Selasa, 26 Juni 2018

Setahun Nge-Blog

Setahun yang lalu gue memutuskan untuk membuat blog. Semua gara-gara ngelihat tetangga gue yang punya blog keren banget.  Tulisannya bijak seperti filsuf, agamis, dan ber-intelektual tinggi. Orang yang membaca tulisan dia pasti bakal berpikiran, "Keren juga nih orang. Pasti dia pinter!" Karena pengen disangka keren dan pinter, akhirnya gue membuat blog sendiri. Gue mulai nulis dari hari ke hari sampai sekarang, banyak postingan telah gue hasilkan yang gue rasa keren dan cerdas. Sampai kemudian gue menyadari, bukannya terliat cerdas, gue malah keliatan goblok. Tulisan gue bukan ilmu pengetahuan, melainkan aib semua.



Alasan lain gue membuat blog waktu itu juga biar keliatan punya kelebihan di mata gebetan gue. Siapa tau sehabis ngebaca tulisan gue dia jadi menganggap gue ini cowok yang keren. Terus akhirnya kita jadian, sebulan kemudian kita nikah. YA ENGGAK LAH! Alasan lainnya juga siapa tau suatu hari nanti ada cewek yang suka sama gue karena abis baca blog gue. Dengan motivasi seperti itu, setiap hari gue rajin nulis sampai saat ini tulisan dibuat, gue masih belum punya pacar.

Selama setahun gue berusaha untuk konsisten nulis apa pun yang gue gelisahkan. Seperti percintaan gue yang berujung kekacauan, masa sekolah yang gak jelas, sampai hal-hal lain yang menurut gue harus gue tulis. Hasil dari konsisten nulis juga berbuah hasil, blog gue konsisten gak ada yang baca.

 Tujuan gue membuat blog sebenarnya untuk ngelatih kemampuan nulis gue, sekaligus berharap mendapat komentar, saran, kritik, dan masukan dari orang lain. Sejauh ini gue belum mendapat kritikan yang berarti. Gue takut, karena pujian membuat gue terlena, ngerasa puas atas apa yang telah gue capai. Gue menyadari bahwa blog itu bisa menghasilkan duit, tapi gue gak mau apa pun yang gue lakukan semata-mata demi duit. Gue menganggap blog sebagai tempat untuk berbagi cerita pada orang lain, berharap mereka bisa terhibur.

Emang sih, siapa juga yang gak mau duit. Tapi, kalo semua hal dilakukan demi uang, gak bakal baik hasilnya. Gue sih jalanin aja, yang penting gue seneng. Uang bisa dateng dengan sendirinya kalo kita udah ngerasa nyaman dengan apa yang kita kerjakan.

Waktu itu gue ngebuat blog semasa gue sekolah. Jadi  isi blog gue waktu itu seputaran cerita gue di sekolah. Setiap selesai nulis, gue upload, lalu gue share ke timeline Line gue. Kadang ada yang ngelike (tapi gak dibaca), kadang ada yang komen. Perasaan paling menyenangkan adalah ketika salah satu temen gue bilang kalo blog gue itu menghibur banget (isi aib gue semua) Terus dia minta link, lalu gue kasih. Respon-respon seperti itu bikin gue seneng, saking senengnya bikin gue gak mandi seminggu.

Masalah utama yang gue hadapi dari ngeblog: males. Ya, kadang gue suka males nulis. Padahal, waktu itu gue masih sekolah, pikiran hanya terfokus pada main dan belajar. Seharusnya gue bisa menghasilkan banyak tulisan baru. Kadang sebulan gak nulis, kadang sebulan cuma sekali. Tapi gue tetep bersyukur, setidaknya gue gak berhenti ngeblog.

Post pertama gue.


Gue sadar saat ini banyak orang lebih memilih terjun ke youtube daripada ke blog. Karena orang jaman sekarang lebih seneng menonton dibandingkan membaca. Banyak orang males membaca karena ngebosenin. Ya, emang bener sih, gue belajar buat ulangan  aja cuma baca cover bukunya doang. Walau udah kayak gitu, semangat gue untuk nulis gak pernah padam.  Gue tetep nulis dengan penuh semangat.

 Sampai sekarang gue gak tau seberapa banyak yang baca blog gue. Mungkin ada yang sering baca, mungkin ada yang sering nungguin cerita gue, mungkin ada yang ngekost di blog gue, atau bahkan mungkin ada yang ngebaca tulisan gue cuma judulnya aja. Gak masalah, karena gue percaya kalo sesuatu yang besar, dimulai dari yang kecil. Mungkin dari yang lama lama dikit, bisa jadi makin banyak.

Hal paling menyenangkan dari ngeblog adalah saat tulisan yang gue buat mendapat respon dari orang lain. Apalagi ketika mendapat pujian dari orang lain, itu bikin gue tambah semangat nulis, semangat untuk lebih baik lagi. Gue berharap masih bisa terus konsisten untuk ngeblog di hari-hari berikutnya.  Semoga di tahun kedua ini gue bisa makin rajin buat nulis, bisa konsisten, gak males lagi, dan yang terpenting, semoga ada yang baca.

Itu aja deh yang mau gue tulis, emang gak jelas sih. Cuma mau berbagi pengalaman gimana rasanya setahun ngeblog.  Ngeblog itu asik kok, asal kita ngejalaninnya dengan semangat. Sekian dari gue, sampai jumpa lagi kawan!

2 komentar: