Selasa, 27 Juni 2017

Jangan Menilai Orang Dari Luarmya Revisi

Awal-awal sma mungkin masa yang penuh semangat. Ketemu temen baru, lingkungan baru, calon pacar baru. Saking semangatnya gue masuk sekolah, pas nyampe sekolahan pada kosong. Semua pintu masih ditutup. Padahal gue dateng jam 7, apa gue kepagian?

Gue ngeliat sekeliling, udah banyak motor. Tapi orang-orangnya pada ke mana? Ah mungkin itu motor satpamnya, kalo pun banyak gitu, bisa aja keluarganya nitip parkir di sekolah. Gue menuju kelas, membuka pintu, kaget! Udah kayak surprise ulang tahun. Semua temen udah pada duduk rapi, di pojokan sana ada guru yang lagi duduk. Hening.

Gue gak tau harus merespon apa. Diperhatiin satu kelas, lalu gue disuruh mendekat sama guru gue. Ternyata gue telat! Kan masih jam 7! Gak lama gue inget, tiap senin kan masuknya jam 7. Anjrit! Pantes aja sepi, gue kira gue terlalu rajin. Akhirnya gue gak gak dihukum, tapi kena point 5 akibat telat. Kalo sampai ngumpulin point 100, siap-siap ditendang dari sekolah.

Yang jadi masalah awal-awal masuk sekolah bagi gue itu nyari temen duduk yang baik. Milih temen duduk itu hampir sama kayak milih pasangan hidup. Salah pilih, bakal nyesel seumur hidup. Maka dari itu gue harus buat pertimbangan matang, memilih dengan cermat, meminta pendapat orang tua. Ini nyari jodoh atau nyari temen duduk?

Karena gue pernah gak sekolah, jadinya pas gue dateng temen sekelas udah pada punya temen duduk masing-masing. Ada salah satu temen gue yang kebetulan sendiri, keliatannya baik, langsung gue hampiri.

"Bro boleh duduk?" tanya gue pada dia.
"Oh iya, duduk aja," jawabnya sambil tersenyum.

Gue duduk, tapi gak ngomong sepatah kata pun abis itu. Masih terasa canggung. Belum ngajak kenalan. Berharap dia yang duluan. Yang gue lakukan bengong, memerhatikan sekitar, kayaknya banyak yang udah pada saling kenal. Sekalian gue mau nyari, mana nih temen kelas yang cantik. Siapa tau gue bisa dapetin, penolakannya.

Gak lama dari arah pintu dateng seorang cowok gempal, muka datar, kayaknya nih calon penguasa kelas gue. Dia berjalan menuju arah gue, seketika gue siaga, kayaknya mau malak. Lalu pas makin deket, dia ngeliat gue, lalu pergi menjauh, duduk di bangku depan.

Gue berpikir mungkin itu jadi semacam peringatan, bahwa dia bakal jadi penguasa, kalo kelas ini wilayah dia. Gue diem aja, merhatiin dia yang bengong di depan. Lama-lama gue sadar, ternyata gue ngambil tempat duduk dia. Sebelumnya dia duduk di tempat gue sekarang. Mampus, baru masuk aja udah bakal kena masalah nih.

Waktu pelajaran dimulai, dari arah belakang salah satu temen gue nyebut nama seseorang. Kayaknya sih ngejek gitu. Siapa ya orangnya? Kasian amat baru masuk udah dibully gitu. Yang tadi itu kayaknya gak mungkin, badan kayak gitu, pasti bisa nguasain satu sekolah ini dengan gampang.

Kenyataannya gue baru tau kalo dia yang selama ini dibully. Gue udah salah menilai. Yang awalnya gue ngerasa kalo dia bakal jadi penguasa, eh malah jadi yang tertindas. Semenjak saat itu dia jadi korban bully, hebatnya dia malah jadi temen baik gue.

Gue jadi belajar, jangan menilai orang dari luarnya. Mending, ya gak usah menilai.







0 komentar:

Posting Komentar