Senin, 08 Oktober 2018

Menolak Kerja di Jepang

Banyak orang pengen kerja di luar negeri, karena gajinya gede, bisa sambil jalan-jalan, bisa pulang bawa istri lebih dari dua. Berbeda dengan gue, yang malah sama sekali enggak kepengen kerja di luar negeri.

Belakangan ini oma gue nawarin gue kerja di Jepang. Salah satu negara yang paling diidamkan oleh banyak orang untuk kerja sebagai... aktor jav. Oma gue bilang ke gue dengan penuh muka prihatin, "Ayo kerja di Jepang, ubah nasib mu! Pulang-pulang bawa uang banyak." Untungnya dia enggak nambahin, "Dan anak banyak." Karena gue orangnya menghargai tawaran orang, gue manggut-manggut aja. Padahal enggak mau.



 Oma gue cerita kalo temennya, butuh 30 orang buat kerja di jepang. Kebetulan temennya ini agen yang ngirim-ngirim pekerja Indonesia ke Jepang. Entah asli, legal, atau malah jadi imigran gelap. Katanya di sana gue bakal kerja sebagai pekerja yang disuruh kerja serabutan. Entah itu artinya apa, gue enggak tau. Soal gaji katanya sebanyak 10 juta rupiah, belum termasuk uang lembur pas kerja. Katanya juga biaya tempat tinggal ditanggung (tidur di jalan?) makan dan minum juga ditanggung. Keren abis. Yang jadi pertanyaan gue, kalo gue makan 10 kali lebih dalam sehari gimana?

Lalu Oma gue bilang kalo abis kerja di sana, pasti punya banyak uang. Bisa beli apa aja, punya tabungan. Disana sistemnya kerja kontrak, di mana gue bakal kerja selama 2 tahun di Jepang tanpa boleh pulang sekali pun. Gue ngebayangin 2 tahun tinggal di Jepang, pasti badan gue udah bau sushi semua. Yang jadi masalah, gue pasti bosen kalo tinggal di sana lama-lama. Gak mungkin gue renang kabur pulang ke Indonesia. Gue gak bisa renang. Renang di kolam anak-anak aja gue minta pertolongan.

Akibat dari gue cuma manggut-manggut, tanpa berani bilang enggak, akhirnya Oma gue malah ngajak gue buat interview. Di sana bakal ngobrolin tentang kerjanya. Gue manggut-manggut aja, karena gak enak nolak. Oma gue mungkin memang terlahir berbakat jadi sales, dia ngomong ke gue untuk tambah bikin gue yakin. "Andai umur 50 boleh jadi pekerja di sana, pasti oma bakal mau."

Setelah menghadapi sekian lama tawaran-tawaran, akhirnya semua berhenti ketika Oma mau pulang karena suatu alasan yang berbahaya. Udah malem. Satu hal yang pasti, gue berharap: semoga pas dia balik lagi, dia lupa.

Sejujurnya gue paling males buat kerja di luar negeri. Emang sih duitnya banyak. Tapi gue gak seneng aja hidup di negara lain. Yang jadi masalah, kok gue penasaran? Akhirnya gue nyari di google gimana rasanya kerja di sana. Hasil pencariannya paling atas, yaitu 'Digaji 26 juta per bulan, pria ini curhat kerja di Jepang sungguh mengerikan.'

Sungguh cara yang tepat bikin gue tambah gak mau.  Baru nyari aja udah nemu yang kayak gitu. Karena gue ngerasa tiap orang punya cerita yang beda, tiap website pun gue baca satu persatu. Ada beberapa informasi yang terus gue inget.

Di Jepang orangnya terkenal sebagai pekerja keras. Hidupnya selalu kerja dan kerja. Punya kemampuan bekerja dalam waktu yang lama. Beda dengan gue, yang tidurnya lebih lama dibanding aktifitasnya. Yang bikin gue berdecak kagum, di sana orangnya punya istilah khusus untuk mereka, yaitu karoshi. Artinya orang di sana rela bekerja sampai mati. Ya, mati karena kerja keras. Kalo gue, punya istilah khusus yaitu boboshi. Rela tidur sampai mati.

Yang paling bikin gue males kerja di sana yaitu bahasanya. Bukan pake bahasa inggris, tapi pake bahasa Jepang. Gue sebenernya bisa dikit sih, soalnya waktu SMP nilai bahasa jepang gue lumayan. Yang susah paling nulisnya, huruf jepang susah dihapalin. Tiap ulangan nulis huruf bahasa jepang, selalu berakhir tragis hasilnya. Bahasa inggris aja udah susah, apalagi bahasa jepang. Mungkin kalo berangkat ke sana, mungkin bahasa tubuh lebih gue pelajarin dibanding bahasa Jepang. Bertahan hidup dua tahun di sana ngandalin bahasa tubuh pasti bakal jadi hal yang luar biasa.

Ada yang lumayan serem, katanya orang Jepang gak suka sama pekerja asing. Wajar sih, tiap orang di negara mana pun juga gak bakal suka ada orang asing kerja di negaranya. Bisa ngurangin lapangan pekerjaan buat mereka. Entah apa yang terjadi kalo gue jadi pekerja asing di Jepang.

Soal cuaca juga katanya beda jauh. Di sana ada empat jenis musim. Gue ngebayangin kalo musim dingin tiba, pasti bakal menyiksa. Tubuh gue lemah, rapuh, enggak bisa menerima perubahan suhu. Berdiri depan kulkas aja udah sekarat kedinginan.

Masalah lainnya juga soal kedisiplinan. Di sana disiplinnya tinggi banget. Orang-orang di sana tepat waktu kalo dateng kerja, pulangnya juga lembur. Katanya kalo kerja di sana langsung pulang (apalagi absen pulang) bakal dipandang sebelah mata. Gue yang biasa dateng telat, pulang duluan, pasti bakal bikin malu negara gue.

Jepang merupakan negara yang menjunjung tinggi kebudayaannya. Kalo gak salah, gue sempat denger cerita dari seorang agen tenaga kerja ke Jepang yang waktu itu dateng ke sekolah gue. Dia bilang, di sana ada budaya dan kebiasaan tertentu yang harus dilakukan kalo berada di sana. Misalnya kebiasaan waktu makan, bertemu orang baru, atau bertamu ke rumah orang. Ada cara-cara dan tatakramanya. Gue yang biasa hidup barbar, gak bakal cocok tinggal di sana.

Belum lagi gue orangnya emang susah bergaul. Gue gak tau harus ngomong apa sama orang yang gak gue kenal. Orang yang gue kenal pun gue jarang ngomong sama mereka. Kalo pun punya temen orang sana, mungkin kita bakal keliatan kayak seorang pelatih hewan sama monyet. Dia ngomong, gue bahasa tubuh.

Soal tawaran kerja di Jepang ini gue sempat minta saran sama gebetan gue, apa gue ambil atau enggak. Dan dia bilang ambil aja, kapan lagi ada kesempatan. Ya, gue tau, ini cara halus dia ngusir gue buat pergi jauh dari kehidupannya. Sementara nenek gue juga nyuruh gue buat ambil aja kesempatan itu. Katanya duitnya banyak, bisa 200 juta lebih. Punya duit segitu juga percuma, kalo gak selamat pas di sana.

Gue sering ngeliat berita penipuan agen kerja ke luar negeri. Misalnya gajinya gak sesuai, fasilitasnya gak sesuai, atau yang paling parah: agennya ternyata pedagang manusia. Gue ngebayangin kena tipu, anggota tubuh gue dicabut satu persatu. Pulang ke rumah bawa duit banyak, tapi anggota tubuh yang tersisa cuma titit gue doang.

Penghasilan 10 juta perbulan bisa dibilang banyak banget, apalagi belum termasuk bonus-bonus. Tiap orang yang ditawarin kerja di sana, mungkin langsung nerima dengan senang hati. Karena kapan lagi bisa dapet penghasilan tinggi. Orang-orang yang ngebaca tulisan ini, mungkin ngerasa kalo gue ini goblok banget. Buang-buang kesempatan. Umur 20 udah punya duit ratusan juta.

Satu alasan kenapa gue gak mau ngambil kesempatan buat kerja di sana yaitu passion. Ya, gue gak pernah punya keinginan buat jadi pekerja biasa, apalagi sampai di negeri orang. Gue gak tergiur dengan seberapa banyaknya uang. Gue cuma mau hidup dari apa yang gue cintai. Dari kecil gue selalu punya keinginan buat jadi seorang penulis. Soalnya waktu Sd, gue selalu seneng bikin cerita-cerita di buku tulis. Tiap ngelakuin itu, gue bahagia tanpa kenal lelah sekalipun.

Apalagi sekarang era digital, pasti bakal lebih ngebantu gue dalam ngejar impian. Intinya gue pengen ngelakuin apa yang gue suka, apa yang menurut gue bisa bikin bahagia. Kerja di luar negeri, belum tentu gue bahagia. Karena apa yang gue kerjakan bukanlah passion gue. Emang sih lingkungan baru, pengalaman baru, bagi gue gak ada keinginan sama sekali buat kerja di luar. Dalam dua tahun ini bakal gue fokusin buat ngejar apa yang seharusnya gue kejar, impian buat jadi seorang penulis yang bakal merambah ke dunia entertainment.

Gue gak sempat ngomong ini semua ke Oma gue, karena waktu itu situasi lagi bahaya. Udah malem. Tulisan ini gue buat untuk berterima kasih pada Oma, sekaligus ngasih alasan kenapa gue gak mau. Sampai tulisan ini dibuat, udah lama banget gue gak ketemu Oma. Mungkin sibuk dengan kerjaannya, Kalo pun nanti diajak buat interview, harapan gue simpel: semoga gue gak ada di rumah.











0 komentar:

Posting Komentar