Senin, 29 Oktober 2018

Kena Tipu Akibat Gak Bisa Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris itu penting. Dulu gue selalu berpikir kalo gue gak bakal perlu sama yang namanya bahasa inggris. Gue mikir kalo gue kerja gak akan ketemu orang asing, siapa tau gue kerja cuma di kasur. Kalo pun ketemu orang asing, masih bisa pake bahasa tubuh. Kemalasan belajar ini bikin gue sadar, kalo dulu gue pernah jadi korban kejahatan. Korban penipuan yang tersangkanya merupakan temen sendiri. Penipuan ini terjadi sewaktu gue masih kecil, jadi gue masih belum bisa ngerti bahasa inggris. Karena bahasa inggris yang gue tau mentok-mentok paling bahasa inggris kasar yang gue denger dari game yang gue mainin.



Dengan kemampuan bahasa inggris yang memprihatinkan, gak heran gue kena tipu sama seorang temen yang kebetulan umurnya lebih tua dari gue. Yang jauh lebih banyak dapet pelajaran bahasa inggris. Dan tentunya yang lebih pinter dari gue.

Jadi dulu pas gue sd, waktu itu lagi jaman-jamannya yang namanya permainan yu gi oh. Semacam permainan strategi yang menggunakan kartu. Udah itu aja, gue gak bisa jelasin. Dulu hampir semua temen gue pada main, tiap ngumpul omongannya juga pasti tentang yu gi oh. Tiap pulang sekolah biasanya gue dan temen yang lain bakal pergi ke penjual mainan keliling yang tiap hari diem di depan sekolah, lalu beli satu atau dua bungkus kartu yu gi oh. Gue lupa isinya berapa, yang jelas jenis kartunya didapet secara random. Kadang kalo beruntung bisa dapet kartu yang langka, yang efeknya bagus, yang paling sering gue dapet, kartu yang sama. Kalo punya kartu lebih, kita saling ngasih satu sama lain. Temen yang kampret biasanya akan minta barter sama kartu yang sama bagusnya, yang lebih kampret lagi temen yang punya kartu lebih tapi dijual.

Karena hampir tiap hari gue menyisakan uang jajan buat beli kartu, jumlah kartu gue banyak banget. Dan hampir semua gak ada gunanya. Cuma beberapa kartu yang gue pake, karena fungsinya bagus, yang bisa bikin gue menang tiap lawan temen. Kartu temen gue juga pada bagus-bagus, kadang mereka suka pamer ke gue kalo mereka punya kartu yang langka. Gue orangnya gak mau kalah, maka gue punya tekad buat nyaingin mereka semua. Untungnya waktu itu gue gak ada tekad buat ngerampok rumah mereka, lalu cuma nyuri kartu yu gi oh doang.

Gue mulai membeli banyak kartu yu gi oh yang dikemas dalam kotak, entah harganya berapa. Kebetulan karena gak bisa liat isinya kayak gimana, gue langsung beli aja tanpa banyak mikir.  Semua gue lakukan demi gak kalah dari temen yang lain. Apa yang udah gue beli dari berbagai toko, ternyata hampir semuanya isinya jelek.  Malah gue dapet banyak kartu kembar, juga kartu yang udah gue punya. Lebih parahnya lagi, gue gak ngerti kegunaan kartunya. Waktu itu gue belum bisa bahasa inggris kayak sekarang, tulisannya juga gak ada yang mengandung kata kasar. Jadi gue gak ngerti sama sekali.

Selama ini gue hanya ngedenger apa kata temen, misalnya kalo temen bilang kartu ini punya efek bisa ngambil kartu lawan , gue bakal percaya. Padahal efeknya bukan itu. Jadi selama main kartu yu gi oh ini gue hanya denger apa yang temen gue bilang dan kasih tau. Karena tiap beli kartu gak pernah dapet yang bagus, akhirnya gue menempuh jalan yang menurut gue kreatif tapi kotor. Waktu itu gue nyari foto kartu yang gue pengen di google, lalu gue print dan edit sedemikian rupa sampai akhirnya jadi kartu yang siap dimainkan (semua gue serahkan kepada bokap) Ketika temen gue ngeliat, mereka heran. Karena kartu gue serem-serem, dan tentunya mereka gak sadar kalo itu kartu hasil print.

Tulisan di bawah itu efek kartunya. Dan gue gak ngerti karena bahasa inggris.


Gue nyari di google gambar kartu yang keliatannya serem, bintangnya banyak, walau gue gak ngerti apa arti tulisannya. Pada akhirnya karena ribet, ngabisin uang, dan ngerepotin bokap, jalan lain pun gue tempuh.  Gue ngebeli kartu dari temen yang kebetulan memang kampret. Temen gue ini ngejualin paketan kartu yang bisa gue pilih sesuka hati. Misalnya sepuluh ribu,  dapet beberapa puluh kartu yang bisa gue pilih semau gue. Gue ngerasa temen gue ini memang terlahir berbakat jadi sales, karena dia bisa bikin gue rela lari ke rumah, minta uang sama orang tua buat beli kartu di dia.

Enaknya juga kalo beli sama dia, pasti dia bakal ngasih tau mana kartu yang bagus mana yang enggak. Gak heran gue rela ngabisin duit (orang tua) demi beli kartu di temen gue ini. Belum lagi mukanya keliatan orang yang freak belajar, menambah kepercayaan gue akan apa yang dia omongin. Berkat beli kartu sama temen gue ini, tiap kali gue main, hasilnya... menang. Walau lebih banyak kalahnya. Gue punya banyak kartu yang efeknya serem, yang bakal bikin temen gue kalah sampai minta ampun. Beberapa kartu itu dari rekomendasi temen gue si penjual kartu. Ada beberapa kartu yang masih gue inget kehebatannya, misalnya ada yang bisa ketika musuh nyerang monster gue, otomatis semua kartu yang dia keluarin bakal hancur ketika gue ngeluarin tuh kartu sakti.

Lalu ada kartu yang bisa bikin musuh frustasi, karena kalo gue ngeluarin tuh kartu efeknya bisa nambahin darah atau life point gue di dalam permainan yu gi oh sebanyak 10000. Gue aja kaget dengernya, soalnya biasanya paling banyak nambahin life point cuma 2000.  Biasanya peraturan permainannya kebanyakan awal main itu darah atau life point pemain itu sebanyak 8000. Gue ngebayangin kalo gue gak kena serang kartu musuh, lalu gue ngaktifin kartu ini. Berarti life points gue sebanyak 18000. Siapa pun lawan gue pasti frustasi, semoga gak ada niatan untuk ngerampok rumah gue buat nyuri nih kartu sakti. Pas main sama temen, gue sempat ngeluarin tuh kartu, lalu temen gue pada bingung. Gue dengan pede bilang ke mereka kalo kartu ini bisa bikin life point gue nambah 10000. Mereka gak percaya, lalu gue bilang kalo temen gue si penjual sebut aja Andri bilang kalo efeknya gitu. Dengan mudahnya mereka percaya.

Gue seneng punya kartu yang bagus, berkat beli di temen gue. Gak rugi ngeluarin duit orang tua, yang penting gue menang. Semakin lama permainan kartu yu gi oh ini mulai menurun peminatnya, terutama temen-temen gue yang mulai berhenti main. Karena gak mungkin main kartu sendirian, akhirnya gue ikutan berhenti. Semua kartu yang udah gue beli gak ada gunanya lagi, rugi duit, sementara temen gue si penjual ketawa-ketawa sambil mandi uang.

Sekian lama gak main, ada keinginan buat gue main yu gi oh lagi. Kali ini gue gak main secara langsung, karena kartu gue udah hilang, temen juga ikut hilang. Jadinya gue main gamenya di playstation portable. Waktu itu gue udah lumayan ngerti bahasa inggris, setidaknya bisa ngerti sedikit artinya kalo ada tulisan bahasa inggris. Gue main dengan santai, sekarang udah bisa mandiri tanpa ngandalin apa kata temen soal kartu itu. Gue nemu beberapa kartu yang kayaknya pernah gue tau. Lalu gue mikir sejenak, kok gue kayak pernah liat ya? Gak lama gue inget, kartu yang gue liat itu yang dulu pernah gue beli di temen yang pedagang kartu.

Gue tersenyum karena jadi keinget waktu masih main kartu ini sama temen. Lalu gue merhatiin tuh kartu, ngebaca apa isi tulisannya beserta artinya. Sampai akhirnya gue sadar, apa yang dibilang temen gue itu ternyata palsu. Setelah gue terjemahin arti tulisan itu memang beda jauh dari apa yang temen gue bilang. Dia bilang kalo kartu itu bisa nambahin life point sebanyak 10000, padahal yang gue baca cuma 100. Penipuan halus terhadap anak kecil. Gue kesel, tapi gak mungkin juga bawa kasus ini ke pengadilan. Dateng ke polisi, lalu bilang kalo gue jadi korban penipuan perdagangan kartu yu gi oh.  Lucu aja kalo ada kasus pidana karena menipu waktu main kartu yu gi oh.

Setiap kartu yang dia rekomendasiin ke gue itu palsu. Semuanya artinya salah. Gue baru sadar kalo memang mungkin ini yang namanya usaha, kadang memang menghalalkan segala cara untuk dapet uang. Salah satunya menipu orang lain. Dan korbannya itu gue, bukan temen yang lain. Gue pun mikir, mencoba mencari penyebab kenapa gue bisa ditipu. Ada beberapa penyebab, pertama karena gue naif, kedua karena bukan pake duit gue, ketiga karena gue gak bisa bahasa inggris.

So, dari cerita di atas, walau sepele, tapi tetap aja itu namanya pembohongan. Buat kalian yang males belajar bahasa inggris, ketahuilah  bahasa inggris itu penting. Karena sekarang apa-apa semua pake bahasa inggris. Yang gak bisa, pasti bakal tertinggal di belakang. Contoh lain waktu gue mau belajar teori nulis skenario, yang pake bahasa indonesia masih sedikit nyediaiin tutorial. Sementara website luar yang pake bahasa inggris malah banyak banget. Karena banyak kata yang gak gue ngerti artinya, gue gak jadi belajar. Nunggu ada yang translate ke bahasa indonesia. Kalo ada orang lain yang punya keinginan sama kayak gue, tapi bisa bahasa inggris, berarti dia lebih maju beberapa langkah dibanding gue.

Sekarang gue mau mulai belajar lagi bahasa Inggris, biar gak kena tipu lagi. Berawal dari hal kecil, bisa aja menjadi lebih besar. Makanya gue gak mau terulang lagi. Cukup jadi pelajaran di masa lalu.

Sekarang gue gak tau gimana nasib temen gue si pedagang kartu. Semoga aja dia gak ngelakuin penipuan lagi. Gue berharap dia jadi pribadi yang baik, yang jujur dalam berjualan. Kalo pun dia melakukan penipuan lagi, gue harap siapa pun korbannya... yuk bareng gebukin dia.



















0 komentar:

Posting Komentar