Rabu, 03 Oktober 2018

PDKT Rasa Audisi Nyanyi

Gue percaya, terkadang temen itu bisa menyesatkan. Gue punya temen paling aneh yang pernah gue kenal. Dia ini temen sekelas gue, orangnya kalem di kelas. Saking kalemnya, dia rela jadi kurir, disuruh beli ini itu tiap harinya sama temen sekelas lainnya. Juga dia sering dianiaya sedemikian rupa. Namanya Bram.

Walaupun gitu, menurut gue, dia itu temen yang paling nyambung kalo gue ajak ngobrol. Sampai yang lain ngerasa kalo gue udah kayak pacaran sama dia. Bahkan ada yang ngedit foto gue sama dia jadi semacam monster pecinta sesama jenis.





Gue sering curhat ke dia soal kegoblokan gue dalam ngedeketin cewek, dia selalu dengerin, dan ngasih solusi yang gak nyambung. Kata-kata yang selalu keluar dari mulutnya tiap gue curhat ''sabar aja' kampret sih, tapi gue malah terus curhat ke dia. Kadang dia juga cerita ke gue, soal pacarnya yang masih sering jalan sama mantannya. Karena iseng, gue ngestalk akun pacar dia pake akun palsu andalan. Isinya semua foto sama mantannya. Foto sama pacarnya gak ada, yaitu fotonya Bram. Gue bingung, apa saking polosnya Bram dia bilang ke pacarnya, "Yaudah, biar adil, dia sama kamu di dunia nyata. Aku sama kamu di chat!"

Saking isengnya gue chat ceweknya, memastikan kebenaran apa Bram itu pacarnya atau enggak. Jawabannya juga lumayan bikin kaget. "Siapa tuh? Gue gak kenal. Ngomong aja gak pernah." Berkat keisengan gue ini, semua terungkap, kalo pacarnya Bram itu hanya imajinasi.

Keisengan-keisengan gue ini akhirnya menjerumuskan gue pada sebuah masalah.

Jadi ceritanya waktu itu gue lagi gila-gilanya ngestalk adik kelas 10 yang baru. Nyari yang mana aja yang cantik, yang bakal gue deketin, dan yang bakal nolak gue. Gak lama gue pun menemukan seorang adik kelas yang cantik banget, manis, dan tentunya kriteria cowoknya bukan kayak gue. Kalo gue liat, dia ini tipe-tipe cewek yang tiap kumuran, airnya pake minuman starbuck.

Lalu gue ngasi tau ke Bram, gue kirim fotonya, responnya biasa aja. Hampir setiap hari gue ngomongin itu cewek, sekaligus ngirim fotonya. Pada suatu hari, Bram bilang ke gue, "Besok temenin gue cari dia yok? Gara-gara lo nih gue jadi suka sama dia."

Semenjak itu, hari-hari gue berubah. Hampir tiap hari gue nemenin Bram buat ngedeketin adik kelas, sebut aja namanya Vlania. Namanya sengaja gue sensor, demi keamanan. Takut disiram starbuck. Dan setiap nemenin Bram, selalu berakhir gak jadi. Karena gak berani buat maju. Jadi, yang kita lakukan tiap hari cuma ngumpet di kejauhan, memandang Vlania dengan kagum. Tanpa berani buat ngedeketin, ngajak kenalan. Siklusnya selalu sama, bilang mau nyari, besoknya gak berani, abis itu nyesel, bilang mau nyari lagi, dan gitu terus.

Tiap hari cuma bisa ngeliat dari jauh, kadang kalo dia ngerasa diliatin, spontan gue dan Bram pelukan. Saking anehnya kelakuan gue sama dia, pernah suatu ketika diketawain sama cewek yang gak gue kenal. Entah ketawa karena apa, yang jelas gue ngerasa diketawain. Mungkin baru pertama kalinya ngeliat dua orang lelaki disorientasi seksual.

Kadang gue sama Bram duduk di parkiran motor, ngomongin soal Vlania, dan jarak kami cuma beberapa meter. Vlania selalu sama kedua temen baiknya dalam setiap keadaan. Yang satu menurut gue cantik, yang satunya lagi menurut gue anak bawang. Karena, enggak secantik kedua temennya. Satu hal yang pasti, mereka ini selalu bareng-bareng. Misalnya waktu ke Kantin, mereka bakal jalan bertiga, sedangkan gue sama Bram ngikutin dari belakang. Gue baru sadar, apa yang gue lakuin itu serem abis.

Yang paling gue inget waktu itu ketika ada hari di mana pulang lebih awal. Biasanya para murid bakal seneng, lalu langsung pulang cepet ke rumah. Sedangkan gue sama Bram malah diem di sekolah nunggu Vlania pulang sekolah. Sambil nunggu kita ngobrol di atas motor, kebetulan dapet posisi yang pas buat memantau dari jarak jauh. Gue yakin, adik kelas pasti pada ngerasa aneh ngeliat gue sama Bram. Dikasi pulang cepet, malah berduaan di parkiran motor berjam-jam.

Yang tadinya penuh niat, mendadak jadi gak berani. Ya, nunggu berjam-jam akhirnya malah ngeliat doang dari jauh. Kampret sih, tapi lucunya malah dilakuin tiap hari. Lebih kampret lagi, pas gue mau pulang di kejauhan, tepatnya di motor gue, ada Vlania dan kedua temennya lagi ngobrol. Gue gak berani pulang. Baru sadar kalo gue parkir sebelahan sama motor temennya Vlania. Karena takut mereka gak pulang, bikin tenda di sana, gue memberanikan diri untuk ngambil motor secepat mungkin.

Perlahan gue maju, ditemani Bram di belakang gue. Gue bilang permisi mau ngambil motor, lalu gue duduk, memakai helm. Di saat itulah gue ngedenger ada suara ketawa-ketawa dari belakang. Ada suara Vlania, dia bilang, "Jaket army, lo disukain temen gue nih." kemudian mereka ketawa-ketawa. Kenapa gue tau itu suara Vlania? Karena gue rajin nonton InstaStory dia! Udah kayak jadi kerjaan sampingan gue selain bersekolah.

Gue diem, bertanya dalam hati. Jaket army? Siapa sih? Gue liat sekeliling, gak ada orang. Sepi. Gue bingung, siapa sih? Gue aja pake jaket tentara. Gak lama gue sadar, ternyata jaket army itu jaket tentara. Gue langsung gak tau harus ngerespon kayak gimana. Gak mungkin gue noleh ke belakang lalu bilang, "Gue juga suka, kalian bertiga."

Tanpa noleh, gue langsung pulang, berharap gak akan pernah inget lagi kejadian yang bikin gue canggung setengah mati. Tapi, satu hal yang pasti, semenjak kejadian itu gue jadi mantap buat ngedeketin temennya Vlania. Gue ngerasa ini bakal jadi cinta satu paket. Bisa maju bareng, ada temen seperjuangan. Siapa tau juga bisa saling barter, saling shift. Gue sama temennya Vlania, namanya gue sensor jadi Ayu, Bram sama Vlania (semoga gagal)

Setiap harinya selalu sama, pulang sekolah duduk di parkiran motor ngeliat dari jauh. Cinta diem-diem. Gak ada keberanian untuk maju. Dari yang awalnya biasa, lama-lama Bram jadi freak. Gue sempet nemenin dia ngikutin Vlania dari belakang pas naik motor. Yang berujung gue jatuh dari motor.

Perlahan Bram mulai mengalami kemajuan. Dia udah mulai berani ngomong sama Vlania, walau lewat chat. Vlania juga merespon, bahkan nanya balik. Kayaknya dia emang tipe cewek friendly. Padahal Bram sendiri enggak pake foto aslinya, melainkan foto kartun.  Sementara gue gak ada kemajuan sama sekali. Gue gak tau harus kayak gimana. Sejujurnya gue kesel ngeliat Bram lancar aja sama Vlania. Walaupun gue yakin ujung-ujungnya dia cuma pacaran lewat chat, sedangkan aslinya Vlania sama cowok lain. Soalnya gue takut aja kalo dia dapet pacar duluan dibandingkan gue.

Kadang dia suka ngirimin screenshot chatnya sama Vlania. Lalu gue merespon dengan baik, seperti berharap makin lancar pdktnya. Padahal, pas lagi ngetik gue berharap makin lancar... gagalnya. Suatu malam, sehabis gue pulang dari acara nikahan sodara,  Bram cerita kalo dia bingung mesti ngobrol apa lagi di chat. Entah beneran atau emang mau pamer ke gue. Di sela-sela obrolan chat, Bram nyuruh gue buat gerak ngedapetin Ayu. Karena cewek cantik, pasti jadi rebutan banyak cowok. Apalagi Follower akun Instagram Ayu jumlahnya nyaris seribuan. Mungkin saingan gue ada 500 orang cowok. Masalahnya gue gak tau harus mulai dari mana.

Gak lama kemudian gue kaget, Bram ngirimin kontak line Ayu. Awalnya gue curiga, jangan-jangan akun palsu buat ngerjain gue lagi. Soalnya, pernah gue ngerjain Bram pake akun palsu, di mana gue buat akun bernama Vlania, lalu ngeline akun asli gue dengan mesra. Seolah juga Vlania kenal sama gue. Gara-gara itu Bram nekat ngeline Vlania, lalu bilang dengan mantapnya, "Halo, ini gue yang suka ngumpet di motor." Absurd sih. Gue gak bisa ngebayangin reaksi Vlania kayak gimana. Ada lelaki asing yang ngaku ngumpet di motor ngeliatin dia. Ibaratnya kayak maling ngumpet, lalu ngasih tau ke warga yang mau nangkep dia.

Lalu Bram nyuruh gue buat ngeline Ayu malam itu juga. Waktu itu udah jam 10 malem, gak enak aja ngeline cewek jam segitu. Apalagi dia gak kenal sama gue, siapa tau juga dia udah tidur, hari itu hari sabtu. Gue pernah punya gebetan yang tiap harinya tidur antara jam 8 atau jam 9 malem (jam 10 malem masih online instagram). Bram bilang ke gue kalo dia sama Vlania mau ngebantu gue. Jujur gue kaget,  berarti Vlania tau kalo gue suka sama temennya. Pasti bakal dikasi tau ke Ayu kalo ada yang suka sama dia. Vlania ini jadi semacam perantara yang entah ngebantu, atau malah menyesatkan.

Tiba-tiba Bram nanya ke gue apakah gue ini punya Instagram atau enggak. Jelas gue gak punya, soalnya gue paling males fotoan. Alasannya simpel, cuma gue yang ngelike foto diri sendiri. Yang bikin gue kaget Bram bilang kalo Ayu pengen liat foto asli gue. Gue sempat kepikiran buat nyari foto cowok korea yang cakep, tapi niat itu gue urungkan. Takut dia ternyata korea garis keras.

Gak lama Bram ngirim pesan lagi. Kali ini dia ngirim foto gue jaman dulu, foto-foto jaman baru masuk SMA. Gue inget banget jaman itu gue jelek banget, rambut nyaris botak, ga karuan pokoknya. Walaupun sekarang sama aja sih. Bram bilang dengan santainya, "Ini foto lo yang gue kirim."

Anjrit! Dia ngirim foto gue yang paling jelek ke cewek yang baru mau gue deketin. Cara bales dendam yang kejam. Seharusnya dia bilang dan ijin dulu ke gue, ini malah asal ngirim foto gue yang mungkin dia dapet dari album khusus aib grup kelas. Setidaknya gue sempet fotoan, nyari mana yang bagus, dan diedit dulu setengah mati biar hasilnya lebih baik. Saat itu gue hanya berharap, semoga selanjutnya enggak berantakan.

Apa yang gue harapkan enggak terjadi. Selayaknya seorang perantara, ada informasi baru dari Bram. Dia bilang, dia dapet informasi langsung dari Vlania sebagai sahabat dari Ayu. Vlania ngasi tau ke Bram lewat chat, kalo Ayu, sahabatnya itu lagi deket sama orang lain. Sungguh cara yang baik buat ngebantuin gue. Gue gak ngerti kenapa, semenjak foto asli gue dikirim, semua jadi kacau. Tapi gue tetep positif thinking, gak mau nyerah gitu aja.

Besok paginya gue ngeline Ayu pertama kalinya. Setengah jam kemudian baru dibales. Gue ngeline lagi,  jam 11 malem baru dibales. Lagi gue ngeline, dan dibales... besok paginya. Seolah semakin gue ngeline, semakin lama waktu jawabnya. Mungkin dari setengah hari, jadi seminggu, setahun, sedekade, bahkan 10 generasi lagi baru dijawab. Parahnya jawabannya juga itu-itu aja. Seakan dia ini cuma ngenal beberapa kata aja di bahasa Indonesia. Iya, gak, udah. Gue gak tau apa dia setiap harinya selalu ngomong pake tiga kata itu aja atau emang sengaja. Yang pasti gue jadi makin males.

Gue ngerasa kalo foto yang dikirim Bram mengubah segalanya. Mungkin awalnya Ayu udah antusias karena ada cowok yang deketin dia. Harapannya pasti cowoknya wow banget, namun yang dia dapet malah oek banget.

Gue berasa kayak ikut audisi nyanyi semacam Indonesia idol. Kalo di acara itu, nyanyinya gak bagus, maka gak dapet golden tiket. Kalo gue, yang enggak cakep, ga lolos, ga dapet golden tiket. Gue curiga, jangan-jangan sebelumnya Ayu emang buka audisi cowok. Jadi dia minta foto gue, biar diliat pantes atau enggak. Kalo cakep, ya lolos ke babak selanjutnya. Bakal bersaing sama peserta cakep lainnya.

Kalo misalnya waktu itu gue deketin dia secara langsung, mungkin semua bakal terasa canggung. Karena dia tau kalo gue ngincer dia.

Mungkin gue gampang nyerah, gue cuma mau sadar diri aja. Agak gak masuk akal juga sih, Vlania bilang mau bantu, tapi semenjak dikirim foto gue, dia bilang Ayu deket sama cowok lain. Pasti mereka kerja sama. Sampai tulisan ini dibuat, gue gak ngeliat Ayu punya cowok. Dia masih sama kayak dulu. Gue sadar udah kena tolak lebih awal, gak lolos audisi. Tiap ngeliat Ayu, ada dorongan dalam diri gue buat bilang, "Hai, cowoknya mana?"

Mungkin dia juga sama, tiap ketemu gue pengen bilang, "Maaf ya, lo jelek, lo gak lolos. Gak dapet golden tiket, jangan putus asa ya! Coba lagi tahun depan!"

0 komentar:

Posting Komentar