Rabu, 28 Juni 2017

DIMULAI NYA NARSISME

Sebelum masuk lebih dalam lagi, gw mau memberi penjelasan apa itu Narsisme, ini penting. Sebelum itu juga bagi yang baca tolong jangan triggered (terpelatuk seperti pistol yang bisa keluarin peluru), dont angry pls.

Menurut TololPEDIA: Narsisme/Fotoisme adalah sebuah paham dimana menganggap kalau foto selfie atau difotoin temen itu adalah hal yang mutlak, wajib dilakukan

Paham ini mengutamakan foto sebagai kekuatan utama, dimana pun dia berada.. Seringkali orang yang menganut paham ini menganggap kalau foto itu adalah nyawa.
Paham ini udah dianut oleh banyak orang di seluruh dunia, ada yang tingkat pemula, menengah sampai kronis.

Tingkat pemula biasanya orang akan berfoto jika hanya untuk hal yang penting aja misalnya...  Foto keluarga, acara-acara penting, foto ktp/sim, liburan dan berkunjung ke sebuah objek wisata. Tingkat pemula ini masih kaku dalam berfoto, gaya masih bersifat formal, seperti tangan yang lurus dan badan yang tegak... Biasanya foto cukup sekali, di tempat yang bisa dibilang pantas untuk berfoto. Foto di gallery hp, masih sedikit ga terlalu banyak. Ekspresi muka nya kadang senyum biasa, lebih sering datar.

Tingkat Menengah> tingkat ini lebih sedikit berkembang dari sebelumnya, foto nya jauh lebih banyak, udah ga foto di saat penting aja. Setiap pergi kemana pun biasanya ga lupa untuk berfoto... Beda nya  dengan tingkat pemula, di tingkat ini mengenal yang namanya foto selfie. Mengenal gaya-gaya baru, contoh nya gaya jempol, gaya ngunci tangan, foto candid.

Tingkat Kronis> tingkat ini cukup memprihatinkan, sehari tanpa foto itu bagai ajal menjemput.. Mengenal banyak gaya-gaya baru bahkan dikembangin lebih luas lagi... Misal nya lidah yang melet-melet mirip anjing, bergaya nungging, foto candid sambil ketawa-ketawa sendiri dan masih banyak lagi.. Tingkatan ini kalo foto ga kenal yang nama nya kondisi, mau kayak gimana pun harus foto... Misal sebelum tidur, kecelakaan dijalan harus selfie dulu baru nolongin, saat lagi di kendaraan misalnya di lampu merah. Di tengah perkembangan media sosial terutama munculnya instagram dan snap chat, tingkat ini semakin gak terbendung..

Gw sendiri sering heran dengan alasan apa cowo/cewe suka pake fitur filter mengubah kuping hidung menjadi mirip anjing... Bahkan gw miris pernah ngeliat sebuah status memprihatinkan.
'Temen kelakuan nya kayak anjing!' Ucap nya dengan ava bertema anjing di idung dan kuping.
Mengait-ngaitkan perilaku buruk ke anjing itu bener-bener bikin gw gapaham, kenapa selalu anjing yang dicap buruk?.
Tapi kenapa mereka pake filter anjing?.
That's why dunia itu lucu.
Menemukan orang-orang penganut paham Narsisme itu cukup mudah... Mau contoh??

1. Kamar mandi.... Ini destinasi favorit bisa foto sambil ngaca sejenak, bisa foto sambil pamer handphone milik nya.. Biasanya tempat ini favorit bagi pengguna iPhone. Gw belum pernah ngeliat ada pengguna nokia, esia, yang berfoto didepan cermin sambil pamerin handphone nya.

2. Ruang ganti pakaian... Tempat ini juga favorit, ada cermin, background nya juga bagus ada korden nya juga. Orang dengan leluasa bisa berfotoan sambil pake baju yang belum dibayar (apa mungkin bakal dikembaliin lagi habis foto?). Biasanya para wanita sering berfoto di tempat seperti ini, ya pria juga sih. Kebanyakan wanita akan duduk berfoto sambil memamerkan kaki dan paha yang putih, ditambah body nya, untuk laki-laki biasanya berfoto sambil berdiri masang tampang sangar, satu tangan dalam kantong, satu lagi megang hape. Selama gw perhatiin, jarang ngeliat ada orang berkulit cokelat yang fotoan di tempat seperti ini (judge me if i'm wrong.)

3.  Ruangan kelas> berdasarkan pengamatan gw, ruangan kelas juga dipake buat foto-fotoan. Karena gw sering ngeliat temen gw megang hape terus kepala nya geleng ke kiri ke kanan, kepala nya muter-muter. Tak lupa juga dengan temen yang bawa sisir ke sekolah, biasanya menyisir rambutnya terlebih dahulu sebelum berfoto. Biasanya dilakuin saat jam pelajaran kosong gaada guru, jam istirahat. Untung nya, gw sama sekali belum ngeliat ada yang ngajak guru selfian bareng saat lagi asik jelasin pelajaran, atau saat ulangan kenaikan kelas ngajak pengawas fotoan. 

4.Bioskop> tempat ini juga ga luput dari pengamatan gw, walau gw sering nonton film bluray, bajakan tapi gini-gini gw juga sering ke bioskop... Betapa sering nya orang foto tiket nya sekedar pamer, foto saat sebelum film dimulai kadang bersama pacar tercinta (kalau gw sih gaada doi jadi gw ajak sebelah gw walau gakenal ya ajak foto aja).. Paling ekstrim itu kadang ada yang foto atau ngerekam untuk dimasukkin ke instagram story. Selain bego juga ngelanggar hukum karena merekam itu ga dibolehin di dalam bioskop..

Masih banyak tempat lainnya, karena tingkatan ini gakenal kondisi lingkungan, mau bencana alam, kecelakaan, atau kondisi lainnya pun harus selalu fotoan.
Semenjak paham Narsisme berkembang luas bahkan sampai seluruh dunia... Membawa beberapa dampak positif dan negatif..

Positifnya:
1. Bagi kaum jomblo, playboy/playgirl, janda, duda, homo, peselingkuh,dll bisa dengan mudahnya mencari target atau sasaran baru. Munculnya instagram mempermudah itu semua,misalnya menemukan foto cewe/cowo yang cantik atau tampan, lalu berawal dari follback, comment, like, dm, berujung ke pertemuan, berujung kedekatan, lalu terakhir antara berakhir tragis atau bahagia.

2. Bagi pebisnis dengan mudah nya memperkenalkan produk, melebarkan dan memperluas jangkauan penjualannya, terutama di Instagram dibantu dengan endorse (gw ngerasa gaadil kenapa yang dekil, kumel ga dijadiin tukang endorse ya?)

3. Membantu dalam pemecahan masalah kriminal, why??>  jadi gini, beberapa hari yang lalu gw denger kabar kalau ada geng motor yang lagi berkeliaran, ngerekrut anggota baru lalu menguji nya dengan beberapa tugas.. Misalnya.. Ngebacok orang. Lalu kenapa Narsisme bisa ngebantu nemuin keberadaan geng motor?...

Beberapa hari yang lalu di instagram gw ngeliat di instagram story ada geng motor yang lagi mau ngumpul... Begini

'Ngumpul ngumpul kuy nyusun rencana buat malem ini' sambil ngetag akun perkumpulan geng motor. Bener aja dalem akun itu penuh foto-foto pamer lagi bawa clurit, benda tajam.
Semenjak ketularan paham Narsisme maka geng motor dapet mudah ditemukan, ditangkep satu persatu.... Begitulah dampak positif nya..
Sebenernya masih banyak lagi tapi gw cape nulis itu semua... Langsung aja ke dampak negatif..
Negatif:
1.  Ngerasa eneg > Kalau lu seperti gw yang bertampang pas-pas an atau bahkan lebih parah dari pas-pas an maka dampak Narsisme itu cukup mengkhawatirkan. Contohnya mungkin saat lu diajak keluar bareng temen, temennya bukan sekedar temen biasa melainkan pengidap Narsisme berlebihan maka siap-siap aja gerak dikit cekrek, pindah dikit cepret, lama-lama mencret sendiri. Parahnya jika temen kita ini jail, waktu lu diajak foto bisa aja muka lu dizoom atau pas ekspresi lu jelek yang malah diupload ke akun medsos nya, udah jelek tambah dibikin jelek. maka itulah yang bikin eneg.

2. Merugikan orang, dan sekitarnya.> menurut gw Narsisme cukup banyak merugikan, contohnya bisa menjadi bahan usil temen yang ngupload foto-foto jelek kita ke medsos, ngetag dengan sengaja yang bikin malu kita.

Lalu merugikan sekitar, misalnya saat di pinggir jalan, ada kecelakaan, yang dulu nya langsung dibantu, kini dipertontonkan dan difoto, mungkin kalau itu menimpa kita dan ada temen yang kebetulan liat maka bisa aja difoto.

Masih banyak lagi, ya walaupun gitu bukan maksud nya gw munafik, foto memang banyak manfaatnya, sebagai kenangan, mengingat kita dulu kayak gimana.

Tapi gimana kalau berlebihan???
Apalagi merugikan orang???

Seperti dulu gw pernah denger kalau ada taman bunga yang dulu nya bagus jadi ancur semenjak kemunculan pengidap Narsisme..

Foto lah dalam batas wajar, lihat kondisi, lihat keadaan. Semua yang berlebihan itu gabaik :)

Sekian dari gw yang lagi menderita karena hidung kemasukan cabe potong.. Fyuhh..

0 komentar:

Posting Komentar