Minggu, 13 Agustus 2017

Ingatlah bengong sebelum menggambar

Gue paling benci sama yang namanya menggambar. Karena setiap kali disuruh gambar di sekolah, pasti gue bengong, lalu gambar pegunungan pas waktu sisa 5 menit. Tiap gambar pun gue mesti ngeliat contoh dari google. Pas udah jadi gambarannya, malah gue gak bisa ngewarnain gambarnya.

Ada tiga objek gambar yang sampai sekarang gue kuasain tanpa perlu ngeliat google. Ketiganya yaitu gambar gunung, matahari di tengah dua gunung, dan burung berbentuk huruf m. Gak heran gue selalu dapet nilai standar tiap pelajaran menggambar.

Padahal dulu gue pengen jadi tukang gambar yang hebat dan dermawan. Gue gak tau apa sebutan bagi orang yang jago gambar, jadi gue bilang tukang gambar aja. Sewaktu masih kecil dulu gue paling suka menggambar di buku tulis. Misalnya yang paling sering gue gambar yaitu mobil formula 1.

Menurut gue, dulu gambaran gue bagus, mirip kayak aslinya. Apalagi gue dapet pujian dari orang tua kalo gambar gue itu bagus. Jelas bikin gue tambah percaya diri. Sekarang gue sadar kalo itu semua dilakukan demi tidak menghancurkan semangat gue.

Saking semangatnya menggambar, gue pernah ikut ekstrakurikuler menggambar di sekolah waktu sd dulu. Gue memilih ekstra menggambar karena satu hal, gue gak punya kemampuan lain. Dan juga gak mau buang banyak energi karena gue pada dasarnya emang lesu. Ekstrakurikuler lainnya semacam bulu tangkis, banyak ngabisin energi dan tenaga, belum lagi ada resiko cedera dan kecelakaan. Kalo menggambar kan cuma duduk, tangan aja yang gerak, kecelakaan pun palingan crayonnya patah.

Karena gak ada hape buat liat contoh yang akan digambar, tiap kali pertemuan pasti gue selalu gambar yang sama. Dua gunung, jalanan yang lurus ke gunung (kendaraan yang lewat bisa nembus), lalu sawah yang padinya berbentuk huruf V. Untungnya ekstrakurikuler dulu tiap pertemuan tema gambarnya itu bebas. Jadi gue bisa bebas mengembangkan potensi gambar gunung.

Sementara temen gue yang lain gambarnya macem-macem, bikin gue iri. Nambah iri lagi ketika ngeliat cara mereka mewarnai bener-bener enak dipandang. Seakan mereka udah tau kalo objek ini mestinya warna apa.

Gue gak dibekali kemampuan seperti itu, malah gue bingung sendiri. Misalnya warna gunung, gue bingung warnanya antara hijau, biru, atau coklat. Langit juga sama, biasanya gue kasi warna biru (tua), kuning, dan putih (gak gue warnain)

Temen gue yang lain seolah udah expert dalam hal mewarnai, mereka udah berada di tingkat tinggi, di mana mereka bisa mewarnai dengan teknik yang namanya gradasi. Dengan teknik ini gambar akan semakin bagus, semakin mantap.

Bikin garis pinggir juga gue gak bisa, pasti gak lurus. Jujur aja gue gak ngerti kalo disuruh ngukur garis pinggir berapa centi, bagi gue ngukur berapa centi itu ngebuang banyak waktu. Biasanya sih disuruh dua centi, tapi gue bisa lebih dari itu. Temen pada garis pake penggaris, gue pake tangan guru.

Kadang buat garis pinggir bikin gue frustasi, ada hari di mana gue ngabisin setengah jam lebih pelajaran cuma demi bikin garis satu sisi. Saking desperatenya gue, sampai nyuruh temen buatin garis pinggir.


0 komentar:

Posting Komentar