Senin, 24 Juli 2017

Membuka pintu yang tertutup

Gue percaya cinta pada pandangan pertama itu emang nyata. Dan gue pernah mengalaminya, secara gak sadar.

Jadi waktu sma, gue sempet suka sama beberapa cewek. Dari semuanya, gak ada yang gue deketin atau ungkapin. Alasannya selalu sama, udah tau endingnya. Kalo gak ditolak, ya dijauhin, atau jadian sama cowok lain. Gue jadi males sama yang namanya pdkt lagi.

Kelas 10 berlalu, tanpa pernah deket sama cewek mana pun. Berbeda dengan temen gue yang lain, banyak yang pacaran, pacaran di depan mata gue, dan gonta-ganti pasangan. Sementara gue gonta-ganti, yang nolakin.

Biasanya murid-murid yang pacaran, tiap pulang sekolah gak langsung pulang. Melainkan berduaan dulu di Kantin sekolahan. Makan berdua, ngobrol, lalu pelukan sampai didatengin satpam.

Gue biasanya langsung pulang, kadang suka telat pulang karena nungguin motor yang gak bisa keluar. Ada hari di bulan November 2016, di mana gue bengong nungguin motor, sambil ngeliat sekitar. Banyak yang lagi pada ngumpul sama temen, ada juga yang pacaran, mungkin dari jauh diawasin satpam.

Pandangan gue gak bisa berpaling sedikit pun dari seorang cewek yang lagi ngomong sama beberapa temennya. Dia cantik, walau keliatan judes. Gak lama dia dan temennya pergi, menghilang gitu aja. Gue gak ada niatan untuk mendekati, semua berlalu gitu aja.

Berbulan-bulan kemudian kadang gue ngeliat dia. Tapi gue mencoba bersikap biasa aja. Apalagi dia adik kelas gue, gak ada peluang bagi gue.

Dari dulu gue kalo gak ada kerjaan (selalu) yang gue lakukan pasti ngestalk cewek di Instagram. Tentunya gue gak punya akun instagram sendiri, jadi pake akun palsu. Gue iseng nyari-nyari akun cewek di sekolah gue. Ada sebuah akun yang gue liat fotonya, kayak gak asing. Yang jelas, bukan cewek yang pacaran didatengin satpam.

Ternyata akun ini punya si cewek yang gue liat dulu di parkiran sekolah. Herannya, kok bisa ketemu secara gak sengaja? Jangan-jangan jodoh... orang lain.

 Ada dorongan untuk deketin dia, tapi gue gak berani. Padahal di postingannya instagramnya dia promosiin produk es krim buatan kelompoknya. Dalam foto itu tertera id linenya. Tapi gue masih bingung, mau memulai percakapan kayak gimana. Kalo pun modus mau beli eskrimnya, gue takut keracunan. Dan takut gak bisa bayar.

Besoknya pas pulang sekolah, gue ada kebiasaan rutin ngumpul di lesehan sekolah. Ada dua temen baik gue, yang tiap siang biasanya kita ke kantin bertiga. Nah, hari itu gue cerita sama mereka tentang gadis penjual eskrim itu.

"Gue lagi suka sama seseorang nih, udah ada contactnya tapi gak berani deketin," ujar gue, memecahkan keheningan di antara kita bertiga.

"Deketin aja, line dia sekarang," jawab salah satu temen gue.

"Gak berani gue. Gak tau juga mau ngomong apaan," gue merespon cepat jawaban temen.

"Bilang aja, 'Addback' kalo lo gak berani, kasih gue aja," ucap temen gue, sambil melahap nasi bungkus.

Sungguh cara yang hebat untuk memotivasi gue. Gue gak akan biarkan cewek yang gue suka jatuh ke pelukan penjahat kelamin. Secepat mungkin gue kirim tuh message sesuai saran dari temen gue.

Belum ada balasan. 5 menit belum, 15 menit belum juga, 30 menit bodo amat. Mending gue chattingan sama simsimi, yang balesnya cepet tapi gak nyambung.

Hari itu gue ngerjain tugas prakarya di rumah temen gue. Sesekali gue meriksa hape, siapa tau ada balasan... dari simsimi. Ternyata ada balasan dari dia yang bikin gue kaget, dia jawab, "Eee siapa ni?"

Jujur gue bingung mau jawab apa. Gak mungkin gue bilang, 'Aku pacar mu di masa depan.' yang ada bisa ditusuk katik es krimm Lalu gue pun asal jawab, berharap bisa berlanjut, dan dia gak ketakutan. Gue bilang aja kalo gue ini kakak kelas di sekolah.

Chat gue terus ditanggepin, walau dia belum pernah liat muka gue. Kayaknya sih emang orangnya ramah sama banyak orang. Lalu gue nanya, "Jualan es krim ya?"

Gak lama dia jawab, "Iya kak, mau beli kak?" Mampus, kalo gue gak beli gak enak juga sama dia. Tapi kalo beli, otomatis kita ketemuan, dia tau gue kayak gimana, endingnya bakal ketebak. Gue gak mau itu terjadi, nunggu berbulan-bulan sampai bisa deketin nih cewek, eh kabur dalam waktu beberapa hari.

"Enggak, cuma nanya aja," gue nolak. Untungnya dia gak kecewa, chat kita masih berlanjut. Semua masih baik-baik aja.

Besok siangnya gue menyampaikan berita ini ke temen gue. "Chat gue udah dibales terus," kata gue pada temen-temen.

Temen gue kaget. "Kok bisa?" Lalu gue nunjukkin semua chat gue. Kayaknya sih gak percaya gitu, bisa ditanggepin terus.

Semenjak saat itu juga setiap harinya gue bawaanya seneng terus. Perlahan gue mulai mencoba mengenalkan diri gue, sekaligus ngenalin dirinya. Gue berharap kedepannya makin lancar. Apalagi dia nanggepin terus, sering nanya-nanya tentang gue, kayak mulai tertarik.

Nanti akan ada masa di mana gue harus ketemu dia. Karena gak mungkin bisa menjalanin hubungan cuma lewat chat, kalo gak tau aslinya kayak gimana. Harapan gue cuma satu kalo ketemu dia: semoga dia gak berubah setelah ngeliat wujud asli gue.





0 komentar:

Posting Komentar