Sabtu, 01 Juli 2017

LUPA OLAHRAGA = BK HASIL NYA

Salah satu kenangan yang paling gabisa gw lupain saat kelas 10 itu Lupa Olahraga. Kebetulan yang ngajar juga guru senior, berkulit cokelat, walau dah tua tapi masih kuat. Bisa dibilang gw ini nyari masalah sama harimau, mau harimau, mau serigala GGS, mau nenek gayung pun gw gatakut.

Seminggu sekali di sekolah gw ada kegiatan pelajaran Olahraga, dimulai jam 6 pagi, tempat nya di lapangan luas di Renon Denpasar Bali. Sangat disayangkan, jam pelajaran nya ga mendukung jam tidur gw. Akibat nya gw jadi jarang olahraga, tanpa alasan alias alpha. Setiap hari biasa nya gw bangun jam setengah 7 lebih 15 menit, ya ga heran gw sering ga dateng, ditambah gw belum punya motor. Tentu nya tindakan gw ini bikin guru olahraga gw yang bernama Mr. Suken ini geram.

Setiap bulan biasanya ada 4 pertemuan, 3 kali di lapangan dan 1 nya lagi di kolam renang. Dari keempat nya, gw cuma dateng 1 kali, saat ngambil nilai. Soal renang itu urusan belakangan, gw biasa nya bareng temen gw dateng ke kolam renang lebih awal, belum ada guru, masih sepi terus absen langsung cus kabur.

Setiap gw masuk olahraga, biasa nya nama gw selalu dipanggil, terus disuruh lari 3 kali lapangan dari total 9 kali... jadi tiap minggu mesti nyicil 3 kali. Bukannya takut, ngeri, atau apa gitu, gw malah seneng gadapet pelajaran olahraga sama sekali, cuma lari 3 kali.. lapangan nya lumayan luas, jadi gw lama-lamain aja lari nya... pas udah duduk absen baru gw balik... licik ya? hehehe. Seandai nya jam olahraga itu sore, maka gw bisa duduk beli jajanan, lumpia, dan gorengan lainnya tersedia di pinggir area buat jogging.

Puncak kesabaran guru olahraga gw pun tiba, Disuatu pagi yang cerah, bagi jiwa sesepi gw ini. Dateng dan duduk di lapangan menunggu intruksi guru gw. Tiba-tiba dia ngeluarin kertas Absen, bulu kuduk berdiri, merinding, tapi gw udah tau pasti gw bakal dipanggil...

Tebakan gw selalu bener, Guru gw manggil beberapa orang juga yang keliatannya nakal, termasuk gw. Semua nya kena masalah yang sama, Absen bermasalah.

Satu persatu dari kami ditanyain alasan kenapa jarang dateng bahkan ada yang pernah gadateng., sampe-sampe sekali dateng langsung diusir gitu aja dari lapangan.

Ada yang alasannya rumah jauh, sakit, cape (kalo ini gw yakin bakal ditabok), kebanyakan alasan rumah jauh sih. Kalo gw? alasan rumah jauh pasti bakal ketauan bohong, apalagi hampir semua temen gw pernah ke rumah, KENDARAAN. Itu lah alasan utama gw, untuk menutupi kemalasan gw selama ini, tapi habis gw ngomong gitu kok rasa nya muka guru gw makin beda, oh tidak.

Semua yang dipanggil, dikasi poin sebanyak 40, gw juga kena, selain poin, pemanggilan orang tua juga wajib.

SIALLLL gw paranoid, ngerasa terancam nyawa gw,, apa yang bakal gw bilang nanti ke ORTU gw??

Sehabis olahraga gw sempet mikirin beberapa alasan.

Menang olimpiade? > tapi olahraga apa???... Sepak bola?, gw gabisa dribble ama gocek, Bulu tangkis? gw gabisa passing awal nya.. kecuali passing langsung ke tanah. Basket???... gw megang bola nya aja gabisa, kadang suka susah bedain mana basket mana sepak bola. Silat? jelas gamasuk akal, sama kecoa aja lari. Taekwondo? lebih gamasuk akal lagi, kaki ketiban botol fruit tea aja sakit nya kebangetan.

Mau ga mau gw harus jujur, apalagi dikasi surat langsung dari sekolah untuk disampein ke orang tua....

Surat nya pun gw sampein, ternyata Orang tua gw gamarah malah biasa aja, temen-temen gw sampe keheranan setengah mampus.

Gw masih inget itu pengalaman pertama kali nya gw masuk dan duduk di BK SMA, kalau di SMP itu udah sering bagaikan rumah kedua gw.

Duduk dengan gugup, bersikap sopan, bicara santun, dan kalem. Selama di ruangan itu Bokap sama Guru Olahraga cuma berbincang tentang masalah absen gw, ceritaiin gimana masalah-masalah gw, bokap gw cuma bilang jangan diulangi lagi dah itu aja tanpa marah sedikit pun....

Setelah kaku selama beberapa menit, akhirnya gw bisa ngirup udara luar yang seger, ga lagi nyium bau tanah.

Sehabis pemanggilan itu, gw sedikit berubah, apalagi bakal ada ulangan akhir semester ditambah mau rapotan, gw harus baik-baik sama banyak guru biar nilai gw ga anjlok.

Arti pemanggilan ini banyak kesannya bagi gw, olahraga itu sehat tapi harus juga mengenal kondisi. Kalo masih ngantuk jangan dipaksa buat olahraga, daripada pas lari pagi terus ketiduran berujung nyemplung di selokan atau nabrak-nabrak yang juga lagi lari.
Cobalah ngelakuin pepatah "sambil nyelem minum air" jadi waktu lu lari cobalah sambil makan jajanan kayak Lumpia atau gorengan... pasti sehat.

Cukup cerita gw yang gaje ini, gabut, gara-gara lagu galau nya mati.

See u soon.



0 komentar:

Posting Komentar