Selasa, 27 Juni 2017

KETIDAKADILAN DI MASA MOS [revisi]

Gue paling takut sama yang namanya mos. Soalnya gue sering denger banyak korban berjatuhkan karena mos. Ada yang disiksa, dipermalukan, bahkan meninggal. Pelakunya adalah para senior yang mau bales dendam, yang sebelumnya pernah jadi korban seniornya. Semacam tradisi turun temurun. Karena takut, sempat terlintas niat buat bolos mos seminggu. Tetapi resikonya gue diancem harus nyusul mos tahun depan. Gak jadi, takut disiksa temen sendiri yang jadi osis.

Gue ngerasa mos itu ada level tingkat kematian dan penderitaannya. Dulu pas smp, kegiatan mos gue cuma denger ceramah, mungkin sekarang pas sma bakal sadis. Level puncaknya waktu kuliah yang bakal jauh lebih sadis. Semakin naik tingkatnya, semakin tinggi resiko menderitanya. Ketakutan semacam ini membuat gue kepikiran setiap harinya.

Pertama kali masuk sma, para senior gue masih baik. Sampai akhirnya mereka ngasih tugas yang harus dibawa, banyak banget. Misalnya:

1. Sepatu yang warna tali  beda> Entah gue gak ngerti apa kegunaannya pake sepatu beda warna tali. Tapi setidaknya gue bersyukur bukan disuruh pake sepatu beda sebelah (semacam sepatu futsal, sebelahnya sepatu boot petani)

2. Tas dari kardus> karena hampir semua disuruh buat dari bahan daur ulang, gue curiga, jangan-jangan seragam sekolahnya nanti dari daun pisang?

3. Nametag dari kardus> udah warna-warni, semuanya kardusan lagi. Dan lagi dibuatin sama Bokap dan temannya. Gue memang manusia yang gak punya jiwa seni sama sekali.

4. Rambut harus style mos ala tentara> gue nekat memegang teguh prinsip rambut panjang. Entah kenapa kalo gue hampir botak, ada hasrat ingin nyundul orang.

5. Buku> buat kalo ada tugas.

6. Nametagnya tadi harus isi foto sendiri, sayangnya gak boleh bebas. Gak boleh foto selfie, editan aplikasi kamera gratisan, atau foto filter anjing. Melainkan wajib foto sama petugas dkp, yang biasa membersihkan lingkungan kota.

Waktu itu yang butuh perjuangan yaitu nyari petugas dkp di pinggir jalan. Banyak sih tiap pagi hari, tapi belum tentu semuanya mau diajak foto terus dipajang di nametag. Untungnya gue menemukan seorang ibu-ibu dkp yang mau diajak foto. Walaupun pas foto keliatannya si ibuk ini kesel, entah kenapa, mungkin karena takut fotonya diedit filter kuping hidung anjing kayak anak jaman sekarang.

Setelah dapet, gue siap untuk mos. Oh ya, waktu itu gue dapet kelompok yang namanya shinchan. Karena gue pendiem, harapan gue semoga mereka yang ngajak kenalan duluan. Hari pertama mos gue dateng pagi, lengkap dengan atribut mos yang tadi ditambah botol aqua yang digantung.

Baru awal aja udah dibentak-bentak. Kegiatan mos kebanyakan cuma duduk denger ceramah, mirip waktu smp dulu. Bedanya mungkin sekarang diisi bentakan. Gue memerhatikan peserta mos lain, hampir semua pada potong rambut ala tentara. Sementara gue dan yang enggak potong? Kena hukuman! Maju ke depan aula, dipamerin ke yang lain. Besoknya rambut gue udah nyaris botak.

Biar gak dihukum, sekali lagi gue memerhatikan yang lain. Gue baru sadar ada yang gak beres. Botol aqua yang digantung, yang mereka bawa, pada isi air. Sedangkan botol yang gue gantung di leher, kosong! Anjrit! Jadi selama ini gue paling aneh sendiri, ternyata tuh botol gunanya buat nyimpen minum, bukan buat jadi semacam kalung doang.

Tugas mos juga gak kalah aneh. Mulai dari bikin karangan perkenalan diri, sampai yang paling gue benci yaitu surat cinta dan surat benci. Jadi gue harus buat surat cinta dan benci ke osis yang gak gue ketahui orangnya. Suratnya juga harus isi foto cinta dan benci. Gue kirim foto selfie muka seneng dan marah, yang kalo diliatnya malah gak ada bedanya. Surat cinta gue kirim buat kak indah, yang surat benci gue kirim ke... asal. Maunya gue kirim ke orang yang sama, karena cantik, gak tega.

Yang paling aneh tugas tanda tangan. Jadi setiap peserta mos wajib minta tanda tangan 25 anggota osis. Keliatannya gampang. Padahal pas prakteknya, tiap minta tanda tangan, pasti dibuat lama sama si osis. Belum lagi ngantri, disuruhnya juga yang aneh. Misalnya follow instagramnya, nyanyi lagu, dan lainnya.

Dalam waktu sejam harus bisa dapet 25 tanda tangan, karena besoknya udah harus dikumpul. Yaudah, waktu sejam aja dipersulit. Bodo amat. Yang malsuin tanda tangan, diancem kena hukuman. Karena ada guru super sakti yang bisa tau ini tanda tangan asli atau bukan. Gue cuma bisa ngumpulin 4, sisanya bodo amat. Mungkin yang takut dihukum wawancara seminggu, bakal nyari osis sampai ke rumahnya.

Kegiatan mos diisi dengan banyak ceramah, duduk, dan tidur. Pas hari penutupan, terjadi adegan berantem sesama osis. Konflik yang membuat ketuanya mukulin tembok. Berawal dari surat benci yang isinya menghina osis lain. Saling tuduh, sampai akhirnya ribut. Suasana tegang, banyak peserta yang nangis dan pingsan. Gue diem, gak ikutan nangis atau pun pingsan. Nyimak, udah kayak nonton acara acara drama berantem di tv. Akhirnya semuanya terungkap, ternyata cuma drama buatan osis. Gue inget abis itu Kegiatan mos pun ditutup dengan lagu-lagu edm.

Mos kali ini memang gak membunuh dan menyiksa gue. Dampak yang paling gue rasakan sampai sekarang: pernah jadi korban pelecehan. Gue inget banget, waktu itu belum ada motor. Jadi pulang mos itu gue jalan kaki, dilengkapi atribut mos seperti itu. Lalu tiap ada orang lewat, pasti noleh ke arah gue. Ada seorang bapak-bapak yang ngeliatin gue dari atas sampai bawah. Pas udah lewat, gue noleh ke belakang, ternyata masih ngeliatin gue, pandangannya bukan ke atribut, malah ke pantat gue. Anjrit! Serem abis. Untung dia gak berhenti, lalu nangkep gue.

Pas kelas 11, gue semangat buat ngeliatin adik kelas 10 yang mau mos. Berharap siksaannya lebih berat. Soalnya dulu kakak kelas gue nontonnya semangat banget. Mungkin berharap menunggu ada yang tewas. Kali ini giliran gue yang nonton. Dengan semangat gue menunggu korban berjatuhan. Tapi ternyata banyak yang aneh!

Udah gak ada lagi atribut aneh-aneh semacam tas kardus, style hypebeast daur ulang, nametag kardus. Malah keliatan normal. Bentakan berganti menjadi senyuman. Gak ada lagi yang namanya senioritas.

Kebijakan kayak gini baru diubah pas gue udah jadi kakak kelas. Saat itu juga gue diem, ada sedikit penyesalan waktu dulu. Andai dulu mos gue bolos, mungkin bakal merasakan mos seindah ini. 

















0 komentar:

Posting Komentar