Selasa, 01 Agustus 2017

DAG DIG DUG

Hal apakah yang lebih menyeramkan dari dipeluk cowok?.

Bagi gw, jawabannya itu hari pembagian raport kenaikan kelas. Menurut orang lain sih biasa aja nanggepin nya, tapi gw malah degdegan karena masalah-masalah yang gw timbulkan di sekolah.

Sehari sebelum kenaikan kelas, tepatnya waktu malam hari. Ketakutan gw semakin besar. Malam itu berasa kayak hari terakhir gw hidup didunia sebelum besok di eksekusi. Rasanya pengen malam itu gak akan berakhir.

Besok, adalah hari penentuan bagaimana nasib gw nanti nya. Kalau gw naek ke kelas berikutnya. Maka gw akan tetep sekolah di Harapan dan yang gak kalah penting nya gak bakalan jauh dari doi. Kalau gw gak naek maka kehidupan gw akan berubah 180 derajat.

Dikeluarin dari sekolah, berhenti sekolah. 
Hidup berakhir di jalanan.

Jelas gw gak mau hal itu terjadi. Malam itu gw kepikiran, gak bisa tidur. Ngebayangin gimana nanti nya kalau sampai gw menjadi seperti kucing mengais ngais sampah di jalanan.

Keinginan menjadi seorang penulis hebat dan populer pun bisa gak kesampaian.

Mata gw gak terpejam hingga pukul 2 pagi. Gak ikhlas untuk tidur. Tapi mau gimana pun semua ada batasnya, gw ketiduran.

Keesokan pagi nya, pengambilan raport itu jam 8 pagi. Gw udah bangun jam 7, masih ragu buat ngambil raport. Pagi yang menegangkan sampai sampai waktu lagi pup, eek nya masuk lagi. Mau makan gak selera, tapi ngeliat kaos kaki malah selera.

Pagi itu gw sarapan mie goreng sama telur, sambil memeriksa hape. Masih agak ragu buat dateng atau enggak. Misalnya, gw dateng terus ternyata gw gak naek maka gw bisa langsung nangis dan memeluk teman dengan terharu. Memeluk doi, mengucapkan selamat tinggal yang berujung penamparan.

Sehabis sarapan, gw masih enggan berangkat ke sekolah. Gw duduk di teras rumah sambil bengong.

Dateng gak ya?.

Jantung dag dig dug.

Setelah lama terdiam, gw memutuskan untuk gak dateng ke sekolah. Alasannya karena gw gak kuat akan perpisahan singkat ini. Gw masih diam, hampir jam 8. Gw bertanya sama temen akrab.

"Mik, udah ada guru?." gw bertanya.

10 menit kemudian, Mik membalas pesan gw. "Lo dimana?, siniii, belum ada guru."

"Gw gak kesana." jawab gw singkat, langsung naruh hape di sofa.

Gw masih duduk, mikirin apa keputusan gw. Karena didorong keinginan untuk ketemu sama doi sebelum liburan. Baiklah, gw menuju ke sekolah jam 8 lebih 15 menit!.

Ngambil raport aja dateng telat hehehe murid macam apa ini????.

Pergi ke sekolah, gw menggunakan seragam sesuai hari sama memakai jaket warna hitam. Gak lupa memakai earphone dengerin lagu-lagu penyemangat seperti 'kuhamil duluan sudah 9 bulan', lagu st 
12. 'Saat terakhir' heheh kagak lah.

Di perjalanan, keinginan untuk ke sekolah memudar. Tiba-tiba aja gw malah gak niat ke sekolah. Sembari menunggu hasil pengumuman siapa yang gak naik, gw nongkrong di circle q deket sekolah gw.

Disana gw membeli kopi good day terus duduk bengong ngeliat jalanan. Sepi, sunyi dan tenang. Walaupun pikiran kacau balau. Gw menunggu hasil pembagian raport yang akan dikasih tau teman secara live update hehehe.

Sekitar 20 menitan berlalu , gw bertanya pada Bram, seorang teman yang sering menemani gw dalam terjerat kasus pelecehan terhadap guru.

"Bram" Gw memulai chat.
"Ngapain lo gak dateng?." tanya bram, nyolot.
"Takut dimarahin, gimana hasilnya?." gw bertanya balik.

Beberapa menit berikutnya, salah satu temen gw ada yang ngirim foto ke grup kelas di line. Foto nya itu peringkat atau ranking di kelas. Awalnya gw berpikir kalo gw bakalan paling belakang eh taunya nomer 12 dari belakang. Dan yang parah itu Bram masih dibawah gw. Padahal dia anak rajin! Hehehehe.

"Wkwk ranking 41?" gw bertanya sambil ketawa-ketiwi disangka orang gila di circle q.
"anjir, tai banget!, rugi gw rajin." kata Bram, mengirimkan stiker ngamuk.

Dunia memang aneh dan gak bisa dimengerti. Bram itu orang nya rajin masuk, satu semester cuman gak sekolah satu kali. Pramuka selalu rajin. Cuman kemah aja yang gak ikut. Nilai pelajaran nya lengkap. Dibandingkan gw, sangat parah. Jarang sekolah, gak pernah pramuka, nilai banyak kosong, kemah gak ikut. Tapi hasil akhir berkata lain.

Hehehe untung nya sampai kini dia masih hidup dan gak mutusin buat nyedot bensin.
Gw cuman ketawa-ketawa aja. Habis itu, suasana hening. Temen gw tiba-tiba dateng ke circle q menghampiri gw.

Mereka memarkir motornya lalu masuk ke dalam circle q membeli jajanan dan minuman. Habis itu mereka duduk deket gw.  Gw bersama temen berbincang-bincang tentang kenaikan kelas.

Melihat ranking gw yang gak paling belakang. Sepertinya masih ada harapan buat naik kelas.

Bisakah anda membayangkan, jika gw dapet ranking satu tapi gak naik kelas? Ehehehe.
Pasti aneh.

Dihantui rasa penasaran dan pengen semua kelar. Gw memutuskan pergi ke sekolah, ditemani oleh teman-teman yang setia menemani.

Sesampai di sekolah pukul setengah 10 pagi. Gw menuju kelas bersama temen. Menunggu bokap untuk dateng ke sekolah.

Di kelas gw meluk meluk satu persatu meja dan kursi hehehe lebayyy.

Gw duduk diatas meja, temen gw pada maenan hape. "Deg degan banget, dag dig dug.." kata gw memecahkan keheningan.

"Santai aja, pasti naik kok." kata temen gw.
"Bener tuh!." temen gw yang lain menimpali.

Mendapat dukungan dari teman, gw menjadi lebih bersemangat serta optimis gw bakalan naik.

Diambang naik atau gak naik, sebenarnya gw punya rencana.

Sebuah rencana hebat telah gw susun sejak lama.

Rencana nya:

Jika gw gak naik kelas, atau naik tapi harus pindah sekolah. Maka sebelum berpisah dengan sekolah, gw akan membuat sebuah kesan perpisahan yang manis.

Sebelum gw pergi. Gw bakalan memotong semua kabel cctv di sekolah. Ngancurin pot tanaman, menyiram saluran listrik di kantor. Lalu kalo misalkan gw naik kelas maka sebelum pulang dan menjalani liburan 1 bulan. Maka rencana gw menghancurkan setiap kelas, menendang meja, melempar kursi, mengigit papan tulis, menelan spidol, guling guling di lantai. 

Itulah rencana nya. Gw masih menunggu kepastian. Pas lagi bengong, temen gw pada maenan hape. Gw diem mengingat-ngingat sesuatu. Seketika gw inget hal penting dan sangat vital sekali. Hal yang berhubungan dengan harga diri sebagai calon kakak tertua di sekolah. 

Biasanya, sewaktu gw pergi ke kantin sama temen. Pas lagi duduk kadang ada suara muncul dari speaker menyampaikan informasi-informasi jemputan. Contohnya itu. "Siswa kelas 5 SD Dheo Dhoran ditunggu mamah nya di lobby."

jelas itu sangat menakutkan. Bagi anak sd sih enggak ada masalah soal ginian. Karena anak SD cuek gak peduli yang penting bisa pulang ke rumah.

Bisakah membayangkan jika hal ini terjadi pada anak SMA?.

Sewaktu lagi ngumpul sama temen-temen cowok, lagi bergurau bareng, berbincang-bincang. Tiba-tiba suara speaker muncul memanggil nama cowok yang lagi ngumpul itu. "Ditunggu mamah nya di lobby." Good things in wrong time.

Terus menimpa seorang cowok yang lagi asik berduaan pacaran sama pacarnya. Di mata cewek nya, nih cowok keliatan macho, gak cemen dan gagah. Selagi pacaran mendadak muncul suara speaker memanggil nama cowok tersebut dan mengatakan "Ditunggu mamah nya di lobby"

Apa yang akan terjadi?

Apakah cowok itu akan mendadak durhaka dengan mengatakan "Salah manggil kali!", "Siapa sih?, Gw gak punya mamah!."

atau cowok ini akan pura-pura amnesia atau kumat gila nya, menjedotkan kepala nya ke meja berkali-kali.

atau malah ini cowok dengan polos mengatakan. "Aku pulang dulu yah!, ditunggu mamah ku!"

Entah, daripada gw terus bengong gak bertindak. Takutnya Bokap gak tau dimana harus ketemu wali kelas gw dan Bokap malah menuju lobby bertanya disana. Demi harga diri dan mencegah agar biar gak tambah cemen, gw menghubungi bokap untuk mencegah ke lobby.

Gak dibales-bales.

Gw panik

Langsung lari keluar kelas melihat ke arah lobby. Dan Bokap malah kesana!. ASTAGA.

Diiringi rasa panik, gw berlari kesetanan menuju ke lobby. Berharap gak terlambat. Berlari kencang, melompati meja piket dimana ada Guru BK lagi duduk, menyundul pintu kaca tertutup hingga pecah, koprol di tangga, hingga melihat Bokap. Ternyata, Bokap udah hapal jalan menuju ruang guru, fiuhh selamat. 

Akhirnya, bersama Bokap gw langsung mencari wali kelas gw. Bertanya apakah gw akan naik kelas?, atau gw malah gak naek?. Semoga aja gak dimutilasi di depan wali kelas.

Wali kelas gw bernama Pak Sukarya, seorang guru yang udah tua, rambut tipis dan tiap berbicara selalu memakai gerakan tangan. Bersama Bokap, gw duduk di ruang khusus. Disamping gw ada Bokap, di depan ada pak Sukarya, di sebelah kiri ada algojo, di sebelah kanan ada tukang pengubur jenazah.

Dengan suara khas, Pak Sukarya memulai pembicaraan menentukan hidup atau mati nya gw. "Selamat siang pak." Bokap gw ikut membalas dengan ucapan selamat siang. 

"Anak bapak ini, punya masalah yang cukup berat." kata Pak Sukarya. "Nilai nya banyak yang jatuh terutama masalah pramuka." tambah nya, suasana makin mencekam.

"Jadi gimana pak?" tanya Bokap gw menatap serius pak Sukarya. "Banyak yang jatuh ya pak?" tanya lagi bokap gw penasaran.

"Sebenarnya, tidak terlalu banyak pak. Ada laporan aja kalau nilai bahasa bali nya jeblok." jawab Pak Sukarya. "Anak bapak menjadi bahan perdebatan paling panas, guru pramuka pada ngamuk-ngamuk." kata pak Sukarya lagi menambah panas suasana.

Bokap terdiam, begitu juga dengan gue. Rasanya Pak Sukarya akan memberi tahu ending nya. Akhir sebuah kisah remaja yang dimutilasi di kantor guru.

"Untung nya, anak bapak banyak yang bela." kata Pak Sukarya silih berganti memandang."Kata guru-guru yang mengajar, anak bapak ini pendiam, polos dan baik-baik di kelas." kata Pak Sukarya diiringi senyuman.

Jantung yang dag dig dug mendadak tenang. Segala kecemasan menjadi pudar. Algojo kecewa harus dipulangkan karena gak jadi mengeksekusi. Tukang kubur jenazah ikutan lesu gak jadi dapet uang, makan tanah lagi. Yang terpenting GW SELAMETT!!! YUHUYYY.

Sehabis pertemuan selama setengah jam. Bokap dan gw bersalaman dengan pak Sukarya sambil mengucapkan rasa terima kasih. Gw masih dapet kesempatan lagi. Gak jadi pisah sama temen dan yang paling terpenting gak jadi pisah sama Thasya. 

Tuhan seperti memberi gw kesempatan lagi untuk berubah menjadi lebih baik. Mungkin perubahan itu melalui seseorang yang gw suka, Tasya :)

Hal-hal buruk yang menimpa gw selama ini, ternyata ada sisi baik nya. Gw jadi kenal sama Thasya, melihat dia begitu rajin dan teladan. Rasanya gw malu, jadi cowok kayak gini. Jadi cowok gak bener. 

Hal baik di waktu yang salah, jatuh cinta di waktu yang salah.

Sekarang, waktu yang tepat. Gw berjanji bakal merubah diri gw, meninggalkan kebiasaan jelek gw. Menjadi sesuatu yang berbeda. Gak lagi bolak-balik berurusan sama guru, gak lagi tersandung masalah masalah di sekolah. 

Kesempatan untuk memulai sesuatu yang baru.

Menciptakan sebuah kisah hidup baru yang didalamnya ada hal-hal baik bersama orang tercinta.

Thanks for read :), gudbay :)














0 komentar:

Posting Komentar