Minggu, 23 Juli 2017

Siswa Brengsek pasif (2)

[Lanjutan post tadi]

Masih ada beberapa masalah yang sering gw lakuin di sekolah.

Olahraga> Kalo soal begini sih udah dari smp. Tapi gak separah smp sih untung nya. Sewaktu smp dulu pas kelas 2 smp, gw gak pernah sama sekali dateng olahraga. Dateng cuma sesekali aja dan itu pun pas lagi hari keberuntungan dimana cuman lari 1 kali terus pulang.

Walaupun gw gak pernah hadir cuma sesekali aja. Nilai olahraga di rapot dapet 83, cuma beda 3 angka lebih rendah dari yang rajin dateng. Gw heran, bertanya-tanya pada seisi bumi. Kok ada ya guru sebaik gini???.

Nilai diatas kkm, sikap b, padahal murid nya brengsek gini hehehehe.

Thanks pak Yono, nama mu akan selalu hidup dalam sanubari ku.

Semasa SMA semua berubah drastis. Gak ada lagi yang nama nya bolos hampir satu tahun terus dapet nilai diatas nilai standar sama sikap baik. Yang ada kalo gak olahraga hampir setahun bakalan disekap di ruang BK terus diinterogasi layaknya penjahat kelas berat. Udah beda banget, guru udah bisa main ngadu ke orang tua dan bisa ngasih poin banyak seenak jidat.

Gw pernah dapet 40 poin dari olahraga karena gak dateng cuma 9 kali.

Di kelas 11, kemalasan berolahraga berangsur menurun pelan-pelan.

Kalo ada olahraga renang ,gw paling rajin dan teladan. Absen selalu hadir walaupun orang nya hilang ditelan bumi. Renang mulai jam setengah 3, gw dateng sepulang sekolah ehehehe.

Di kelas 10 gw diajar sama guru senior yang tiada kenal lelah. Bernama Pak Suken. Jujur gw kagum banget sama fisik nya yang udah tua renta bisa  gak pernah gak ngajar sekalipun di kelas 10. Kuat di luar perkasa di dalam heehhe.

Pas beranjak naik ke kelas 11, gw diajar sama guru gak terlalu tua yang tiap ngajar jarang ganti baju, selalu sama. Gw berharap baju yang dipake pernah dicuci hehehe. Nama nya Pak Dewa.

Berkulit sawo matang, rambut berstyle ngawur, senyum menawan.

Di semester 1 pernah gw gak dateng selama 4 kali pertemuan berturut-turut. Bukannya males, tapi baju olahraga gw ditahan di Laundry. Bukan karena gak bisa bayar, tapi pas mau diambil eh tutup terus. Gw sempet berpikir kalo baju olahraga milik gw udah diobral di pasar gelap sama pemilik Laundry. Nyata nya, pindah tempat tapi gak bilang-bilang ihh keterlaluan!.

Alasan ini gw utarakan langsung kepada Pak Dewa tapi dia gak percaya gitu. Astagaaaa naga kompor mledug. Reputasi pria berbadan belang selama ini mungkin menjadi alasan utama kenapa dia gak percaya.

Di semester 2, lagi lagi gw gak hadir berturut-turut. Sekali nya dateng hampir aja gw menjadi korban kekerasan sesama lelaki. Kalo gak ada komnas ham atau kode etik guru mungkin aja gw udah berdarah-darah ditusukin pake bulpen snowman warna hitam.

Akhirnya selama 1 minggu itu gw harus nyusul olahraga. Jadi 1 minggu itu bisa 4 kali olahraga. Cara yang bagus bikin gw sehat terus pingsan sampe rumah hehehe.

Deket-deket akhir kenaikan kelas. Gw tersandung beberapa masalah seperti nilai yang kosong. Dua nilai di darat dan 2 di kolam. Jadi gw harus buat makalah tentang kebugaran jasmani sama mempraktikan renang gaya bebas lalu direkam.

Makalah itu hal yang gampang, semua tersedia di internet. Yang jadi masalah besar itu video renang.

Jujur aja gw selama ini terkenal sebagai atlit perlombaan olimpiade jalan di air sama gaya batu gak gerak terlama didalam air.

Alias gak bisa renang!.

Gw bingung setengah mampus. Untung nya temen gw ada juga yang terjerat di lubang yang sama kayak gw hehehe.

Akibat gak bisa renang, gw harus ngomong sama guru nya. Hasil nya memuaskan, cuman disuruh renang-renang aja.

Berkat itu gw sama Bram agak tenang dikit. Langsung aja gw sama Bram memutuskan untuk nyelesein tugas video bareng-bareng. Awal nya mau nya ke kolam renang tapi karena gw tipe orang gak mau ngeluarin uang buat hal yang gak penting. Gw berniat untuk buat tugas di rumah saudara yang kebetulan ada kolam renang kecil disana. Ide si Bram awal nya  renang di penangkaran udang tapi gw menolak takut air nya terkontaminasi bau sapiteng.

Disana gw dan Bram ganti-gantian ngerekam pas lagi renang. Setelah semua selesai, gw langsung mau ngirim video nya. Tapi ukurannya 900 mb untuk video berdurasi 3 menit wtf????.

Ide terlintas di kepala. Gw menemukan cara yaitu kualitas video nya diperjelek. Video renang gw kualitas 360 p sedangkan Bram 240p hehehe. Dari ukuran 900 mb menjadi 20 mb, sebuah kesuksesan besar.

Setelah video dikirim, gw bisa bernapas lega.

Masalah selanjutnya yang menimpa gw itu masalah pramuka.

Semester 2 gw sama sekali gak dateng, gak pernah menunjukkan batang hidung bahkan pernah sengaja pulang sekolah jam 4 kurang dimana temen udah pada pake baju seragam pramuka! Eheheh brengsek yah.

Selain itu gw juga gak ikut kemah.

Deket-deket kenaikan kelas, gw dipanggil ke kantor buat menghadap guru pembina pramuka. Ungkapan jodoh gak kemana itu memang bener, lagi-lagi Bram ikut terjerumus dalam kasus terbaru. Apapun masalahnya dia selalu setia menemani gw ehehehhe.

Di dalem kantor, langkah kaki terhenti di meja bertuliskan 'Sukendra'.

'Kamu masih murid harapan? (Nama sekolah gw).' Pak suken bertanya, sesekali menatap laptop.
'Inget pak.' Gw jawab pasrah.
Bram manggut-manggut.
'Kenapa kamu gak ikut kemah?' nada bicara pak Suken mulai tinggi.

Suasana mencekam, gw bengong mikirin alasan.

'Karena saya menyesal ikut kemah yang tahun lalu pak.' Jawab gw dengan alasan antimainstream.

Mendengar alasan gw, pandangan pak Suken kini beralih ke Bram yang sibuk mainin ingus di hidung.

"Kalau kamu gimana?' pak Suken bertanya ke Bram, gw bengong menatap tembok di depan mata.
'Sakit pak.' Bram menjawab polos.

Betapa polos nya Bram. Luar biasa, jawaban klasik untuk guru yang udah puluhan tahun berpengalaman menghadapi murid-murid brengsek tiap tahunnya. Alasan klasik kayak gitu malah dipake... Geblek.

Benar-benar cara yang baik buat merubah suasana.Berkat Bram, guru yang lagi baik-baik nya jadi naik pitam. Terima kasih Bram.

'Kamu pikir ini sekolah punya nenek moyang mu?' Kata Pak Suken ke gw dengan emosi

Habis itu giliran ke Bram yang sepertinya lebih kena amukan dibandingkan gw. Masalah gw padahal lebih berat, beruntung ada Bram, jadi tumbal hehehe.

Pak suken memberi gw kesempatan untuk menebus dosa-dosa besar dengan cara memikul tenda, atau kata lainnya Kemah susulan bareng adik kelas. Gw sama Bram cuma manggut-manggut padahal gak akan pernah dateng!!.

Habis mendadak polos seakan gak tahu apa-apa, atau dosa apa yang telah diperbuat. Diluar kantor gw langsung ngakak ngetawaiin Bram. Hehhe thanks banget ya udah menjadi pelindung gw dari murka dan amukan.

Masalah gak hanya sampai itu aja, ada lagi yang menyerang diri ini bertubi-tubi.

Masalah absen sekolah.

Semester 2 gw gak masuk sebanyak 9 kali, 6 kali tanpa keterangan, 2 sakit, 1 ijin. 1 kali alfa 20 poin, 6 kali berarti 120 poin belum lagi ditambah telat 10 kali. 1 kali telat 5 poin, 5x10 =50. 50+120= 170 ehhehehe. Cukup buat menendang gw dari sekolah.

Rupa nya gw beruntung, poinnya gak ditulis di buku sebut aja kumpulan dosa murid bajingan. jadi cuman 50 hehehe.

Di sekolah gw ada sistem nebus atau nyusul kalo gak masuk sekolah. Jadi kalo mau ikut ulangan akhir semester harus nyusul atau gak bakalan ikut ulangan. Gw pernah mengalami kejadian dimana diusir sewaktu ngerjain soal ulangan gara-gara nekat ulangan padahal nebus belum selesai.

Tempat nebus nya di Perpustakaan. Setiap murid diwajibkan membawa satu buku kosong dan meminta tugas dari guru bersangkutan. Seminggu sebelum ulangan biasanya perpustakaan penuh dengan manusia pemalas ehhehe.

  Jujur gw sering banget nebus pas udah mepet waktu ulangan. Misalnya, gw belum nebus sebanyak 7 kali, jadi gw nebus dari hari sabtu sampe sabtu minggu depan dimana hari terakhir nebus hehehe. Ditambah lagi asal-asalan buat tugas, cari yang pendek atau jawaban abc terus disalin, dikumpul lalu ditandatangani petugas perpustakaan.

Pengalaman gak bisa ikut ulangan gara-gara gak nebus pernah gw alamin. Dimana gw harus berdiam dalam perpustakaan, ngerjain tugas sama orang lain yang juga gak nebus. Waktu semester 1 kelas 11 gw bareng sama kakak kelas. Gw sibuk ngerjain tugas biar cepet selesai eh dia malah santai banget mainan game asphalt 8 di hape.

Rasa nya enak banget, wi fi kenceng, cuma duduk bebas maenan hape. Gw disuruh nebus selama 20 hari juga gak apa huehuehuehue.

Pada suatu waktu gw pernah duduk sendirian, bengong. Mikirin tentang apa yang udah gw perbuat. Hal yang merugikan diri sendiri sama orang lain. Apa gw harus terus kayak gini?...
Apa gw harus terus menerus bermasalah gini?...

Gw mulai jenuh sama masalah, kadang iri ngeliat temen waktu jeda pada santai ketawa-ketawa  sedangkan gw bergulat sama tugas susulan dari guru. Dimana mereka bersusah payah dahulu lalu bersenang kemudian, gw malah sebaliknya.

Seperti nya gw harus berubah. Selagi pintu kesempatan masih ada dan terbuka buat gw. Karena pasti pada suatu hari gw akan menyesali apa yang telah diperbuat.

Maka dari itu..

Gw berniat buat berubah di kelas 12 !! I swear!.

That's all cerita kampret gw di kelas 11, semoga aja ini membuka mata kalian bagi yang gak pernah ngerasaiin jadi murid bermasalah di sekolah. Dimana surat amplop putih berisi pemanggilan orang tua datang silih berganti.

Semoga aja selanjutnya lebih baik lagi :)
Menjadi sesuatu yang berbeda yang selama ini dikenal buruk oleh orang menjadi baik. Bertranformasi menjadi manusia normal seutuhnya dan meninggalkan kebiasaan lama yang jelek dan buruk.

Thanks for read... see u .

0 komentar:

Posting Komentar