Selasa, 03 April 2018

Bangga Punya Progress

Gue percaya setiap orang pasti akan berusaha untuk menciptakan progress dalam hidup mereka. Itulah yang gue lakukan sekarang.

Belakangan ini gue lagi nulis cerita baru yang lumayan panjang. Gue menargetkan 200 halaman lebih. Gue juga berharap bisa selesai dalam waktu seminggu. Gila, sih, berarti sepanjang hari gue harus nulis.  Dari pagi sampai pagi. Berarti siklus hidup gue bakal jadi gak normal. Mandi? Motong waktu. Makan? Buang waktu beberapa menit. Kalau dipake nulis bisa dapet beberapa paragraf. Pup? Bisa di kamar mandi sambil nulis.

Yah... itu rencana gue. Kenyataannya berbeda dari rencana. Beberapa menit gue nulis... cuma dapet beberapa paragraf. Istirahat bentar main game, eh ketagihan. Selesai main, nulis lagi, eh ada pesan masuk. Gue balesin terus, gak jadi nulis. Pas gak ada gangguan, eh gue ngantuk. Tidur dulu, abis itu baru nulis. Selesai bangun, mau nulis, eh temen ngajak main game. Yaudah gue main. Akhirnya sehari gue cuma bisa nulis selama 10 menit, dan baru dapet 5 kalimat.

Cerita yang ditargetkan seminggu 200 
halaman pun baru jadi 30 halaman.

Pas lagi iseng-iseng bongkar file-file word di hape, gue menemukan banyak cerita yang gue tulis, tapi gak selesai. Ada yang baru tiga halaman, udah gak gue lanjutin. Ada yang udah banyak halaman, tapi abis itu gue gak tau apa kelanjutannya. Ada yang baru gue baca lagi, gila, sampah banget.
Saking banyaknya dokumen word di hape, satu persatu gue periksa. Inilah semuanya:



Gambar di atas ini cerita yang entah kenapa gue bisa niat banget nulis sampe udah 20 halaman lebih. Saking niatnya sampai gue minta pendapat temen cewek yang emang hobi membaca. Gue ngeprint sebanyak 20 halaman, seharga 10 ribu, gue kasih ke dia, biar dikomentarin. Kemudian dia bilang, "Kamu harus banyak baca novel lagi. Mau aku pinjemin?" Abis mendengar komentarnya, gue sadar, dia gak enak untuk bilang tulisan gue sampah.

Abis itu gue gak pernah minta pendapat dia lagi, lost contact. Dan, gak enaknya, uang gue gak diganti.

Entah apa yang ada di pikiran gue waktu itu bisa nulis cerita sihir-sihir. Cerita yang gue buat malahan jadi kayak ngejiplak Harry Potter secara halus.

Cerita gue yang absurd

Itu cerita tentang... Ah gak tau. Kayaknya tiga orang cowok menyimpang yang main di hutan.

Cerita absurd ketiga

Ini juga cerita apaaan ya? Gue lupa. Kalo diinget-inget ini, adik-kakak kandung yang terjebak zona adik-kakak.

Cerita absurd yang gagal

Ini... cerita yang mau gue selesein. Tapi, ah, ada cerita ide lain lebih bagus.

Add caption

Yang di atas sih, astaga. Salah upload. Kalo gak salah ini waktu dulu gue masih sering galau semasa SMP. Karena gak punya temen curhat, dan gak punya temen juga, jadinya hanya microsoft word yang jadi tempat pelampiasan gue. Gue masih ingat dokumen ini sampai gue kasih password, gue lindungi dengan ketat, demi tidak ketahuan bokap yang sering utak-atik komputer.




Dokumen word di atas mungkin isinya terlalu memalukan. Itu kata-kata yang gue sengaja tulis, buat nembak cewek. Bukan buat gue hapalin, terus ngungkapin secara langsung. Gue gak mau ribet. Jadi gue tulis, terus copy, kirim ke dia. Selesai. Hasilnya gue ditolak. Gak ribet. Dari jam 2 pagi gue mengetik kalimat demi kalimat sampai jam 4 pagi. Pas gue kirim, langsung gue tidur. Besoknya gue bangun, kena tolak.

Nah, berhubung banyaknya tulisan yang udah gue buat. Gue pengen bener-bener serius untuk nulis sampai selesai. Dari semua tulisan yang udah gue buat, memang gak sempurna. Setidaknya gue ngerasa gaya nulis gue jadi beda.

Gue makin serius untuk nulis, maka gue kepikiran untuk membuat cerita yang terdiri dari 10 bab lebih. Semua berisi tentang pengalaman-pengalaman gue dari SD, SMP, sampai sekarang SMA.


Empat belas bab di atas semua berdasarkan pengalaman gue. Ada temen yang gue usir karena gak mau nurut, ada kisah gue berantem pake gaya kera, ada kisah gue dibilang bencong, ada cerita temen gue yang mau pdkt tapi cuma berani ngumpet di motor. Dan masih banyak lagi. Gue berharap apa yang gue tulis bisa menghibur banyak orang.


Gambar di atas salah satu contoh tulisan di bab Pemuda Pemuja Paha Jejepangan.

Total, sekarang udah hampir 40 halaman. Semoga aja cepet selesai. Mungkin gak akan gue jual, just for fun aja.

Oke deh itu aja yang mau gue tulis. Gak jelas, sih. Gak penting juga. Oke see u next time!

0 komentar:

Posting Komentar