusia berkelamin setengah tulen. Desainer yang gue maksud adalah desainer grafis. Itu lho yang pake program di komputer, bikin karya seni yang indah terlihat di mata. Karena menggambar pake tangan hasilnya akan hancur lebur, jadi gue mengandalkan komputer untuk menggambar. Programnya ada Photoshop dan Adobe CorelDraw.

Gue makin pede untuk mengejar mimpi ini. Lalu gue belajar dari youtube semua tutorial seputar desain grafis. Banyak banget, bejibun!, tinggal pilih aja. Gue mencoba belajar satu persatu dan hebatnya gue sukses mengikuti semua stepnya hingga berhasil menciptakan karya seni. Tapi, habis itu mau buat ulang lagi gak inget stepnya, jadi mesti ngeliat lagi youtube.

Gak bisa bayangin ada Desainer kayak gitu, gak inget sama cara buat karya seni. Misalnya, gue membuka les bagi yang berminat belajar buat hasil karya desain grafis. Pas lagi ngajar gue gak inget stepnya, jadi gue bilang ke muridnya, "Bentar, bapak mesti liat youtube"

Salah satu jenis karya desain grafis yang gue suka adalah Vector Vexel dan WPAP.

Vector vexel itu objek akan diubah menjadi sesuatu yang agak kekartunan gitu. Kalo WPAP, objek wajah ataupun benda akan menjadi warna-warni. Hebatnya warna warninya itu enak dipandang.
Gue nyoba bikin Vector, hasilnya gak kelar sampai sekarang, karena udah nyerah duluan. Untuk WPAP, udah sempet nyoba buat, pake foto gue sendiri, hasilnya malah gue terlihat sebagai orang gay atau LGBT. Soalnya gue gak tau mesti pake warna apa, yaudah deh gue milih warna pelangi.

Walaupun Vector dan WPAP masih gagal. Hasil seni grafis lainnya berhasil gue ciptakan dengan sukses. Lalu, biar keliatan cool dan elegan, gue memajang hasil karya seni grafis gue ke media sosial. Demi mendapat perhatian (gue tau ini norak).

Kayak biasanya, mulai ngerasain hal ganjil. Makin lama gue nyadar kalo gue emang gak punya bakat seni sama sekali, dengan kata lain gak punya jiwa seni. Ini terlihat dari saat tugas menggambar, bikin Minion yang di film Despicable Me aja sampe gue nyuruh Nyokap, gila kan?. Menggambar pohon aja daunnya malah kayak pohon berambut kribo?

Ngewarnain juga gue gak bisa, gak tau apa itu degradasi warna, campuran warna akan menghasilkan apa, itu semua gue gak tau.

Dengan kemantapan, akhirnya gue menyerah pada mimpi grafis ini. Didukung oleh penglihatan gue kalo Desainer di Indonesia itu terlalu banyak jumlahnya, jadi bakalan susah buat gue kedepannya pas kerja karena terlalu banyak saingan. Siapa juga perusahaaan yang mau rekrut desainer yang kalo kerja mesti buka yutub dulu biar tau step buatnya?.

Impian terakhir, dan paling absurd dari semua nya adalah punya cewek cantik.

Hmmm, mimpi ini bener-bener paling gue idam-idamkan sejak dini.

Cewek yang gue idamkan itu, tinggi (gak lebih dari gue, repot kalo jalan mesti nyeret kakinya dan bakal disangka bawa hewan peliharaan)  berambut panjang (gue suka rambut panjang karena enak diliat, kalo pendek entar disangka pacaran sama cowok), rambut nya lurus (Gue gak seneng orang kriting karena gak enak diliat juga, apalagi kriting nya tebel dan gede gitu sampe mesti diiket pake rantai (eh?) ), beralis tebal (keliatannya menggoda banget, kalo alis nya tipis keliatan kayak orang udah ketuaan dini, apalagi pake pensil alis keliatan kayak tante-tante kesepian), cewek asli bukan tomboi (gue gak seneng cowok tomboi, karena takutnya cewek nya lebih gentle dan lebih jantan dari gue sendiri), putih (gue gak seneng sama kulit yang item, bukan rasis sih), yang terpenting, mau nerima gue apa adanya (dan gak pernah ada)

Selera gue emang tinggi banget, gak sadar sama muka sendiri kayak gimana. Tapi, apa salahnya jika gue bermimpi?, setiap orang berhak bermimpi sesuai apa yang dia pengen, hmm.

Gue sempet menemukan beberapa cewek yang kriteria nya seperti di atas, tapi gue ditolak mulu. Di sekolah gue sebenernya banyak sih, tapi yah sadar diri aja deh gue kayak gimana.

Awalnya itulah kriteria gue, tapi semakin waktu berjalan, kriteria itu berubah jadi satu, berharap sangat-sangat, ada yang mau sama gue.

Mimpi ini mungkin gak bakal gue bisa capai sekarang. Satu-satunya jalan adalah kerja keras, meraih popularitas, jadi tajir. Katanya Mario Teguh, kesuksesan mengundang cinta yang berkelas.

Dalam buku "Babi Ngesot" Raditya Dika menulis sebuah kalimat inspiratif, "Semakin bagus kerjaannya, semakin cantik ceweknya".

Sekarang, untuk mencapai mimpi gue mendapat cewek, yang harus gue lakukan adalah terus menulis hingga jadi penulis sukses yang terkenal seantero jagat.

Lebih bersemangat lagi kalo mengejar kesuksesan dengan didukung oleh pacar sendiri atau orang tersayang yang mau nemenin dari nol sampai keberhasilan 100 persen. Yang mensupport di saat sedang berada di paling bawah, hingga akhirnya berada di puncak dunia. Itulah harapan gue sekarang.

Dimana pun kamu, mau di dimensi lain, di dunia lain, pokoknya dimana pun kamu berada, siapa pun kamu, tapi jangan cowok. Aku akan berusaha jadi yang terbaik, berusaha tak akan mengecewakan, membahagiakan diri mu, memberikan segalanya, selalu ada dalam segala keadaan, bersama kita melalui rintangan hidup.

Semoga waktu akan mempertemukan.


0 komentar:

Posting Komentar