Selasa, 01 Agustus 2017

Sebuah Perjalanan Para Homo Mencari Perhatian

Liburan panjang telah tiba, kebahagiaan datang, bagi orang lain. Untuk gue sendiri liburan kali ini gak enak banget. Setelah ngambil raport hari jumat, gw harus nyusul kemah besoknya.

Nyusul bersama Bram, teman yang selalu menjadi buronan bersama. Kemah bareng adik kelas, bareng Sangga kerja pramuka. Awalnya guru pramuka gw menyuruh gw dan Bram untuk nyusul kemah bersama adik kelas. Dan bodohnya tanpa mencoba mengelak, kami iyakan aja. Padahal sih, ogah banget.

Hari jumat sore itu, gw harus menyiapkan barang-barang untuk kemah keesokan hari. Guru gw menyuruh berangkat lebih awal di hari Sabtu. Tugas disana sih katanya bantu-bantu sangga kerja pramukanya. Tapi kayaknya itu cuma penjebakan, taunya disana malah dibully abis-abisan. Gw bingung setengah mampus, apakah akan ikut kemah, atau tidak.

Gw bertanya pada Bram sore itu, di message Line. "Bram, besok kemah gak?" kata gw, memulai pembicaraan.

"Jangan, gak usah dah kemah." kata dia, sesat.
"Lo dah gila ya?, emang mau diamuk pas masuk sekolah nanti?" gw sewot.
"Gw gak ikut pokoknya." dia menjawab, nyolot.
"Oke deh, gw juga gak ikut kalo gitu." kata gw, pasrah. "Tapi, gimana nanti kalo ditanya, apa alasannya?"
"Lo buat gih, kan penulis tuh, pasti jago buat alasan!" kata dia, ngira gw pembokatnya.
"LAH APA HUBUNGANNYA???" gw bertanya keheranan."Oke gw tahu, berarti nanti bilang aja lo gak mau ikut terus menghasut gw biar juga gak ikutan." gw melanjutkan.
"Kampret lo, jangan kayak gitu." jawab dia, kesal.
"Oke, bilang aja kalo bokap gw keluar kota, dan kebetulan juga lu numpang, jadi gak bisa ikut juga deh." kata gw, jenius.

Kami berdua setuju untuk beralasan seperti itu. Memang murid brengsek.

Akhirnya gw gak jadi ikut kemah. Bersantai di rumah. Kebetulan, doi kemah hari minggu. Doi agak resah dan ragu gitu. Gw sebagai cowok harus menyadarkan dia arti penting nya kemah bagi masa depan eheheh. Dengan kata lain, sok bijak. Gw menceritakan keseruan kemah, manfaat apa yang didapat dari kemah (Diare biadab, darah disedot nyamuk, megangin belatung, mandi di tempat terbuka.)

Gw bilang ke doi kalo kemah itu seru, asyik, menyenangkan. Padahal sih bohong, demi tidak disangka mengajak dia menjadi seorang penjahat baru di sekolahan.

Doi berkemah dari hari minggu sampai hari selasa. Cukup lama menurut gw, apalagi gw gak bakalan bisa ngechat lagi sama dia. Disana gak ada sinyal, gak ada colokan buat ngecas hape. Ada tapi mesti numpang di rumah penduduk sekitar.

Gw ngerasa kesepian.
Feel Lonely.
So sad.

Sebuah rencana gw dapatkan. Pergi ke Margarana (Tempat kemah dimana doi kemah). Lokasi nya lumayan jauh, ditambah lagi cukup berbahaya bagi seorang buronan kayak gw. Udah disuruh nyusul kemah, gak dateng, eh malah tiba-tiba dateng kesana buat main-main. Sungguh kurang ajar.

Daripada stres dan terus kesepian, gw nekat mengambil resiko. Gw langsung menghubungi temen gw di grup line. Dan respon nya mereka setuju!.

Akhirnya, gw bersiap siap berangkat. Pertama, gw pergi ke rumah temen untuk berangkat bareng. Siang itu laper, bingung nyari makan. Di rumah temen gw taunya disediaiin Ayam goreng hmmm wuenak. Awalnya gw ragu untuk melahap, alasannya sih takut dijebak, entar disuruh bayar dua kali lipat hehehhe. Tau nya enggak, dan gw bersyukur.

Rumah nya cukup mengerikan, penuh dengan anjing-anjing liar yang taunya emang punya dia. Baru awal masuk rumah nya aja udah ada anjing menyambut di dalam. Di pager ada anjing juga yang menyambut. Kebetulan temen gw lagi di luar, gw di halaman rumahnya terpangkap oleh anjing yang siap mau menerkam.

Setelah semua regu pasukan terkumpul, berjumlah 4 orang. Kami pun berangkat menuju Margarana. Temen gw bernama Mike dibonceng Yudi, lalu gw sendiri dibonceng sama Yoel. Alasan utama itu karena gw takut ketinggalan. Sehabis jatuh gw kayak banci di jalan, di pinggir pinggir mulu malah sampe ngendaraiin motor di trotoar eheeh kagak lah. Gw berkeyakinan pasti aman dan nyaman dibonceng sama Yoel. Kelihatannya dia cukup berhati-hati di jalan, taat aturan, tidak ugal-ugalan.

Dugaan gw ternyata salah.

Dari awal perjalanan, dia mengendaraiin motor udah kayak banteng lepas, kayak kesetanan. Asal menyalip, ngebut dengan biadab. Dia sepertinya menikmati ngebut, tapi gw yang dibonceng sama dia rasanya jantung hampir copot, otak bergeser. Baru jalan dikit aja udah kepengen turun dari motor, mending lompat pocong ke margarana.

Ada momen ketika gw hampir mati, teriak-teriak, menjerit keras-keras. Saat jalanan di kanan rame banget, dia nekat menyalip sangat mepet sama kendaraan di samping nya. Sungguh, gw gak mau mati bareng sama dia. GW KAGAK MAUUU MATIII SEBELUM PERNAH JADIANNN!!!. gw berteriak dalam hati.

Dibonceng rasa nya gak enak banget. Apalagi pada gak tau jalan, jadi gw harus megangin hape pake salah satu tangan, lalu tangan lainnya pegangan erat. Kadang pas lagi ngebut suka salah pegang itu heh maksud nya?.

Sekitar kurang dari 1 jam perjalanan. Kami tiba di Bumi Perkemahan Margarana. Tempat nya masih sama, gak ada yang beda. Udah satu tahun gak kesini, kangen banget. Baru memasuki area itu gw udah agak degdegan, ngeliat salah satu anggota pramuka reguler lagi duduk. Sepertinya dia ditugaskan untuk mencegah murid kabur dari kemah. Mungkin juga dia ditugaskan untuk menangkap gw jika sewaktu-waktu ada pertanda kehadiran gw disini.

Muka nya tampak suram, menunggu, bengong kayak patung. Duduk dibawah pohon besar. Bisa bisa nih orang bakalan dijadiin penunggu pewaris pohon itu hehehe.

Gw bersama temen lewat gitu aja, memarkir motor, melihat sekeliling. Para murid sedang berada di Wantilan untuk pengarahan Outbound. Gw gak melihat ada pertanda doi dari kejauhan. Banyak pedagang di sekeliling tempat perkemahan itu beserta para penduduk sekitar.

 Lalu, sekarang mau ngapain disini?

Gak ada tujuan, malah mengundang maut dan memancing perkara. Temen gw sih enak-enak aja bisa bebas ngapain disini, nyulik adik kelas, mukulin penduduk sekitar, guling guling di jalanan, teriak-teriak ngomong kasar (eitss kesurupan deh), pup di wantilan, bakar tenda, ah pokoknya enak. Sedangkan gw?, harus menghindar dari guru pramuka, ngumpet biar gak ketahuan.

Temen gw pergi menuju sebuah jaring-jaring putih yang biasanya dipakai untuk outbound. Temen bernama Yoel naik ke atas jaring-jaring, sisanya babu nya pada dibawah hehehe.

Gw duduk, memandang ke arah dimana Adik kelas lagi mengalami siksa kubur. Kesana-kemari sibuk banyak kegiatan. Sejauh ini gw belum menemukan tanda-tanda doi. Yoel yang berada di atas jaring-jaring, kesambet. Bernyanyi keras-keras lagu-lagu galau. Kebetulan dia habis putus seminggu yang lalu. Gw ngelihat Yoel jadi ngeri sendiri, takut ngebayangin gimana nanti nya kalo gw pacaran terus putus. Besar kemungkinan gw bakalan lebih stres dari dia.

Kalo stres gw bakalan mabok, karena kebanyakan minum pertalite.

Diatas, tanpa punya rasa malu. Yoel meluapkan segala isi hatinya melalui lagu yang dia nyanyikan. Dia sih pede-pede aja, yang dibawahnya berasa malu.

Untung, selama dia nyanyi gak ada satupun yang peduli. Gak ada adik kelas noleh ataupun melirik. Mungkin ada tapi cuek dan tak acuh.

Sambil duduk di rerumputan hijau, mata gw memandang sekeliling. Mencari-cari dimana kah doi, lagi ngapain dia?, baik-baik kah?. Pas lagi asyik duduk. Di kejauhan terlihat guru pramuka gw, Pak Suken lagi berlalu lalang.

Dengan muka kelihatan galak, dia berjalan mengitari tempat perkemahan. Spontan, gw langsung bangkit berdiri menghadap belakang lalu... Lariiiii.

Daripada gw ketahuan terus dimarahin di depan keramaian. Yaudah mending gw pergi menjauh, membeli pop ice. Setelah selesai, gw kembali langsung duduk.

Sesekali guru pembina pramuka seperti guru gendut, memakai kacamata layaknya afgan berkulit cokelat, bau ketek, bernama pak Open. Lewat memakai motor bersama guru yang lain. Gw ngerasa ngeri, takut kalo gw bakalan ketahuan jauh jauh main kesini. Ternyata guru lain gak ada peduli. Gw bisa bernafas lega.

Hari semakin sore, makin gelap diiringi hujan rintik-rintik. Gw berempat disini bagaikan orang yang gak kerjaan, cuma bengong sambil noleh sana sini.

Kegilaan Yoel sedikit mereda. Apesnya, pas mau turun dia terjatuh dari jaring-jaring itu. Terkapar. Gw berpikir nih anak caper banget yah, niat jatoh biar diliatin adik kelas terus pada prihatin.

But no one care.

Dia terkapar di rerumputan, memegang tangan nya. Gw berpikir jatuh begini aja lebay banget. Ternyata, kata dia, tangannya sakit gak kuat digerakin.

Suasana setengah mencekam.

Beberapa menit berlalu, dia masih berbaring di rerumputan. Memegangi tangan nya yang sakit tiada henti.

Gak bangun-bangun juga.
Gw bengong, gak tau harus ngapain.
Dia masih tergeletak dengan tampang seperti orang sembelit 5 bulan.

5 menit udah berlalu gitu aja, tapi Yoel masih kelihatan kayak kesakitan. Gw udah panik sendiri, takut kalau dia dibawa ke uks. Terus ketahuan sama guru-guru pembina kalo ada kakak kelas caper lagi jauh-jauh main-main kesini. Lalu pas lagi mencoba mencari perhatian ada kecelakaan jatuh dari ketinggian.

Bagi temen gw yang lain, mereka sih fine-fine aja. Gak kelihatan takut sama sekali.
Sedangkan gw?, panik gak jelas. Takut aja ketahuan sama Pak Suken kalo gw udah gak nyusul kemah terus betapa biadapnya main-main kesini.

Di seberang sana ada Pak Open lagi berkeliling naek motor terus mampir ke tempat gw.

"Yoel, kamu kenapa lagi?" Tanya Pak Open, heran.
"Jatuh pak." jawab yoel, memegangi tangannya.
"Oh, udah pak bilang pulang mendingan." kata Pak open.
"Gak bisa pak, sakit." yoel lagi berkata, membuat suasana gak enak.
"Mau pak anter ke dokter?." kata Pak Open, kelihatan sok jadi pahlawan.
"Gak kuat pak." kata Yoel lagi.

Gw diem aja, menyimak pembicaraan duo sejoli ini. Kisah cinta antara guru dan murid. Lalu Pak Open pergi dengan motor Matic nya dan menghilang. Gw masih memandang sekeliling, masih takut ketahuan.

Pas lagi ngelihat dengan saksama, dari tenda deket sama tempat gw duduk. Muncul seorang pria tua yang seketika hampir bikin berpindah nya organ jantung gw ke selangkangan.

Pak Suken!.

Dia keluar dari tenda warna hitam, memandang sekitar. Gw langsung bangun menghadap belakang. Pelan-pelan jalan menuju jalanan lalu lari.

Ke Margarana. Bagi temen gw, mereka cuman mau jalan-jalan menghibur diri, mengisi liburan. Bagi gw sendiri, jauh-jauh kesini berharap bisa sesekali ngelihat doi gitu. Kangen banget, nama nya aja lagi jatuh cinta sedalam-dalamnya. Nyata nya, gw gak ngelihat doi.

Setelah sekian lama menghabiskan waktu di tempat ini. Kami pun pulang tanpa berpamitan sama guru yang lain. Perjalanan pulang terasa berat, karena terguyur hujan deras. Gak bawa jas hujan, terpaksa berteduh di Alfamart.

Kami duduk di bawah deket pintu masuk, berasa orang gak punya rumah. Dipadukan dengan muka dekil gw menambah keyakinan orang bahwa kami ini gembel.

Menunggu kepastian kapan hujan akan berakhir. Gw duduk di sebelah Yoel. Agak ngeri juga karena kadang dia bersender di pundak gw. Gw paling benci sama orang homo yang memamerkan kemesraan nya di muka umum, kenapa gak ngumpet ngumpet aja ? Ehehhee.

Gak hanya itu, terkadang ada hal lain yang lebih menyeramkan dari homo di muka umum. KENTUT TERANG-TERANGAN.

Pas lagi duduk di sebelah Yoel, gw bengong. Pikiran melayang entah kemana. Lagi asik diem, eh tau nya ada suara "Brut" lumayan keras disusul bau yang menyebar begitu cepat.

Gw muak, pindah ke tempat duduk temen gw yang lain. Hujan tak kunjung reda. Udah 1 jam lebih nunggu. Ada rencana yang gak gw duga-duga.

"Gimana nih hujannya gak reda?." tanya gw, sewot sendiri. Takut berakhir tidur di emperan.
"Tunggu aja." kata Mike, sok sabar.
"Tapi, hujan gini kalo gak nekat gak bakalan berhenti." Kata gw, menatap langit gelap tanpa bintang.

Rencana lain atau Plan B pun muncul.

"Gimana kalau kita balik, nginep aja di margarana. Sewa tenda!." kata Yoel.
"Duh gaktau!." jawab gw.

Sungguh rencana bagus. Tidur di Margarana, besoknya yang lain pada pulang ke rumah dengan selamat. Sedangkan gw ditahan dan disekap di tenda oleh para petugas pramuka.

Sekian lama menunggu, udah 1 jam lebih. Hujan sedikit reda, kami pun bergegas pergi dengan ngebut. Untung nya kali ini gw gak dibonceng sama Yoel lagi.

Setengah hari penuh kebersamaan, kami pun pulang untuk kembali ke keluarga yang telah menunggu dirumah, gw sih gak pulang melainkan mesti nguli dulu hehehe.

Itulah cerita perjalanan paling mendebarkan bagi gw. Senang di awal, pertengahan menyeramkan, pulang tak bahagia.

Goodnight guys, and sya :(

0 komentar:

Posting Komentar