Jumat, 18 Agustus 2017

17 agustus dan Kamar mandi gaib

Hari ini, Yoel mengajak gw dan beberapa temen lainnya untuk pergi keluar.
Pergi buat dugem gak mungkin, kencing masih zigzag. Pergi memancing gak mungkin, mancing di akuarium aja masih gagal. Mentok-mentok selalu aja ke Mall Bali Galleria buat nyari novel sekaligus muter muter keliling.

Hari ini mungkin agak berbeda dikit, temen gw bernama Anom (Kulit Cokelat kacamata) ikutan pergi. Ini pertama kalinya, bagi gw pergi ke mall tanpa membawa uang sepeserpun. Cuman bawa uang recehan. Bisa dibilang nekat banget. Tujuan gw ikutan pergi cuman buat meriksa stock buku Raditya Dika, dah itu aja. Malam itu gw,yoel,mike janjian sama Anom buat ketemuan di Mall Bali Galleria. Pas udah nyampe, kita berempat saling berkumpul, bercumbu bersama didepan keramaian (ya kagak lah). Iseng-iseng aja naik lift. Udah lama banget gak naik lift. Bagi gw, orang yang naik lift itu cemen. Dalam artian, gak mau cape dan lelah.

Sesampai nya didalem Mall. Tujuan pertama kami berempat yaitu menuju Gramedia. Udah beberapa kali kesini dalam kurun waktu gak terlalu lama-lama amat. Masih aja lupa Gramedia nya dimana.
Memasuki Gramedia, kami langsung milih-milih novel yang akan dibeli. Gw tentunya enggak bakal beli, uang goceng bisa buat beli novel apaan?.

Yoel tampak serius memilih novel. Gw hanya bengong ngeliatnya. Terkadang, gw keliling-keliling sekalian liat-liat buku. Penasaran buku kayak gimana yang laku di pasaran. Gak ada satupun buku yang ceritanya cowok selingkuhin ceweknya sama cowok lain.
Novel yang diperdagangkan kebanyakan semuanya berisi tema percintaan. Gw agak jijik dan mual kalo udah ngomongin cinta.

Gw meyakini bahwa para penulis buku percintaan ini semuanya punya pengalaman atau pernah mengalami tentang apa yang dia tulis di bukunya. Gak mungkin banget bukunya berisi tentang move on atau patah hati tapi penulis nya gak pernah patah hati, atau dengan kata lain gak pernah pacaran.

Mungkin, diliat-liat dari pengalaman gw selama ini. Kayaknya, cocok banget buat buku berjudul "Cara ditolakin cewek", " cara menghadapi ribuan Penolakan", "Bertepuk sebelah tangan sampai kiamat". " Tips jitu ditolak cewek". Oke, gw yakin gak akan ada yang beli buku beginian.

Gw iseng-iseng ngeliat judul-judul novel disana. Puitis banget, keren-keren, sampai pada akhirnya gw menemukan sebuah judul buku yang unik dan bener-bener beda dari yang lain 'Perempuan itu Arjuna' Hmmm mungkinkah, bercerita tentang sepasang suami-Istri yang mempunyai seorang anak tapi gak tau mau dikasi nama apaan?. Atau, bapak dari anak tersebut tergila-gila sama mahabrata?.

Gw bengong ngeliatin cover buku tersebut. Gw tetep menghargai jerih payah penulis beserta hasil karya nya, pasti isi nya bagus. Cuman, judul nya aja yang gak enak dipandang. Hmmm, tapi mungkin aja ada maksud di balik judul itu, mungkin semua nya bakal dijelaskan di buku tersebut.

Beralih ke buku lain, ada buku yang judul nya agak-agak mengarah ke arah pornografi. Entah apa karena gw pikirannya mesum atau emang nih buku ada maksud tersendiri. Judul buku nya, Oppa & I. Pertama kali ngeliat tuh buku pikiran gw mengarah ke arah negatif, oppai. Gw tau  karena beranda facebook gw penuh sama penggila anime yang tiap harinya ngebahas oppai tokoh anime nya. Besar ya?, kecil ya?, lah kok gak punya?, lah kok si cowok punya?.

Hal negatif itulah yang sering gw denger dan lihat dari topik obrolan mereka. 

Untuk yang belum tau artinya, jangan sampai nyuruh gw nulis disini. Silahkan cari sendiri, demi menjaga kesucian blog gw hehehehe.

Sekian lama berkutat oleh buku-buku di dalem Gramedia, Yoel memegang salah satu buku yang sepertinya tentang move on. Ada sebuah penggalan kalimat 'kelak kau akan mendapat yang terbaik.'
Hmm, gile mantap abis. Gw terharu ngedengernya. Pas banget buat gw yang sampe sekarang masih belum bisa menemukan cinta sejati, bukan cinta sejati sih, maksudnya belum bisa nemuin seseorang yang rabun dan mau menerima gw apa adanya walau tau  gw gak punya kelebihan dan hidup gw semua nya penuh dengan kekurangan.

Setelah membeli novel seharga 59 ribu yang keliatannya tipis. Kami berempat keluar dari Gramedia, 
kini tanpa tujuan jelas. Gw udah berharap pengen pulang.

"Mau kemana sekarang?" tanya Yoel, memegangi novel yang baru dibeli.

"Gak tau." Balas gw.

"Laper, makan aja yuk?" Yoel memberi usulan.

"Ayo" kata gw, mantap. Gw begitu semangat, udah kelaperan, nyoba ngeraba saku buat nyari uang. Baru nyadar kalo cuman bawa goceng.

Gw gak tau mau beli apaan pake uang goceng. Uang segini palingan cukup buat bayarin temen gw yang lain untuk parkir. Tapi, gw gak ikhlas. Dengan uang goceng gini seharusnya bisa dipake untuk hal lain. Gw memutuskan untuk nyimpen uang.

Kami berempat muter-muter nyari makanan, gw sendiri nyari-nyari jalan pulang hehehe. Destinasi pun menuju halaman luas yang berisi banyak food court. Tempatnya gak begitu rame karena udah lumayan malem. Kami berempat duduk di salah satu meja berwarna hitam, pas duduk gw langsung sibuk mainan hape.

"Nyari makanan yuk?" Tanya Mike, kepada yang lain.

"Yok Mik" kata Yoel, bangun dari kursi nya.

Gw masih asyik sama handphone, padahal gak tau ngapain.

"Gak makan lo, nan?" tanya Yoel.

"Enggak, tadi di rumah udah makan" kata gw, gak mengalihkan pandangan dari hape.
Gw menyadari alasan 'tadi di rumah udah makan' merupakan alasan yang sering digunakan oleh orang kere.

Untung nya, temen gw yang pake kacamata, sebut saja Anom. Gak ikutan beli makan, jadi gw ada temen sesama kere. Berdua duduk, saling sibuk sendiri, sedingin-dingin nya tingkah kita berdua, hati ini tetap terasa hangat (???).

Beberapa menit kemudian, Yoel dan Mike balik membawa kentuki fried chicken palsu. Ayam nya menggoda, sambal nya buset keliatan enak banget. Gw cuman bisa berdiam diri, berpura-pura sibuk mainan hape. Giliran Anom yang berdiri, anjrit, mau belanja apaan nih anak.

Suasana hening. Menyisakan gw sendiri di tengah-tengah orang asik makan.

Sekian lama pergi, Anom balik membawa jajanan chiki sama minuman.Tempat dimana gw duduk, di sekeliling nya juga ada meja sama kursi buat orang makan atau sekedar duduk-duduk di tengah-tengah halaman luas. Di pinggir ada food court, yang gak kalah keren nya ada kereta anak-anak yang bisa jalan.

Wow, keren abis. Daripada ngeliatin orang pada makan mending gw naek kereta jalan. Keliatannya enak banget, kelilingin lapangan, bahkan gak hanya anak kecil aja yang naik. Ada orang dewasa juga.
Gw baru nyadar kalo orang gede yang lagi maenan kereta tuh orang tua yang lagi nemenin anak nya main. Kalo gw nekat main sendirian tanpa membawa anak, maka, terlihat memalukan. Cupu abis.

Selesai makan, kami berempat saling berbincang, ngobrolin hal absurd yaitu cinta-cintaan.

"Lo tau nih nih adik kelas 10 yang baru, nom?" Tanya Yoel pada Anom.

"Tau lah." balas Anom, mantap.

Gw gak tau mesti ngomong apaan. Ini di luar kemampuan gw. Berbicara soal cinta gw jadi pengen menjauh terus ngabur pake kereta-keretaan tuh kayak adegan di gta gw keluarin paksa supir nya, bawa pulang kereta nya. Tapi, gw sadar, kereta nya gak bisa jalan tanpa sirkuit nya.

Obrolan makin memuncak, mencapai masa klimaks.

"Liat!, liat!, tanggal 17 agustus gw tembak nih cewek!" Kata Yoel, berapi-api.
"Gw juga!, ayo kita saingan yul" kata Mike, gak mau kalah.
"Gw juga!, gw tembak tuh cewek!, besok nya lagi nembak doi !" (Percayalah, ini cuman bohongan).

Yoel, Mike bersepakat untuk menembak seorang cewek, lebih tepatnya adik kelas. Suka nyanyi, suaranya imut, lumayan cantik sih. Demi keamanan dan privasi, nama nya gw sensor.
Tanggal penembakan jatuh pada tanggal 17 Agustus. Tepat di hari kemederkaan Indonesia.
Gw sendiri enggak ikut-ikutan. Demi kesetiaan kepada doi, walaupun gw sadar kalo keberadaan gw gak dianggep. Walaupun gw sadar, gw gak pantes.

Bahan obrolan masih selalu menyangkut adik kelas, cewek-cewek cantik di sekolah.
Tepat jam 10 malem, kami memutuskan untuk pulang. Soalnya, besok sekolah. Kami bangkit, berdiri lalu menjauh dari meja dan kursi. Beberapa langkah berjalan, Yoel terlihat panik.

"Anjrit, novel ketinggalan di meja." kata Yoel, bergegas lari ke arah meja.
Gw masih diem, lalu melanjutkan jalan. Kali ini gak lupa jalan pulang, udah terbiasa. Berkat kompas jadi gak tersesat(lho?).

Sebelum menuju ke motor masing-masing, kami menyempatkan untuk berfoto lalu kencing di kamar mandi dekat parkiran. Gila, bersih banget, sepi lagi. Ini kesempatan! (Lho?).

Gw kencing dengan normal layaknya orang biasa. Sehabis kencing, cuci tangan. Lalu kami berdiri depan kaca. Memandangi wajah ini. Entah kenapa kalo dari kaca muka gw keliatan gak jelek jelek amat. Kayaknya, kalo mau kenalan sama cewek, gw mesti ngajak dia ngomong di depan cermin bareng. Setelah kencing, kami semua menuju ke parkiran buat nyari motor. Karena gak pernah naik lift di parkiran motor, kami nyoba deh. Anom motornya jauh entah dimana, motor gw sama yoel bersebelahan. Gw bersiap pakai helm, Mike udah duduk di motor, di sebelah Yoel juga udah duduk, mau pake helm.
Pas udah pada duduk, gw noleh ke arah Yoel. Muka nya terlihat serem, kayak orang lagi mau dimasukin setan.

"Anjrit, novel gw kemana ya?" kata Yoel, panik.

"Waduh, kan lo yang bawa sendiri!" kata gw, ikutan panik.

"Coba cari-cari lagi yul, dibawah jok kali." kata Mike, menimpali.

"Bantu dong" kata Yoel sewot.

Gw sama Mike ikut ngebantuin buat nyari novel Yoel. Mike memeriksa sekitar, gw ngeraba-raba alat vital gw (lho?).

Gak ketemu juga, malam itu malah jadi malam mencekam. Kecurigaan pun bermunculan, terutama pada Anom, yang markir motor jauh.

"Coba hubungin Anom." Kata Mike, memberi usulan.

Kita semua menghubungi Anom lewat Line, gak dibales, di call juga gak diangkat, di spam gak di read. Anjrit nih orang jangan-jangan pelaku nya??. Awalnya, gw menduga kalo novel Yoel dibawa oleh Anom. Karena pada gak nyadar, Anom cepat-cepat bergegas pulang. Dugaan makin kuat, gw keinget pas sebelum kita semua menuju parkiran.

"Eh, tunggu ya, gak ada uang buat parkir nih, minjem dulu ya?" kata Anom polos.

"Oke." kami semua menjawab serempak.

Anehnya, kok dia ngilang ya?, oh iya gw keinget, dia kan memang jago ngilang. Kemungkinan terbesar dia lagi di parkiran nan jauh disana, ketemu temen cewek terus asik ngobrol. Kalo dia pulang pun, gimana cara nya??, uang gak punya. Apa dia nekat ke rooftop sambil naik motor terus melompat dari atas ke bawah kayak di film film balap mobil?., apa dia melompati palang pembatas di loket karcis layaknya seekor lumba-lumba?. Dan apakah dia sujud menyembah mbak-mbak yang jaga loket karcis? entah lah.

Beberapa menit diam terpaku. Balasan pun muncul dari Anom.

"Gak ada gw bawa, kan tadi lo udah bawa novel nya El." kata Anom, di chat.

Oke, kita bertiga mencoba nginget-nginget. Gw berpikir keras. Tapi, yang ada di otak gw malah isi nya doi semua. Anjrit. Ini saat yang tidak tepat untuk mikirin hal lain. 

"KAMAR MANDI!" Yoel berkata kencang.

Oke, dengan cepat kami bertiga langsung lari ngibrit setengah telanjang ke kamar mandi (lha?). Naik lift, menghindari orang orang jalan kayak di filem filem action, melompati mobil-mobil dengan gesit seperti ahli parkour, melompati pembatas di parkiran, slow motion,  lalu jatuh dan mati. (Ini cuman bohongan aja).

Sesampai di kamar mandi, kami mulai memeriksa semua yang ada di toilet, dari mulai wastafel, setiap bilik kamar mandi, cermin, tong sampah, tempat tisu, bahkan sampai ke dalem kloset nya. Sekian lama mencari tanpa hasil, kami bertiga diem lagi di depan cermin. Berpikir lagi, ingat-ingat lagi, dimana kah gerangan novel nya??. 

Sebuah harapan datang. Mas-mas tukang bersih-bersih kamar mandi berkulit cokelat dengan tampang kalem masuk ke dalam kamar mandi, ngeliat gw bertiga lagi saling mandangin cermin. Kita bertiga disini seperti pasangan homo yang lagi nahan-nahan diri, saling jatuh cinta dari cermin.

"Hmm, mas, tadi liat gak ada novel disini?" tanya Yoel, memasang muka panik.

Mas nya keliatan agak kaget, dateng-dateng udah diinterograsi sama tiga cowok yang hobi mandangin cermin. Dia berpikir. "Enggak ada, kalau ada sudah saya taruh di laci bawah wastafel." kata Mas tersebut. 

Buset, dimana coba?. Di kamar mandi enggak ada, hari udah malem lagi. Mau nyari sekeliling mall juga gak mungkin. Gw sempet punya ide bagus, mumpung mall udah mau tutup jadi kita bertiga nunggu di pintu keluar mall. Lalu, nyetop orang-orang yang mau pulang. Nanya, "LO NYOLONG NOVEL YA??" kalau tidak dijawab, lebih liar lagi. "JAWAB DONG KEPARAT!." kalo dijawab tidak lebih sarap lagi. "BOHONG, DASAR MALING." 

Ide ini gw urungkan, gw kubur dalam-dalam. Kemungkinan terbesar dari kasus hilang nya Novel ini adalah Dicolong sama orang. Tapi, dipikir-pikir novel kecil gini aja dicolong?, entah apa yang ada di pikiran si pencopet novel tersebut. Mungkin dia sekarang lagi tidur-tiduran di kamar, ketawa puas berhasil nyolong novel seharga 60 ribu. 

Gila, gw jadi sadar, gak peduli seberapa kecil nya benda, bentuk benda nya, jenis mau apa, yang penting bisa ngehasilin uang. 

Dugaan kedua muncul, kamar mandi tersebut gaib atau mistis. Mungkin di dunia ini gak hanya ada penjaga pantai utara dan selatan, kamar mandi mungkin juga ada. Dilihat-lihat, letaknya kamar mandi ini berada di selatan, berarti dijaga oleh mahkluk gaib dari selatan. (ini cuman sok tahu, sebenernya gw gak tau mana selatan, utara,barat,timur). 

Raja dari mahkluk gaib di selatan kamar mandi ini ingin mencari tumbal. Kebetulan ada kami disana, pas para mahkluk gaib ini sedang mencari-cari tumbal. Karena, dilihat-lihat kami gak pantes jadi tumbal, novel pun jadi korban. Sekarang, mungkin novel tersebut ada di istana sapithenk di alam gaib sana.

Hari semakin malam, mau gak mau Yoel harus mengikhlaskan novel yang baru dibeli sama dia. Sayang banget, buku gak ada garansi. 

Mengheningkan cipta dimulai.

Karena udah gak ketemu, kami pun akhirnya cabut dari kamar mandi ke parkiran untuk pulang, semoga aja motor kami gak ikutan hilang. Oke, pas sampai di parkiran. Aman terkendali. Kami pun bergegas pulang ke rumah kami masing-masing, dengan pikiran gak tenang. Menyisakan tanda tanya besar, dimana kah Novel nya sekarang?.

Kuharap kau baik-baik saja. 

Mungkin kau lebih pantes dapet pemilik yang lebih baik dari Yoel. heheheheh.

Jika dirimu ada di alam baka sana, semoga saja kau bahagia disana, dan titipkan salam ku untuk raja penjaga wece selatan. hehehe.


Update: Ini udah sebulan yang lalu, sekarang tanggal 17 udah lewat, tapi gak jadi nembak. hmmm, biar gw aja deh. PLAKKK, kamu terlalu jelek.


0 komentar:

Posting Komentar