Sabtu, 01 Juli 2017

BERAWAL DARI MALAS BERUJUNG PENCIDUKAN

Tahun ini terasa beda sama tahun-tahun sebelumnya, dimana saat dulu SD,SMP gaada yang namanya pramuka, mungkin ada tapi ga jadi extrakurikuler wajib. Perubahan kurikulum dari pusat membuat pramuka sekarang menjadi wajib, harus diikuti oleh semua siswa

Sangat jelas pelajaran ini ganggu jam tidur siang gw juga. Dimulai dari jam 4 sampe jam 6 bahkan kadang melebihi durasi waktu. Tempat nya mungkin di sekolah, deket sama rumah gw, tapi gw enggan banget dateng, ini lah menandakan dimulai nya kisah legendaris dari gw.

Hari pertama pramuka itu penting, bagi-bagi kelompok atau sangga, untuk setahun kedepan. Entah kenapa gw malah gadateng, malah akhirnya gw gadapet kelompok, bingung, panik, temen-temen kelas gw udah pada penuh semua.

Betapa beruntung nya gw, ada salah satu temen gw yang kelompoknya belum full, jadi gw ikut gabung dan akhirnya hidup tenang.

Kegiatan pramuka sebenernya ga cape-cape banget (diawal) cuma bawa buku tulis, bulpen, dan isi kegiatan semua nya cuma nyatet hal-hal ga penting (menurut gw). Semakin terus berjalan dari minggu ke minggu, bulan-ke bulan makin banyak beda.

Ada kegiatan baris-berbaris, diulang-ulang, salah dihukum. Lalu ada tepuk pramuka, tepuk lainnya gw lupa namanya, belajar ngiket pake tali pramuka, baris-berbaris pake tongkat, dan masih banyak kegiatan gaje lainnya.

Dari jumlah banyaknya kegiatan pramuka selama 1 semester, gw cuma dateng 3 kali. Sisanya? alpa, alpa dan alpa. Biasanya kalo gadateng pramuka maka minggu depannya harus nebus atau nyusul tapi sama kakak kelas, dan gw cuek aja tohh apa untung nya buat gw ikut kegiatan pramuka...

Tindakan gw malah ternyata membawa bencana gak diduga. Hari-hari sebelum ulangan akhir semester, gw lagi asik ngobrol sama temen sebangku gw, tiba-tiba ada cowo sama cewe bawa kertas absen dengan muka tegang. Yappp gw dipanggil lagi, disuruh ke lapangan basket... gw sama sekali gatau kalau itu pemanggilan karena masalah pramuka..

awal nya gw mau nanya, perasaan gw ga ikut ekstra basket, tapi kok disuruh kesana ya? terus juga gw gayakin ama cowo yang manggil gw, masa culun gitu ikutan basket? kan aneh.

Sesampai di lapangan, oh tidak, ketemu lagi sama guru olahraga gw ini, kalo ada dia pasti ga beres!.
Selain jadi guru Olahraga, guru gw ini juga jadi Pembina Pramuka. Untung, ga cuma gw aja yang disuruh ke lapangan, malah  ada banyak dari berbagai macam wajah, ukuran badan, tinggi, bau badan, alasan.

Diem di lapangan itu berasa babi panggang, panes, terik. Sengaja banget dipanggil jam setengah 10 dimana Matahari lagi ga berbaik hati, lagi sekejam-kejam nya. Satu persatu dipanggil, ditanyain alasan kenapa ga dateng pramuka, kenapa ga nyusul, kenapa ga ngelapor dll.

Dan tibalah saat nya gw ditanyaiin........ bingung gw mau alasan apa, apa lagi rumah gw sebelah sekolah jadi kalo alesan apapun gabakal diterima.

"Kesalahan saya sendiri" akibat pasrah, gw jadi jawab kayak gitu... beberapa dari pramuka reguler pun ketawa denger alesan gw, beberapa guru juga keliatan kaget denger nya, saking jujur nya gw. Yang lain alesan rumah jauh, sakit, udah ngelapor ga disampein, pas mau berangkat kebelet boker, pas mau berangkat diajak jalan ama doi.. Cuma gw yang jujur, apa ada nya.

Setidak nya sih alesan gw itu ga berakhir ke pemanggilan orang tua, malah cuma dijemur setengah jam terus balik ke kelas lagi... setiba nya di kelas temen gw pada kaget.

"Itu elu?"
"Buset muka nya gosong"
"Muka lu mana? item banget"
"Siapa tuh?"
"ANCURRR"

yapsss mungkin ini hukumannya, guru-guru pramuka udah tau apa kekurangan dari murid muridnya, ya karena kekurangan gw ada di muka maka dibuat lagi lebih kurang...

Cukup gw akhiri kisah pilu tentang pramuka, gw nyesel rasa nya gadateng, tapi gw lebih nyesel ngucapin yang barusan. Ini tonggak awal dari kemalasan gw yang dari tahun ke tahun semakin berkembang dan menjadi-jadi tak terbendung...
Sorry kalau gajelas. wajar, chat gw ga di bales-bales ama doi...

Have a nice Weekend :) Happy Sunday guys.



0 komentar:

Posting Komentar