Senin, 25 Juni 2018

Jenis Pemain Game Online Yang Dibenci

Tujuan bermain game sebenarnya untuk mencari hiburan, menghilangkan stres, dan mengisi waktu luang. Namun, harapan seperti itu kadang gak sesuai dengan kenyataan. Nyatanya, main game malah tambah bikin kesel dan stres. Terutama untuk orang yang bermain game online. Karena online, jadi bakal nemu orang secara acak yang berbeda, yang gak ketebak kayak gimana. Nah, kali ini gue mau ngasih tau tipe-tipe pemain game online yang ngeselin. Yang mungkin juga lo pernah temui.



1. Noob

Sebelum lebih lanjut, tolong beda kan noob dengan newbie. Kalo newbie itu orang yang baru main, jadi wajar aja kalo mainnya masih belum bener. Emang sih pada kenyataannya kalo kita ketemu newbie pasti bawaanya kesel dan pengen ngatain, apalagi kalo setim. Gue belum pernah menemukan orang yang bersabar sama newbie yang bikin timnya kalah, "Gak apa kalah, namanya juga dia baru main. Ayo semangat pemain baru."

 Sedangkan noob, orang yang mainnya kacau,gak ketolong lagi.  Biasanya pemain  noob di game online itu ngeselin. Apalagi kalo game itu menuntut kerja sama antar sesama anggota tim. Kalo ada satu yang mainnya gak bener, kemungkinan resiko kalah semakin besar.  Kecuali, anggota lainnya emang jago, bisa menutupi kelemahan dalam tim yang diakibatkan temennya yang noob. Atau, musuhnya gak bisa main.

Gue percaya sih kalo noob itu adalah proses menuju professional. Tapi, gak semuanya sih bisa jadi jago. Malah ada yang makin parah. Jenis pemain game online yang noob itu biasanya suka ngerugiin team, karena cuma jadi beban, akhirnya bikin kalah. Siapa sih yang seneng kalo kalah? Pasti kesel juga. Apalagi kalo lo udah berjuang keras, taunya temen lo gak bener. Diibaratkan lo main sepak bola, lo udah ngegolin terus, temen lo sendiri malah terus-terusan bikin assist buat gol musuh.

2. Cheater

Cheater adalah orang noob yang pengen jago, tapi memilih jalan yang salah, jalan mencurangi orang lain. Gue lebih menghargai orang noob yang mau berusaha buat jadi jago dengan cara latihan terus, dibandingkan pengen instant langsung jago tapi menganggu kenyamanan bermain orang lain. Emang sih cheater juga ada usahanya, nyari program cheat buat game itu kan susah. Tapi, tetep aja itu usaha yang salah.

Kehadiran cheater dalam game online membuat pemain game online yang bermain dengan kemampuan murni menjadi terganggu, gak nyaman, dan kesel. Karena cheater ini ngerusak permainan yang semestinya fair. menjadi gak fair dan gak seimbang. Cheater ini biasanya dibenci musuhnya, disayang timnya.

Keberadaan cheater di game online sebenarnya menguji kemampuan dan kesabaran. Menguji kesabaran ketika lo kalah gara-gara ketemu cheater yang curang . Menguji kemampuan ketika lo ternyata lebih jago dati cheater itu sendiri. Kadang ada aja, udah curang dibantu program, tapi mainnya masih goblok juga.

Cheater bisa ditemukan di tiap game online. Kebanyakan cheater  gak mengenal rasa kapok lagi. Udah akun kena banned gak bisa main, bukannya tobat, malah buat akun baru lagi. Gue pernah menemukan seorang cheater yang akunnya kena banned, kemudian dia marah-marah sama publisher game tersebut minta akunnya dibalikin.

3. Lagger

Semua orang yang main game online pasti setuju kalo ngelag itu menganggu banget. Main jadi gak maksimal, bahkan bisa ngerugiin orang lain terutama tim sendiri (kalo musuh bodo amat) Ngelag adalah suatu kondisi di mana seseorang mainnya tersendat yang bisa diakibatkan oleh internet lemot, paket murah, minjem hotspot orang, atau koneksi dimaling tetangga. Bermain dengan orang ngelag itu gak enak. Kadang ngelag itu bisa menular, gue pernah disconnect tiba-tiba gara-gara main bareng orang yang ngelag.  Koneksi gue lancar-lancar aja, gue kesel, ngatain orang ngelag yang main sama gue tadi. Pas gue capek, gue baru sadar, kuota gue habis.

Bermain game dengan orang yang ngelag itu harus sabar Karena ngelag itu bikin main mereka jadi gak kayak biasanya. Sejago apa pun orang, kalo ngelag pasti bakal kalah. Kecuali, pemain lainnya lebih bego dari orang ngelag.  Sayangnya, ngelag sering disalahgunakan oleh orang. Saat ini kita sering menemukan orang yang sebenernya enggak ngelag tapi memakai alasan ngelag untuk menutupi kebodohannya dalam bermain.

4. Afk

Afk adalah keadaan di mana seseorang meninggalkan permainan secara sengaja maupin tidak disengaja. Bisa karena ada urusan di dunia nyata, atau emang sengaja. Ketemu pemain yang afk waktu main game itu gak enak banget. Apalagi kalo gamenya menuntut kerja sama, salah satu temen ada yang afk itu bakal berakibat kacau bagi timnya sendiri. Bencana bagi tim sendiri, hadiah terindah untuk lawan.

Gue paling males kalo main game ada orang yang afk. Buat apa main game kalo ditingggalin gitu aja? Apalagi kebanyakan AFK nya pas lagi di tengah permainan. Itu kan menganggu orang lain banget. Kalo emang sebelumnya udah tau ada urusan mendesak  di dunia nyata, ya jangan paksain main lah. Kan kasian orang lain. Tapi kalo emang beneran mendesak, masih bisa ditolerir sih. Kebanyakan sekarang orang AFK secara sengaja, gak mau berjuang, ninggalin temen buat berjuang sendiri. Contoh nyata afk misalnya lo  dan temen lagi lomba tarik tambang. Lagi saling tarik menarik dengan musuh. Pertarungan berjalan sengit, sampai akhirnya salah satu temen lo berhenti narik, keluar dari area perlombaan.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi setelah temen lo melakukan hal hina tersebut. Pertama, tim lo langsung ketarik semua dan kalah. Kedua, masih kuat dan terus berjuang walau gak seimbang. Ketiga, gak mau ngeliat temen lo itu lagi. Kalo gue ketemu orang yang afk, pasti gue kesel, abis itu ngereport biar kena hukuman berat.  Kalo perlu tukang afk yang emang sengaja itu dibanned sampai 7 turunan.

5. Tukang bacot

Tukang bacot di dunia game biasanya jauh lebih parah dibandingkan di dunia nyata. Karena mereka bisa lebih leluasa ngomongin apa yang mereka mau karena wujud mereka gak terlihat, identitas mereka tersamarkan. Hampir semua tukang bacot di dunia game sebenarnya adalah seorang pecundang di dunia nyata. Mereka membalaskan dendam dengan cara ngebacot di game, karena merasa aman.



Biasanya orang yang suka ngebacot itu merasa dirinya udah jago, menganggap orang lain cupu. Yang paling sering gue temukan kebanyakan ngebacot karena kalah, gak terima, lalu ngajakin satu lawan satu. Kalo kalah tetep ngebacot tanpa tau malu, kalo menang malah makin parah.

Ketemu orang kayak gini emang menganggu kenyamanan bermain. Lebih baik dibiarin aja, daripada direspon malah makin panjang.

6. Pengemis

Pengemis sekarang udah pindah cabang. Gak hanya ada di dunia nyata aja, melainkan di dalam game online. Bedanya pengemis di dunia nyata meminta makanan, uang, pakaian, untuk bertahan hidup. Sedangkan pengemis di game online meminta skin, senjata, item game, cash, account, untuk bertahan di dunia game online yang keras.

Orang-orang semacam ini biasanya menargetkan sasaran pada akun yang emang udah keren banget, terus dia bakal ngirimin pesan ke korban dengan halus.  "Kk bagi char dong" Kalo kita bilang gak ada, dia malah makin ngemis. "Ah kk masa gak ada. Bagi satu aja dong." Ditanggepin lagi, orang semacam ini bakal ngeluarin jurus maut, jurus paling ampuh untuk bikin orang luluh. "Plis kk bagi satu aja. Aku ini cewek kk."

Cowok normal (pinter) bakal ngerespon dengan santai. "Gak ada, maaf ya cewek yang entah berbatang atau tidak." Cowok jenis lain (bego) bakal buta, tau sendiri lah gimana akhirnya. Bakal kena tipu.

Biasanya gue kalo dapet pesan dari orang yang ngemis-ngemis, gue bakal bilang gak ada. Abis itu kalo dia masih juga ngemis minta akun, naluri kebaikan dalam diri gue pun keluar. Dengan tulus dan berbaik hati gue bakal ngasih...link video buat akun. Biar dia belajar, sebagai bekal masa depannya.

7. Egois

Orang-orang egois di dalam game online biasanya lebih mentingin diri sendiri dibandingkan  kepentingan tim atau orang lain. Dia gak peduli sama orang lain, yang penting dia seneng. Orang semacam ini suka menganggap dirinya udah terlalu hebat.

Emang sih namanya aja manusia. Selalu punya keinginan untuk lebih hebat dari manusia lainnya. Kalo emang beneran jago, ya gak terlalu masalah. Faktanya, pemain game online yang egois lebih banyak ngerugiin timnya sendiri.  Bikin kalah, bikin orang marah, bikin musuh seneng.

Walau kesel ketemu sama orang-orang di atas, tanpa kehadiran mereka, main game juga gak bakal seru. Gak ada yang menguji kesabaran, menguji seberapa kuat, dan menguji seberapa banyak kata kasar yang dihapal. Kadang yang ngeselin, bisa ngangenin juga. Oke deh, itu aja yang mau gue tulis. Sampai jumpa lagi!

0 komentar:

Posting Komentar