Selasa, 22 Agustus 2017

Hacker gadungan yang teraniaya

Dulu gue pernah bermimpi menjadi seorang Hacker. Hacker itu orang yang bisa melakukan apa aja di internet. Nyolong rekening orang, bobol website dan lain-lain. Gue begitu tertarik dan kepengen jadi Hacker yang ditakuti di dunia. Jalan yang ditempuh tidaklah mudah. Gue harus belajar banyak.

Oh iya, buat yang pernah nonton filem WHO AM I. Pasti pada gak tau kalo gue ikutan main filemnya, tuh liat aja yang paling kiri bulet, gue jadi itu looh.


Gue mulai mewujudkan impian gue, salah satu cara nya itu gue minjem buku yang kebetulan baru dibeli saudara gue. Buku nya ada tiga jenis, semua berisi tentang dunia hacker, tapi gue cuman bisa nemuin yang ini doang.



Itu buku yang gue pinjem. Dari cover aja udah ngeri banget, apalagi isinya.




Bagian belakang dari buku horror ini:



Dari semua bagian yang ada, yang bikin gue tertarik langsung praktekin itu cara membuka situs yang di blokir?, lho, jangan negatif dulu, yang gue cari bukan itu kok, melainkan teletubies saling mutilasi temen sendiri.

Habis itu gue langsung pamerin ke media sosial gue. Seketika, ada temen gue yang ingin meminjem buku tersebut. Karena baik hati, gue meminjamkan dengan setengah gak yakin, emang lo bisa dan ngerti?, matiin komputer aja masih nanya caranya. Sambil membaca, sambil juga gue mempraktekkan semua yang tertera di buku. Buku tersebut juga menyediakan DVD, berisi aplikasi buat hack. Gue begitu semangat mencoba. Hmm, sukses besar. Gue berhasil mempraktekkan beberapa cara-cara, sisanya?, bodo amat yang penting gue udah termasuk Hacker!.

Setelah mempraktekkan dengan sukses, gue merasa bahwa sekarang gue udah menjadi hacker hebat. Gue langsung mengganti foto profile memakai foto-foto yang berhubungan dengan hacker, biar menyeramkan dan menutupi kecemenan gue di dunia nyata. Seperti sebuah pepatah, 'Mungkin gue cupu di dunia nyata, tapi di dunia maya gue raja nya.'. Hmm mantap abis.

Orang yang ngeliat foto gue pun langsung menyembah-nyembah gue (ini bohongan), maksudnya mungkin mulai menganggap gue menyeramkan. Gak hanya itu, secemen-cemen nya gue, semenjak memakai foto ini gue jadi terlihat keren di mata gebetan gue. Gebetan gue tau kalo gue seorang hacker, temen-temen juga pada tau. Kepedean gue meningkat pesat, bahkan suatu ketika gue sempet pengen menggertak gebetan gue dengan nada ancaman.

"Hmm gak apa gue ditolak cewek yang gue suka, tapi liat aja nanti media sosial nya bakalan kayak gimana".

Niat itu gue lakukan, tapi bukan dengan kata kayak diatas. Tapi, kayak gini. 'Hmm, enak banget bisa tau password akun medsos orang lain.' Kata gue kepada gebetan.

Gebetan menjawab setengah ngeri. 'Ihh jangan apa-apain akun gue ya!.'

'Hmm, boleh asal lo pacaran sama gue sekarang atau tau akibatnya!." Kata gue, ini cuma bohongan doang kok!!!.

'Kenapa, emangnya?' Gue bertanya.

'Ihh jangan pokoknya.' Kata doi memelas.

Setelah itu, sepertinya doi keliatan ketakutan banget. Takut akun nya di hack. Gue berasa keren banget. Menakutkan, gue sempet berandai-andai jangan-jangan gue bisa jadi penguasa di sekolah kayak filem Crow Zero, bedanya, Genji karakter utamanya, menjadi penguasa karena berantem sedangkan gue tinggal bilang sama yang pengen ngelawan gue, atau orang paling kuat di sekolah. 'Eh  lo sujud sembah kaki gue sekarang!. Kalo enggak maka akun media sosial lu tamat, gue hancurin sampe ke akar-akarnya.'

Gak hanya itu, temen-temen gue juga pada jadi minta tolong ke gue. Sialnya, permintaan nya aneh-aneh. 'Eh, coba benerin tuh laptop biar bisa nyambung ke layar proyektor, kan lo hacker.' Terus 'eh, installin gue game dong, kan lo hacker.', lebih parahnya lagi. 'Eh, lo kan hacker, buatin gue tugas di microsoft word dong, gue gak ngerti nih.', 'eh, muka gue hancur banget nih, kan lo hacker, perbaiki dong' (ini bohongan).
Untung nya, ada salah satu temen gue, cewek, masih waras, dia meminta pertolongan ke gue. Pertolongan nya itu simple ngehack akun mantannya. Jadi begini.

"Nan, bisa minta tolong ndak?" kata temen gue di chat.

"Iya, minta tolong apaan?" Tanya gue, berasa cool.

"Tolong, jadikan aku yang kedua, buatlah diri ku bahagia." (Lho??). 'Tolong, kan lo jago ngehack, hack dong akun mantan gue." Kata temen gue.

Hmm, gue mikir sejenak. Temen yang minta tolong ke gue bukan cewek cantik, bukan cewek biasa, tapi semacam cewek setengah mak lampir ditambah gembrot. "Hmm, bisa sih, santai aja gue tolong kok." kata gue, sok jagoan, gak mau menambah beban hidupnya.

"Seriusan???, makasihh yaaa." Dia menjawab.

Seketika gue jadi keinget film-film superhero. Contohnya, Spiderman ketika nolongin Marry jane, lalu dia dicium. Gue berharap nantinya kalo berhasil nolong dia semoga aja enggak dicium. Spiderman dicium bidadari, sedangkan gue dicium hewan peliharaannya bidadari.

Sebenernya, soal ngehack akun facebook ini gue gak ngerti sama sekali. Gue sok ngerti dan ngerasa udah hacker tingkat dunia. Di buku yang udah gue baca gak ada caranya. Gue bingung, akhirnya gue mencoba untuk browsing di internet. Beberapa website sepertinya gak menyediakan cara tepat, semuanya udah kuno. Sebuah pencerahan muncul dari sebuah website yang gue temukan. Disana dikatakan caranya menghack akun facebook dengan cara menggunakan fitur facebook 'lupa password'.

Seketika, kesombongan gue meningkat. Belum nyoba cara nya berhasil atau enggak aja gue udah pede bakal diem-diem ngehack satu persatu akun facebook temen gue.

Setelah membaca penjelasan panjang, tibalah saatnya mencoba. Hmm gampang banget ternyata, namun sekejap berubah ketika disuruh untuk masuk ke email nya untuk ngecheck password baru dan cara lainnya adalah mengirimkan kode ke akun facebook temen yang terpercaya untuk mengganti password.

Pertama, tugas gue sekarang browsing cara ngehack email yahoo. Kedua, gue harus hubungin temen gue untuk minjem akun facebooknya biar bisa dikirimin kode buat ganti password.

Tugas pertama, gagal dengan sukses. Kedua, masih mencoba. Beberapa jam berlalu, masih aja gue gak bisa buat ngehack akun facebook mantan temen gue. Udah pake cara kedua, masih gak bisa. Gue bingung, malu banget kalo sampe gagal. Tapi, mau gimana lagi, udah gak bisa ya gak bisa. Mau gue paksa kayak gimana pun percuma, gue terlalu meremehkan keamanan facebook kayak nganggep facebook itu anak sekolahan yang bulpennya gampang dimaling.

Sekarang, waktunya mencari alasan atas kegagalan ini. Gue pingin beralasan, 'Gue udah bosen ngehack gini terlalu gampang, mau rehat dulu.' Tapi itu terlalu arogan. Kedua, 'hmm, maaf, udah khilaf gue, awalnya gue sangka yang minta tolong cantik, eh kayak gerobak kaki lima, gajadi deh.' Tapi, muka gue lebih jelek dari dia. Ketiga, alasan ini keren juga sih keliatannya, pura-pura hilang ingatan.

Hmm alasan diatas semuanya terlalu gak bener. Otak gue berpikir keras. Hmm gue jadi keinget sesuatu. Dipikir-pikir, temen gue mana ngerti soal dunia hack-hack an. Gue berniat untuk menipu dia dengan cara yang keren dan keliatan elegan.

"Lan, maaf banget." kata gue, memulai chat.
"Maaf kenapa?, oh iya, gimana hasilnya?" dia bertanya balik.

"Uhh, ahh, Sial banget! Gue udah berusaha ngebobol keamanan facebook, padahal udah hampir tembus, sialnya gue kebelet pipis, pas selesai eh mati lampu dan gue gagal." (Ini bohongan dan gak nyambung banget).

"Uhh, jadi gini lan, gue udah nyoba ngebobol keamanan nya, tapi gagal, cara gue gak mempan, keamanan facebook udah diperbarui, harus nyari celah lagi tapi pusing gue." Kata gue, panjang lebar sok hebat.

"Ohh gagal ya, gak apa deh." kata dia, seolah kecewa.

Hmm, apes, gue udah bikin satu temen kecewa. Semoga di lain kali enggak lagi. Habis itu gue mulai belajar-belajar lagi, nyari-nyari website buat belajar hacking. Yang gue cari kali ini cara ngehack akun twitter. Rupanya, banyak banget cara nya dan semua sama. Lagi dan lagi, belum nyoba gue ngerasa udah bisa dan makin songong. Kesongongan ini gue tunjukkan ke doi, pada suatu chat.

"Eh, put, kalo lo ada masalah atau orang lain nyari masalah ke lo, bilang aja ke gue ya, biar gue hack akun nya." kata gue, pede, sok jago.

"Iya, Nan, sipp deh." kata dia singkat.

Anjrit. Bukannya dipuji gitu kek, atau bilang makasih, lalu ngomong panjang lebar. Eh malah, chat gue gak dibales dan dicuekin gitu aja. Selain itu, temen-temen gue selalu menyebut gue sebagai hacker. Dalam hati, gue bilang. "Hmm, enak ya punya temen bisa dibegoin gini, hehehe". Lebih parahnya lagi, bahkan pas lagi pelajaran komputer dan kebetulan gurunya lagi mondar-mandir, temen gue bilang kalo gue hacker sering ngebobol bank.

Anjrit. Guru gue pun menghampiri dan bertanya ke gue. "Nanda, apa benar kamu hacker yang sering ngebobol bank?".

Mampus, gondok gue, gak tau mau jawab apa. Kalo gue bilang 'iya' bukannya dipuji eh entar malah diseret ke kantor polisi. Akhirnya gue memilih untuk bilang 'gak', demi keamanan jiwa raga. Paling gak enak punya temen yang gak bisa bedain antara Hacker sama tukang servis komputer. Gue pernah sesekali diminta sama temen buat benerin laptop kakaknya, tapi gue tolak dengan alasan sederhana "Hacker, gak perbaiki komputer". Dan, masih banyak permintaan aneh lainnya.

Suatu ketika, kesempatan buat unjuk gigi pun tiba. Kesempatan untuk kemungkinan membuat doi jatuh cinta sama gue.

"Nan, boleh minta tolong gak?" kata Doi, gak ada angin gak ada hujan memulai chat duluan.
"Iya, minta tolong apa?" gue membalas, secepat kilat.
"Tolongin gue buat ngapus akun facebook dong, gak ngerti nih!."

dalam hati gue berpikir, anjrit gampang banget. Cuman ginian aja masih gak tau caranya?. Astaga. Tapi, namanya aja lagi jatuh cinta berat, dengan segenap hati gue menolong doi. Dengan semangat gue memulai penghapusan akun facebook nya. Hmm, gak ada 10 udah selesai. Gue langsung menghubungi doi. "Udah, akun lo udah kehapus." kata gue memulai pembicaraan.

selang beberapa detik, doi menjawab."Makasiiiii yaaaaa.".

Gue seneng berat waktu itu. Pas sekarang, saat ini, gue sadar akan kebodohan gue. Ternyata, memang doi cuman nyari gue pas lagi butuh. Cinta bertepuk sebelah tangan memang bisa mengubah cokelat jadi rasa tai. 

Dulu sebagai seorang yang masih belajar Hacking. Gue sempet baca-baca di Internet, hacker paling ditakuti di dunia. Ada Hmei7, Jim Geoverdy dari Indonesia. Menurut gue, kedua hacker ini paling mantap dan menginspirasi. Hmei7, berhasil mendeface (mengubah tampilan depan website) lebih dari 5000 website. Untuk Jim Geoverdy sendiri, dia berhasil menggerakan satelit dan bisa dibilang mampu mengubah jaringan di Indonesia. Satu hal yang gue pengen nanti, kemampuan gue bisa setara dengan mereka, tapi dengan tujuan yang beda. Rasanya, gue pingin menyadap seluruh hape cewek-cewek cantik di Indonesia. Tujuan yang gak baik, dan nista tentunya.

Untuk mewujudkan itu, cara yang gue tempuh adalah mengandalkan aplikasi-aplikasi dari buku yang gue pinjem dan aplikasi dari hacker-hacker terkenal. Hmm gue kepingin jadi hacker yang gak perlu jago matematika (sekarang ini gue sadar akan kebodohan soal hacker gak perlu pinter matematika). Aplikasi yang gue gunakan adalah Webdav, Havij. Sekarang sih, aplikasi ginian ternyata emang khusus buat hacker kacangan yang kepingin ngerasain ngehack situs beneran, padahal, website yang bisa di hack ternyata memang udah pernah dihack sebelumnya sama pembuat aplikasi ini.

Aplikasi Webdav, easy to use, for anak bawang

HAVIJ, lebih susah lagi, tetep dipakai anak bawang
Dari sekian banyak kegagalan, akhirnya gue sempet berhasil deface satu website. Dan, hampir aja gue pamerin ke medsos, hmm, niat itu gue urungkan karena di medsos gue, banyak temenan sama hacker-hacker beneran dan bukan kacang palsu kayak gue. Dan, orang-orang begituan juga gak bakal bisa dibodohin.

Hal absurd lainnya, ada kejadian dimana akun facebook temen gue dibajak oleh orang gak jelas dan mengejek temen-temen satu kelas gue. Yang komen, rata-rata temen gue pada ngamuk-ngamuk, mengutuk, lalu juga bilang "Woi siapa sih lo?". Gue, dengan sangat gagah ikutan komen. "Oh hacker gadungan, liat aja bisa gue lacak lo" kata gue, pahlawan kesiangan yang kelamaan di comberan. Sayangnya, hacker tersebut gak gentar malah makin menjadi-jadi, dan, gue gak tau mesti ngapain, hanya berkata dengan nada ancaman padahal cuman sok gagah.

Lama-lama gue sedikit sadar kalo hacking itu harus pinter Matematika. Soalnya, setiap pelajaran TIK yang membahas tentang microsoft excel, selalu aja gue gak bisa bahkan remedial. Ini jelas sangat memalukan bagi seorang (yang katanya) hacker yang diakui oleh temen-temennya sendiri. Menurut gue, microsoft excel ribet banget, isi rumus-rumus gitu. Beda banget sama hacking, tinggal pake aplikasi pencet ini pencet itu selesai.

Suatu ketika, secara iseng gue penasaran sama film-film yang cerita nya seputar Hacker. Gue mulai mencari-cari di gugel, ada satu judul film yang bikin gue tertarik, WHO AM I. Diliat dari judul aja udah keren banget, siapa saya?. Begitu tau judul flm apa yang harus gue tonton, langsung gue cari di gugel lalu didownload. Gue pun mulai menonton film ini dari awal hingga akhir. Hmm, kece abis. Ada beberapa kalimat dari filem ini yang selalu gue inget. "No system is safe", "Bersenang-senanglah di dunia maya", "Incarlah hal yang mustahil" gile keren bener. Seperti biasa, setelah nonton gue langsung cari di gugel foto Hacker di filem WHO AM I. Lalu gue pasang buat jadiin foto profile. NGERI.




Semua media sosial punya gue udah keganti pake foto diatas. Di satu sisi serem, di sisi lainnya jijik. Gue pernah denger, kalo hacker itu diakui bukan mengakui. Nah, masalahnya gue diakuin sama temen kalo gue hacker, berarti??.... Dari filem tersebut diliat-liat, emang jadi hacker itu mesti pinter matematika. Ada adegan dimana karakter utama disuruh ngehack pake bahasa mesin, buat gue sendiri, gak ngerti apaan bahasa kayak gitu. Ngitung rumus keliling bangunan segitiga aja enggak ngerti. Bisa sih bahasa mesin, tapi paling-paling cuman di mesin ATM (Btw, gue suka maling ATM orang lho).

Waktu makin berlalu, sesuatu mengingatkan gue. Sebaiknya, dan seharusnya gue berhenti mengejar mimpi jadi seorang Hacker. Karena, menjadi hacker itu mesti logika nya jalan, jago matematika, dan bahasa-bahasa pemograman lainnya. Gue hanya berpikiran kalo Hacking itu cuman pake aplikasi, pencet, tunggu proses sambil duduk, selesai, upload ke medsos, dipuji orang. Ternyata, dugaan gue salah dan sepertinya tidak ada penyesalan sama sekali pernah berusaha jadi seorang Hacker.

Setidaknya, gue sempet terlihat gak cemen, keren, disembah temen, dipuji doi, disangka tukang bobol Bank sama guru. Hmm, semua itu gak sia-sia, At least i tried.

Usaha-usaha yang kita lakukan tetapi mengalami kegagalan, gak semuanya sia-sia gitu aja, pasti ada sesuatu yang terserap dan dapat dipelajari. Tapi yang terpenting, jangan sok-sok an. Rendah hati lah walau diri udah rendah hehehe.







0 komentar:

Posting Komentar