Kamis, 29 November 2018

Guru Ku Pahlawan Ku

Semua guru adalah pahlawan! Untuk memperingati hari guru, maka gue mau nyeritaiin kisah gue sama seorang guru di SMA. Kenapa satu aja? Karena ini yang paling berkesan, paling gue inget, dan tentunya gue gak mau post ini selesai dibaca dua hari karena kepanjangan. Maka dari itu gue mau nulis, kisah gue dengan seorang guru yang banyak mengubah hidup kedepannya.

Kisah ini dimulai ketika gue masuk sma. Masuk di sma yang aturannya ketat bukanlah hal yang gue inginkan. Semua gara-gara ikutan temen smp. Akhirnya gue malah masuk ke sma yang punya aturan disiplin. Berbanding terbalik dengan gue yang punya aturan disiplin, dalam membuat jadwal bolos.

Gue paling males sama yang namanya olahraga. Waktu smp dulu jadwal olahraga tiap siang, jelas gue males. Udah pulang ke rumah, balik ke sekolah lagi itu hal yang berat. Seakan tiap mau berangkat itu ada aja kendalanya. Mulai dari pusing, ngantuk, dan masih ada minggu depan. Jadi tiap kali mau olahraga gak jadi, karena masih ada minggu depan. Gitu aja terus sampai akhir semester.

Apalagi dulu walau gak pernah dateng, nilainya dapet 82. Dengan motivasi yang sesat kayak gitu, gue mempertahankan kebiasaan bolos. Siapa tau gurunya baik, gurunya sama, atau nilainya dapet lebih lagi.

Mimpi indah gue, gak sesuai kenyataan. Bukannya dapet guru yang baik, malah dapet yamg tegas. Dari penampilannya aja bisa ditebak, guru begini udah berpengalaman puluhan tahun mengatasi murid pembolos.

foto saat kelulusan


Kali ini di Sma jadwal olahraganya gak sesuai lagi, gak sesuai dengan jam bangun gue. Yang biasanya bangun jam 7, mesti bangun jam setengah enam pagi. Selalu telat bangun, makanya gak berani dateng. Kalo pun nekat dateng, nyampe di sana gue baru mau olahraga, yang lain udah pada doa pulang.

Gak heran, semester pertama udah nyari masalah sama guru olahraga. Kadang pas pelajarannya, murid yang bermasalah bolos, suka dipanggil maju ke depan. Dipertontonkan pada khalayak ramai. Untungnya gue gak sendirian, ada 4 orang lebih yang kena hukum. Anehnya, ada rasa bangga bisa berdiri di tengah-tengah temen.

Dan dari semuanya yang dipanggil maju ke depan, cuma gue yang pada akhirnya selamat. Sisanya dikeluarin dari sekolah. Saking parahnya gue, guru olahraga gue waktu itu sampai manggil orang tua gue ke sekolah. Gak lupa juga dia ngasih point olahraga sebanyak 40, yang tadinya jumlah point gue 35, jadi 75. Sisa 25 lagi buat gue dikeluarin dari sekolah. Dengan sisa point segitu, gue harus bertahan hidup sampai kenaikan kelas biar pointnya reset.

Pas di ruangan BK, banyak hal yang guru gue bicarakan dengan orang tua gue. Terutama masalah olahraga. Beliau banyak ngasih nasehat ke gue, biar cepet tobat. Juga membanggakan dirinya, yang udah tua tapi istirahatnya bentar, karena banyak kegiatan. Sesekali ngelawak, gue ketawa aja, takut kena point 40 lagi.

Selesai dibimbing dan dinasehati, timbul niat untuk berubah. Tugas yang beliau kasi, gue kerjain tepat waktu. Gue harus jadi pribadi yang lebih baik lagi! Semester dua olahraga gue, sama aja kacaunya.

Selain olahraga, gue juga males sama pramuka. Entah kenapa kegiatan semacam ini bisa jadi kegiatan yang wajib diikutin oleh semua murid. Padahal smp, sd, gak ada pemaksaan begini. Mungkin karena sepi yang minat. Pramuka diadakan dua minggu sekali, setiap hari sabtu jam 4 sore. Jelas, gak sesuai dengan jam tidur gue.

Biasanya jam 4 sore gue masih tidur siang. Gue pun bolos, juga gak suka sama kegiatannya yang menurut gue hanya kepakai kalo gue berniat tinggal di tengah hutan.

Yang bikin gue kaget, pembina tertinggi pramukanya ternyata guru olahraga gue. Jadi gue, bermasalah di dua bidang dengan orang yang sama. Inget banget gue kembali dipanggil ke lapangan, karena masalah pramuka. Ternyata banyak juga yang bermasalah. Apa ada juga yang bermasalah di dua bidang dengan orang yang sama kayak gue?

Untungnya cuma dijemur, gak ada pemanggilan orang tua lagi. Mungkin sebenernya ada, tapi gue gak dipanggil lagi, karena capek nasehatin orang yang sama. Belum lagi jangka waktunya berdekatan.

Pas kelas 11 gue bisa sedikit lega, yang ngajar olahraga beda orang. Tapi masih ada sedikit ketakutan, kalo gue bolos lagi, bisa dilaporin nih. Siapa tau gue masih dipantau sama guru olahraga yang lama. Gue bertekad untuk berubah, bolosnya lebih tersembunyi lagi.

Kalo mau ngumpul tugas perbaikan nilai, pasti gue ngeliat situasi dulu. Memastikan guru olahraga gue yang dulu enggak ada di Kantor. Bahaya kalo sampai ketauan, bisa saling curhat sama guru olahraga yang sekarang soal gue.

Pramuka masih sama parahnya, gak ada perbedaan. Semakin terjadi peningkatan, frekuensi bolosnya. Dimulai dari gak ngambil nilai senam, gak kemah, bahkan gak nyusul kemahnya. Gue yakin, setiap rapat pramuka pasti gue dimention mulu.

Tiba saatnya ketika gue dipanggil ke kantor bersama temen gue, katanya sih masalah pramuka. Di sana gue menghadap dua petinggi pramuka. Guru pembina yang cewek, cuma nanya kenapa gue jarang pramuka. Kayak gak bisa marah gitu. Yang lagi satu, guru olahraga gue, marah. Dia bilang, 'Kalian masih murid harapan? Apa kalian pikir sekolah ini punya nenek moyang kalian?'

Padahal temen gue selalu pramuka, cuma dia gak kemah aja. Sementara gue udah gak pernah pramuka, gak kemah juga. Dan, yang lebih dimarah temen gue. Sementara gue lebih banyak diem, nontonin temen gue kena marah.

Proses kenaikan kelas gue menuju kelas 12 ternyata rumit. Terjadi perdebatan panas menentukan gue naik atau enggak. Wali kelas gue sendiri bilang kalo ada guru pramuka yang ngamuk pas debat. Di sisi lain, guru olahraga gue yang lama sekaligus pembina pramuka, bilang kalo dia ngebela gue, ngebantu biar bisa naik kelas. So, siapa yang benar?

Masuk kelas 12 hidup gue jauh lebih tenang. Udah gak ada lagi pramuka, guru olahraganya santai, gak bakal berurusan sama guru olahraga lama. Menjalani hari tersisa di SMA sambil berharap enggak berbuat masalah di hari senin.

Soalnya guru olahraga gue yang lama, dapet jadwal piket hari senin. Bahaya kalo sampai telat, bisa panjang urusannya. Sampai suatu hari gue kesiangan bangun. Lalu tetep nekat sekolah, demi gebetan, bukan pelajaran. Gue lega karena telat bukan pas hari senin. Dengan santai gue menuju meja piket, sebelumnya udah nyiapin alasan yang mengharukan.

Sesampai di meja piket, nasib gue yang mengharukan. Sebelah guru piket, ada guru olahraga gue yang lama. Entah kenapa beliau bisa ada di sana, padahal bukan jadwalnya. Mungkin bener, dia terlalu sibuk jarang istirahat, karena ngambil jadwal yang bukan jadwalnya. Otomatis hari itu jadi salah satu hari terburuk dalam hidup gue.

Apa pun alasannya, semua dianggap males. Secara frontal marahin gue. Ada beberapa kata yang masih gue inget. 'Anak ini malas! Nyakitin hati!', lalu, 'Anak ini gak berubah-berubah!', lalu, 'Nanti nilainya pak sapu!'

Gue diem pasrah. Ketika gue mau minta tanda tangan surat ijin masuk kelas, dia menolak. 'Saya tidak mau! Pak sama kamu musuhan!' Endingnya, orang tua gue disuruh menghadap lagi. Semua ternyata karena masalah pramuka, masalah kemah yang lalu. Gue dapet tugas buat makalah dan wawancara.

Setelah selesai, gue bisa tenang. Gak ada lagi berurusan sama guru olahraga. Menikmati hari-hari sebelum lulus. Semester dua, gue dapet kabar buruk. Gue harus kembali berurusan dengan guru olahraga lama, untuk memperbaiki nilai raport. Sayangnya, minta perbaikan nilainya terbilang telat jauh. Semua pada sibuk dari kelas 11, kelas 12 semester 1, gue 2 bulan mendekati lulus. Jelas, tambah keliatan malesnya, seolah gak ada perubahan dari dulu.

Minta perbaikan nilai pun sulit. Awalnya gak dikasi, dianggep telat, dan ngomongin gue ke guru lainnya. Keliatannya kayak udah kesel banget sama gue, gak percaya lagi. Akhirnya setelah memohon, dia pun ngasih, untuk semester duanya dia gak bisa bantu. Setelah tugas selesai, baru deh gue gak ada urusan lagi. Bisa hidup tenang.

Hari kelulusan hampir tiba. Saat itu gue merasa kalo apa yang selama ini gue lakuin, keterlaluan banget. Ngerasa banyak salah sama guru-guru, terutama guru olahraga sekaligus pramuka.

Ketika hari perayaan kelulusan tiba, gue menyempatkan diri untuk nyamperin guru olahraga. Lalu minta maaf atas kesalahan dulu, sekalian ngajak foto buat kenangan nanti. Kisah klasik untuk masa depan. Beliau bilang, kalo gue harus berubah, biar gak hancur nantinya. Pesan singkat itu, selalu gue inget sampai sekarang.

Foto yang tadi dicrop. Gak punya foto beliau yang lain.


Gue dulu ngerasa kesel karena guru terlalu disiplin, gak ada santainya. Padahal sebenernya disiplin itu yang bagus. Kedepannya gue berencana untuk memperbaiki diri, berusaha untuk jadi orang yang sukses. Gue yakin, ketika guru gue ngeliat gue sukses, pasti bangga. Yang dulunya meragukan, bisa jadi yang terbaik. Sekarang tinggal pembuktian.

Gue belajar banyak dari guru olahraga gue ini, mulai dari gimana caranya gak kenal lelah. Kegiatan banyak, tapi tetap kuat dan sehat. Lalu belajar kerajinannya, yang selalu dateng tepat waktu, rajin ngajar. Semoga gue bisa mencontohnya.

Kepada semua guru yang telah mengajar gue, terkhusus untuk guru olahraga, terima kasih!













0 komentar:

Posting Komentar