Minggu, 25 November 2018

Ketika Nilai Sekolah Jelek

Bolos membunuhmu perlahan. Mungkin itu kata-kata yang pas buat gue, yang sering bolos, kemudian banyak masalah. Jadi ini lanjutan post kemarin yang Jangan jadi murid suka bolos . Setelah bolos sesuka hati, barulah gue susah sendiri. Tiap gak masuk, pasti ada aja pelajaran hari itu yang ngambil nilai. Pas mau nyusul, eh gak masuk lagi.




Gak heran pas kelas 11 semester dua, banyak cobaan yang menimpa gue. Mulai dari pelajaran bahasa bali, waktu itu dua kali pengambilan nilai tembang atau menyanyikan lagu bali. Jadi disuruh nyanyi sesuai dengan contoh suara guru gue yang direkam. Dan gue gak ngambil kedua nilai. Mau nyusul juga takut, soalnya gue bakal sendirian nyanyi di depan kelas. Suara gue juga aneh, takutnya berbahaya buat bayi yang dikandung guru gue. Jadi, tiap kali pelajaran bahasa bali, gue yang duduk paling belakang bakal nunduk, memasang muka memelas. Harapannya biar gak dipanggil buat maju.

Lalu pelajaran bahasa inggris pas ngambil nilai storytelling. Di mana setiap murid bakal satu persatu maju ke depan, lalu disuruh nyeritain cerita sambil diperagakan dengan propertinya. Misalnya ada temen yang nyeritain cerita kelinci dan kura-kura, maka dia bakal beradegan menjadi keduanya, ditambah memakai properti. Jelas, ini memalukan. Untungnya gue dipanggil paling akhir. Ketika giliran maju, gue gak sekolah. Pas nyusul, gak sekolah juga. Kesempatan terakhir nyusul, gue kecelakaan.

Akhirnya guru gue ngasi kesempatan terakhir buat ngambil nilai, gue sedikit lega. Sampai akhirnya dia bilang kalo gue harus storytelling di kantor guru. Sontak gue syok, tampil di kelas aja udah serem, apalagi tampil di depan banyak guru. Biar gak malu, gue harus nyari cerita yang gak begitu banyak geraknya. Ngebayangin nyeritaiin cerita kelinci dan kura-kura, loncat-loncat jadi kelinci di ruangan guru pasti rasanya mengerikan. Sekian lama nyari cerita, nemulah cerita yang gak terlalu memalukan buat ditampilkan di kantor.

Hari ketika gue harus tampil, perlengkapan semua udah oke, mental udah oke, yang jadi masalah pas ke kantor itu ada guru yang bermasalah sama gue lagi ngumpul. Mulai dari guru olahraga, bahasa bali, pembina pramuka, masih banyak lagi. Gue jadi semacam kuda nil yang mandi di sungai penuh buaya. Untungnya guru bahasa inggris gue gak ada di kantor, selamat. Pas gue keluar kantor, arah kiri gue ada guru bahasa inggris lagi duduk di meja penerimaan siswa baru. Seketika gue takut, jangan-jangan gue disuruh tampil di depan calon murid baru? Semacam penyambutan selamat datang. Hari itu gue mengurungkan niat untuk tampil. Demi keselamatan harga diri.

Besoknya, pas gue nyari guru bahasa inggris, taunya enggak masuk. Resmi gue gak dapet nilai praktek. Saat yang bersamaan, masalah olahraga juga dateng. Untungnya gue punya temen yang bermasalah juga. Kami disuruh untuk bikin video latihan renang. Karena kami berdua gak bisa renang, jadilah kami cuma renang di pinggir kolam, pegangan pinggiran sambil melatih kaki biar bisa ngambang. Setelah selesai ngerekam, ada problem lagi. Kuota gue dikit, sementara kedua videonya ukurannya bisa 1 gb. Otak gue berputar, memikirkan solusi. Gue pun mengurangi kualitas videonya, dari 720p, jadi 240 p buat gue, sedangkan temen gue jadi 120p. Dari yang ukurannya 1 gb, berubah jadi 18 mb. Pas gue tonton, gambarnya burem, suaranya kresek kresek. Gue kirim tuh video ke guru olahraga gue.

Saking banyaknya nilai yang belum tuntas semester itu, bikin gue paranoid sendiri. Takut gak naik kelas. Bahkan gue sampai pamitan sama temen-temen gue, muterin sekolah, melukin satpam.  Ternyata gue naik, walau proses pengambilan keputusannya penuh debat panas. Untuk menebus kesalahan, gue pun bertekad untuk ikut susulan kemah. Sehari sebelum hari h, temen gue yang waktu itu bermasalah olahraga, sekarang pramuka, bilang kalo dia gak mau nyusul. Oke sip, yaudah. Biarin aja. Gue gak jadi nyusul kemah.

Semenjak kelas 12, hidup gue jauh lebih tenang karena makin jarang bolos. Damai, aman, tentram. Sampai akhirnya dateng masalah, terjadi akibat gue gak nyusul kemah. Untungnya temen yang mempengaruhi gue waktu itu ikutan kena juga. Jadinya kami berdua harus bikin makalah, yang gak bisa copy paste dari internet. Soalnya mesti wawancara dua tempat. Demi menebus kesalahan, mempertanggung jawabkan, jadi kami tiap pulang sekolah rela bolos kegiatan pemantapan persiapan ujian nasional demi nyelesein tugas makalah ini. Bolos yang terselubung.



Memasuki semester dua, mulailah masa di mana mulai persiapan untuk kuliah. Banyak temen gue yang mondar-mandir kantor guru buat perbaiki nilai raport yang gak tuntas. Biar bisa masuk universitas, atau lolos snmptn. Kasian sekali mereka. Pas gue meriksa raport, gue malah kasian sama diri sendiri. Biasanya temen gak tuntas satu sampai dua pelajaran, gue lima. Tertera jelas di raport olahraga kelas 10 sikap K, kelas 12 sokap K, kegiatan pramuka K. Dengan nilai kayak gini, pasti gue bakal diusir dari kampus mana pun.



Demi bisa ngampus, maka gue harus perbaiki nilai. Dimulai dari yang paling susah dulu, guru olahraga. Apa pun yang terjadi, terjadilah. Pas gue samperin, awalnya guru gue nolak. Karena gue terlalu sering buat masalah, seperti pramuka dan olahraga. Berkat memohon, guru gue pun luluh, sayangnya dia cuma bisa perbaiki nilai olahraga semester satu gue yang K, sementara semester dua yang dapet C enggak bisa.

Tugasnya pun simpel, buat makalah. Yang jadi masalah, buku buat pendukung materi susah nyarinya, sekali nemu itu pun harganya 95 ribu. Sakit ngeliat harga bukunya, nambah sakit lagi tau kalo bukunya habis dibeli bakal dikumpul ke guru dan gak dikembaliin. Anggep aja gue ngeluarin duit 100 ribu buat perbaiki nilai.





Setelah selesai, ternyata nilai olahraga kelas 12 juga gak tuntas. Jadi kalo mau nyari gurunya di kantor, gue harus memastikan kalo guru olahraga kelas 10 dan 11 enggak ada. Bermasalah dengan tiga guru olahraga adalah hal yang aneh. Ternyata tugasnya simpel, cuma bikin makalah. Tentunya gak beli buku sampai 90 ribu lagi, tinggal copas dari internet.



Yang paling susah, perbaiki nilai matematika. Kalo dikasih tugas, gue gak ngerti sama sekali. Mau nanya sama temen enggak ada yang ngerti, nanya yang pinter, orangnya pelit. Ada temen yang senasib kayak gue, dianya goblok. Yang gue lakukan? Ngawur. Jadi gue sama temen yang senasib saling bagi tugas, ngerjain nomer sekian, lalu saling contek. Memang gotong royong bikin semua jadi ringan. Tapi masalahnya, jawabannya ngawur semua. Saling contek, saling berbagi jawaban ngawur.



Belum lagi gue harus berurusan sama guru bahasa bali. Karena di raport, nilai gue gak tuntas. Nilai minimal 75, dapetnya malah 74. Entah emang nilai gue yang bermasalah, atau gurunya salah ngetik. Yang jelas kurang satu angka, bisa mengubah masa depan gue. Lalu gue nyari guru ini, yang dulu pernah ngajar gue, yang gue gak ngambil nilai nyanyi dua kali. Dia gak mengingat nama, muka, dan dosa gue dulu. Dia ngasih tugas buat nerjemahin teks cerita jadi tulisan aksara Bali. Gampang.

Semua bisa diselesaikan lewat translate. Sekarang kan udah canggih! Pas gue nyoba translate, aksaranya kayak gak pernah gue liat. Entah jenis aksara apa, yang jelas gue salin aja. Hasilnya, sukses gak bisa dibaca. Saking buruknya kemampuan gue dalam menulis aksara Bali. Ada keraguan buat ngumpul tugas ini, akhirnya gue mikir cara lain. Minta temen buatin? Gak ada yang mau. Yang pinter biasanya pelit, apalagi bentar lagi snmptn, pasti gak mau ada saingan. Minta buatin temen yang bermasalah matematika tadi? Takutnya malah lebih ngawur lagi. Nulis aksara malah jadi huruf pallawa.

Terakhir, mau gak mau gue minta perbaikan nilai agama di raport. Terutama sikapnya yang c, padahal nilainya tuntas. Tugasnya simpel, ada 3 pertanyaan yang harus gue jawab dengan jujur. Butuh waktu beberapa jam aja buat ngelarin nih tugas, dan butuh waktu berhari-hari buat ganti nilainya. Karena gurunya sering gak ada di sekolah! Gue jawabnya seakan curhat, membandingkan nih guru agama sama guru agama gue yang sekarang. Secara jujur, bilang kalo guru agama yang sekarang lebih santai, bisa ribut, dan gak penyabar. Beda sama yang dulu.



Bolos bikin gue nyesel, banyak nilai yang gak tuntas. Emang sih bisa diperbaiki, tapi repot aja gitu. Temen pada santai, gue sibuk sendiri. Dulu ngeliat kakak kelas datengin guru yang ngajar di kelas gue, yang ada di pikiran gue, 'Suram nih orang!' Sekarang gue yang ngerasain gitu.

Pada akhirnya ada dua nilai yang belum gue perbaiki. Olahraga dan bahasa bali. Kalo olahraga memang gurunya yang gak mau. Bahasa bali? Gue malu buat ngumpul tugas ngawur, takutnya juga dia inget dosa lama gue dulu. Disuruh nyanyi buat nyusul nilai di kantor adalah hal yang mengerikan. Semua huruf yang gue tulis, pada gede banget. Seolah gue lagi kesel, semacam capslock.


Pada akhirnya bolos gak memberi gue manfaat apa pun. Paling enaknya bisa tidur di rumah, gak ketemu pelajaran yang nyebelin, dan terbebas dari tugas. Gara-gara nilai banyak yang standar, jadinya gue gak bisa lolos jalur snmptn. Kerja dengan nilai standar pun mungkin entah bakal jadi apa.

Gue cuma ngasih tau aja, bolos itu dampak kedepannya buruk. Bakal kebawa terus. Gue bisa nulis dan ngasih tau kayak gini karena... lagi gak ada kegiatan. Kalo nantinya ada, ya lanjut. Bolosnya.






0 komentar:

Posting Komentar