Sabtu, 13 Oktober 2018

Pengguna Instagram Yang Aneh

Gue ngerasa banyak yang aneh sama Instagram. Terutama dengan pengguna-penggunanya yang menurut gue bermacam-macam jenisnya. Ada yang pake instagram buat sosialisasi, ada yang buat pamer, bahkan ada yang buat nyari pacar. Dan itu gue. Selain itu menurut gue ada yang pake instagram, tapi gak ngerti sama fiturnya. Lalu ada yang emang udah expert banget, yang menurut gue malah keliatan freak.

Bisa dibilang gue telat main instagram. Ketika dulu temen smp udah pada mainan instagram, gue masih sibuk nyebarin broadcast hoax di bbm. Gue juga waktu itu gak suka fotoan. Sampai sekarang pun sebenernya masih enggak suka. Semua foto yang ada di akun instagram gue adalah hasil kerja keras ngedit setengah mati biar hasilnya bagus. Walaupun udah diedit, orang yang ngeliat masih bilang dalam hatinya, "Ini monster apa lagi?"

Alasan gue buat instagram sebenernya karena gue penasaran sama aktifitas temen gue, dan tentunya aktifitas gebetan gue. Berkat buat akun instagram gue jadi tau sebuah fakta, dia gak bales chat tapi online instagram. Mungkin dia gak ada uang, jadi paketan instagram doang. Selain itu, gue juga suka ngestalk orang-orang di Instagram. Gue jadi tau jenis-jenis mahkluk penghuni instagram.



Yang paling sering gue liat, orang yang punya first account dan second account. Awalnya gue gak tau apa kegunaannya. Mungkin buat jaga-jaga kalo akun utama kena hack, error, dijual. Pas gue perhatiin, lama-lama kok ada yang aneh. First account itu fotonya yang bagus semua, keliatan alim, dan postnya gak banyak amat. Normal-normal aja. Giliran akun kedua, foto sesuka hati, ngepost juga banyak-banyak. Brutal dan liar. Jadi first account itu gunanya buat pencitraan ke orang-orang, sementara second account buat nunjukkin siapa dirinya yang sesungguhnya. Semacam bermuka dua. Biasanya juga second account dipake buat ngomentarin yang aneh-aneh di foto temennya. Ada beberapa temen gue yang punya second account. Tiap ketemu mereka, bawaannya gue selalu pengen nanya, "Ini diri lo yang first atau yang second?"

Selain itu gue ngerasa aneh sama orang yang pake instagram, tapi gak ngerti fitur-fiturnya. Waktu itu salah satu temen gue pernah ngeposting banyak foto yang sama, tapi tiap postnya itu gayanya beda. Padahal Instagram nyediaiin fitur bisa ngupload 10 foto atau video dalam satu post. Sementara temen gue ini ngupload fotonya satu persatu pada hari yang sama. Karena jumlah follower gue dikit, pas gue buka instagram, tiap ngescroll semua penuh foto dia. Awalnya gue mikir, jangan-jangan instagram gue error? Jangan-jangan akun instagram gue kena hack? Atau yang paling ekstrim, jangan-jangan instagram diambil alih sama temen gue?

Emang sih itu hak dia buat ngupload sesuka hati, kan dia yang punya akun. Tapi, lama-lama kesel juga sih instagram penuh foto dia. Pengen blokir, tapi gue baru inget, follower gue dikit. Gue gak mau kehilangan satu likes di foto gue.

Lalu ada pengguna yang gak kalah nyebelin, yang biasanya suka pamer, terutama dalam pacaran. Tiap bikin instastory, selalu sama pacar. Ada yang foto pacarnya pas lagi gak sadar, ada yang keliatan tangannya doang saling genggaman, ada yang foto berdua, yang paling ekstrim tiduran bareng di kasur. Biasanya mereka bakal buat highlight khusus yang berisi tentang mereka berdua. Jumlahnya bejibun, sampai titik-titik, ketika putus semua hilang. Pas balikan, semua muncul lagi. Pas putus hilang lagi, gitu terus siklusnya.

Ada juga yang pacaran saling naruh link profil pasangannya di bio masing-masing. Yang kalo diartikan berarti 'Ini punya gue goblok!' Menurut gue malah bagus, jadi bisa tau mana aja orang yang udah punya atau enggak. Kadang ada yang menjebak orang, sengaja gak masang, gak pamer pasangan di Instagram, keliatan gak punya pacar. Taunya aslinya udah punya, bahkan udah sering tidur bareng. Nice trap.

Yang paling ngeselin menurut gue, temen yang enggak ngefollow balik. Kalo gak kenal, ya wajarlah enggak difollow balik. Tapi ini temen yang sering ketemu tiap hari. Entah ada dendam apa ke gue, apa susahnya mencet follow back sih? Pernah ada temen gue yang kampret, udah di message, comment di statusnya, masih juga engga follow balik. Padahal dia sadar kalo itu gue, temennya sendiri. Saking keselnya gue kepengen buat ratusan akun palsu buat report akun dia biar kehapus. Pas gue coba ternyata ribet, jauh lebih ngeselin dibanding temen gue ini. Gue malah jadi pengen ngereport Instragram.

Ada juga yang gak kalah nyebelin, orang yang udah ngefollow kita, taunya ngeunfollow tiba-tiba. Mungkin orang kayak gini pengen keliatan kayak artis, yang followernya jauh lebih banyak dibanding followingnya. Itu bego banget. Artis sibuk bikin karya, sementara orang-orang gini sibuk ngeunfollow orang lain. Kalo mau jadi artis ya berkarya, bukan ngeunfollow orang. Yang aneh juga ada, belum follow tapi minta difollow. Gue gak ngerti sama orang-orang semacam ini.

Instagram juga menjadi tempat buat orang pamer makanan. Biasanya sampai dibuat higlight yang judulnya 'foodgasm' lalu 'foodism' dan entah apa lagi. Gue sih gak ada masalah, malah seneng aja ngeliat foto-foto makanan yang keliatannya enak, mewah, dan tentunya enggak bisa gue beli. Tapi gue heran aja, soalnya gue gak pernah ngeliat orang pamerin kalo dia lagi makan di warteg, warung pinggir jalan. Selalu aja di tempat yang mewah, yang nama makanannya udah kayak dari planet lain.

Gue paling males sama yang namanya stalker. Walaupun akun instagram gue gak jelas, tetep aja pernah ada seorang stalker yang tiba-tiba ngelike foto gue. Yakin, pasti dia langsung panik karena gak sengaja ngelike foto gue. Dan gue yakin, dia pasti nyesel karena salah ngestalk orang semacam gue. Lalu dia meninggalkan profesi stalkernya itu.

Heran aja, apa sih yang mau distalk dari gue? Atau emang gak sengaja nyasar di profile gue? Yang jelas orang semacam ini gak punya kerjaan banget, cupu karena ngumpet di akun palsu. Besoknya gue ikutan. Ternyata ngestalk itu asik, bisa tau banyak hal, bisa bikin pinter. Dan juga gak bakal ketauan orang yang gue stalk.  Kecuali gue blunder, akun palsunya pake foto asli gue. Stalking pun udah jadi pekerjaan gue sehari-hari. Andai aja stalking itu dibayar, mungkin gue udah jadi orang kaya. Karena begitu giatnya usaha gue.

Salah satu temen gue ada yang sering buat banyak instastory sampai titik-titik kecil. Isinya memang gak penting, cuma ngabisin kuota doang. Tapi dia cewek, jadi bisa dimaafkan. Malah gue berkata dalam hati, "Yah dikit amat. Buat lagi dong." Padahal 10 lebih Instastory.

InstaStory yang menurut gue norak itu biasanya yang backgroundnya hitam, lalu ada musik yang terdengar. Biasanya musik-musik galau, atau yang lagi jatuh cinta. Kenapa norak? Soalnya tiap gue nemu instastory kayak gitu, gue jadi ikutan galau. Cuma sebuah InstaStory, tapi bisa mempengaruhi diri gue. Itu bahaya banget sebenarnya. Pesan gue buat pengguna Instagram, kalo mau galau di InstaStory dengan cara kayak gitu, pastikan teman kalian bukan orang yang jenisnya rentan galau.

Sekarang udah 8 bulan gue aktif di instagram, tapi gue baru punya satu post foto. Gue ngerasa itu foto terbaik yang pernah gue miliki. Sampai sekarang masih belum nemu foto yang bagus buat diupload. Masih perlu belajar banyak ngedit foto. Biar filternya bervariasi. Gue bersyukur setidaknya di foto gue gak ada watermark aplikasi edit tertentu. Kan biasanya ada tuh orang yang ngupload foto, tapi watermark aplikasinya masih keliatan di fotonya.

Gue seneng aja punya instagram, jadi gue bisa tau aktifktas temen gue sehari-hari. Sekarang juga semua apa-apa serba diupload ke Instagram. Misalnya tugas kampus, promo, atau hal lain. Yang gak kalah penting gue jadi bisa tau apa yang gebetan gue lakuin di sosial media. Tiap dia gak bales chat, gue ngecheck instagram, ternyata lagi online. Pas gue direct message, tetep gak dibales. Kadang bingung aja sama orang semacam ini, online Instagram tapi gak liat direct message yang masuk. Gue berusaha berpikiran postif, mungkin aplikasi instagram di hapenya gak nyediain fitur direct message.

Selanjutnya gue mau pelajarin lagi fitur-fitur di Instagram. Soalnya temen gue tiap update instastory keliatan keren, pake fitur yang beda-beda. Gue gak ngerti sama sekali soal begituan. Misalnya fitur boomerang, entah tiap temen ngajak boomerang bareng, gue selalu diem ketinggalan. Temen pada gerak, gue diem kaku dengan tampang bodoh.

Dulu tiap gue bikin InstaStory pasti cuma foto doang. Karena itu yang paling simpel dan gak ribet. Lalu gue mencoba update InstaStory berbentuk video, tapi gue bingung pake fitur yang mana. Akhirnya gue nyoba fitur rewind. Dan gue berhasil ngupload InstaStory video waktu itu. Lalu gue pengen buat lagi, kali ini pas gue sama sodara lagi ngobrol-ngobrol. Abis itu gue tonton video yang gue rekam, kok ada yang aneh? Videonya normal-normal aja, tapi suara ngomongnya udah kayak monster, lebih serem dari sensor suara pelaku kejahatan di investigasi.

Otomatis gue panik setengah mati. Gue menduga hape gue rusak, tiap dicoba lagi suaranya masih sama, suara gak jelas gitu. Gue bahkan ngasi tau ke temen kalo hape gue mungkin rusak. Lalu gue mencoba solusi atas permasalahan ini, jawaban yang gue dapatkan ternyata gue salah pake fitur. Seharusnya kalo ngerekam biasa, jangan pake fitur rewind. Pantes aja ada yang gak beres.

Saat gue tau semua itu, gue diem aja. Lalu gue mikir, 'Ternyata gue lebih aneh dari pengguna Instagram lainnya.'








0 komentar:

Posting Komentar