Jumat, 02 November 2018

Gagal SBMPTN, Hidup Berantakan?

Masuk universitas negeri itu perlu perjuangan keras. Awalnya pas kelas 12, banyak temen gue yang berniat masuk universitas negeri. Banyak dari mereka yang mulai mempersiapkan diri jauh hari sebelum test masuk universitas negeri dimulai. Sementara gue masih bingung mau kuliah di mana, universitasnya apa. Banyak temen gue yang beli kaset berisi soal-soal test masuk, lalu beli buku tebal yang isinya pembahasan soal dan materi buat persiapan test masuk universitas negeri. Pertanyaan gue waktu itu, emangnya lo kuat baca buku setebal itu? Yang paling aneh, ada temen gue yang selama ini gak pernah belajar, jadi tiba-tiba beli buku begituan karena mau lolos test. Gue kan jadi curiga, mau lolos test atau cuma mau keliatan rajin dan pinter?



Menjelang kelulusan juga banyak yang mengisi hari untuk ikut try out, nyari beasiswa, nyari alasan kalo ditanya mau kuliah di mana. Itu gue. Soalnya butuh waktu sekian lama untuk mikirin mau ngambil jurusan apa, kampusnya di mana. Kalo sampai salah jurusan itu bakal mengerikan, rugi uang rugi waktu. Kadang jurusan udah bener, kampusnya yang salah. Ya sama aja. Jurusannya desain, ngambilnya kampus pertanian.

Sekian lama mikir, akhirnya gue punya pilihan kedepannya, ngambil jurusan perfilman di institut seni indonesia di Jogjakarta. Kebetulan temen gue ada juga yang pilihannya sama kayak gue. Bahkan kami udah kepikiran untuk ngekost bareng, hidup bersama, tidur saling tumpuk menumpuk. Untungnya temen gue ini lumayan tau gimana testnya nanti, cara daftarnya, dan langkah-langkah daftar masuk kampusnya. Jadi gue yang bego ini lumayan tertolong.

Jadi ada tiga jalur untuk masuk kampus negeri: snmptn, sbmptn, dan mandiri. Pas snmptn dibuka, banyak temen gue yang gak lolos, hanya beberapa aja yang lolos. Karena di jalur itu kalo gak salah pake nilai raport semester sebelum-sebelumnya. Gue yang nilai raport selalu kacau, berasumsi kalo gue udah pasti gak lolos. Mungkin pas login, biasanya orang bakal ada tulisan gak lolos, gue mungkin malah tulisan gak lolosnya memenuhi seluruh layar. Jadi karena gak lolos, harapan gue cuma ada pada sbmptn. Jalur di mana gue harus saling bunuh dalam ujian dengan peserta lainnya yang mau masuk kampus negeri. Ya, bawa senjata tajam ke ruangan lalu nusuk peserta lain.

Karena jurusan gue mengandung unsur seni, maka ada yang namanya test ketrampilan. Dan gue takut setengah mati. Gue pernah baca di internet kalo salah satu testnya ada yang disuruh gambar penempatan sudut kamera. Jelas dong gue gak ngerti sama sekali, satu-satunya kamera yang gue kuasai cuma kamera 360. Mendekati hari SBMPTN semua berubah jadi freak, jadi bukan diri sendiri. Misalnya tiap malem temen gue buat instastory lagi belajar, padahal selama sekolah gak pernah tuh bikin instastory lagi belajar.

Berkat banyak nanya sama temen, melalui banyak rintangan, resmilah gue terdaftar sebagai peserta sbmptn. Dan yang bikin gue kaget, tempat testnya di Jogjakarta. Gue mikir, pergi sendirian ke luar kota? Gue kan bego, gak yakin bakal tiba di tempat test dengan selamat. Misalnya naik kapal ke Jawa, mungkin gue nyasar ke Afrika.

Mendekati hari test sbmptn, sama sekali gue gak punya persiapan. Belajar pun juga enggak. Apalagi gak mungkin bisa nyontek, gue cuma berharap, soal yang keluar semua materi kelas 1 sd. Problem juga dateng, untuk ikut sbmptn perlu yang namanya surat keterangan lulus dari sekolah. Masalahnya administrasi gue belum lunas, jadi suratnya ditahan. Gue gak mau nyebut berapa banyak yang belum dibayar, yang jelas tiap pulang ke rumah gue takut ada banyak polisi. Temen gue yang lain udah pada megang surat keterangan lulus, tinggal menunggu hari test tiba. Sementara gue nungguin alasan yang bagus biar bisa ikut test nantinya tanpa surat keterangan lulus. Nekat.

Gue berangkat ke Jogja bersama Bokap naik bis. Hemat, walau bisnya kuno. Agak serem juga kalo lagi ngebut, taunya rodanya copot semua. Yang paling serem, sepanjang perjalanan gue diteror oleh bau kaki yang entah berasal dari mana. Orang-orang semacam ini gak mikir udah membahayakan paru-paru penumpang lainnya. Selain itu yang gak enaknya naik bis, kalo kebelet pipis itu repot. Kamar mandi ada, tantangannya juga ada. Pernah sekali gue mau pipis, gak bisa-bisa. Karena geter dan goyangnya bis keras. Bagi gue, hanya orang-orang hebat yang bisa pup di kamar mandi bis yang lagi jalan. Andai jendela bisa dibuka, mending gue pipis lewat jendela.







Sehari lebih perjalanan, nyampelah gue di Jogja. Bersama Bokap, gue langsung mencari indomaret terdekat buat nentuin mau ke mana selanjutnya. Tapi pas gue duduk, aroma bau kaki manusia kampret di bis tuh masih aja ngikutin gue. Udah keluar dari bis, masih aja diteror. Gue mencoba mengendus sekitar, mencari sumber bau. Yang kemudian gue baru tau kalo itu bau kaki gue sendiri. Penyebabnya karena gue pake sepatu tanpa kaos kaki.

Tujuan berikutnya minjem mobil temen bokap yang tinggal di Jogja, lalu pake buat kebutuhan di sana. Setelah dapet, gue dan bokap nyari penginapan yang murah. Hari pertama nginep di sebuah hotel murah, tapi kualitasnya lumayan. Sampai akhirnya listrik mati tiap beberapa menit. Ya, murah tapi listriknya bermasalah. Pas lagi mandi, airnya juga suka mati mendadak. Penyebab mati listrik ternyata si mas-mas penjaga hotel lagi nyetrika.

Sorenya gue ketemuan sama dua orang temen gue yang kebetulan test sbmptn di kota yang sama. Menghabiskan waktu bersama untuk jalan-jalan, bukannya belajar. Padahal besoknya udah test. Kita berkeliling di malioboro dan sekitarnya, lalu selesai itu kembali ke hotel temen gue. Menyiapkan diri untuk test besok. Besoknya gue membaca aturan sbmtn, muncul ketakutan dalam diri gue. Temen gue udah pada siap buat test, semua yang disuruh bawa, mereka bawa. Sementara gue gak bawa surat keterangan lulus. Gue ngerasa kalo itu aturan udah mutlak, kalo pun gue nego biar dikasi ikut ujian karena gak bawa surat keterangan lulus, mungkin gue diusir.






Hari itu, ketika test dimulai, karena ngerasa takut gak dikasi ujian, gue memilih untuk melewatkan sbmptn. Menyisakan jalur mandiri yang jauh lebih berat, berat di kantong. Pas temen pada mulai test, gue mulai ngopi di pinggir jalan. Memandang sekitar dengan rasa sedih. Gagal sbmptn karena persyaratan gak lengkap, jadi gue ke jogja cuma jalan-jalan.



Selama di Jogja gue menghabiskan waktu bersama salah satu temen sma gue, yang lagi satu udah balik duluan. Makan berdua, jalan berdua, nyewa hotel buat latihan tumpuk tumpukan nanti. Yang jadi masalah, bokap gue ikutan jalan. Jadi kita bertiga kemana-mana. Temen gue cerita kalo test keterampilannya ternyata jauh dari perkiraan gue yang nyangkanya susah, yang bikin gue takut duluan.



Karena sbmptn udah gagal, nyari jalur mandiri pun gue mikir. Biayanya jauh lebih gede dibanding sbmptn. Gue pun menguburkan niat untuk kuliah di jogja, lalu nyari kampus di Bali aja. Dan sekarang gue malah gak kuliah, biaya menghalangi itu semua. Sementara temen gue yang gagal sbmptn, bayar puluhan juta lewat jalur mandiri demi bisa masuk kampus negeri. Yang gagal juga ada yang milih kampus swasta.

Gue sedih karena gagal masuk kampus negeri yang gue pilih, mesti nunggu tahun depan buat ikut test lagi. Buat kalian yang udah keterima di kampus negeri, jangan sia-siakan kesempatan itu. Do the best. Karena banyak di luar sana yang juga mau masuk kampus negeri, tapi gak kesampaian.

Hidup gue berantakan karena gagal sbmptn? Bisa dibilang lumayan. Soalnya dari awal gue gak punya plan b kalo plan a gagal. Maksudnya seharusnya gue dari awal punya pilihan kampus lain kalo kampus utama yang gue pengen gak dapet. Sayangnya gue cuma milih satu kampus dan milih satu jurusan, ketika gak dapet, jadi kacau semua. Belum lagi terkendala biaya kampus yang mahal kalo milih swasta.

Gue saranin buat kalian yang mau kuliah, banyak-banyak milih kampus. Jangan cuma satu, kalo gak dapet, bakal bingung sendiri. Apalagi yang cuma mau di satu kampus negeri, tapi gak mau swasta, mau gak mau kalo gagal mesti nunggu ikut test tahun depannya.

Gagal SBMPTN memang menyedihkan, apalagi yang gagal sebelum dimulai kayak gue. Seharusnya dari awal, semua udah gue persiapkan, baru ikut test. Gak menuruti salah satu persyaratan, resikonya gak bisa ikut ujian. Buat kalian yang mau sbmptn, gue saranin persiapin semuanya dengan baik. Biar gak pas hari h ada yang kelupaan.

Yang niatnya cuma ngincer satu kampus negeri, tapi gagal sbmptn, selama setahun ini puya waktu buat belajar mempersiapkan diri. Mungkin tahun depan gue bakal nyari negeri, jadi ada waktu buat pelajarin materi ujian nanti. Setahun gak kuliah itu emang gak enak, apalagi ngeliat temen pada kuliah. Belum lagi kadi bahan omongan orang, karena ngeliat gue nganggur gak melakukan apa pun. Menunggu setahun mungkin bisa diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Temen gue yang waktu itu test bareng ke jogja, lolos sbmptn. Gue ngerasa kagum, hebat juga nih orang bisa lolos. Sampai akhirnya dia bilang ke gue kalo dia bakal kuliah di Jakarta, nyari kampus swasta yang kualitasnya lebih bagus. Jadi dia gak bakal ngambil kesempatannya buat kuliah di universitas negeri. Apalagi dia bilangnya ke gue dengan pede tanpa ada raut muka nyesel atau bersalah gitu. Saat itulah gue ngerasa nih orang emang kampret. Gue terdiam, sambil mikir, andai aja jatah sbmptn itu boleh giveaway, pasti gue bisa masuk kampus negeri.














0 komentar:

Posting Komentar