Kamis, 29 Juni 2017

KENANGAN AKAN MEDSOS JAMAN DULU

Dulu, sebelum muncul media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram,path,dll kita mengenal yang nama nya Friendster, My Space, Ebuddy dll. Semua udah hilang tergerus arus, diganti yang baru. Ga lupa juga sebelum ada nya Instagram dan Snapchat yang lagi booming sekarang, kita pernah menggunakan Facebook dan Twitter, dan ga lupa yang namanya Blackberry messenger..

Di tahun 2017 ini gw masih pake facebook, walau mungkin temen gw udah gaada yang pake facebook, karena terfokus sama Instagram,snapchat,path, line. Kecintaan gw sama Facebook itu bener-bener besar.. tapi inget-inget jaman dulu rasa nya bener bener memalukan, apalagi facebook mempunyai fitur ngeliat hal yang lama sesuai tanggal... ga lupa ada beberapa kenangan pengguna Facebook di jaman dahulu.... seperti

Status lama. > Ngescroll balik ke tahun 2011 untuk ngeliat status dan kenangan-kenangan rasanya bener-bener malu... ya bener aja tiap hari gw buat status 'Sepi banget, gak ada yang ngelike'. 'lagi makan, ada yang mau ikut?' ' , 'Lagi bosen, enak nya ngapain ya'. 'Ngantuk, mau tidur dulu' mantep kan?, gw buat status gitu tanpa like tanpa comment juga berasa orang stres ngomong sendiri.  Beruntung nya sih gw ga ekstrim banget misal..... Ngeadd orang trus kirim message 'Eh like dong status gw!, kalau ga liat aja nanti!', 'Lagi bosen, ada yang mau ikut bosen juga?' 'Lagi boker, ada yang mau cebokin?'. 'Ngantuk mau tidur, ada yang mau nemenin?'

Capslock dan bahasa yang bikin mata panas> Dulu tiap orang di Facebook pasti pernah ngalamin masa ini, ya mungkin ga semua sih.. buta akan penggunaan capslock misalnya 'AkU cINta KAMucH cElaLoE.' dulu hal kayak gini itu lazim banget, wajar. Semakin lama, makin berkembang, dari yang cuma capslock kini jadi pake angka-angka untuk gantiin beberapa huruf.
     
's4k1T r454nY4 TaK D1c1Nt41' dengan terjemahan 'Sakit rasanya tak dicintai' ini udah mendarah daging di jaman keemasan alayers.
'CemuNGUDCHH EACHHH'

Cukup gw nginget kayak gitu eneg banget

Muncul nya banyak akun facebook dengan nama yang sama dan pemilik yang sama ditambah nama alay.. > rasanya gahabis pikir  ngeliat akun facebook yang nama belakang nya isi angka 1, 2 eh I II, III, IV..  gw gahabis pikir, buat apa sih bikin akun sebanyak itu? , apalagi ngeadd akun facebook gw, pernah gw check Friend list dan 10 slot dihabisin buat akun dari I sampai X. dalam hati gw mikir, ini akun facebook atau film berseri? atau sinetron?. Lalu ga boleh dilupain juga akun facebook dengan nama yang alay
Aniceweknis YangClalu NgangeninNngegemesin
FYg ClaluCyangma AldiClamanya

masih banyak lagi, gw udah lupa, jadi coba lu inget-inget aja akun facebook lama lu, siapa tau di friend list lu nemu akun kayak gitu. 

Jadi Arena untuk berantem> ya gw sering liat banget orang ngebawa masalah pribadi nya ke sosmed, diumbar biar orang lain tau, ngetag orang nya... sambil ngata-ngatain dengan kata-kata kebun binatang..... gw mikir kenapa ya, apa ga malu sih?... dulu gw pernah ngeliat di salah satu akun facebook temen gw, berantem sama pacarnya gara-gara ketauan selingkuh dan berakhir ribut di comment, syukur gw gasempet ikut comment... kalau ga siap-siap hape gw ngehang apalagi gw masih pake blackberry, notif merajalela tiap beberapa detik.

mau tau berapa jumlah comment nya? 400 lebih.. isi nya mereka berdua semua... yang like pun cuma yang buat status ini.

Tempat untuk pacaran, beberapa tahun yang lalu (gw udah lupa) sewaktu SMP punya temen yang kebetulan cewe, selalu muncul di beranda FB gw... kadang dia sendiri atau jadi yang di tag... tentu bukan sekali dua kali, bukan nanyain tentang 'Ada pr gak?' 'Kisi-kisi ulangan matematika kayak gimana?' 'eh ngerti gak materi matik ini, boleh minta bantuan?' yaps bener tebakan gw, isi nya ala anak remaja jaman sekarang. dimulai dari ucapan pagi siang sore malem, 'Good morning my (emot cium atau peluk) (biasanya nyebut nama panggilan sayang) my eek' 'good night my pembokat :*'..... ngeliat beginian emang bikin gw kesel tapi kok gw malah kepo yaudah coba stalk aja... WAH !.

isinya...... ucapan pagi,siang sore,malem itu dah pasti... majang foto pacar nya dengan emot kasih sayang... ngechat nya di status, balas-balas komentar....

jadi seperti ini... waktu malem hari

>Goodneg i lafyuu, hape a nais derim" 
'goodnightoo (emot cium), kamu gak tidur?' koment cowo ini beberapa detik nya,, kalau ga ngerespon siap-siap ni cewe bakal buat status 'Ngilang kemana sih?? tanpa kabar' 'jangan tinggalin akuhhhh' 
'engga aku blm ngantuk yank' jawab cewe itu secepat kilat... mungkin kalau ini cewe ngilang dalem hati ni cowo pasti yes aku bisa keluyuran!.
'oh kalau gtu aku gk jd tidur deh, aku temenin kamu ajah, kamu tidur aku tidur, kamu ga tidur aku ga tidur,, (feeling gw... kamu mati sekarang aku juga mati,, kamu berak sekarang aku juga ikut berak... kamu gila aku juga ikut gila.... kamu mutusin aku... aku bunuh diri) 
'yang bener yankkk?' tanya cewe itu memastikan apa cowo nya bercanda atau beneran.
'iyaaa lah yankkkk' cowo itu menjawab.
'masa sihhh' cewe itu lagi bertanya.
'iya bener kok yankk aku ga bohong.' cowo itu menjawab mungkin pas ngetik pengen banting hape.
'gapercaya aku yankkk' cewe itu lagi meragukannya..
'aku bakal buktiin yankkk..' balas cowo itu..
'ahh yang bener?' 

dan akhirnya ampe kiamat pun ga berhenti-berhenti... dengan blackberry, gw scroll-scroll berharap ga kepencet like, kadang awkard momen kalau pas lagi buka-buka  kronologi orang tiba-tiba kepencet like, ya ketauan banget kalo gw ngestalk. Sekarang gw bingung, kenapa ni cewe nyuruh cowo nya balas sms nya padahal di facebook cowo nya udah bales komen nya, kenapa ga di message fb aja?.. gahabis pikir...

Parah... Cerita nya gini, ni cowo entah ngilang kemana, apa mungkin  boker 5 menit atau ga mandi 5 menit.... tapi ini cewe udah panik seakan nih cowo ditelan bumi, diculik penjahat, diculik sumanto, disodomi emon.

ni cewe ngupdate status..
'Kamu kemana sih??? kok gabales-bales smsku, bilang nya belajar, belajar apa? selingkuh? belajar cinta cewe lain??'  Dalam hati gw duh duh... kasian banget nih cowo...apa tiap dia gerak harus minta ijin.. kayak...

'Yank, aku boleh ke kamar mandi gak?' 
'ada cewe lain gak? kalau gaada ya sana aja.'
'makasi yankk :*'

'Yank, aku boleh pake baju ama celana gak?'
'boleh aja asal gaada cewe lain ngintip'
'makasi yankk kamu orang yang paling bisa ngertiin aku banget :*'
'
'Yank, aku boleh makan ama minum gak?'
'boleh aja, asal piring sama gelas nya bukan bekas dipake cewe lain.
'Makasi yankkkk'

'Yank, kan aku abis pup, terus cebok, boleh gak aku cuci tangan ku?'
'boleh aja, asal habis cuci tangan jangan aja pegang tangan cewe lain.'
'Makasi yankk kamu ngertiin aku banget'

'Yank, aku boleh ga tidur?, ngantuk banget nih'
'boleh aja, asal ga tidur sama cewe lain'
'ohh gitu ok makasi ya yankk'

'Yank, aku boleh napas gak?'
'boleh aja yankkk asal idung jangan nempel sama hidung cewe lain'
'makasi ya yankkk'

andai kalau cowo nya berandal... bad.

'yank, aku boleh hamilin kamu gak?'
'boleh aja yankk, asal ga hamilin cewe lain aja'
'okee makasi yankk, pengertian banget sih.'

yang paling enak itu gini...

'yank, aku boleh kerja gak buat cari nafkah?'
'gaboleh yank, kamu dirumah aja, takut pas kamu kerja diembat cewe lain, biar aku aja yang kerja.'
'oh makasi ya yankk, aku tidur dulu kalau gitu.'

ya seperti itulah jika punya cewe yang terlalu curigaan, dikit-dikit harus minta ijin.

MEDSOS jaman dulu juga biasanya dipake buat ajang mencurahkan isi hati, bersedih agar orang lain tau atau istilah nya sekarang itu galau. Banyak yang bikin status berbahasa inggris yang mungkin asal dia copas, ga ngerti arti yang penting keren. Ada lagi yang bikin gw ilfeel..

tak jarang di medsos ada orang jenis galau caper, foto lagi nangis, diupload terus nunggu komen prihatin, tapi malah sebaliknya dapet bully an. Tangan yang berdarah di upload dengan caption 'ini gara-gara kamu sampe tangan ku buat seperti ini!' plus muka nangis, belum tentu sih itu darah siapa tau cuma sambel. Itulah yang sering gw temuin di facebook....

Ada lagi medsos yang juga dulu jadi favorit banyak orang, yaitu Blackberry messenger. Blackberry messenger atau BBM dulu cuma ekslusif buat hape jenis Blackberry aja, tapi kalau sekarang bisa buat semua hape. Dulu BBM itu jadi favorit gw juga, bisa chat tentu nya, ada grup nya. BBM ini jadi saksi cinta gw ditolak waktu SMP, itu lah kepaitan nya.

BBM juga ga luput dari yang namanya manusia alay... seperti beberapa hal yang udah gw rangkum berdasarkan pengamatan gw dengan badan telanjang... (maksudnya mata.)

Tempat mencari jodoh, menuhin contact, banyakin temen.

Bbm mempunyai fitur Broadcast messenger dimana orang-orang dapet nulis sesuatu yang penting (tapi yang penting sih langka), lalu dikirim ke orang lain yang ada di contact nya. Berkat Broadcast ini lah orang bisa nyari jodoh... Mau tau gimana?..

Misalnya lu nyuruh temen lu, buat promosiin pin bbm lu, terus ga lupa juga lu suruh dia isiin kata-kata tambahan... Contoh.... Xxxxxx invite ya pin diatas, orang nya ganteng, humoris, tinggi, jomblo lagi.... Jelas ini promosi yang bikin orang penasaran apalagi kalo cewe denger kata 'ganteng' maka dengan cepet dia invite.

Positif nya itu para orang yang bertampang buruk rupa seperti gw, bisa kenalan ama cewe, bisa ngobrol ama cewe... Deket ama cewe... Ketemuan eh dia nya lari.

Negatif nya ya seperti yang gw tulis diatas, banyak orang tertipu dengan kalimat promosi diatas, bilang nya ganteng tau nya asli nya ups.. Bilang nya humoris tapi ternyata garing, tinggi tau nya pendek, jomblo ya cuma ini aja sih yang ga menipu.

Andai aja broadcast itu isi nya jujur...
Xxxxx..
Invite pin temen gw diatas, orang nya jorok, tukang selingkuh, muka nya mirip aspal yang udah rusak, ya pokoknya invite aja...

Jelas ini promosi yang bener-bener jujur, tapi jelas gabakal ada yang tertarik...  Begitu lah kadang kita harus berbohong demi tujuan kita.

Cara ini juga bisa dibilang banyak menghasilkan pasangan-pasangan mendadak baru yang jadian setelah berawal dari chat> ketemuan> jadian> diterima (khusus mungkin bagi yang tampang nya rupawan)

Gw dulu pernah disuruh temen untuk broadcast contact temen gw,  dipaksa-paksa dengan kata-kata 'gitu dah lu sebagai temen' gw harus gimanaa lagi... Contact gw itu isinya banyak keluarga gw, temen satu kelas, dan isi nya temen game online gw. Misalnya gw broadcast maka dengan jelas, keluarga gw bakal bertanya-tanya, takutnya sih marah.. Biasanya kalau satu temen minta broadcast maka jika ada yang kebetulan ikut baca, pasti minta juga..

Jadi gw dapet ide bagus, gw memutuskan untuk broadcast, biasa dengan kata-kata bagus, beda nya gw gabakal kirim ke contact gw melainkan ke temen gw yg minta dibroadcast in... biar dia ngeliat dan percaya...
Jahat kan?...

Selain buat nyari jodoh, bbm juga bisa untuk menuhin contact, dan banyakin temen.. 
Misalnya sih kalau lu ga inget akun bbm lu dan harus buat baru, maka tinggal suruh temen ku broadcast... Ya dengan kalimat persuasif...  Kalau nyurh ke temen nya macem gw ya siap-siap aja gabakal ada yang nginvite.

Tempat mengancam orang, horror online.

kenapa gw nulis seperti diatas?.. Ya itu semua ada alasan yang konkrit. 
Dulu gw masih inget, broadcast berisi tentang ancaman-ancaman yang menyeramkan misalnya.. Di kalimat terakhir seperti ini...

'Jika kalian tidak mengirimkan ke 10 temen di contact kalian maka akan terjadi....'
'Jika kalian tidak mengirimkan ke 10 temen di contact kalian maka nenek itu akan mengambil mata kalian'
'Jikw kalian tidak mengirim kan ke 10 temen di contact kalian maka orang tua bakal ga panjang umur'

Jelas ini bikin orang awam merasa paranoid, jadi dia percaya gitu aja dan ngirim ke 10 contact nya. Diujung kalimat pun selalu ada kata jangan dikirim balik.  Gw juga pernah ngeliat dukun yang mampu ngalahin NASA.

'Jika kalian tidak mengirimkan ke 10 temen kalian maka rumah kalian akan terkena meteor'

Tentu nya itu ancaman yang konyol, bisa mengalahkan badan Astronomi yang tiap hari nya ngamatin apa ada benda yang masuk ke bumi.. Terus muncul nya itu meteor dari mana? Kenapa ga rumah anda akan tertimpa banyak uang? Itu justru lebih bagus.

Bodohnya banyak yang percaya, temen gw hampir semua percaya sana pesan berantai ginian, dari bernada ancaman, seperti hantu, teroris, penjahat, dll. Satu hal yang gw takutin itu broadcast berisi ancaman kalau ga ngirim maka akan mandul dan jomblo selama nya.... Busett... Gw pernah sekali tertipu broadcast ini, lebih sering mengabaikan dan sama aja gaterjadi apa-apa.

Kunci utama menangkal broadcast seperti ini dengan mengirimkan balik ke orang yang sama, kalau perlu selama 10 kali maka segala ancaman dari kita akan memantul balik ke dia..
Coba aja.

Yang terakhir, BBM itu maha tahu...

Ya dengan BBM maka kita bakal tau orang itu lagi aktif atau enggak, lagu kesukaannya apa, apakah dia mesum atau tidak... Lho dari mana?

Ya bbm punya fitur dimana orang bisa ngeliat aktifitas seseorang, seperti dengerin lagu, nonton video. Biasanya akan muncul di recent update (ini berlaku bagi yang centang fitur ini)

Jika orang yang lu message gabales tapi nama nya ada di recent update lagi dengerin lagu, percaya lah anda dicuek in, atau dia lagi di jalan, bisa juga ketiduran.

Yang terakhir, jika punya temen yang tukang bohong, munafik atau sebagai nya maka ini cara terbaik untuk membongkar nya... Gw pernah ngeliat temen gw yang alim, lagi watching file yang isi nya angka... Format nya bisa mp4 atau 3gp... sangat mencurigakan, biasanya file berisi angka itu sih 98 persen itu file p*rn* atau disebut juga b*k*p... cewe pun pernah gw liat tapi gw gamau negatif thinking siapa tau itu video rekaman dari kamera nya.... (Video b*g*l). 


Begitu lah BBM tempo dulu, penuh kenangan, sayang nya kini anak muda lebih memilih LINE, BBM ditinggalkan, digemari hanya oleh para Orang tua. Jadi jika lo masih pake bbm berarti lu udah tua, gabisa move on hehehe :).

Walau masa lalu kita pernah alay, setidak sekarang udah kita tinggalin kebiasaan itu.. Kalau masih alay ya itu hak lu, gw justru seneng ada alay karena itu lah keunikan sendiri di MEDSOS, bisa jadi hiburan dan bahan tawa. Terima kasih alay :) 

Sekian dari penjelasan panjang gw berdasarkan pengamatan, ingatan keras, ditemani lagu galau plus rasa cinta gw ama doi. 

0 komentar:

Posting Komentar