Rabu, 28 Juni 2017

5 LANGKAH DAN SEJUTA ALASAN [revisi]

Pergi ke Sekolah tanpa kendaraan itu susah. Ya, itulah anggapan gue waktu itu yang masih dianter jemput, belum naik motor sendiri. Padahal gue termasuk beruntung, di luar sana ada yang pergi ke sekolah jalan kaki jauh, ngelewatin jembatan putus, sementara jarak rumah gue ke sekolah cuma beberapa meter.

Waktu itu gue bingung berat, udah sma tapi belum naik motor sendiri. Ada rasa pengen naik motor sendiri, kayak temen yang lain. Padahal gue sendiri ngejalanin motor beberapa meter udah mau nabrak tembok.

Faktornya gara-gara motor cuma ada satu, orang tua belum ada biaya buat beliin motor. Gue terus mengeluh tiap harinya. Sekolah tanpa motor itu bencana tersendiri. Ada beberapa hal yang bikin gue gelisah.

Pertama gue gelisah karena tiap ada kegiatan sekolah pas siang hari semacam pramuka, atau olahraga di pagi hari, pasti gak bisa. Olahraga tempatnya jauh dari rumah gue, sementara kegiatan pramuka ada di sekolah. Kalo pramuka, gak ada motor, jadinya gak semangat. Padahal memang males.

Kegiatan olahraga pagi hari, tanpa motor juga bikin gak semangat. Padahal, gak bisa bangun pagi banget. Seakan kegunaan motor itu bisa ngebangunin gue pas pagi, ngasi motivasi biar gak lemes pas mau pramuka.

Paling susah itu tiap mau kerja kelompok. Gak ada motor, pasti gue gak bakal dateng kerja kelompok. Gue gak enak nebeng sama temen, juga belum tentu temen gue mau. Naik ojek online? Temen gak mau bayarin. Gak mungkin gue jalan kaki ke rumah temen. Gak ada motor, jadi gak semangat jalan kaki ke rumah temen (ngapain juga udah ada motor malah jalan kaki?)

Waktu itu gue juga ngerasa malu, udah gede tapi masih dianter jemput. Apalagi gue ini cowok, ngeliat temen pada naik motor, bikin gue minder. Pertemanan juga bisa rusak karena gak punya motor, yaitu nebeng gak mau patungan bensin. Banyak temen sekarang yang ditebengin dikit, minta patungan bensin. Gak ada motor, bikin males buat patungan bensin.

Kalo misalnya gue suka sama cewek, urusannya bakal repot. Karena gak ada motor, masa pas mau jalan mesti nebeng motor cewek yang gue suka? Kalo diminta patungan bensin gimana? Gue ngebayangin kalo kita sama-sama gak punya motor. Mau pergi, mesti berdua nebeng ke temen gue. Jadinya kita bonceng tiga. Kita bukannya cuma patungan bensin aja, tapi patungan bayar razia polisi.

Alasan 'gak ada motor' ini gue jadikan sebagai alasan utama berbuat kriminal. Misalnya bolos pramuka, pasti gue gak dateng karena alasannya gak ada motor. Padahal jalan dikit nyampe.

Kena hukum karena gak olahraga, alasannya gak ada motor. Alasan gini bisa jadi tameng yang membuat orang iba, memaklumi apa yang gue perbuat.

Kalo pun ada yang gak memaklumi, oke gak apa. Gue bakal bilang dengan santai, "Beliin gue motor dong!"





0 komentar:

Posting Komentar