Rabu, 07 November 2018

Jangan Jadi Murid Suka Bolos

Bolos itu enak, dampaknya sehabis bolos itu yang gak enak. Dulu semasa masih bersekolah, tiap minggu pasti gue ada aja jadwal hari bolosnya. Misalnya dulu waktu smp, saking seringnya bolos, temen gue pada hapal kalo gue pasti gak masuk tiap hari jumat. Selain bolos sekolah, sering juga gue bolos waktu ada pelajaran olahraga atau kegiatan sekolah lainnya.

Pas smp, hampir satu semester gue gak pernah olahraga. Sekalinya dateng itu pun olahraganya cuma lari sekali doang, abis itu pulang. Kalo orang yang rajin biasanya bakal menganggap guru olahraga gue itu males, gak tau mau ngajar apa. Bagi gue malah sebaliknya, guru gue ini kreatif, idola gue banget. Belum lagi tiap ada olahraga renang, cuma sekali dateng selama smp, itu pun pas ujian praktek karena terpaksa. Hebatnya, tiap kali rapotan gue bakal tersenyum lebar, karena dapet nilai olahraga 82. Padahal dateng kalo lagi pengen aja. Sementara temen gue yang rajin, dapet nilai 84. Beda dua sama gue yang kehadirannya setiap ganti musim.

Setiap kali gue bolos, besoknya pas gue masuk, pasti disuruh ke BK. Lalu diinterograsi sama guru bk kenapa gue gak masuk sekolah. Kadang nyebelinnya kalo ada guru lain ada di sana suka ikut-ikut nanya ke gue. Misalnya waktu itu guru matematika gue nanya sebuah pertanyaan paling absurd yang pernah gue denger, 'Masih kamu makan disuapin?'

Kebiasaan buruk dan dampak dari kebaikan guru olahraga gue, berlanjut sampai gue memasuki masa Sma. Gue masih sering bolos, yang gobloknya gue kemudian baru sadar, sma beda sama smp. Waktu sma aturannya menjadi lebih ketat dan disiplin, salah dikit kena point. Misal telat, kena 5 point. Kalo bolos sekolah tanpa ijin, kena 20 point. Kalo ngumpulin sampai 100 point, maka gue bakal dikeluarin dari sekolah. Seandainya sistem point ini diterapkan waktu smp, mungkin point gue bisa mencapai 1000. Berarti gue ditendang 10 kali sama sekolah.





Gue masih membawa kebiasaan smp ke sma, masih bolos sesuka hati. Gobloknya gue baru sadar, gak semua guru kayak guru olahraga gue pas smp dulu. Apalagi dia gak ngajar olahraga di sma, bikin gue jadi sedih. Baru semester pertama, point gue udah 75. Tersisa 25 lagi yang gue harus terus pertahankan sampai kenaikan kelas.

Belum lagi gue juga hobi bolos pramuka, ekstrakurikuler wajib yang harus diikutin tiap murid.  Apalagi pembinanya orang yang sama, yaitu guru olahraga gue. Jadi gue bermasalah dengan satu orang yang sama, di dua kegiatan yang berbeda. Saking seringnya bolos pramuka, pada suatu kesempatan dateng beberapa gerombolan pengurus pramuka ke kelas, lalu manggil dan nyuruh gue buat ke lapangan. Sesampai di lapangan gue melihat banyak orang, yang ternyata bermasalah absen pramukanya. Jadi pemanggilan itu gunanya buat ngumpulin murid bermasalah, lalu dieksekusi massal.

Setahun pertama udah penuh masalah absensi, untungnya gue berhasil naik kelas. Tapi gue denger kalo ada satu anak di kelas gue yang naik karena beruntung. Anak ini katanya udah dicatet di buku hitam, mau diliat kedepannya apa udah berubah atau belum. Katanya sih penuh masalah absen, mulai dari olahraga sampai pramuka. Gue mikir, hebat juga nih anak bisa kayak gitu. Siapa sih? Sampai akhirnya gue sadar, anak itu kan gue.



Pas kelas 11, gue yakin buku hitam itu pasti dibakar. Soalnya bukannya berubah, malah gue makin parah. Bolosnya makin random, tiap minggu ada hari gak masuknya. Olahraga juga masih bolos, kali ini gurunya beda. Jadi sepanjang hidup gue selalu musuhan sama yang namanya guru olahraga. Apalagi tiap pelajaran renang, gue dan salah satu temen gue bakal paling semangat dateng duluan. Dan pulangnya duluan. Temen pada dateng jam setengah 3, sementara gue dan temen dateng setengah 2. Pulang 10 menitnya kemudian. Ya, absen pulang. Bayar sepuluh ribu, absen di loket, tinggal pulang.

Pramuka juga masih sama, sering gak dateng. Dua kali gak dateng, sekali dateng, ulangi lagi. Padahal pramuka hari sabtu tiap dua minggu sekali. Gue ngerasa kalo hari sabtu itu sebaiknya jadi hari yang bebas tanpa kegiatan setelah seminggu penuh penat di sekolah. Kegiatan Pramuka menjadi penghalang buat gue istirahat. Makanya waktu temen gue pada menyiapkan perlengkapan pramuka buat nantinya, gue mempersiapkan tempat buat tidur.

Semester pertama kelas sebelas, olahraga dan pramuka gak bermasalah. Tapi, nilai pelajaran gue banyak yang kurang. Kadang tiap ngambil nilai, pas gue lagi gak sekolah. Pas ada susulan, juga gak sekolah. Bahkan pada semester itu gue gak ngumpul tugas akhir prakarya. Dan, gak ada protes dari guru. Malah gue dapet nilai 80. Gue seneng, mungkin ada yang salah nyebutin nomer absen, lalu nilainya nyasar ke gue. Atau, jangan-jangan guru olahraga smp ngebantuin gue lagi?

Absensi pas masih smp


Pas semester dua gue makin brutal, makin gak karuan. Yang tadinya pramuka gak dateng dua kali dateng sekali, jadi gak dateng sama sekali. Satu semester gak pernah pramuka, gak ikut kemah, dipaksa nyusul juga gak dateng. Gue inget banget, pramuka mulai jam 4, jam setengah empat lebih gue masih diem di sekolah pake seragam sekolah, ketemu temen-temen yang mau pramuka, udah lengkap dengan seragam pramukanya.

Nilai sekolah banyak yang kosong, akibat sering gak sekolah. Temen gue sampai heran, kok gue bisa naik kelas? Gue juga heran. Udah nilai kosong, gak gue tebus lagi. Untungnya gue berhasil naik ke kelas 12, mungkin guru olahraga smp yang ngebantu gue naik.

Semenjak kelas 12, kebiasaan bolos gue berkurang drastis. Alasannya, dalam diri gue muncul rindu yang amat dalam kepada sekolah. Gue baru sadar, tinggal setahun lagi waktu gue di sekolah. Apalagi gue sering baca artikel yang selalu bilang kalo masa sekolah adala masa paling indah, yang hanya terjadi sekali dalam hidup. Gue meresapi perkataan tersebut, mulai bertekad untuk berubah.

Gue makin rajin sekolah, tapi tetep aja bermasalah sama olahraga. Gurunya beda, kali ini orangnya jauh lebih santai.  Sejak kelas 12 ada yang namanya kegiatan pemantapan sore, untuk mempersiapkan pas ujian nasional nanti. Gue udah mengatur jadwal kapan gue bolos kegiatan tersebut. Biasanya tiap kamis dan jumat, soalnya gak seneng sama cara ngajar gurunya. Gak bisa main hape, padahal pemantapan hari sebelumnya bebas.

 Perubahan ini sayangnya terbilang lumayan telat. Soalnya waktu itu semua udah pada mikirin mau kuliah dimana. Banyak temen gue yang mulai memperbaiki nilai raport mereka yang gak tuntas, biar bisa masuk perguruan tinggi negeri atau kampus swasta lain. Dan, di antara semuanya, gue yang paling parah. Kalo temen gue yang lain cuma gak tuntas 1-2 pelajaran, gue bisa 5 pelajaran lebih. Akhirnya gue sendiri yang repot memperbaiki nilai demi masa depan, demi bisa kuliah, demi punya istri cantik.

Perjuangan keras gue memperbaiki nilai, akan gue ceritakan di post selanjutnya. Biar gak kepanjangan. Bolos itu cuma nikmat sesaat, susahnya belakangan. Seperti yang gue alami waktu itu. Temen udah pada daftar kampus, gue masih sibuk nyariin guru buat ganti nilai.

Jadi gue mau ngasih tau aja, bolos itu enak. Asal jangan ketagihan. Sekali dua kali, oke lah. Tapi kalo udah tiap minggu ada hari bolosnya, gak nyusul nilai, kedepannya bakal susah. Enak sih gak dapet pelajaran yang gak kita suka, tapi mau gak mau harus ngikut tuh pelajaran. Enak sih, temen pada pusing belajar, kita pusing karena kelamaan tidur.

Buat kalian yang masih bersekolah tapi sering bolos, saran gue segera tobat. Hentikan bolos sekarang juga. Masa sekolah itu gak bisa diulang, kecuali lo sengaja gak naik jelas puluhan kali. Jadi, manfaatin waktu yang ada buat membuat kenangan, bukan kenangan buruk buat guru yang ngajar. Kehidupan di sekolah itu jauh lebih enak dibanding kehidupan setelahnya.

Gue yang baru lulus suka berpikir, andai aja masa sekolah bisa diulang lagi... ya gue, bolos lagi lah, terus tobat lagi.

0 komentar:

Posting Komentar