Rabu, 19 Juli 2017

Brengsek Pasif Sewaktu kelas 11 (1)

Selama bersekolah, gw memang siswa yang bisa dibilang brengsek atau bajingan. Dalam artian, bukannya gw suka menghina atau mempermainkan guru. Tapi kemalasan lah yang membuat hubungan antara gw sama guru jadi sedikit bermasalah.

Kenakalan gw bisa dibilang sih nakal pasif. Memang gak ditunjukan secara blak-blak an kayak ngelempar bulpen ke lubang hidung guru. Mencopet laptop yang sering dipake sama guru. Membuang gas beracun berbahaya saat lagi duduk di bangku paling depan dimana di sebelahnya ada guru lagi berdiri ehehehe.

Selama kelas 11, gw punya masalah sama beberapa guru dan kegiatan-kegiatan di luar jam sekolah.

Yang pertama

Bu Erna > dia ini adalah guru bahasa bali gw. Awal nya pas baru-baru masuk feeling gw udah gak enak. Wajah nya itu judes banget, keliatan galak kayak pengen makan tabung gas elpiji. Kebencian gw sama bahasa bali membuat Bu Erna jadi ikutan gw benci hehehe.

Setiap hari rabu gw selalu jarang masuk terus ketinggalan banyak nilai-nilai bahasa bali. Pas gw masuk disuruh ngerjain tugas dikumpul beberapa hari lagi. Tapi malah gak gw kumpul hingga kini ehhehe. Keparahan itu meningkat waktu semester 2.

Dimana gw gak pernah ikut sama yang nama nya nembang. Nembang itu macam nyanyi menggunakan bahasa bali gitu. Awal nya sih Bu Erna ini nyuruh murid ngerekam pas dia nyanyi kayak nyontohin gitu biar nanti muridnya ngerti dan bisa belajar. 

Masalah nya itu pas gw mau nyusul eh file rekamannya malah gak ketemu. Ada sih di grup kelas di Line.Tapi karena keisengan dan ulah biadab temen yang baru mengenal cara ngespam dengan tega mengirim tulisan-tulisan aneh gitu dan bisa bikin hape jadi hang.

Kesempatan buat nyusul sih banyak banget. Entah kenapa kok gw kayak takut gitu untuk nyanyi didepan. Suara gw sih gak jelek-jelek amat. Paling-paling bunyi mirip kayak tipi semut.

Setiap hari rabu, temen gw pada usil sama jail. Selalu ngingetin 'gak tembang?', 'gak nyusul?' 'Katanya mau nyusul' Kampret!.

Andai kan diri ku ini berani menyatakan  segalanya, tentang apa yang terpendam dalam hati oh wahai guru ku.

Sayang seribu-sayang. Kalo gw jujur malah takutnya entar disuruh nyanyi sendirian di depan kelas. Belum lagi sama sekali tanpa latihan,tanpa hapal apa lirik lagu tembang nya. Takut nya nanti sih pas gw maju terus gahapal lirik lalu gw berimprovisasi dengan mengubah lagu tembang berbahasa bali menjadi balon ku ada lima.

Hal paling mengerikan terjadi sewaktu hari-hari akhir diajar sama Bu Erna. Tepat nya sih sebelum ulangan akhir semester 2. Dari semua murid yang ada di kelas gw. Cuma gw aja yang gak ngambil nilai tembang, belum lagi nilai lainnya yang kosong. Tiap ke kantor guru berasa kayak buronan yang  pergi ke kantor polisi.

Karena gak lagi ada pertemuan, jadi gw gak bisa lagi nyusul nilai. Bisa sih tapi sungguh mengerikan. Kemungkinan terbesar itu Bu Erna bakal nyuruh gw untuk mengambil nilai di tempat tidak lazim.

Tempat yang dimaksudkan itu kantor guru.

Misalnya itu  kalo gw nyusul terus disuruh nyanyi di depan guru-guru yang lagi duduk. Sungguh memalukan. Mau ditaruh dimana pantat gw.

Dan sampai akhir kelas 11 gw memutuskan untuk tidak ambil resiko yang membahayakan keselamatan harga diri.

Hehehe maafkan saya bu.

Lanjut.

Miss Yunita> Guru bahasa inggris gw yang bisa berubah-ubah diri. Kadang baik kadang galak kebangetan.

Penampilannya sih oke oke aja. Pas lagi baik dia bisa cerita entah gw gak ngerti, seputar kehidupannya dan cinta nya yang tak berujung menemukan pasangan hidup.

Kadang waktu lagi cerita bisa ketawa-ketawa gitu, temen sekelas pun juga pada ikutan ketawa entah asli atau paksaan karena takut ditabok pake papan tulis. Gw ikut ketawa biar cerita nya terus dilanjut hehehe. Kalo udah cerita gini sih yang gw suka bukan karena cerita nya yang bagus atau bermakna tapi justru menghabiskan waktu pelajaran sampe istirahat.

Asikkk hehehe.

Guru gw bercerita kalo dia sampe sekarang masih menjomblo di umur nya yang udah melampaui batas. Alasannya sih karena lagi milih-milih pasangan biar tepat. Yang gak gw habis pikir itu kata nya udah berkali-kali nolak cowo. Entah beneran nolak cowo atau malah cowo nya kabur karena takut jadi korban kdrt hehehe.

Sewaktu dia lagi galak, ngajar nya malah menyebalkan, ngeselin.Rasa nya pengen bangun dari tempat duduk terus lompat dari jendela.

Selama di kelas 11 ini masalah antara gw sama Miss Yunita ga banyak-banyak amat. Paling teringat selalu dalam hati  itu pas materi Storytelling.

Storytelling itu materi tentang menceritakan cerita-cerita di masa lampau seperti fabel,legenda.

Awal nya gw berpikir kalo materi storytelling cuman diceritakan di depan kelas tanpa teks. Nyata nya mimpi terburuk gw terjadi.

Bukan hanya diceritaiin di depan kelas tanpa teks aja, tapi dipraktekin pake atribut sama property untuk mendukung suasana cerita yang mau diceritaiin!.

Contoh nya kalo cerita tentang kura-kura dan kelinci. Harus pake bando gitu yang mirip kayak kelinci . Hal itu sih gak jadi masalah, yang gawat itu harus niruin gimana cara lompat si kelinci. Kalo kelinci loncat-loncat, kura-kura guling-guling di tanah hehehe. (Bener gak ya?)

Gimana ya kalau misalnya cerita tentang malin kundang?. Apakah sewaktu ada adegan dikutuk menjadi batu oleh emaknya , gw harus bawa semen gitu dari rumah terus diolesin di tubuh gw biar kaku, mengeras dan jadilah batu tanpa perlu dikutuk (hehehe praktis yah..)

Gak hanya itu aja, apa pas adegan petir menyambar-nyambar terus si malin jadi batu. Apa harus gw bawa garam sama air biar hujan tiba disertai petir terus gw telanjang lari-larian di kelas berharap kena samber petir?.

Ketika datang hari dimana dimulai nya pengambilan nilai storytelling, ternyata nasib sedikit beruntung. Nomer absen gw berada di tengah-tengah jadi bakal dapet waktu lama buat nyiapin dan ngapal cerita nya.

Gw bingung setengah mati bakal bawain cerita apa. Masalahnya cuman 1, properti pendukung cerita!.

Kebanyakan temen pada ngebawaiin cerita kura-kura dan kelinci yang menceritakan tentang perlombaan lari dimana kelinci tertidur lalu kura-kura menang. Simple sih, tapi properti sama gerakannya bikin gw bingung.

Melihat temen pada pake bando putih, bikin gw agak ilfeel. Ditambah gerakannya mesti lompat-lompat sama menggeliat di lantai. Jujur gw gak bisa dua-dua nya, kecuali kalo kura-kura dan kelinci berlomba kejang-kejang di lantai sih udah professional banget gw.

Waktu buat gw ngambil nilai masih lama banget, sekitar 3 kali pertemuan lagi berarti masih 2 mingguan. Yaudah seperti kebiasaan, santai dulu ketawain temen kenceng-kenceng di bangku belakang, nguap-nguap tidur lelap hehehe.

Hari demi hari semakin cepat berlalu. Mau kayak gimana pun gw gak bisa memperlambat waktu atau mundurin waktu seperti sedia dulu kala.

Tibalah hari dimana gw harus unjuk gigi di depan kelas bercerita pake bahasa inggris yang blepotan ditambah berpenampilan layaknya orang sinting ditambah lagi gerakan-gerakan abnormal meniru binatang.

Di suatu malam kelam tepat sehari sebelum gw bakal dapet giliran maju.
Belum siap sama sekali.
Gak ada properti.
Gak hapal cerita.

Sedap!.

Deg-deg an, bingung gimana besok. Belum siap sama sekali. Mau alasan pasti gak akan bisa apalagi udah 2 minggu dapet waktu. Memang murid brengsek banget gw.

Malem itu gw stres berat, upil-upil berjatuhan dari hidung, mulut keluar busa terus menerus, air mata berlinang hehehe kagak lah.

Berharap besok guru nya bakal gak hadir karena ketiduran sampe siang. Semakin larut, semakin panik. Gw masih nyari-nyari cerita yang pas. Mulai latihan gerakan loncat-loncat pocong hobi ke jamban, latihan niru suara serigala yang lebih kedenger kayak orang tersedak beling.

Ngelihat temen yang diprotes Miss Yunita karena pas dialog antar tokoh cuma pake 1 suara. Melihat hal itu berarti gw harus belajar suara bencong. Gw berpikir keras entah kenapa gw bisa meniru suara bencong dengan baik dan benar. Apakah jati diri  gw sebenarnya itu cowok setengah tulen?.

Makin larut, makin semrawut. Gak dapet-dapet cerita yang pas dan cocok. Kalo besok gw bengong di depan kelas senyum-senyum gitu. Siap-siap bakalan dicakar serigala perawan tua hehehe.

Malam itu berakhir, tanpa dapet hasil apa-apa.

Pagi yang tak diharapkan itupun datang juga. Gw dah takut setengah mati. Pas mau bangun, badan gw ngerasa aneh, kepala mendadak pusing, pertanda kedatangan anugrah berupa sakit!.

Alhasil, berkat sakit, gw selamet hari itu. Bad things in a right time. Walaupun habis itu gw sakit selama beberapa hari.

Giliran pertemuan selanjut nya lagi, ternyata semua udah pada maju. Tersisa gw doang yang santai gak bawa apa-apa pada hari itu juga.

Temen pada heran, pada nyuruh gw buat nyusul. Gw cuek aja.

Menjelang akhir pelajaran bahasa inggris di kelas 11, Miss Yun mendadak inget kalo gw belum maju.

Gw pun disuruh untuk maju biar nilai gak hancur dan kacau.

Gw manggut-manggut.

"Kamu harus nyusul nilai Storytelling, miss kasi waktu sampe hari senin. Bawa properti sama baju lain." Dia berkata serius.
"Siap miss, dimana ya tempatnya?." Gw nanya pura-pura lugu.
"Di Ruang guru, di meja miss." dia menjawab seenak jidat.

gw diem dan bengong.

Ruang guru???????? Whatttt????.

Di depan temen sekelas aja udah malu luar biasa apalagi di depan para guru?. Emang nya gw sirkus?

Gak bisa bayangin tampil disana. Loncat-loncat, mengaum serigala, dan lain-lain. Belum lagi direkam cctv disana. Bisa-bisa masuk youtube, HEBOHH Komodo nyasar di kantor guru. Daripada hal seperti itu terjadi gw harus cari cerita yang gak bikin malu!

Nyari di internet gak membuahkan hasil. Deadline udah mepet banget. Gw bingung setengah mampus.

Akhirnya gw nyoba buat nanya sama temen gw yang nama nya Bram. Siapa tau aja dia bisa kasih solusi... Ya walaupun pasti dibilang "sabar aja.".

Ternyata upaya gw membuahkan hasil!. Bram memberitahu cerita yang dia pake. Cerita Bram mengisahkan tentang pemuda yang saling berantem gara-gara domba.

Kayaknya emang pas banget dan gw suka sama cerita nya. Ada bagian di cerita dimana gw harus berantem sama diri sendiri, gw harus improvisasi lagi biar lebih keren. Kayak biasa nya pas adegan pukul-pukulan di setiap film action,  yang kena pukul kadang bisa mental atau terhempas. Akibat itu gw terinspirasi untuk mental pas lagi berantem sama diri sendiri. Mental nya ke arah di setiap meja guru heheehe.

Hari deadline datang, gw sambut dengan rasa percaya diri dan tak ada tekanan batin lagi. Membawa perlengkapan seperti kacamata hitam, topi, dan baju. Gw langsung bergegas menuju Miss Yunita di kantor.

Sebelum masuk pintu kantor, di kejauhan gw ngeliat Miss Yun lagi di meja pendaftaran murid baru. Disana cukup ramai ada banyak anak lagi daftar sekolah.

Gw diem, bengong.

Apa yang bakal gw lakukan selanjutnya?

Menghampiri atau kabur aja?.

Gw berpikir keras. Kalo gw menghampiri terus minta susulan maka mungkin gak mungkin gw bakalan disuruh tampil di depan anak-anak yang daftar sekolah beserta orang tua yang lagi nemenin anak nya. Lalu guru gw bakalan bilang kalo gw tampil itu sebagai salah satu cara menghibur para orang tua dan murid yang lagi daftar sekolah.

Entah kalo gw tampil apa mereka terhibur ? atau malah ilfeel terus kabur terbirit-birit secara massal dari sekolah?. Dan gak kembali lagi.

Jelas ini sebuah pelecehan moral dan dubur jikalau sampai terjadi dimana gw harus tampil di depan keramaian orang asing.

Gw akhirnya mendapatkan keputusan bulat. Kabur dari tempat tersebut dan kabur juga dari tugas ini.

Well itu lah cerita gw, masih ada kelanjutannya bersama guru lain yang lebih parah dan kacau lagi.

Goodnight guys have a nice dream

See u......

0 komentar:

Posting Komentar