Senin, 07 Agustus 2017

TimeZone lebih baik dari FriendZone

Hari-hari belakangan ini bisa terbilang sial bagi gw. Untuk gw, beberapa hari yang lalu gw mengalami kejadian bodoh. 

Tepatnya, hari rabu sewaktu mau pergi jalan-jalan. Di lampu merah, seperti orang normal lainnya, berhenti sejenak menunggu lampu hijau. Penyesalan pun tiba. Motor mendadak mati, gak bisa dinyalain, suara kresek kresek. Andai aja gw terobos lampu merah, gak bakalan mati nih motor. Gak apa lah orang mati dibanding motor yang mati hehehe.

Gw menggotong motor ke tepi jalan, ada sebuah gang kecil. Disana gw berdiam diri. Starter motor kagak ngerti caranya. Kampret. 2 jam waktu terbuang sia-sia sampai akhirnya ditolong Bokap.

Bosan melanda, kesepian menghantui. Beruntung, pas banget hari ini ada acara pergi bareng sama beberapa temen. Yoel, temen gw yang agak gila. Mike, agak sok kuat gitu. Anom, berkulit cokelat dengan kacamata yang setiap hari di sekolah hobi mondar-mandir sok sibuk.

Rencana hari ini, pergi bareng ke Mall21 buat jalan-jalan dan refreshing (Bukan Refreshing, ke mall cuman bawa duit 50 rebu.). Nyari-nyari buku, ngeliat-ngeliat baju, masuk-masuk ke tiap outlet, nyoba baju berujung gak beli. Dan terakhir, bermain ke TimeZone.

TimeZone selalu lebih baik dari FriendZone. TimeZone membuat orang bahagia dengan permainan-permainan yang disediakan, kadang stres sih kalau tiket nya cuman bisa dituker buat permen. Soal FriendZone, sehabis kita berusaha maka kita dapet menukernya dengan harapan palsu hehehe apaan sih.

Sore itu kami berempat langsung cabut ke Mall21. Seperti biasa, Mike numpang tanpa beliin bensin. Sesampai disana, tempat pertama yang dikunjungi itu Gramedia. Sekedar iseng-iseng ngeliat buku. Gw ngeliat-ngeliat aja, mau beli tapi uang pas-pasan. Ada satu buku yang rasanya pengen gw bakar dan musnahkan. Buku-buku berukuran tebal kayak kamus tentang tips-tips ujian nasional dan cara mendapat nilai terbaik untuk masuk universtas terbaik.

Pertanyaannya sekarang itu, apakah buku tersebut mujarab?. Apakah ampuh dan seratus persen membuat anak lulus dengan nilai terbaik?.

Buku nya tebel banget, beraneka ragam. Pembuat dan penerbit nya juga beda-beda. Misalnya, kalo orang sebego gw, beli buku ginian, apa gw bakalan mendadak pinter?.

jangan-jangan didalemnya ada kunci jawaban dan bocoran soal (Who knows?).

Selain buku tebel tentang 100 persen lulus SMPNTPNTP ah lupa namanya. Ada Kamus bahasa inggris yang tebel banget. Gede, lebar, kalo dibawa ke sekolah kaga bakalan muat di dalem tas, jadi tiap mau bawa lo mesti iket pake tali atau rantai terus lo seret-seret gitu. Kemungkinan besar kalo lo bawa ginian ke sekolah akan disangka murid teladan, dan guru bahasa inggris langsung memeluk lo dengan penuh tangis haru. Sebegitu niatnya membawa kamus tebel, padahal baru buka satu halamannya aja idung lo bakal keluar upil bernanah.

Di Gramedia, kami berempat gak beli buku, gak beli apapun. Dari awal, Yoel tertarik banget sama gitar-gitar yang dipajang. Harganya lumayan lah, berkisar 2-3 juta rupiah. Selain itu, Anom mulain menunjukkan sikap sok sibuknya. Katanya, mau ada urusan sebentar. Tau-tau, asik ngobrol sama ceweknya orang hehehe.

Rencana dadakan setelah ke Gramedia, ke Timezone. Awalnya, gw gak setuju soal rencana ke TimeZone. Gw cuman bawa duit 50 rebu. Per orang dari kami, menyumbang 25 ribu untuk membeli saldo main di Timezone. Maunya sih, ngeliatin orang yang bawa kartu TimeZone, terus sekap orang tersebut bawa ke kamar mandi, lalu ambil kartu dan mari bermain!.

Rencana tersebut diurungkan. Kami mulai memasuki area TimeZone. Kebetulan Anom udah beli saldo lewat pulsa. Jadi, tinggal bilang ke mas-mas Timejon, minta kartu buat gesek.

Gw bengong memandang setiap sudut TimeZone. Gak begitu rame. Setelah selesai minta kartu, kami memulai mencari permainan. Ada permainan balap-balapan motor, jadi disediain motor balap gitu versi mainan terus entar orang nya naek lalu belokin kiri atau kanan. Yoel dan Mike main pertama. Kelihatan banget kayak anak kecil kurang asupan bahagia. Gw cuman bisa bengong dan melamun kadang ketawa-ketawa dikit. Anom menghilang, ternyata lagi asik maenan basket. Mainnya serius banget, gak mau diganggu atau dibantuin. Sehabis mainan motor-motoran, tujuan berikutnya permainan Basket.

Jadi, nanti disediaiin bola basket lalu tugasnya disuruh ngelempar biar masuk ke dalam ring. Ada skor gitu, kalau skor dikit maka ngulang lagi dari awal. Tapi kalo skor banyak maka ronde akan berlanjut.

Kami saling beradu dan berlomba, siapa skor paling banyak. Dibagi jadi 2 tim. Gw sama Mike, Yoel sama Anom. Main sama Mike kurang asik, suka ngelempar bola bareng terus tabrakan jadi kagak masuk. Diawal, belum terbiasa ngelempar. Beruntung lemparan gw kagak kebelakang terus kena orang sekitar. Lama kelamaan jadi biasa, udah nemu celah. Berkali-kali ngulang permainan yang sama bikin jenuh.

Anom masih gak bosen-bosen sama Basket bahkan maenan sendiri. Gw,Mike dan Yoel mencari permainan lain. Di deket gw ada permainan paling berkesan banget. Permainannya itu nanti kita harus mencet lalu bola jatuh ke salah satu lubang yang bertuliskan angka, kalo masuk ke dalam lobang berangka 50 maka kita akan dapet 50 tiket. Gw dulu sangat jago main beginian, hoki mulu. Dapet 50 tiket dalem 50 percobaan heheehe. Jadi, 1 kali main cuman dapet 1 tiket karena bolanya masuk terus ke lobang no 1.

Karena lumayan lama gak pernah nyoba permainan ginian, oke waktunya mencoba!. mudah-mudahan gak apes.

Yoel, menggesek kartu lalu mesin permainan itu siap dimainkan. Tinggal pencet tombol merah, bola jatuh. Gw gak asal-asalan maen pencet. Nunggu saat-saat tepat. Saat yang tepat itu pun tiba, gw memencet penuh gairah. Bola itu jatuh meluncur menggelinding ke segala arah. lubang terus berputar, bola masih bergerak.

Mulut gw komat-kamit membaca mantra, berharap masuk ke lobang 100. Ternyata, dugaan gw bener. Bola masuk ke lubang angka 3. Mike dan Yoel geleng-geleng kepala. Gw nyengir lebar. Setidaknya ada peningkatan, dari 1 ke angka 3 hehehehe.

Lalu gw menarik 3 tiket, melanjutkan nyari permainan lain. Mike dan Yoel nyoba maen game tembak-tembakan zombie, mainnya pake senjata mainan. Lagi lagi gw cuman bisa bengong, mau main tapi kagak niat. Daritadi disini, gw cuman maenan basket sama bola masuk lubang. Temen yang ngelihat gw diem aja, keheranan dan bertanya.

"Lo gak maenan?, nih kartu nya pilih aja sesuka lo."kata Yoel, memegang senjata sambil menoleh ke gw.
"Enggak, entar aja deh." kata gw lesu.

Gw bosen, pergi meninggalkan mereka berdua ke tempat Anom maen Basket. Anom masih aja sibuk, berkeringat basah. Maunya manggil tapi kalo orang serius diganggu biasanya bakalan ngamuk. Gw takut kalau dia ngamuk bakal makan bola basket. Beberapa menit berlalu, permainan selesai karena gak dapet skor tinggi. Anom menyadari keberadaan gw. Dia berkata pelan dan menghanyutkan. "Boleh minta tolong gak?"

Kira-kira dia minta tolong apaan ya?. gw diem beberapa detik berpikir keras dalam pikiran.

Pertama. Diliat-liat dia keringetan, bercucuran tiada henti. Kemungkinan besar gw disuruh buat menyeka keringat nya pake lidah gw. Jujur, sangat menjijikan.

Kedua, diliat-liat dia gak begitu semangat main, agak loyo. Apa dia perlu dukungan?.
Salah satu kemungkinan nya Anom menyuruh gw untuk memakai kostum cheerleader sambil berteriak-teriak "GO ANOM! GO ANOM GO!" diiringi gerakan tangan kanan garuk ketiak, tangan kiri garuk pantat.

Ketiga, Berolahraga biasanya menguras energi dan tenaga mengakibatkan orang menjadi haus. Ngeliat Anom yang dari tadi sibuk sendiri, kemungkinan gw bakal disuruh beli air mineral. Tapi, masalah utama soal dimana gw mesti nyari air mineral. Ada rasa trauma mendalam soal air mineral. 

Dulu di kolam renang entah namanya apa, tenggorokan kering, gw sangat dehidrasi. Karena gak bawa air dari rumah, gw memutuskan untuk membeli di sekitar area kolam renang. 

Gak nyangka, gw shock berat. Harga air mineral sampe 20 ribuan. Akibat kehausan parah, gw langsung aja ngambil tuh minuman tanpa nanya soal harga. Air udah ketelen, gw nanya harga sama penjaga toko tersebut. Dikatakan sebuah air tak berwarna, tak berasa tersebut berharga 20 ribu rupiah. Kampret. Andai dari awal udah tau harganya, gw lebih memilih minum air kolam bekas pipis orang daripada ngeluarin duit banyak.

Gw shock berat. Harga bisa 3 kali lipat dari harga normal. Rasanya gak wajar, waktu itu gw masih berumur dibawah 15 tahun. Hebatnya, udah bisa ngerasa harga yang dipatok gak wajar, udah kelihatan banget benih benih kepelitan gw.

Beberapa tahun mendatang, gw menyadari kalo mau belanja sebaiknya liat dulu tempat nya. Sebelum ingin membeli sesuatu, ingatlah beda nya antara pasar dengan Mall. Tempat pariwisata atau tempat favorit yang sering dikunjungin orang maka pengusaha-pengusaha yang berjualan akan meningkatkan harga jual barangnya secara drastis.

Coba deh bandingin harga air mineral dagang asongan sama Bar di tempat kolam. Pasti mahalan Bar. Semua itu tergantung tempat. Bayangkan jika semua itu terbalik. Pedagang asongan jualan di kolam terus Bar ada di pinggir jalan deket lampu merah.

Gw yang terlihat bengong disadarkan sama Anom.

"Oi." dia memanggil.
"Oh, oh ya, minta tolong apa?." tanya gw, terbata-bata berasa ngomong sama gebetan (gebetannya cowok *ehh*)
"Tolong, rekamin pas gw lagi main. Gw kelihatan, sesekali arahin juga ke papan skor." Kata Anom, gw kaget.

Gw manggut-manggut.

Oh ternyata, perkiraan gw meleset. Disuruh ngerekam toh.... Emang keren ya main basket di TimeZone terus direkam?, kenapa gak main di lapangannya aja langsung?. Oh iya gw lupa dia kan atlit bulu tangkis yang biasa maen pake bola basket bukan cock.

Gw memulai rekaman memakai hape milik Anom. Gw masih ngerekam sambil bengong. Kadang pas lagi kayak gini pengen banget ngarahin kamera ke bokong nya. Biar nanti misalnya pas dimasukin youtube bakal ditonton banyak orang. "Skandal hot pemain Basket.", "Gigolo mainan basket."

Setelah beberapa menit ngerekam hal gak penting kayak gini. Anom menyuruh gw untuk memberhentikan rekaman. Katanya, cape, giliran direkam gak dapet skor bagus.

Lalu, datanglah Mike dan Yoel udah selesai mainan tembak-tembakan jombi. Ngelihat gw yang gak main apa-apa daritadi, Yoel menyuruh gw untuk main motor-motoran yang cara main mesti digoyang kiri digoyang kanan.

Gw iyakan saja.

Goblok banget.

Ternyata enak banget, bikin ketagihan. Nyesel gak main ginian dari awal. Giliran saldo sekarat baru ngerasain enak. Saldo sisa dikit, bingung mau dihabisin buat apa. Anom, selaku pemesan Saldo, berniat menghabiskan seluruh saldo tersisa buat main basket sampai titik ayan datang.

Lagi, kami saling berlomba. Gak jelas, demi dapet banyak tiket. Kadang ngeselin, tiket nyangkut gak keluar. Sampai mesin maenannya diperbaiki mas-mas timejon. Setelah sekian lama mainan basket, saldo habis. Kami berhasil mengumpulkan tiket sebanyak 396 an (kalo gak salah).

Hmmm lumayan banyak. Dapet apaan ya?.

Kami berempat bergegas menuju kasir. Untuk melihat-lihat hadiah apa yang bisa kami tuker. 

Di pojok kiri, gw ngeliat setrikaan, lebih dari 500 tiket. Sebenernya, kalo cukup mungkin gw akan memilih setrikaan. Alasannya, sebagai teman yang baik jelas gw akan membantu teman gw untuk meraih cita-cita nya. Mike mungkin nanti ingin menjadi seorang pembokat teladan terbaik di indonesia.

Ada banyak mainan, tapi karena umur udah melewati batas kewajaran buat main mainan. Oke kami mengurungkan niat tersebut. 

Tiket berjumlah 396. Ada teh kotak, tapi kalo dituker cuman dapet 1. Jelas, gak adil. Jumlah kami empat orang, berarti satu teh kotak bakal disedot massal secara bergilir.

Karena harus dibagi 4 orang. Kami memutuskan untuk menuker tiket dengan 4 eskrim paddle pop. Sisanya, sekitar 96 tiket ditukarkan sama permen berjibun-jibun heheheh.

Prihatin, melihat mas-mas nya mesti ngitung satu persatu permen. Betapa bajingannya pengunjung timezone ini, memilih permen seharga 1 tiket.

Hasil kerja melelahkan ditambah duit yang terkuras. Mendapat empat buah eskrim dibagi rata memang  manis menutup kisah kebodohan ini. 

Kami berempat menghabiskan eskrim sambil berjalan keluar menuju TimeZone. Sekarang tujuan kami keatas. Biasa, permintaan sakral Anom.

Takut, kalo gak diturutin bisa ngilang lagi nih anak. Oke, gw bertiga mengikuti Anom yang berada di depan memandu jalan. Langkah nya terhenti di depan lift.

"Mau kemana nih nom?." Gw bertanya, berasa manusia purba.
"Ikut aja, ke rooftop." kata Anom.

Baik, gw dibuat penasaran sama rooftop yang dibilang. Lalu gw memasuki lift dan tiba diatas. Oh, ini rooftop nya, banyak mobil. Ini mah parkiran kali!.

Buat apa kesini?.

Ternyata, niat Anom kesini buat berfoto. Jujur, suasana rame gini bener-bener memalukan kalo sampe fotoan. Gw lupa, dia seorang fotographer pasti tau bagaimana cara mengambil foto yang bagus. Contohnya, seperti memakai background dimana kamj berempat saling foto terus belakangnya ada mobil kebakaran. Hmm boleh juga.

Beberapa lama diatas, akhirnya kami gak jadi fotoan. Suasana rame, tempatnya kurang cocok juga. Kami memutuskan untuk balik pulang ke rumah Mike. 

Seperti biasa, formasi yang sama. Setelah balik dari Mall, rencana berikutnya ternyata bikin Mie goreng di rumah Mike. Jujur aja, gw ngerasa gak tega sama Mike. Gara-gara gw dia bakal kehilangan rumah dan seluruh harta miliknya. Gw juga ngerasa gak enak sama keluarganya yang udah baik sama gw selama ini, menyetujui dan merestui hubungan kita berdua (lho??).

Daripada terjadi kebakaran, gw mencoba menghindar memakai alasan disuruh nyokap pulang. Oke, ternyata gw berhasil. Gw pulang cepet-cepet tanpa sedikitpun makan permen hasil perjuangan. 

Oh iya, hari itu juga ada acara wedding guru gw, Pak Daniel. Selamat pak!. Walau depan lokasi acaranya dibumbui rasa horror akibat oli tumpah dijalan.

Oke sekian dari cerita ini, maaf kalo gaje, goodnight guys!.



























0 komentar:

Posting Komentar