Rabu, 20 Juni 2018

Pengguna Facebook Yang Ngeselin

Beberapa tahun yang lalu banyak orang membuat akun facebook demi satu tujuan: main game. Atau murni buat sosialisasi. Sama seperti gue yang bikin akun facebook demi bisa main game dan gak mau kalah sama temen SD dulu. Berbeda dengan sekarang, ada banyak tujuan orang membuat akun facebook. Seperti buat nyari jodoh (biasanya om-om), bisnis, ngejailin orang, bahkan yang paling gue benci: nyebar berita hoax.


Selama beberapa tahun menjalani kehidupan yang damai di facebook, belakangan ini kehidupan gue di facebook menjadi berubah.  Hidup gue terusik. Facebook udah berubah drastis, bukan lagi jadi tempat yang nyaman buat bersosialisasi. Karena kehadiran beberapa jenis pengguna yang menurut gue emang ganggu banget. Apa aja?

1. Penyebar berita hoax

Saat ini facebook sering dijadikan sarana oleh oknum tertentu untuk nyebarin berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Hebatnya, orang-orang yang ngeliat bisa percaya aja tanpa ngecheck terlebih dahulu sumbernya. Gak peduli asli atau gak, yang penting sepahaman ama mereka pasti langsung dishare secepat kilat.  Gue pernah baca suatu foto yang berisi kata-kata, 'Apa yang lebih cepat dari cahaya? Orang bodoh share berita hoax' Menurut gue itu bener banget.

Biasanya sih berita yang paling sering dishare itu berita politik. Jujur aja, gue paling gak seneng kalo udah ngomongin politik. Ujung-ujungnya pasti debat, terus berantem gak jelas. Keadaan gini bikin gue gak nyaman buat main sosial media. Apalagi gue termasuk orang yang cinta damai. Males ikut-ikutan kayak gitu. 

Kenapa gue anggap menganggu? Karena gue baru sadar temen facebook gue ternyata kebanyakan suka ngeshare banyak berita-berita yang belum tentu bener. Timeline jadi penuh dengan hal yang menurut gue gak penting. Kalo udah kayak gini, solusinya cuma satu: unfriend temen.

2. Penyebar Konten Negatif

Menurut gue pengguna yang suka nyebar konten negatif itu biadab banget. Kan gak semua pengguna Facebook itu cukup umur. Sekarang anak kecil aja udah bisa main facebook, terus ngelihat konten-konten negatif kayak gitu bakal berdampak buruk buat mereka. Buat apa sih berbagi-bagi kayak gitu? Apa untungnya? Sampai akhirnya gue sadar, ternyata enak ditonton. 

Hal paling menyeramkan adalah saat lo lagi ngescroll beranda terus di deket lo ada orang tua lo dan secara tidak sengaja ada orang kampret yang ngeshare hal yang berbau negatif, dan orang tua lo kebetulan ngelihat juga. Itu serem abis. Pasti pertanyaan orang tua lo bakal seperti ini, "Ternyata kamu main FB selama ini biar bisa ngelihat kayak gituan ya?" Kan kampret abis. Apalagi yang ngeshare itu temen facebook lo, pasti bakal disangka temenan sama akun negatif. Makanya, kalo sekarang gue main FB jadi lebih hati-hati, takut aja kejadian kayak gitu.

3. Penipuan

Pengguna Facebook mungkin memakai smartphone, tapi fakta berbicara bahwa pengguna facebook tak sepintar handphone mereka. Dapat diliat dari banyaknya orang bego yang kena tipu sama postingan suatu akun yang sengaja dibuat untuk mengundang komentar khalayak ramai. Abis dapet komentar banyak, like banyak, akun itu dijual (atau ada yang mau masang iklan), lalu pemilik akun itu dapet penghasilan. Gak heran semakin banyak orang terjun ke bisnis penipuan seperti ini, karena menjanjikan, akibat banyak orang bego.



Nah, yang paling sering gue lihat adalah postingan yang biasanya meminta  untuk didoakan, akun ini akan memasang foto yang menyedihkan, tragis, lalu misalnya dia bakal menulis kayak gini, "Ibu ini tewas karena rebutan diskon dengan ibu-ibu lain demi membelikan anaknya baju. Ketik 'Amiin' biar Ibu ini masuk surga. #Like #Share" Foto dan Caption tersebut pun penuh komentar dari orang yang menurut gue sebenarnya orang yang baik, namun sayangnya... goblok.  Gue tau niatnya emang baik, mendoakan orang. Tapi, gak pada tempatnya. Mereka gak tau modus penipuan seperti itu.

Fotonya terlalu sadis, jadi gue sensor memakai bola. Anggep aja itu foto orang yang lagi mati ditiban bola.


Yang paling memprihatinkan adalah cowok-cowok yang gak tau gimana cara nonton video terlarang terus mereka melihat suatu foto  adegan porno yang tampak di pause, lalu pengupload menulis caption, 'Ketik angka 6 maka video tersebut bakal mulai' Dan, foto itu pun dibanjiri dengan komentar cowok-cowok yang udah terlanjur napsu. Emang, orang kalo udah napsu, bisa buta akan segala hal, termasuk bisa jadi bego. Gue tau perasaan kalian waktu kena tipu seperti itu wahai cowok-cowok nafsuan. Karena, gue juga pernah nyoba. Dan, jadi korban.

Modus itu sama seperti foto yang mengundang prihatin, biar banyak komentar. Gue pikir yang bikin modus napsu itu pinter juga. Dia tau, banyak orang emang gampang dibuat napsu. Yang paling gak masuk akal menurut gue adalah foto berisi beberapa cewek lagi mandi di sungai, terus caption dari foto tersebut, "Ketik angka 6 maka air tersebut akan surut" Gila, komentarnya puluhan ribu. Hebat banget bisa membuat puluhan ribu orang napsu, dan tentunya goblok. Coba deh pikir, mana mungkin foto gitu bisa urut sendiri airnya. Itu juga bukan gambar gif. Susah emang menemukan orang napsu yang pinter.




4.  Berantem

Gue paling heran sama orang yang berantem di Facebook. Apa bagusnya sih membawa masalah pribadi lo ke Facebook? Biar kelihatan keren? Biar kelihatan jantan? Menurut gue malah itu cara yang gak gentle banget.  Emang sih, suka-suka mereka kan itu juga akun facebook mereka. Tapi, tetep aja gue yang baca status berantem atau ngatain orang pake kata kasar di Facebook itu jadi jijik banget.

Gue sering menemukan status-status orang berantem di facebook. Yang paling parah adalah berantem sambil ngatain orang tua sendiri di Facebook. Sejahat-jahatnya orang tua lo, atau lo yang emang salah, tetep aja itu orang tua lo sendiri. Gue bukan bermaksud bijak atau gimana, cuma gue udah males ngeliat orang kayak gitu. Lucunya, orang yang komentar juga kadang ada yang gak netral. Malah ada yang sepakat, mendukung temannya itu. Mungkin orang semacam ini disuruh sama temennya buat memberi komentar dukungan, atau malah, itu akun palsu orang tersebut. Biar keliatan banyak dukungan.

Di setiap status berantem yang gue temukan, belum pernah gue melihat orang yang berusaha menasehati atau jadi penengah, mungkin karena gak peduli, atau emang takut malah jadi sasaran amukan berikutnya. Gue pernah pengen nyoba menasehati orang seperti ini, tapi gue takut. Bukan karena gue takut diajak berantem sama orangnya (agak-agak takut sih), tapi karena gue takut bakal diomongin di status selanjutnya. "B4b* punya temen facebook sok bijak,  ngajak berantem aja. Lo pikir udah jago? Lo tau siapa gue? Gue yang biasa tidur di ranjau medan perang!"

5. Nyari sensasi

Facebook juga menjadi tempat orang untuk menaikkan popularitas mereka. Untuk menunjukkan pada dunia, siapa mereka sebenarnya.  Sayangnya, sehabis populer, mereka masuk penjara. Karena memilih cara yang salah. Gue sering menemukan pengguna facebook yang suka nyari sensasi biar dikomentarin banyak orang. Misalnya, pernah ada orang yang sok kaya, bilang orang lain miskin, padahal, si penghina, palingan ngekos aja selalu hampir kena usir. Gue tau kalo dia cuma mau nyari sensasi, biar terkenal.

Gue heran, kenapa pengen terkenal dengan cara gak disuka sama orang lain. Harusnya, dicintai orang lain itu baru enak dan membanggakan. Gobloknya, yang komentar malah  kepancing buat menghina balik. Semakin ditanggepin, semakin dia menjadi-jadi. Kalo ada kayak gitu? Report aja. Jangan dikomentarin, ntar juga capek sendiri. Siapa juga yang mau buat status tapi gak ada yang peduli. Pedih.

Mukanya gue sensor, demi kenyamanan bersama, saat makan.


Banyak orang-orang semacam itu di facebook. Ada yang emang ngeselin, ada yang juga menghibur. Kehadiran mereka menurut gue ganggu banget. Karena temen facebook gue gampang kepancing. Beranda pun penuh dengan orang tersebut. Kampretnya, gue juga ikutan kepancing emosi.

Oke, kayaknya itu aja yang mau gue tulis tentang orang ngeselin di Facebook. Gue yakin, kalian pasti pernah ngerasain hal yang sama kayak gue. Gue pengen media sosial menjadi tempat yang nyaman buat sosialisasi, bukan jadi tempat buat berantem sama orang lain. Oke, thanks udah baca. See u guys!



0 komentar:

Posting Komentar