Kamis, 23 Agustus 2018

Juara Game Tak Sampai

Dari kecil gue punya impian menjadi pemain game yang hebat. Apalagi, kalo gue bisa hidup dari game. Dapet duit hasil menang tournament, terkenal, diidolakan orang lain. Sayangnya, impian seperti ini dulu sering disepelekan, orang sering menganggap, "Main game terus bakal bodoh! Emangnya kamu main game dapet uang?"

Sekarang, semua nyata. Banyak orang yang jago main game, bahkan ada yang biasa aja, bisa dapet duit dari main game. Contohnya, jadi penjoki game semacam mobile legends. Yang lagi menjamur sekarang, youtuber gaming. Mereka dapet uang, dari apa yang mereka sukai. Emang sih gak semua juga bisa kayak gitu, kalo gue main game terus mungkin mentok-mentok gue jadi mas-mas penjaga warnet.

Pewdipie, youtuber gaming yang sukses punya puluhan juta subscriber


Menyadari bahwa bermain game sekarang mulai dihargai orang banyak, gue pun punya satu keinginan: menang tournament game.

Dulu pertama kali gue ngegame waktu masih tk. Jaman itu masih pake konsol yang kalo gak salah kasetnya bentuknya kotak yang ditancepin ke konsol. Gue gak inget main game apa aja di konsol itu, yang paling gue inget paling-paling cuma game lumba-lumba lompatin lingkaran api.

Setelah itu gue sempet punya ps2. Gue paling jago main game naruto shippuden ultimate ninja 5. Gak ada yang bisa ngalahin gue, sang juara satu komplek. Dalam waktu beberapa menit lawan gue sudah kalah. Semua berkat gue ngaktifin cakra tak terbatas, abis itu gue ngespam skill tanpa ampun.

Pas gue punya ps3, gue juga pernah paling jago main tekken. Game pukul-pukulan yang sebenarnya ada combonya, tapi gue mencet asal, dan tetap menang. Gak ada yang bisa ngalahin gue, bahkan bokap, dan temennya, semua kalah ngelawan gue. Main tekken, jagoan yang biasa gue pake yaitu Eddy Gordo. Selama gue memakai Eddy, gue gak akan kalah. Kalo Eddy dipilih duluan sama orang lain, gue bakal...gak mau main.

Saking jagonya memakai Eddy (asal pencet tombol stik) gue berpikiran untuk ikut tournament Tekken. Pasti gue bakal menang dengan mudah. Apalagi, tiap hari gue selalu latihan (mencet asal, ngerusakin stik) Kebetulan Bokap gue kenal sama anak-anak Tekken bali club, komunitas pecinta Tekken di Bali. Bokap bercerita bahwa orang-orangnya mainnya sadis semua. Mainnya brutal, sekali kena combo, gak akan dapet kesempatan buat bangun. Gue cuma manggut-manggut, tetep gak takut. Gak gentar. Mereka belum tau seberapa hebatnya gue bermain Tekken. Seberapa ngawurnya, dan seberapa ancur stiknya.

Biar jauh lebih kejam lagi, gue latihan secara giat. Tiap hari gue main Tekken. Berharap, suatu hari ketika gue ketemu komunitas Tekken, semuanya gue bantai. Walau jago, gue tetep merendah, gue tetep belajar dari orang lain. Nontonin youtube, bukan buat nyari ilmu pelajaran, tapi ilmu gimana cara main Tekken lebih hebat lagi.
Secara gak sengaja gue nemuin video pertandingan Tekken kelas dunia. Gue menonton, sambil memperhatikan dengan baik.

Pas selesai nonton gue merinding abis. Ternyata, serem juga. Gue ngebayangin berada di sana, kena bantai sama pemain luar negeri, nangis, minta dipulangin. Gue mikir, ternyata cerita Bokap bener. Semenjak nonton video itu... gue berhenti main Tekken.

Setelah main Tekken, gue pernah main Counter Strike Online. Game yang waktu itu menjadi saingan dari Point blank dan Cross fire di Indonesia. Gue main di awal pembukaan gamenya. Selama gue main, pencapaian terbaik gue yaitu pernah menduduki peringkat 100 besar se- indonesia selama beberapa minggu. Gue bangga banget waktu itu, lebih bangga dari juara kelas. Bawaannya tiap hari kalo ditanya orang, 'Pernah juara di kelas gak?' Dengan suara berat, gue menjawab santai, 'Gak pernah pak. Tapi saya peringkat 100 besar cso se-indonesia.'

Sayangnya, peringkat 100 besar itu gue dapatkan bukan karena gue berhasil ngalahin banyak musuh. Melainkan karena gue tukang gb nomer satu. Jadi, gue bakal diemin komputer gue, tinggal ke sekolah atau tidur, pake aplikasi biar gamenya jalan sendiri. Gak heran, gue dapet banyak exp dan sukses masuk peringkat 100 besar untuk perolehan exp.

Yang menjadi penyesalan gue, kenapa gue gak ikutan tournament? Padahal waktu itu temen game online gue banyak. Cuma yang jadi masalah, mereka semua pada di luar kota. Dengan skill sehebat waktu itu, seharusnya gue bisa menang tournament. Ya, tournament ngelawan anak-anak playgroup.

Pemeran boy anak jalanan, pernah juara lomba counter strike online


Setelah main cso, di mana seharusnya gue menghasilkan uang, yang nyatanya malah gue ngabisin uang, pernah gue jadi jawara pes. Gue selalu menang kalo temen ngajakin main cup, atau pun ngelawan orang lain, misalnya temen Bokap. Gue jarang banget kalah. Kalo gue kalah, mungkin gue pas lagi males main, ngerasa gak enak menang mulu, atau gue gak pake tim andalan.

Jeleknya menjadi orang yang sering menang itu kalo sekalinya kalah, pasti diledekin abis-abisan. Gue pernah mengalami kejadian diledekin karena kalah. Padahal, kemarin-kemarinnya gue selalu menang. Sebenernya wajar sih diledek, namanya juga mereka, orang yang baru pertama kalinya menang setelah kalah ribuan kali, jelas bangga setengah mati. Masalahnya gue ini tipe orang yang gak mau kalah. Gak mau nerima kekalahan. Gue ajak tanding ulang, hasilnya gue kalah lagi. Tambah diledek, senjata terakhir gue kalo terdesak: nangis sambil cari alasan.

Belakangan ini gue main mobile legends. Seperti biasa, gak ada hasilnya. Gue gak jago-jago amat, malah ada temen gue yang sekarang berhasil hidup dari dunia game.

Jess no limit, bukan temen gue. Dia seorang top player yang punya 3 juta subscriber, walau kontennya hanya Meel.


Merasa gak jago-jago amat, gue mencoba peruntungan lain, main game saingan ml, yakni aov. Di game inilah gue baru merasakan yang namanya ikut tournament, dan kalah. Ini pertama kalinya gur punya tim sendiri buat tournament. Beranggotakan temen-temen sekelas yang deket sama gue. Awalnya gue agak takut, jangan-jangan mainnya pada mabok nih, mungkin juga di sisi lain temen gue curiga sama gue, jangan-jangan mabok nih mainnya.

Tournament pertama dalam hidup gue waktu itu diadakan secara online. Kami berlima, yang jarang main, nekat ikut tournament. Pertandingan pertama, kami berhasil menang. Entah karena kami jago, atau lawannya aja yang gak bisa main. Pertandingan kedua, kami berhasil kalah dengan sempurna. Saat itulah kami sadar, kami semua terlalu cupu untuk ikut tournament.

Kami gak nyerah, lalu berhenti main kayak gue biasanya. Kekalahan itu dijadikan pelajaran untuk kedepannya, biar kami bisa lebih baik lagi... kalahnya. Kami pun mulai berlatih giat, demi menyambut tournament selanjutnya.

Tournament kedua diadakan secara langsung di sebuah tempat seperti kafe. Ini pertama kalinya dalam hidup gue bisa ketemu pemain lain secara langsung. Mereka semua, om-om, tatoaan, sangar. Berbeda dengan kami, tatoaan aja masih pake stiker mainan hadiah dari jajanan chiki.  Pertandingan pertama, kami sukses kalah telak. Alasan kalah waktu itu karena wifi disana ngelag, banyak dipake pemain lain. Mobile data juga sinyalnya jelek. Akhirnya kami sukses pulang duluan, untung aja kami enggak dirajam batu.



Beberapa bulan kemudian, kami merasa udah siap semuanya. Kami semua udah jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Cara main kami juga udah terstruktur rapi, gak kacau kayak sebelumnya. Ya, walau tetep kalah juga sih. Tournament selanjutnya diadakan di tempat yang sama. Kali ini jauh lebih rame dari sebelumnya.

Kalo kami menang, mungkin kami bakal terkenal. Ikut lomba di jakarta, kalo menang lagi, berangkat ke luar negeri. Menang dapet 7 m, eh paling dapet batman, deh. Pertandingan pertama kami berhasil menang. Lawannya cupu abis, tapi mereka ramah banget sama kita pas selesai pertandingan. Awalnya padahal gue niat mau ngebully mereka, karena ramah, niat itu gue urungkan. Gue berpikir, dulu gue pernah berada di posisi mereka, gue gak boleh mematahkan semangat main mereka! Semangat! Kalah lagi ya!

Pertandingan kedua lawannya serem abis. Semua memakai nama guild yang sama. Pasti mereka sering main bareng, suka duka bersama. Awalnya gue agak takut, pas main, ternyata mereka sama aja kayak yang tadi, cupu. Lebih hebat dikit sih.

Mendekati semifinal, kami semakin semangat dan antusias. Ada jeda istirahat beberapa jam. Di saat itulah gue mendapat kabar buruk. Salah satu temen gue, ada urusan gereja. Dia jadi panitia untuk persiapan... apalah. Awalnya gue dan yang lain kesel, kalo ada urusan gereja, kenapa mesti ikut tournament sih? Kan udah mau deket juga jadi juara. Tapi, karena urusan gereja, kami merelakan. Gue mengikhlaskan walau masih kecewa berat. Dia pergi meninggalkan gue dan ketiga temen lainnya.

Pertandingan dimulai. Jumlah kami hanya empat, musuh lengkap ada 5. Gue pengen ngajakin temen gue lari dari tempat pertandingan tapi niat itu gue urungkan. Pertandingan berjalan secara enggak seimbang.  Hasil akhir? Kami sukses dipermalukan, skor 16-1. Entah musuhnya jago, atau karena kami gak lengkap aja. Jujur aja, rasanya gue kecewa. Sedikit lagi jadi juara, eh temen malah pergi.

Seakan gak mau nyerah kami ikut tournament-tournament selanjutnya. Hasilnya kami gak pernah juara. Kalah di awal terus. Kami terus penasaran, gimana rasanya juara? Kalah di awal seperti menjadi identitas. Dirajam batu, seperti menjadi kebiasaan. Juara seperti hal yang sangat langka. Sama seperti mengharapkan ketemu ruangan ber-ac di tengah padang gurun pasir.

Saat tulisan ini ditulis, akan ada beberapa tournament yang mungkin kami ikuti. Masalahnya, masa perkuliahan akan segera dimulai. Jadi, mungkin punya sedikit waktu buat latihan. Harapan gue untuk selanjutnya: semoga menang, juara, abis itu terkenal, dapet uang, dapet cewek.

Oke, itu aja deh yang mau gue tulis tentang keinginan gue menjadi juara game yang gak pernah kesampaian. Apakah impian gue akan terwujud? Atau masih tetep sama, kalah mulu?

0 komentar:

Posting Komentar